
ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
Di Indo harga berapa pun pasti dibeli karena cari duitnya mudah. CMIIW 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
Betul.....betul.....betul...... Gue setuju bgt sama elo bro... Kalo ga mampu atau ga mau beli ya udah ga usah ngoceh2 bilang jelek-lah, ga worthed lah....FortunerMan wrote:Kalo teori iseng2 saya sih begini...
1. Mobil mewah memang profit marginnya sangat tinggi, jadi mereka masih ada buffer.
2. Merek2 sejuta umat profit marginnya lebih sedikit, jadi lebih sensitif thd pergerakan valuta bule.
3. Ini Indonesia, tidak tertutup kemungkinan ada deal antara petinggi Toyota dan Honda untuk sama2 menaikkan harga.
Intinya ya supply and demand juga...yg mau beli masih banyak, saya jadi pedagang juga ambil untung. Toh barang yg dijual tetep bagus2 aja di kelasnya masing2.
Gak usah marah2 ama org dagang, namanya cari duit. Gak mampu beli atau merasa gak worth it ya jangan beli toh gak dipaksa - kalo penjualannya turun juga mereka insap. Gak perlu juga bilang org beli mobil X bodoh...toh mobil itu adalah selera masing2, kalo udah doyan ama City atau CR-V ya sudah (wong mobil bagus resalenya juga bagus, dimana bodohnya?)...ce juga begitu, saya doyan Happy Salma, banyak yg bilang kaya mbok2...so what gitu loh
Wong duid punya masing koq, lagian yg beli mobil honda juga kaga minta ditambahin sama situ.....


J
Re: ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
Kalo Happy Salmanya setuju gak bro wakakakakakakaka....OOT banget neh...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
Setuju aja lah bro...... Yg penting bisa happy-happy ajah,,,,,,he...he...FortunerMan wrote:Kalo Happy Salmanya setuju gak bro wakakakakakakaka....OOT banget neh...

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11783
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
Mungkin sebenarnya ada satu faktor lain yang kita belum bahas sebelumnya..yaitu kuatnya kurs Yen terhadap USD. Kalo Yen kuat sudah jelas harga bahan baku yang dibayar pake Yen akan terasa muahaall banget setelah Rp. juga harus struggling terhadap USD yg juga kuat. Principal ATPM di jepun sana juga pasti sudah set target penjualan dan profit margin yang diharapkan bagi ATPM2 yg ada di Indonesia, jadi karena perbedaan forex yg gila2an itulah harga mobil akhirnya dinaikin secara kontinu supaya ga bikin konsumen mati berdiri kalo naiknya jeger tiba2 30% an. Toh mereka pikir nanti utk mengakomodir perubahan permintaan sesuai hukum permintaan penawaran, mereka bisa apply discount lagi gede2an. Yg jelas utk saat ini cari aman dulu. Makanya pemerintah jepun kan kemarin2 ini ikutan pusing gara2 Yen nya terlalu kuat, gimana caranya melemahkan Yen mereka supaya export mereka jalan lagi kalo ngga barang mereka bisa ga laku di pasaran dunia.
Complex sih..tapi intinya semua cari aman. Tinggal betul kata bro Fortunerman aja, kalo punya duit, suka, ya beli, kalo ngga ya duduk manis aja. Kaya liatin Happy Salma, gw bisa tiba2 duduk manis di depan TV.
Complex sih..tapi intinya semua cari aman. Tinggal betul kata bro Fortunerman aja, kalo punya duit, suka, ya beli, kalo ngga ya duduk manis aja. Kaya liatin Happy Salma, gw bisa tiba2 duduk manis di depan TV.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
Halah pakar apaan heuheuehuehue.......ini ngomong2 udah hari Jumat lagi cepet banget yaks? Senen masuk kerja lagi cape deh.....GTR wrote:wah kayanya mesti minta pakar bro risol yg menjelaskan (lagi)....ayo mana nih orangnya....maxx wrote:alasannya selalu rate US$ ... tp saat rate turun kok harga mobil ga diturunin??GTR wrote:Produsen memang tau produknya seperti apa terhadap produk kompetitor langsung & market, makanya mereka juga pasang harga ideal utk bertarung, seperti insight vs prius kalo diluar.... "ada harga ada barang".
IMO, "setinggi" apapun harga suatu produk, tapi kalo bisa laris manis yah ga ada yg salah dengan harganya, mungkin tetep masih dianggap sesuai manfaat nya or bahkan relatif lebih murah bagi konsumen. kecuali ga laku tuh baru deh...
Kalo soal harga mobil yg engga turun2 walaupun dollar melemah, engga ada yg tau pasti lah bos sebabnya. Memang juga kecenderungan bahwa harga mobil yg "kalo udah naik susah turunnya" itu bukannya cuma milik Indonesia aja, tapi memang mrpk trend seluruh dunia. Juga petinggi2 ATPM kemaren selalu berkoar2 bahwa kenaikkan harga sekarang ini hanya mencerminkan kurs di level 10rban.
IMO, kalo rupiah bisa turun terus dibawah 10rb, mungkin harga gak naik2 lagi........Harga mobil bisa turun kalo rp menguat drastis misal ke level 7000/USD.....kalo udah gini ATPM gak ada alesan lagi untuk tetep mempertahankan harga sekarang

