ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Thu Nov 27, 2008 7:05
ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
Mengacu topik panas belakangan ini ttg harga mobil yg terus naik.
Iseng2 bikin comparasi mobil antara harga Dec 08 vs Mar 09 (data diambil dr Price List Autobild dgn sampling), ada beberapa hal yg terus menggelitik :
1. Mayoritas ATPM dr Jepang yg menaikkan harga, sedangkan ATPM Eropa harga masih relatif sama.
2. Dr produk2 Jepang tsb, margin persentase kenaikkan yg paling besar (di atas 10%) ada di segmen paling gemuk.
Merk Dec 08 Mar 09 Selisih %
HondaCRV 2.4 314jt 370jt 56jt 17.83%
Nissan GL 1.8 184.5 215 30.5 16.53%
Innova E bensin 171.15 198.05 26.9 15.72%
New Vios 201.6 224.1 22.5 11.16%
3. Sedangkan di class yg relatif kurang laku, % kenaikkan paling kecil (di bawah 5%) atau ATPM non Jepang
Merk Dec 08 Mar 09 Selisih %
Mazda 3 HB 286 296 10 3.03
Captiva A/T 274.1 278.6 04.5 1.64
4. Mobil yg non rakitan lokal malah tidak ada kenaikkan harga :
Merk Dec 08 Mar 09 Selisih %
Oddysey 435 435 0 0
5. Harga dr ATPM Eropa relatif stabil :
Merk Dec 08 Mar 09 Selisih %
BMW 320i 501.9 501.9 0 0
Mercy C200 498 498 0 0
Selama ini ATPM Jepang claim mereka terpaksa menaikkan harga krn 'terpaksa' dengan fluktuasi kurs.
Melihat data ini terbersit di benak saya apakah gunanya ATPM Jepang membangun pabrik di dalam negri dgn komponen lokal tapi si situasi 'sekarang' ini harga terus membubung tinggi ?
Di lain pihak kenapa ATPM Eropa sanggup menahan harga meskipun mereka juga jelas terkena imbas fluktuasi dan mayoritas produk mereka adalah import ?
Apakah profit margin yg diambil dr ATPM Eropa sudah sedemikian tingginya shg mereka masih bisa 'buffer' (baca tahan harga) atau ATPM Jepang yg sdh sedemikian-rupa bebas mendikte market sesukanya krn mereka relatif monopoli di segmen mobil2 laris (lambat-laun toh konsumen jg akan membelinya)
Atau memang ada penjelasan-penjelasan lain ?
Iseng2 bikin comparasi mobil antara harga Dec 08 vs Mar 09 (data diambil dr Price List Autobild dgn sampling), ada beberapa hal yg terus menggelitik :
1. Mayoritas ATPM dr Jepang yg menaikkan harga, sedangkan ATPM Eropa harga masih relatif sama.
2. Dr produk2 Jepang tsb, margin persentase kenaikkan yg paling besar (di atas 10%) ada di segmen paling gemuk.
Merk Dec 08 Mar 09 Selisih %
HondaCRV 2.4 314jt 370jt 56jt 17.83%
Nissan GL 1.8 184.5 215 30.5 16.53%
Innova E bensin 171.15 198.05 26.9 15.72%
New Vios 201.6 224.1 22.5 11.16%
3. Sedangkan di class yg relatif kurang laku, % kenaikkan paling kecil (di bawah 5%) atau ATPM non Jepang
Merk Dec 08 Mar 09 Selisih %
Mazda 3 HB 286 296 10 3.03
Captiva A/T 274.1 278.6 04.5 1.64
4. Mobil yg non rakitan lokal malah tidak ada kenaikkan harga :
Merk Dec 08 Mar 09 Selisih %
Oddysey 435 435 0 0
5. Harga dr ATPM Eropa relatif stabil :
Merk Dec 08 Mar 09 Selisih %
BMW 320i 501.9 501.9 0 0
Mercy C200 498 498 0 0
Selama ini ATPM Jepang claim mereka terpaksa menaikkan harga krn 'terpaksa' dengan fluktuasi kurs.
Melihat data ini terbersit di benak saya apakah gunanya ATPM Jepang membangun pabrik di dalam negri dgn komponen lokal tapi si situasi 'sekarang' ini harga terus membubung tinggi ?
Di lain pihak kenapa ATPM Eropa sanggup menahan harga meskipun mereka juga jelas terkena imbas fluktuasi dan mayoritas produk mereka adalah import ?
Apakah profit margin yg diambil dr ATPM Eropa sudah sedemikian tingginya shg mereka masih bisa 'buffer' (baca tahan harga) atau ATPM Jepang yg sdh sedemikian-rupa bebas mendikte market sesukanya krn mereka relatif monopoli di segmen mobil2 laris (lambat-laun toh konsumen jg akan membelinya)
Atau memang ada penjelasan-penjelasan lain ?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
previa pasar kurus sih ke 986jt dari 624jt...cmiiw
GL yg naik di list di atas itu berarti yg "kurus" kalo model 1800cc, kan lebih gemuk GL yg 1500cc.
Innova kayanya juga bukan yg tergemuk yg G yah?
Yaris naiknya lebih gede dari vios deh..15% an..
gatau juga rush & model2 lain, juga merk mitsubishi, daihatsu dan suzuki....
oddysey ATPM = product discontinued, juga karena IU udah keluar gen barunya malah udah ada di jalanan jakarta.
kalo mobil eropa, karena jualannya udah dikit banget....
GL yg naik di list di atas itu berarti yg "kurus" kalo model 1800cc, kan lebih gemuk GL yg 1500cc.
Innova kayanya juga bukan yg tergemuk yg G yah?
Yaris naiknya lebih gede dari vios deh..15% an..
gatau juga rush & model2 lain, juga merk mitsubishi, daihatsu dan suzuki....
oddysey ATPM = product discontinued, juga karena IU udah keluar gen barunya malah udah ada di jalanan jakarta.
kalo mobil eropa, karena jualannya udah dikit banget....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
IMO, Mustinya mengambil cut off datenya jangan terlalu deket (Dec 08 - Mar 09) soalnya merek2 yg naikkin harga bulan Nov, Oct, dsb di tahun 2008 gak masuk sampling padahal mereka mungkin menaikkan harga karena alasan yg sama (kurs).......
Juga mungkin aja harga2 mobil yg tertera di autobild kurang akurat dengan data/harga yg beneran di dealer. Kalo pabrikan2 jepang biasanya mereka mencantumkan harga produk2nya di website resminya masing2 jadi ngeceknya enak/pasti akurat. Tapi kalo pabrikan2 eropa kelas atas biasanya engga mencantumkan harga produknya di website mereka, jadi ada kemungkinan harga di autobild kurang up to date.
Contohnya: Mercedes C200K baru di price list autobild kan 498 jt, tapi kalo liat di pasaran mobkas, C200K thn 2008 aja ditawarin diatas 500jt semua
Juga mungkin aja harga2 mobil yg tertera di autobild kurang akurat dengan data/harga yg beneran di dealer. Kalo pabrikan2 jepang biasanya mereka mencantumkan harga produk2nya di website resminya masing2 jadi ngeceknya enak/pasti akurat. Tapi kalo pabrikan2 eropa kelas atas biasanya engga mencantumkan harga produknya di website mereka, jadi ada kemungkinan harga di autobild kurang up to date.
Contohnya: Mercedes C200K baru di price list autobild kan 498 jt, tapi kalo liat di pasaran mobkas, C200K thn 2008 aja ditawarin diatas 500jt semua

