matic
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: matic
nampaknya yg pantes itu dik jombie deh, lbh ada potongan cukong............mandala1 wrote:He...he....gayanya om sjamsul bak cukong gendut yg duduk manis dibangku belakang sebelah kiri mobil mercy, pake setelan jas sambil ngisep lisong......
Tapi pantes koq om,,,,,,,,,,,

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: matic
ahhh, jangan suka merendah lohhhhh.......... ga bagus buat perut................ hiahahahaha.....ZombiEE wrote:mimpi2 siang bolong saja deh kalo ane sampe begituan..,hahahaha..tampang cukong sih ane ada..tampang doank...secara perut ane buncit..hahahaha...

klo gitu kite ada kesamaan neh, perutnye sama2 'agak' sedikit maju........ bukan buncit................

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: matic
Kalo Mercy punya 7G tronic masih AT 7 speed biasa bukan CVT, tapi AT nya udah pinter secara udah diatur sama ECU......atau ada "komputer"nya sendiri untuk transmisinya, jadi trans tsb bisa menyesuaikan sendiri dengan kondisi jalan. Kalo kijang kapsul AT yg pernah Om Sjamsul cobain memang belom ada "komputer"nya tuh AT nya.sjamsul wrote:lbh canggih dari cvt yah, lantas klo di Bmw apakah sama.........mandala1 wrote: @ pok sjam : kalo di mercy lazim-nya di sebut G-Tronik bukan cvt
Jadi mungkin bukan lebih canggih, tapi beda tipe transmisi aja dengan CVT.....secara kedua tipe trans ini tetep ada improvements2 dari pembuatnya masing2
Kalo BMW juga sama masih pake trans AT biasa yg udah dikasi komputer, belum CVT. Biasanya yg saya liat kalo untuk mobil2 yg punya power gede, masih dipakein AT biasa sama pabrikannya.
Steptronic bukan jenis trans, itu cuma nama/labelnya BMW untuk menamakan trans manu-maticnya. Jadi trans yg bisa full auto (tuas geser ke "D" aja), tapi bisa juga dibuat seperti manual alias turun naik gigi secara digeser manual.
Mercy pun jenis trans Manu matic gini udah ada dari sejak jamannya C/E class thn 2000/2001, jadi steptronic/manu-matic bukan teknologi baru (pertama kali disini dipasang di BMW 528i thn 96).
Trans 7G tronic Mercy ini gak ada di semua tipe Mercy, cuma di tipe2 "atas" nya aja, kalo yg C200K baru aja belom pake 7g tronic. Jadi ada kemungkinan trans yg bro Sjam rasain di mobil temennya jg bukan 7G Tronic.
Kalo ane sih lebih prefer At biasa walaupun banyak yg bilang CVT jg asik, kalo AT biasa kayaknya masih ada "manual" control dari kita terutama kalo mobil jalan belok2.....kapan harus sedikit kickdwn, dll......jg ada hentakan nya di setiap pindah gigi

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 53
- Joined: Fri Jan 30, 2009 2:34
Re: matic
Klo gw sih lebih suka CVT dibanding AT biasa (kecuali DSG loh
),
namun issuenya adalah, belt baja yang ada di dalam transmisinya tidak sekuat torque-converter AT biasa.
That's why,
mobil2 bertenaga sangat gede, gak dipakein CVT.
CVT mnrt gue, tepat untuk dipake oleh mobil bertenaga Kecil - Lumayan besar (1000cc - 3500cc).
Knp ??...
karena, CVT selalu mengkalkulasi beban, kecepatan, dan putaran mesin,
diikuti dengan penyesuaian rasio belt-nya scr otomatis dan variabel,
untuk menghasilkan tenaga dan torsi yang optimal di setiap kecepatan.
Jika ada CVT yang berlabel 6/7 speed,
saat dipakai mode + & - (manual mode),
belt-nya memposisikan rasio gear yang fix secara virtual,
but, basically... rasionya adalah variabel (tidak fix seperti transmisi biasa).
Silahkan di-klik
Nissan Altima 3.5 V6 CVT 0-120mph
CVT Test Drive
How CVTs Work
oh ya satu lagi....
CVT, pas pake tiptronicnya,
jarum RPM dan pergerakan speedometer terlihat sinkron / mirip manual, begitu juga saat gas dilepas (minim selip kopling).
beda bgt klo pake AT biasa (torque converter)...
pas pake tiptornicnya, pergerakan jarum RPM dan speedometer gak sinkron (bnyk selipnya),
terutama saat gas dilepas, bisa dilihat jarum RPM tidak sinkron dengan pergerakan jarum speedometer.
so... CVT asik kan ??
_________________ 