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
Kalo menurut http://hargamobil.blogspot.com/search/l ... bil%20baru, C200K 637jt.....mustinya sih sekuat2nya MB, mustinya jato juga soanya harga udah 1/2M keatasGTR wrote:kalo banner di http://www.mobilku.com, on the road nya = 570jt..Risol1 wrote: Contohnya: Mercedes C200K baru di price list autobild kan 498 jt, tapi kalo liat di pasaran mobkas, C200K thn 2008 aja ditawarin diatas 500jt semua
"c200" ATPM ini juga udah kompressor kan...
2nd nya kuat amat ya, kaya avanza aja..

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
IMO, Sebenernya masalahnya gak segampang itu bro Imsus.imsus2c wrote:gampangnya omong, dari harga awal (misalnya dalam US$), harga mobil sudah terkoreksi 25%-35%, dikonversi ke rupiah yg nilainya melemah 25%-35% terhadap US$, kan harusnya harga mobil tetep sama (dalam Rupiah)? Atau saya yg error kalkulatornya nih?
1. Biasanya di LN (ambil contoh aja di US karena contoh diatas pake USD.....mungkin juga terjadi di Eropa), ATPM gak boleh jualan mobil langsung seperti di Indo. ATPM harus distribute mobil2 ke dealer2 lokal. Nah dealer2 inilah yg mempunyai kebijakan sendiri2 mengenai harga jual ke konsumen. Antara diler yg satu dan yg lain harganya bisa beda2 tergantung dari tingkat "ke-desperate" an masing2 diler. Kalo diler yg kondisi keuangannya jelek, mungkin bisa kasi diskon lebih gede, dan sebaliknya. Mungkin memang saat2 krisis gini, ATPM/Pabrikan bakal kasi diskon2 untuk diler2nya yg jumlahnya biasanya kita gak bakalan tahu berapa duit/persen. Intinya adalah diskon2 mobil sebesar 25-35% tsb bukan angka2 yg pasti.......cuma mrpk angka2 yg sifatnya "tergantung" kebijaksanaa diler masing2.
2. Diskon mobil di LN yg katanya sebesar 25-35% itu juga tergantung mobilnya, misalnya untuk mobil2 mahal dan kurang laku mungkin bisa dikasi diskon 25-35% tsb, atau mobil2 keluaran pabrikan yg hampir bangkrut (terutama chrysler karena ada kemungkinan likuidasi), mungkin bisa dikasi diskon segede itu.
Tapi kalo untuk mobil2 kelas $40Rb kebawah (mayoritas mobil terjual), jarang sekali ada dealer yg ngasi diskon segitu gedenya, walaupun lagi krisis gini. Misal gak ada honda accord yg msrp nya $21000, didiskon hingga 35% jadi $13600.....Honda accord kalopun diskon paling $2000-$2500, kalo Honda civic, apalagi Honda city/Toyota Vios mungkin lebih kecil lagi diskonnya karena harganya makin murah. Sedangkan di Indonesia mobil accord aja udah termasuk barang mewah, intinya gak bisa kita membandingkan diskon gede (25-35%) di mobil2 mewah di LN dengan mobil2 "sederhana" di sini. Kalo kita disini mao beli mercedes S500 mungkin kita bisa mengharapkan diskon gedean karena mobil yg sama diluar negeri juga didiskon gede