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
Ralat, previa ternyata "baru" naik per 1 april ke 986jt dari 639,5jt (maret 08)....naik 54%...
kalo harga toyota gampang, buka aja blog rini..(mana nih mbak rini....)
1 des 08:
http://rinisumasdi.blogspot.com/2008/12 ... per-1.html
1 jan 09:
http://rinisumasdi.blogspot.com/2009/01 ... per-1.html
1 feb 09 :
http://rinisumasdi.blogspot.com/2009/02 ... -2009.html
1 mar 09:
http://rinisumasdi.blogspot.com/2009/03 ... -2009.html
1 apr 09:
http://rinisumasdi.blogspot.com/2009/04 ... oyota.html
kalo harga toyota gampang, buka aja blog rini..(mana nih mbak rini....)
1 des 08:
http://rinisumasdi.blogspot.com/2008/12 ... per-1.html
1 jan 09:
http://rinisumasdi.blogspot.com/2009/01 ... per-1.html
1 feb 09 :
http://rinisumasdi.blogspot.com/2009/02 ... -2009.html
1 mar 09:
http://rinisumasdi.blogspot.com/2009/03 ... -2009.html
1 apr 09:
http://rinisumasdi.blogspot.com/2009/04 ... oyota.html
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 53
- Joined: Fri Jan 30, 2009 2:34
Re: ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
itu karena harga yang terlampir...Risol1 wrote:IMO, Mustinya mengambil cut off datenya jangan terlalu deket (Dec 08 - Mar 09) soalnya merek2 yg naikkin harga bulan Nov, Oct, dsb di tahun 2008 gak masuk sampling padahal mereka mungkin menaikkan harga karena alasan yg sama (kurs).......
Juga mungkin aja harga2 mobil yg tertera di autobild kurang akurat dengan data/harga yg beneran di dealer. Kalo pabrikan2 jepang biasanya mereka mencantumkan harga produk2nya di website resminya masing2 jadi ngeceknya enak/pasti akurat. Tapi kalo pabrikan2 eropa kelas atas biasanya engga mencantumkan harga produknya di website mereka, jadi ada kemungkinan harga di autobild kurang up to date.
Contohnya: Mercedes C200K baru di price list autobild kan 498 jt, tapi kalo liat di pasaran mobkas, C200K thn 2008 aja ditawarin diatas 500jt semua
adalah Off-the-Road