namun issuenya adalah, belt baja yang ada di dalam transmisinya tidak sekuat torque-converter AT biasa.
That's why,
mobil2 bertenaga sangat gede, gak dipakein CVT.
CVT mnrt gue, tepat untuk dipake oleh mobil bertenaga Kecil - Lumayan besar (1000cc - 3500cc).
Knp ??...
karena, CVT selalu mengkalkulasi beban, kecepatan, dan putaran mesin,
diikuti dengan penyesuaian rasio belt-nya scr otomatis dan variabel,
untuk menghasilkan tenaga dan torsi yang optimal di setiap kecepatan.
Jika ada CVT yang berlabel 6/7 speed,
saat dipakai mode + & - (manual mode),
belt-nya memposisikan rasio gear yang fix secara virtual,
but, basically... rasionya adalah variabel (tidak fix seperti transmisi biasa).
Silahkan di-klik
Nissan Altima 3.5 V6 CVT 0-120mph
CVT Test Drive
How CVTs Work
oh ya satu lagi....

CVT, pas pake tiptronicnya,
jarum RPM dan pergerakan speedometer terlihat sinkron / mirip manual, begitu juga saat gas dilepas (minim selip kopling).
beda bgt klo pake AT biasa (torque converter)...
pas pake tiptornicnya, pergerakan jarum RPM dan speedometer gak sinkron (bnyk selipnya),
terutama saat gas dilepas, bisa dilihat jarum RPM tidak sinkron dengan pergerakan jarum speedometer.
so... CVT asik kan ??


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: matic
thanks semua nya..hehehe....
cvt ini yah...harus agak telaten merawat nya deh....ganti atf harus bener2 diperhatiin....baik jadwal maupun jenis oli nya..jgn sekali2 menuangkan atf bukan spek cvt ke dalam cvt trans...trus ada lagi..ada yg suka feeling nyentak2...kalo cvt emg halus..jadi kadang ada yg ga suka kecuali pake m/t mode:)
cvt ini yah...harus agak telaten merawat nya deh....ganti atf harus bener2 diperhatiin....baik jadwal maupun jenis oli nya..jgn sekali2 menuangkan atf bukan spek cvt ke dalam cvt trans...trus ada lagi..ada yg suka feeling nyentak2...kalo cvt emg halus..jadi kadang ada yg ga suka kecuali pake m/t mode:)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: matic
Wah ane sih bukannya memberi pengetahuan baru, ane cuma kompilasi-in aja komen2/pengetahuan2 dari SMers lain di satu postingan.avansa wrote:Tanks Bro Risol ane jadi tambah pengetahuan,tanks juga Bro Sjam yang mancing mancing wekeke..
Bro setyabudi tanks juga tambahanya...hayo bagi yang punya matic cvt kasih review di sini...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: matic
betul itu, mangkenye jangan suka niru2in keponakan ane yah bro risol, yg suka posting gambar2 doang buat nguber postingan, krn males nulis...esh wrote:Bagaimanapun juga om Risol termasuk yang tidak gampang terpengaruh untuk ikutan oot![]()





-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: matic
esh wrote:Bagaimanapun juga om Risol termasuk yang tidak gampang terpengaruh untuk ikutan oot![]()
tp gw yakin pak risol ngakak baca OOT-an rekan2 (termasuk saya


Permisii
............................. 