3. Balik ke Indonesia, ATPM sini pada waktu masukkin mobil2nya gak ngambil dari diler2 LN, tapi IMO ambil langsung dari official/principal merek nya masing2, jadi istilahnya masuk jalur resmi yg gak bisa memanfaatkan "ke-desperate"-an diler2 yg umumnya dimiliki oleh perorangan/perush kecil-medium tsb. Harga invoice (atau harga beli) nya pasti udah dipatok sama principalnya. Mungkin tetep ada diskon/insentif karena krisis, tapi pastinya gak segede kalo ambil di diler2 LN.
4. Kalo kurs Dollar itu sifatnya bukan "tergantung" siapa2, kurs dollar itu sifatnya "absolut" jadi gak ada negosiasi di dalam kurs tsb. Jadi IMO, itung2annya gak bisa se-simpel: Mobil di LN didiskon 35%, TAPI Rp melemah 35%, maka harga jual semestinya gak berubah......ini cuma dari logika saya aja lho, mungkin riilnya lebih kompleks lagi

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
Sekarang saya juga pake analogi yg simple bangetimsus2c wrote:^^^
memang betul pak gtr, tidak 100% tetapi kan mereka jual produk yg berasal dari material alias bahan.
nah, kalo materialnya melorot hingga 35%, apa ga mau ikut dikoreksi juga harganya? jawabnya ada 2, kalo konsumennya kritis, pasti dia akan koreksi
tapi kalo ga kritis ya harganya dinaikkin aja ...sorry lho kalo analogi saya simple...:

Kalo dari link diatas harga spot steel/besi per Kg sekitar 0.46$, dan juga menurut bro Imsus harga tsb jg udah merefleksikan turunnya harga sebesar 35%, berarti harga mula2nya (100/65 X 0.46$) = $0.71. Perlu diingat juga bahwa ini cuma harga spot besi lho, bukan harga grosir/harga diskon yg biasa didapat pabrikan mobil besar dari penjual besi.
Tarolah kira2 berat 1 mobil tsb 2/3 nya adalah besi, besi disini gak termasuk besi2 di velg, di kursi, besi2 di parts2 mesin yg kecil yg dipasok oleh vendor2 3rd party pabrikan, besi disini cuma besi yg dibeli dan dipakai langsung oleh pabrikan/principal.
Lalu kita ambil dari contoh nya TS aja deh yg paling tinggi naik nya yaitu Honda CRV dgn harga lama 314 jt. Dan tarolah CRV ini punya berat kotor sekitar 1600kg (1.6 ton). Kalo kita setuju dengan asumsi diatas, maka 2/3 dari 1.6 ton = 1067kg besi yg terpakai untuk membuat satu CRV......kita buletin deh ke 1100kg besi karena mungkin ada banyak besi yg terbuang waktu mobil dibentuk.
Kalo diliat dari itungan diatas, maka dulu waktu harga besi belom turun, modalnya Honda beli besi untuk buat 1 unit CRV itu cuma: (1100kg x 0.71) = $781, setelah harga besi turun sekitar 35%, maka modal honda turun menjadi (1100kg x 0.46) = $506
Diskon yg didapat Honda karena turunnya harga besi adalah $781-$506 = $275 (kalo kurs 1USD = 11000 rp), maka kalo dirupiahin Honda cuma dapet diskon sebesar Rp 3,025,000 per 1 CRV.
Ini besi lho yg diasumsikan menjadi penyumbang 2/3 berat atau bahan untuk membuat CRV.....gimana aluminum yg mungkin cuma kurang dari 10% dari berat mobil.
Kalo kita liat itung2an diatas, maka penurunan harga bahan baku besi itu gak signifikan thd harga barang. Ibaratnya karena harga cabe merah naik/turun, gak selalu menyebabkan naik/turunnya sepiring gado2.
IMO, harga sebuah mobil bukan selalu tergantung pada harga material penyusunnya/pembuatnya, melainkan lebih kepada sinergi semua komponen2 tsb sehingga tercipta suatu maha karya yg namanya "mobil".
Kalo saya bilang juga harga yg harus dibayar Honda untuk mendisain, me-riset fitur2 mesin/interior/eksterior, marketing, payroll tenaga2 ahli, loby2 ke pemerintahan, dsb jauh lebih mahal dari sekedar bahan material.
Sedangkan berkebalikan dengan bahan material, melemahnya nilai kurs berimpact pada semua sektor pembuatan mobil CRV tsb, semua akan kena getahnya karena mao ngapa-ngapain pun pake dollar/yen (bukan rupiah).....ibaratnya beli software buat disain CRV pun pake dollar