anyway... Mercy resale valuenya ok bgt loh
(untuk ukuran european car)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
iya kalo di AB , price list mercy itu off the road..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 53
- Joined: Fri Jan 30, 2009 2:34
Re: ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
akhirnya... ada produk toyota yg bisa lebih mahal (dikelasnya) dibandingkan Honda...GTR wrote:Ralat, previa ternyata "baru" naik per 1 april ke 986jt dari 639,5jt (maret 08)....naik 54%...
kalo harga toyota gampang, buka aja blog rini..(mana nih mbak rini....)
1 des 08:
http://rinisumasdi.blogspot.com/2008/12 ... per-1.html
1 jan 09:
http://rinisumasdi.blogspot.com/2009/01 ... per-1.html
1 feb 09 :
http://rinisumasdi.blogspot.com/2009/02 ... -2009.html
1 mar 09:
http://rinisumasdi.blogspot.com/2009/03 ... -2009.html
1 apr 09:
http://rinisumasdi.blogspot.com/2009/04 ... oyota.html
Toyota Camry 2.4V... lebih mahal dari Accord 2.4 Vti-L AT

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
off the road ya?Satyabudi wrote:itu karena harga yang terlampir...Risol1 wrote:IMO, Mustinya mengambil cut off datenya jangan terlalu deket (Dec 08 - Mar 09) soalnya merek2 yg naikkin harga bulan Nov, Oct, dsb di tahun 2008 gak masuk sampling padahal mereka mungkin menaikkan harga karena alasan yg sama (kurs).......
Juga mungkin aja harga2 mobil yg tertera di autobild kurang akurat dengan data/harga yg beneran di dealer. Kalo pabrikan2 jepang biasanya mereka mencantumkan harga produk2nya di website resminya masing2 jadi ngeceknya enak/pasti akurat. Tapi kalo pabrikan2 eropa kelas atas biasanya engga mencantumkan harga produknya di website mereka, jadi ada kemungkinan harga di autobild kurang up to date.
Contohnya: Mercedes C200K baru di price list autobild kan 498 jt, tapi kalo liat di pasaran mobkas, C200K thn 2008 aja ditawarin diatas 500jt semua
adalah Off-the-Road
anyway... Mercy resale valuenya ok bgt loh
(untuk ukuran european car)