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: matic
CVT itu juga bisa kaya a/t biasa at least kalo di jazz/city di 7speed mode, ganti giginya full auto juga dgn ratio yg disediakan (misalnya 7 di jazz).ZombiEE wrote:thanks semua nya..hehehe....
cvt ini yah...harus agak telaten merawat nya deh....ganti atf harus bener2 diperhatiin....baik jadwal maupun jenis oli nya..jgn sekali2 menuangkan atf bukan spek cvt ke dalam cvt trans...trus ada lagi..ada yg suka feeling nyentak2...kalo cvt emg halus..jadi kadang ada yg ga suka kecuali pake m/t mode:)
CVT belakangan sudah dikembangkan sedemikian juga buat mobil2 bertenaga(torsi) besar seperti di lexus2 hybrid, menyusul juga mobil2 hybrid bertorsi besar lainnya.
nah yg berasa bedanya pake cvt dan a/t konvensional, di perubahan input/bukaan throttle terhadap downshift;
CVT bereaksi lebih instant & ke pick-up speed (saat rolling start) dengan input throttle dari paling minimal sekalipun, ratio/downshift sesuai lebih cepet daripada tunggu "kickdown", relatif tanpa lag dalam downshift.
Berbeda dgn a/t konvensional, utk downshift diperlukan input throttle lebih duluan/banyak (karena selalu ada jarak antara ratio), baru menyusul di perpindahan giginya, jadi relatif harus ada lag dalam downshift.
Jadi seolah ECU mobil CVT maunya perintahkan penyesuaian ratio yg ideal dulu sebelum wasting bensin dari gerakan throttle berlebih (cara kickdown) tadi.
Btw, setelah dikoreksi bro mpvlover

Dual-clucth sperti di GTR R35 dan EVO X itu wet clucth, maybe level reliability dry clucth masih belum setinggi wet clutch, masalah butuh waktu pengembangan lagi.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: matic
BRO Gtr...thanks atas penjelasan lebih lanjut nya:)...
nah...jadi kalo mobil baru menawarkan cvt, saya rasa jgn ragu2...lexus rx450h terbaru dan ls600h kalo ga salah juga cvt:)....
yg membingungkan..ada yg tau kebijakan honda dgn city car nya yg balik ke 5speed matic instead of cvt?secara kita ketahui..mesin dgn tenaga segitu..dikombinasikan dgn cvt bakalan jauh lbh efisien...dari bobot dan rancang bangun saja cvt saya rasa lbh simple dan ringan(pengaruh ke fc dan driveability)?cmiiw...
nah...jadi kalo mobil baru menawarkan cvt, saya rasa jgn ragu2...lexus rx450h terbaru dan ls600h kalo ga salah juga cvt:)....
yg membingungkan..ada yg tau kebijakan honda dgn city car nya yg balik ke 5speed matic instead of cvt?secara kita ketahui..mesin dgn tenaga segitu..dikombinasikan dgn cvt bakalan jauh lbh efisien...dari bobot dan rancang bangun saja cvt saya rasa lbh simple dan ringan(pengaruh ke fc dan driveability)?cmiiw...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: matic
bisa dari salah satu faktor; perilaku perawatan.
mobil kaya jazz-city lalu kan mobil laris, ga seperti lancer or audi saat itu, sampe kota2 kecil dimana2 ada jazz, padahal di sebagian daerah diluar kota beres honda belum tentu ada substitusi cvt fluid. sebagian konsumen awam malah ada yg ganti pake oli matic biasa, ada juga sebagian tempat ganti oli yg tidak menyediakan cvt fluid.
kalo jazz baru ini juga diperlakukan kaya gitu, nanti ujung2nya merugikan nama(produk) honda sendiri.
matic konvensional lebih mudah dirawat, diperoleh dimana2 oli substitusi nya, walaupun yg 5speed ini harusnya juga pakai ATF Z1. tapi lagi2 jazz baru ini oli mesinnya yg ternyata harus "tipis", mirip insight, oli mesin L15 ini recomended juga pakai 0w30 & 0w-40. kalo liat gini, internal mesin ini harusnya lebih rapat dari mesin umumnya.
mobil kaya jazz-city lalu kan mobil laris, ga seperti lancer or audi saat itu, sampe kota2 kecil dimana2 ada jazz, padahal di sebagian daerah diluar kota beres honda belum tentu ada substitusi cvt fluid. sebagian konsumen awam malah ada yg ganti pake oli matic biasa, ada juga sebagian tempat ganti oli yg tidak menyediakan cvt fluid.
kalo jazz baru ini juga diperlakukan kaya gitu, nanti ujung2nya merugikan nama(produk) honda sendiri.
matic konvensional lebih mudah dirawat, diperoleh dimana2 oli substitusi nya, walaupun yg 5speed ini harusnya juga pakai ATF Z1. tapi lagi2 jazz baru ini oli mesinnya yg ternyata harus "tipis", mirip insight, oli mesin L15 ini recomended juga pakai 0w30 & 0w-40. kalo liat gini, internal mesin ini harusnya lebih rapat dari mesin umumnya.