Jadi memang bisa sih HPM koreksi harga CRV karena turunnya harga besi tsb, tapi mereka hanya bisa koreksi sebesar 3 jt Rp karena cuma 3 jt lah impact dari turunnya harga besi dunia. Sedangkan kalo kurs naik 35%, maka keseluruhan harga mobil kemungkinan bisa dinaikkan sebesar 35%......hehehe....ini pake honda crv cuma contoh ya, IMO ini berlaku uga ke seluruh pabrikan
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
Kalo saya rasa sih masyarakat indonesia juga engga segitu bodohnya sehingga ATPM bilang apapun pasti nurut. Kalo memang kurs stabil, inflasi rendah, pajak stabil (gak dinaikkin terus sama pemerintah), orang kita juga gak bakalan percaya kalo pabrikan tetep kasi alesan2 spt itu (kurs, pajak, inflasi).esh wrote:Kalau saya melihat bahwa di Indonesia sudah menjadi 'tradisi' bahwa harga terus menerus dinaikkan. Setiap tahun harga pasti naik dengan alasan inflasi, kurs dollar, dan BBN I. Bahkan dalam satu tahun harga bisa naik lebih dari satu kali. Menurut saya hal ini sudah membentuk pola pikir dari pengusaha ATPM untuk selalu menaikkan harga dan masyarakat juga sudah 'terbiasa'.
Mengenai pola pikir (mindset) ini saya rasa juga sudah menjadi pola pikir dari mayoritas bangsa Indonesia bahwa harga naik adalah hal yang 'normal', tidak hanya pengusaha ATPM saja, sebagai salah satu contoh saat harga BBM naik semua pada ramai2 menaikkan harga tetapi saat harga BBM turun berbagai macam alasan dikemukakan
Di sisi lain saya juga melihat ada kemungkinan bahwa ini adalah salah satu strategi pengusaha ATPM supaya profitnya tidak terlalu drop saat krisis, yaitu dengan 'memperbesar' margin saat volume penjualan menurun. CMIIW
Tapi memang buktinya di negara kita ini, semua yg bro Esh sebutkan diatas itu terjadi semua koq......ya memang indonesia adalah salah satu negara dengan inflasi tertinggi koq, kurs juga gak stabil, pemerintah juga setiap tahun naikkin pajak mobil baru hehehehe....ya gimana dong?

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
hehehehe...ketauan nih bro eresiie punya city ya?eresiie wrote:Waakks?! Org yg beli new city = bodoh ???!!!

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
Bisa juga....atau bisa juga karena mobil mewah udah dari sononya (negara asalnya) didiskon gede karena kurang laku, jadi pas masuk sini kita bisa juga kecipratan diskonnya sehingga kenaikkan harga gak sebesar mobil yg lebih murah.......atau bisa juga ketolong dengan melemahnya euro.....FortunerMan wrote:Kalo teori iseng2 saya sih begini...
1. Mobil mewah memang profit marginnya sangat tinggi, jadi mereka masih ada buffer.
betul banget, pasti ada.....pemimpin pasar pasti yg nentuin harga/langkah.FortunerMan wrote:3. Ini Indonesia, tidak tertutup kemungkinan ada deal antara petinggi Toyota dan Honda untuk sama2 menaikkan harga.
Kaya GM aja, kalo GM naikkin harga, bbrp hari kemudian pasti Ford, Chrysler naik harga juga.......begitu juga kalo GM kasi rebate gede, besokkannya Ford kasi deal "employee discount" hehehehe....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
Wah yg ini sih kayaknya testimoni pribadi nihesh wrote:Di Indo harga berapa pun pasti dibeli karena cari duitnya mudah. CMIIW