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 53
- Joined: Fri Jan 30, 2009 2:34
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
Produsen memang tau produknya seperti apa terhadap produk kompetitor langsung & market, makanya mereka juga pasang harga ideal utk bertarung, seperti insight vs prius kalo diluar.... "ada harga ada barang".
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
alasannya selalu rate US$ ... tp saat rate turun kok harga mobil ga diturunin??GTR wrote:Produsen memang tau produknya seperti apa terhadap produk kompetitor langsung & market, makanya mereka juga pasang harga ideal utk bertarung, seperti insight vs prius kalo diluar.... "ada harga ada barang".
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 53
- Joined: Fri Jan 30, 2009 2:34
Re: ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
price-list emang gak turun...maxx wrote:alasannya selalu rate US$ ... tp saat rate turun kok harga mobil ga diturunin??GTR wrote:Produsen memang tau produknya seperti apa terhadap produk kompetitor langsung & market, makanya mereka juga pasang harga ideal utk bertarung, seperti insight vs prius kalo diluar.... "ada harga ada barang".
tapi diskon yang digedein

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
wah kayanya mesti minta pakar bro risol yg menjelaskan (lagi)....ayo mana nih orangnya....maxx wrote:alasannya selalu rate US$ ... tp saat rate turun kok harga mobil ga diturunin??GTR wrote:Produsen memang tau produknya seperti apa terhadap produk kompetitor langsung & market, makanya mereka juga pasang harga ideal utk bertarung, seperti insight vs prius kalo diluar.... "ada harga ada barang".
IMO, "setinggi" apapun harga suatu produk, tapi kalo bisa laris manis yah ga ada yg salah dengan harganya, mungkin tetep masih dianggap sesuai manfaat nya or bahkan relatif lebih murah bagi konsumen. kecuali ga laku tuh baru deh...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
kalo banner di http://www.mobilku.com, on the road nya = 570jt..Risol1 wrote: Contohnya: Mercedes C200K baru di price list autobild kan 498 jt, tapi kalo liat di pasaran mobkas, C200K thn 2008 aja ditawarin diatas 500jt semua
"c200" ATPM ini juga udah kompressor kan...
2nd nya kuat amat ya, kaya avanza aja..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
memang aneh....
dimasa krisis ini, justru harga mobil baru di negara-negara maju sampe harus di"pertahankan" bahkan dikasi diskon gede supaya bisa lebih terserap pasar. banyak vendor (ATPM) diluar negeri yg harus memperluas atau menyewa gudang baru karena pengiriman dari pabrik jalan terus sedangkan penjualannya macet.
harga komoditi dunia macam energi, minyak, bermacam logam (besi, aluminum, tembaga, dll), hasil pertanian merosot drastis hingga 25%-50%
ya kurang lebih sama lah dengan jatuhnya rupiah terhadap valuta asing, atau malah kurang dari itu
gampangnya omong, dari harga awal (misalnya dalam US$), harga mobil sudah terkoreksi 25%-35%, dikonversi ke rupiah yg nilainya melemah 25%-35% terhadap US$, kan harusnya harga mobil tetep sama (dalam Rupiah)? Atau saya yg error kalkulatornya nih?
di konteks krisis sekarang, sungguh "poor excuses" menaikkan harga mobil karena faktor exchange rate secara harga material produksi juga terkoreksi (turun)
no offense, mgkn pihak atpm menaikkan harga tersebut karena memanfaatkan "ketidak tahuan" dan "kekurang kritisan" konsumen kita.
kembalinya ke hukum ekonomi, demand tinggi dan brand image bagus....ya suka-suka mereka menaikkan harga dengan berbagai alasan, toh juga masih dibeli ini...
di negara maju harga mobil baru dapat diskon, tetep aja penjualan seret. di tanah air, harga mobil naik gila2an, yg inden pun juga masih banyak
dimasa krisis ini, justru harga mobil baru di negara-negara maju sampe harus di"pertahankan" bahkan dikasi diskon gede supaya bisa lebih terserap pasar. banyak vendor (ATPM) diluar negeri yg harus memperluas atau menyewa gudang baru karena pengiriman dari pabrik jalan terus sedangkan penjualannya macet.
harga komoditi dunia macam energi, minyak, bermacam logam (besi, aluminum, tembaga, dll), hasil pertanian merosot drastis hingga 25%-50%
ya kurang lebih sama lah dengan jatuhnya rupiah terhadap valuta asing, atau malah kurang dari itu
gampangnya omong, dari harga awal (misalnya dalam US$), harga mobil sudah terkoreksi 25%-35%, dikonversi ke rupiah yg nilainya melemah 25%-35% terhadap US$, kan harusnya harga mobil tetep sama (dalam Rupiah)? Atau saya yg error kalkulatornya nih?

