Halo para bikerz n riders...mungkin melalui forum ini kawan2 bs berbagi info ttg tips cornering yg baik dg saya atau klo ada yg tau website yg mengajarkan cornering tips bs ngasih linksnya disini thx..
berikut bbrp pertanyaan saya:
1. step apa saja sih yg dpt dilakukan dalam melahap belokan yg nyg panjang pd kecepatan yg cukup tinggi
2. dlm melahap tikungan, sebaiknya kita melepas /menarik gas
3. brp batas kecepatan yg maksimum dlm yg msh tergolong (safety) dlm menikung
4. buat yg jago melahap tikungan, bs berbagi tips juga ga gmn cara ngerebah dalam menikung??
pertanyaan ini saya lontarkan karena, saya kerap merasa 'down' apabila menemukan tikungan disaat saya pd kecepatan tinggi shg saya selalu hrs brake dan melewati tikungan pd kecepatan rendah. Buat atensinya, THX alot guyz semoga masukannya bs berguna buat kita semua!!
CORNERING TIPS Please...
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 421
- Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
- Location: Jakarta
1. Stepnya sama saja. Slow in, Fast out. Terus, selalu punya rencana bro ripple itu mau ngarah ke mana. Jadi, kasarnya ya di-set up dulu, mau beloknya ke mana. Kalau di jalan, jangan lupa kasih safety margin juga.
2. Secara umum, buka gas. Kembali ke Slow in fast out tadi. Set up mau ke mana, begitu jelas mau ke mana, buka gas. Tentu saja jangan terlalu kasar.
3. Batas kecepatan maksimum nikung? Tergantung motornya, tikungan, kondisi jalan, dan kemampuan pengendara. Saya nikung pake Karisma standar di jembatan permata hijau pada 100km/h juga udah jiper. Tapi, kalau di sirkuit pakai CBR600, itu sih pelan banget. Pokoknya, kalau sudah nggak nyaman lagi beloknya (takut, etc.), mending jangan dipaksa.
4. Cara ngerebah? Corner speed lebih tinggi. Atau ini maksudnya nge-lean kayak pembalap?
2. Secara umum, buka gas. Kembali ke Slow in fast out tadi. Set up mau ke mana, begitu jelas mau ke mana, buka gas. Tentu saja jangan terlalu kasar.
3. Batas kecepatan maksimum nikung? Tergantung motornya, tikungan, kondisi jalan, dan kemampuan pengendara. Saya nikung pake Karisma standar di jembatan permata hijau pada 100km/h juga udah jiper. Tapi, kalau di sirkuit pakai CBR600, itu sih pelan banget. Pokoknya, kalau sudah nggak nyaman lagi beloknya (takut, etc.), mending jangan dipaksa.
4. Cara ngerebah? Corner speed lebih tinggi. Atau ini maksudnya nge-lean kayak pembalap?

-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Sun Oct 31, 2004 7:57
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 208
- Joined: Fri Jul 18, 2003 15:48
- Location: Jakarta
Re: CORNERING TIPS Please...
Yang penting juga paham sirkuit (line nya) jadi tau langkah apa yang akan diambil nantinya mau ketemu belokan /setelah belokan...
bukan begitu bung crash ...
bukan begitu bung crash ...

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 914
- Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
- Location: Jakarta
Kalo mau ngerebah mesti 'hapal luar kepala' jalur/tikungan yang akan dilewati.
Sebelum tikungan, pantau dari jauh, aman atau tidak, lalu ambil ancang2.....kendurkan gas sedikit.....badan dimiringkan........tahan gas.........terus dimiringkaaaaaaaaaaaaaan......gak taunya ada kerikil kecil............gubrak...........mudah2an gak ada metromini di belakang
Your destiny is not in your hand.....OK?
Sebelum tikungan, pantau dari jauh, aman atau tidak, lalu ambil ancang2.....kendurkan gas sedikit.....badan dimiringkan........tahan gas.........terus dimiringkaaaaaaaaaaaaaan......gak taunya ada kerikil kecil............gubrak...........mudah2an gak ada metromini di belakang

Your destiny is not in your hand.....OK?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 466
- Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16
Penting diperhatikan, hindari menurunkan gigi atau mengerem saat menikung. Pada saat akan masuk tikungan gunakan gigi yang sesuai agar bisa cepat keluar tikungan, distribusi berat badan condong ke depan pada saat masuk hingga sudut tikungan terdalam. Hal ini membantu mengkoreksi apabila ternyata kita tidak dalam jalur yang ideal dan menambah grip pada roda depan. Caranya dengan sedikit menekuk siku dan memainkan badan. Pada saat akan keluar, perlahan tambahlah kecepatan dan posisi badan kembali posisi normal.
Semoga membantu deh.....! Ini juga dari baca-baca majalah..he..he...
Semoga membantu deh.....! Ini juga dari baca-baca majalah..he..he...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 421
- Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
- Location: Jakarta
Nikung kayak pembalap itu ya pokoknya geser aja pantatnya dan keluarin dengkul yang sebelah dalam. Terus, pantatnya digeser sampai lebih dari
"garis tengah"
pantat.
Orang seringkali bingung, kok bisa geser ke badan ke kanan waktu belok ke kanan? Kan setang jadi terdorong ke kiri. Nggak papa, bro ripple. Justru motor bisa berubah arah dengan mendorong setang ke arah yang berlawanan (countersteering). Kalau waktu saya di Melbourne, ini jadi materi pertama yang diajarkan.
Malah dibilangnya kalau satu2nya cara belokin motor adalah dengan countersteering.
Kalau misalnya mau lebih detil lagi, Buku yang bagus dalam membahas materi ini adalah "Twist of the wrist" (buku pertama dan kedua), keduanya ditulis Keith Code dari California Superbike School. kalau mau yang lebih advance, bisa dicoba "Soft Science of motorcycle road Racing" oleh penulis yang sama. Keduanya ada di Amazon.com.


Orang seringkali bingung, kok bisa geser ke badan ke kanan waktu belok ke kanan? Kan setang jadi terdorong ke kiri. Nggak papa, bro ripple. Justru motor bisa berubah arah dengan mendorong setang ke arah yang berlawanan (countersteering). Kalau waktu saya di Melbourne, ini jadi materi pertama yang diajarkan.
Malah dibilangnya kalau satu2nya cara belokin motor adalah dengan countersteering.
Kalau misalnya mau lebih detil lagi, Buku yang bagus dalam membahas materi ini adalah "Twist of the wrist" (buku pertama dan kedua), keduanya ditulis Keith Code dari California Superbike School. kalau mau yang lebih advance, bisa dicoba "Soft Science of motorcycle road Racing" oleh penulis yang sama. Keduanya ada di Amazon.com.