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
Tapi memang pasti pengusaha juga nyari untung, mereka kan bukan lembaga non profit yg tugasnya bantuin kita2 beli mobil dgn murah. Pastilah dibalik setiap kenaikkan harga, ada motif cari untungnya juga.
ATPM jepang juga lebih digandrungi karena mereka memang lebih gencar berinvestasi disini dan juga produk2nya lebih "masuk" ke orang2 sini.
ATPM jepang juga lebih digandrungi karena mereka memang lebih gencar berinvestasi disini dan juga produk2nya lebih "masuk" ke orang2 sini.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 239
- Joined: Tue Aug 05, 2008 9:27
Re: ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
IMO, walapun kurs relatif stabil, kdg2 ATM bisa juga lho menaikkan harga produk2 yg laku. Sebab mnrt saya, menaikkan harga jual tmsk salah satu cara ATPM utk menjaga resale value/depresiasi, bukan rahasia lagi kalo resale value ini menjadi salah satu faktor dominan dalam menentukan keputusan membeli bagi sebagian besar konsumen di Indonesia. Biasanya kalo resale valuenya terjaga, maka image produk tsb terjaga. IMO, mobil yg populasinya banyak, resale value terjaga, image terjaga, menjadi faktor yg menentukan keputusan membeli bagi calon konsumen. Just my two cents.esh wrote:Kalau saya melihat bahwa di Indonesia sudah menjadi 'tradisi' bahwa harga terus menerus dinaikkan. Setiap tahun harga pasti naik dengan alasan inflasi, kurs dollar, dan BBN I. Bahkan dalam satu tahun harga bisa naik lebih dari satu kali. Menurut saya hal ini sudah membentuk pola pikir dari pengusaha ATPM untuk selalu menaikkan harga dan masyarakat juga sudah 'terbiasa'.
Mengenai pola pikir (mindset) ini saya rasa juga sudah menjadi pola pikir dari mayoritas bangsa Indonesia bahwa harga naik adalah hal yang 'normal', tidak hanya pengusaha ATPM saja, sebagai salah satu contoh saat harga BBM naik semua pada ramai2 menaikkan harga tetapi saat harga BBM turun berbagai macam alasan dikemukakan
Di sisi lain saya juga melihat ada kemungkinan bahwa ini adalah salah satu strategi pengusaha ATPM supaya profitnya tidak terlalu drop saat krisis, yaitu dengan 'memperbesar' margin saat volume penjualan menurun. CMIIW
@Bro Risol1: Sy blm punya All New City skrg bro, jadi sy blm bodoh skrg, but who knows later.......
sy cuma pernah lihat mobil ini 2 kali di 2 kota yg berbeda, kebetulan dua2nya warna hitam, kilaunya itu lho bro, wue..he...heh, bikin horny.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
asik bener bacanya.....thanks teman2 nambah wawasan lagi....lanjutin lagi dong happy salma nya...
eh salah ya?
maksudnya analisa nya.....demen neh....
eh salah ya?

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
memang itu adalah pendapat saya pribadi, karena memang fakta di Indo terlalu banyak hal2 yang tdk masuk akal terjadi. Sebagai salah satu contoh adalah biaya pemilu yang sedemikian mahal tapi hasilnya seperti ini. Kesannya ada kesengajaan supaya biaya dihambur2kan. Masih belum dana yang dikeluarkan oleh caleg. Menurut om Risol apa yang menjadi motivasi para caleg kok sampai berani keluar dana sampai milyaran?Risol1 wrote:Wah yg ini sih kayaknya testimoni pribadi nihesh wrote:Di Indo harga berapa pun pasti dibeli karena cari duitnya mudah. CMIIW
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 343
- Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
- Location: didepanmu gitu lhoo
Re: ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
numpang lewat y br0 Esh.................
tany ma caleg nya dunk... 0m Risol mn tau.. urusan begituan... wkekekeke...

tany ma caleg nya dunk... 0m Risol mn tau.. urusan begituan... wkekekeke...

Maximum speed ......................... Setting ON
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
kalau begitu tante neo saja yang jawab, bukannya pemilu barusan ikut jadi caleg?neo88 wrote:numpang lewat y br0 Esh.................![]()
tany ma caleg nya dunk... 0m Risol mn tau.. urusan begituan... wkekekeke...

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
upeti dari petinggi petinggi di daerah untuk dapatkan gelontoran dana dari pusat...bikin UUD untuk sebuah proyek.UUD yang saya magsud "Ujung Ujungya Duit"..pokoknya di sana itu tempatnya duit,yang ketahuan dan ke tangkep kan 1000 banding 1.esh wrote:memang itu adalah pendapat saya pribadi, karena memang fakta di Indo terlalu banyak hal2 yang tdk masuk akal terjadi. Sebagai salah satu contoh adalah biaya pemilu yang sedemikian mahal tapi hasilnya seperti ini. Kesannya ada kesengajaan supaya biaya dihambur2kan. Masih belum dana yang dikeluarkan oleh caleg. Menurut om Risol apa yang menjadi motivasi para caleg kok sampai berani keluar dana sampai milyaran?Risol1 wrote:Wah yg ini sih kayaknya testimoni pribadi nihesh wrote:Di Indo harga berapa pun pasti dibeli karena cari duitnya mudah. CMIIW
weeh OOT neh