di konteks krisis sekarang, sungguh "poor excuses" menaikkan harga mobil karena faktor exchange rate secara harga material produksi juga terkoreksi (turun)

no offense, mgkn pihak atpm menaikkan harga tersebut karena memanfaatkan "ketidak tahuan" dan "kekurang kritisan" konsumen kita.
kembalinya ke hukum ekonomi, demand tinggi dan brand image bagus....ya suka-suka mereka menaikkan harga dengan berbagai alasan, toh juga masih dibeli ini...

di negara maju harga mobil baru dapat diskon, tetep aja penjualan seret. di tanah air, harga mobil naik gila2an, yg inden pun juga masih banyak

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
masalahnya juga, adalah perilaku konsumen yg diperhatikan produsen.
Karena permintaan / kebutuhan akan "mobil" (& motor) itu sangat sangat tinggi bahkan mutlak hidup berkeluarga di indo.
karena mungkin mereka melihat sarana prasarana fasilitas angkutan umum itu sangat buruk, makanya mobil(/motor) udah jadi kebutuhan pokok.
IMO,mobil adalah kebutuhan pokok di indo, motor jadi merupakan transportasi transisi dari tidak punya kendaraan ke mobil, terutama menjadi kebutuhan utama bagi yg telah berkeluarga & punya anak, yg tadinya boncengan kemana2, tujuan jangka menengah nya yg akan dicapai adalah tetep : naik mobil biarpun mungkin berangkat dari mobil bekas.
Karena permintaan / kebutuhan akan "mobil" (& motor) itu sangat sangat tinggi bahkan mutlak hidup berkeluarga di indo.
karena mungkin mereka melihat sarana prasarana fasilitas angkutan umum itu sangat buruk, makanya mobil(/motor) udah jadi kebutuhan pokok.
IMO,mobil adalah kebutuhan pokok di indo, motor jadi merupakan transportasi transisi dari tidak punya kendaraan ke mobil, terutama menjadi kebutuhan utama bagi yg telah berkeluarga & punya anak, yg tadinya boncengan kemana2, tujuan jangka menengah nya yg akan dicapai adalah tetep : naik mobil biarpun mungkin berangkat dari mobil bekas.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
contoh berita (1 year history):
harga aluminum dunia melorot drastis: http://www.infomine.com/investment/hist ... c=Aluminum
harga logam dunia melorot : http://www.metalprices.com/FreeSite/metals/al/al.asp
http://www.cnbc.com/id/30255001 (toyota dapat diskon spesial hingga 10% setiap pembelian baja ke nippon steel
)
harga aluminum dunia melorot drastis: http://www.infomine.com/investment/hist ... c=Aluminum
harga logam dunia melorot : http://www.metalprices.com/FreeSite/metals/al/al.asp
http://www.cnbc.com/id/30255001 (toyota dapat diskon spesial hingga 10% setiap pembelian baja ke nippon steel

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
dari data2 turunnya komoditi tersebut, sesuai cuplikan sang TS, justru ATPM eropa yg mainnya "fair"
harganya stabil, rupiah melemah, tapi harga dasar (harga produksi) mobil juga turun, jadi harganya tetap kan?
kecuali mercy kali ya? karena brand image-nya cukup kuat di indonesia, makanya dia sah-sah aja ikut naikkin harga

kecuali mercy kali ya? karena brand image-nya cukup kuat di indonesia, makanya dia sah-sah aja ikut naikkin harga

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
kan produsen jual mobil bukan jual "bahan" pak...
or APV harganya bisa2 2 kali nya sx4 kalo gitu...
or APV harganya bisa2 2 kali nya sx4 kalo gitu...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
^^^
memang betul pak gtr, tidak 100% tetapi kan mereka jual produk yg berasal dari material alias bahan.
nah, kalo materialnya melorot hingga 35%, apa ga mau ikut dikoreksi juga harganya? jawabnya ada 2, kalo konsumennya kritis, pasti dia akan koreksi
tapi kalo ga kritis ya harganya dinaikkin aja ...sorry lho kalo analogi saya simple...
dan mobil mahal vs. mobil murah, belum tentu jenis/kualitas materialnya sama meski bisa saja secara volume, material yg dibutuhkan mobil murah lebih banyak
kalo itu masalah biaya teknologi/riset, ya pinter2nya manufacturing atur overhead mereka. toh jika barang bagus dan jika laku keras, tanpa menaikkan harga...sudah bisa nutup margin profitnya
dan lagi, sesuai konteks topic ini, yg ditanyakan TS adalah kenapa dengan mobil yang sama, kok naiknya gila2an, jadi bener-bener apple to apple bukan membandingkan kenaikan harga mobil high-spec lawan mobil low-spec
memang betul pak gtr, tidak 100% tetapi kan mereka jual produk yg berasal dari material alias bahan.
nah, kalo materialnya melorot hingga 35%, apa ga mau ikut dikoreksi juga harganya? jawabnya ada 2, kalo konsumennya kritis, pasti dia akan koreksi
tapi kalo ga kritis ya harganya dinaikkin aja ...sorry lho kalo analogi saya simple...

dan mobil mahal vs. mobil murah, belum tentu jenis/kualitas materialnya sama meski bisa saja secara volume, material yg dibutuhkan mobil murah lebih banyak
kalo itu masalah biaya teknologi/riset, ya pinter2nya manufacturing atur overhead mereka. toh jika barang bagus dan jika laku keras, tanpa menaikkan harga...sudah bisa nutup margin profitnya
dan lagi, sesuai konteks topic ini, yg ditanyakan TS adalah kenapa dengan mobil yang sama, kok naiknya gila2an, jadi bener-bener apple to apple bukan membandingkan kenaikan harga mobil high-spec lawan mobil low-spec