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
Hm maksudnya bukan testimoni pribadi, tapi pengalaman pribadi alias bro Esh nyari duitnya gampang disini......heuhuehuehue J/k bro Esh....esh wrote:memang itu adalah pendapat saya pribadi, karena memang fakta di Indo terlalu banyak hal2 yang tdk masuk akal terjadi. Sebagai salah satu contoh adalah biaya pemilu yang sedemikian mahal tapi hasilnya seperti ini. Kesannya ada kesengajaan supaya biaya dihambur2kan. Masih belum dana yang dikeluarkan oleh caleg. Menurut om Risol apa yang menjadi motivasi para caleg kok sampai berani keluar dana sampai milyaran?Risol1 wrote:Wah yg ini sih kayaknya testimoni pribadi nihesh wrote:Di Indo harga berapa pun pasti dibeli karena cari duitnya mudah. CMIIW
Wah kalo itu ane gak tau bro Esh, idem aja deh sama SMer2 disini yg bilang ttg terori "balik modal", walaupun gak tertutup jg kemungkinan bahwa mungkin ada bbrp caleg yg bener2 peduli ttg nasib rakyat (jarang banget kali ye....)

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
hehehe...betul.....lha wong saya aja masih jadi buruh kekekeke......neo88 wrote:numpang lewat y br0 Esh.................![]()
tany ma caleg nya dunk... 0m Risol mn tau.. urusan begituan... wkekekeke...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
Hmm, bukannya 'mudah' cari uang di Indo karena 'longgar'-nya segala sesuatu, karena segala sesuatu bisa diatur. jauh beda dengan di US yang segala peraturan sudah sangat rapi.
Btw, kembali ke topik, saya tetap melihat bahwa di Indo konsumen lebih tidak sensitif terhadap kenaikan harga karena toh masih mampu beli.
Btw, kembali ke topik, saya tetap melihat bahwa di Indo konsumen lebih tidak sensitif terhadap kenaikan harga karena toh masih mampu beli.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
Rata2 posting di sini mendukung teori bhw ATPM Jpang naikin harga suka2. Tapi apa betul gitu? Ini aku ambil dari Autobild (yg suka salah kata org2, tapi masih laku dibeli). Harga adalah yg paling murah dari tiap viarian:
140 jt Chevy Aveo
124 jt Suzuki Karimun
196 jt Honda Jazz
249 jt Pug 207
255 jt VW Polo
320 jt Toyota Corolla
301 jt Ford Focus
362 jt Pug 308
342 jt Honda CRV
266 jt Chevy Captiva
323 jt Ford Escape
Ternyata same same aja tuh harganya mobil Jepang nggak jadi mahal2 dibanding rivalnya.
140 jt Chevy Aveo
124 jt Suzuki Karimun
196 jt Honda Jazz
249 jt Pug 207
255 jt VW Polo
320 jt Toyota Corolla
301 jt Ford Focus
362 jt Pug 308
342 jt Honda CRV
266 jt Chevy Captiva
323 jt Ford Escape
Ternyata same same aja tuh harganya mobil Jepang nggak jadi mahal2 dibanding rivalnya.
Ready to Race
Re: ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
Bukannya tidak sensitif, tapi masih ada terus alternatif yg masih terjangkau (Avanza, Livina, APV)...walaupun levelnya turun, tp tetep bisa beli mobil.esh wrote:Hmm, bukannya 'mudah' cari uang di Indo karena 'longgar'-nya segala sesuatu, karena segala sesuatu bisa diatur. jauh beda dengan di US yang segala peraturan sudah sangat rapi.
Btw, kembali ke topik, saya tetap melihat bahwa di Indo konsumen lebih tidak sensitif terhadap kenaikan harga karena toh masih mampu beli.
Contohnya dulu Crown masih dalam jangkauan eksekutif pada umumnya. Skrg Crown udah 1 koma. Para bos2 larinya ke Camry, turun kelas. Kalo average bos2 tinggi tp pegawai biasa (bukan pengusaha), udah gak kesampaian 1 koma. Tentu saja ada pengecualian, tp kira2 begitulah.