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
Kalau saya melihat bahwa di Indonesia sudah menjadi 'tradisi' bahwa harga terus menerus dinaikkan. Setiap tahun harga pasti naik dengan alasan inflasi, kurs dollar, dan BBN I. Bahkan dalam satu tahun harga bisa naik lebih dari satu kali. Menurut saya hal ini sudah membentuk pola pikir dari pengusaha ATPM untuk selalu menaikkan harga dan masyarakat juga sudah 'terbiasa'.
Mengenai pola pikir (mindset) ini saya rasa juga sudah menjadi pola pikir dari mayoritas bangsa Indonesia bahwa harga naik adalah hal yang 'normal', tidak hanya pengusaha ATPM saja, sebagai salah satu contoh saat harga BBM naik semua pada ramai2 menaikkan harga tetapi saat harga BBM turun berbagai macam alasan dikemukakan
Di sisi lain saya juga melihat ada kemungkinan bahwa ini adalah salah satu strategi pengusaha ATPM supaya profitnya tidak terlalu drop saat krisis, yaitu dengan 'memperbesar' margin saat volume penjualan menurun. CMIIW
Mengenai pola pikir (mindset) ini saya rasa juga sudah menjadi pola pikir dari mayoritas bangsa Indonesia bahwa harga naik adalah hal yang 'normal', tidak hanya pengusaha ATPM saja, sebagai salah satu contoh saat harga BBM naik semua pada ramai2 menaikkan harga tetapi saat harga BBM turun berbagai macam alasan dikemukakan
Di sisi lain saya juga melihat ada kemungkinan bahwa ini adalah salah satu strategi pengusaha ATPM supaya profitnya tidak terlalu drop saat krisis, yaitu dengan 'memperbesar' margin saat volume penjualan menurun. CMIIW
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1147
- Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26
Re: ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
halah gini deh biar gampang, ga usah teori rumit rumit.
toyota honda naekin harga brppun jg org sini tetep beli. City seharga corolla umur baru setahun pun ada org yg beli krn gengsi mobil baru (bodonya dia malah lbh rela beli baru pdhl mobilnya kalah kelas). Org sini ga mau nyoba merk laen yg harganya ga naek segila toyota honda. CRV hampir 400 jt aja ada org yg beli pdhl udah ga worth it
Kl lu jd mrk si atpm, alesan apa coba ga naekin harga ?? Ga usah ada krisis pun mrk tetep byk alesan naekin harga
toyota honda naekin harga brppun jg org sini tetep beli. City seharga corolla umur baru setahun pun ada org yg beli krn gengsi mobil baru (bodonya dia malah lbh rela beli baru pdhl mobilnya kalah kelas). Org sini ga mau nyoba merk laen yg harganya ga naek segila toyota honda. CRV hampir 400 jt aja ada org yg beli pdhl udah ga worth it
Kl lu jd mrk si atpm, alesan apa coba ga naekin harga ?? Ga usah ada krisis pun mrk tetep byk alesan naekin harga
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 239
- Joined: Tue Aug 05, 2008 9:27
Re: ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
Waakks?! Org yg beli new city = bodoh ???!!!
Re: ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
Pokoknya dia yg paling pinter deh milih mobileresiie wrote:Waakks?! Org yg beli new city = bodoh ???!!!

Re: ALASAN ATPM Jepang terus naikkan harga ???
Kalo teori iseng2 saya sih begini...
1. Mobil mewah memang profit marginnya sangat tinggi, jadi mereka masih ada buffer.
2. Merek2 sejuta umat profit marginnya lebih sedikit, jadi lebih sensitif thd pergerakan valuta bule.
3. Ini Indonesia, tidak tertutup kemungkinan ada deal antara petinggi Toyota dan Honda untuk sama2 menaikkan harga.
Intinya ya supply and demand juga...yg mau beli masih banyak, saya jadi pedagang juga ambil untung. Toh barang yg dijual tetep bagus2 aja di kelasnya masing2.
Gak usah marah2 ama org dagang, namanya cari duit. Gak mampu beli atau merasa gak worth it ya jangan beli toh gak dipaksa - kalo penjualannya turun juga mereka insap. Gak perlu juga bilang org beli mobil X bodoh...toh mobil itu adalah selera masing2, kalo udah doyan ama City atau CR-V ya sudah (wong mobil bagus resalenya juga bagus, dimana bodohnya?)...ce juga begitu, saya doyan Happy Salma, banyak yg bilang kaya mbok2...so what gitu loh
1. Mobil mewah memang profit marginnya sangat tinggi, jadi mereka masih ada buffer.
2. Merek2 sejuta umat profit marginnya lebih sedikit, jadi lebih sensitif thd pergerakan valuta bule.
3. Ini Indonesia, tidak tertutup kemungkinan ada deal antara petinggi Toyota dan Honda untuk sama2 menaikkan harga.
Intinya ya supply and demand juga...yg mau beli masih banyak, saya jadi pedagang juga ambil untung. Toh barang yg dijual tetep bagus2 aja di kelasnya masing2.
Gak usah marah2 ama org dagang, namanya cari duit. Gak mampu beli atau merasa gak worth it ya jangan beli toh gak dipaksa - kalo penjualannya turun juga mereka insap. Gak perlu juga bilang org beli mobil X bodoh...toh mobil itu adalah selera masing2, kalo udah doyan ama City atau CR-V ya sudah (wong mobil bagus resalenya juga bagus, dimana bodohnya?)...ce juga begitu, saya doyan Happy Salma, banyak yg bilang kaya mbok2...so what gitu loh
