Satria F150
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Wed Jan 19, 2005 6:22
Hola para Bro2 sekalian
eh mo nanya nih kata nya kalo pake CDIyg unlimited buat harian gak bagus yaa kya CDI yg di bikin cibinong toeh bisa ngerusak mesin gak sihh or efek nya yg di rasain apa kalo udah ganti Cdi unlimeted and ada satu lagi nih bodi motor kalo di lapis plastik transparan katanya jg gak bagus?????? duhhhhhhh pucingggg nihhhhh kasihh tau yaaa terutama sama dedengkot seraya motor kaya bung piter,herryganz,crash and semua deh thankxs yaaaa :-)
eh mo nanya nih kata nya kalo pake CDIyg unlimited buat harian gak bagus yaa kya CDI yg di bikin cibinong toeh bisa ngerusak mesin gak sihh or efek nya yg di rasain apa kalo udah ganti Cdi unlimeted and ada satu lagi nih bodi motor kalo di lapis plastik transparan katanya jg gak bagus?????? duhhhhhhh pucingggg nihhhhh kasihh tau yaaa terutama sama dedengkot seraya motor kaya bung piter,herryganz,crash and semua deh thankxs yaaaa :-)
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Wed Jan 19, 2005 6:22
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 208
- Joined: Fri Jul 18, 2003 15:48
- Location: Jakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
oh iya emang lebih banyak celah di kolong nya, kalo saya menduga perhitungan sudut dan panjang manifold udah beda ama standarnya, khan diameter nya juga beda..... yang jelas performanya tambah yahuud.... cuma kalo lewat polisi tidur ya mesti ati2 bro...herryganz wrote:maksudnya setelannya ngeplak kayak orisinilnya (gak ada celah di kolongnnya) gitchu..........piterr wrote:panas mesin ada kemungkinan emang naik..... tapi gak kentara tuh, ujung manifold knalpot jg gosongnya gak nambah kalo diperhatiin.... yang dimaksud knalpot endurance gak ngeplak yang mana ya bro? belum ngarti maksudnya...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
pertama meluruskan, saya bukan dedengkot seraya motor.... ntar takut di somasi ama bung crash lho... hehehe kalo beliau emang bener dedengkotnya hehehespiderkids wrote:Hola para Bro2 sekalian
eh mo nanya nih kata nya kalo pake CDIyg unlimited buat harian gak bagus yaa kya CDI yg di bikin cibinong toeh bisa ngerusak mesin gak sihh or efek nya yg di rasain apa kalo udah ganti Cdi unlimeted and ada satu lagi nih bodi motor kalo di lapis plastik transparan katanya jg gak bagus?????? duhhhhhhh pucingggg nihhhhh kasihh tau yaaa terutama sama dedengkot seraya motor kaya bung piter,herryganz,crash and semua deh thankxs yaaaa :-)
cdi unlimiter gak merusak mesin, jika dipergunakan secara benar, namun jika sering dimentokin RPM nya ya otomatis umur mesin berkurang.... wear and tear lebih cepat... efek sampingnya ya kurva tenaga motor standar menjadi lebih bagus, cuma mesti di setel lagi karburatornya, kalo gak, ntar susah stasioner...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 51
- Joined: Mon Nov 29, 2004 10:45
guys,
gua mau pake olie repsol tp gua masih bingung ternyata type repsolnya macem-2 yak.?
1. kl buat F150 mendingan pake repsol yg mana yak?
2. ukuran/tingkat keencerannya ada berapa macem yak?
3. ada yg bilang kl pake repsol yg 10-40 (kl gak salah) bisa bikin kopling slip, hal ini karena f150 pake kopling basah.
mohon pencerahaannya donk...
piss ah,
gua mau pake olie repsol tp gua masih bingung ternyata type repsolnya macem-2 yak.?
1. kl buat F150 mendingan pake repsol yg mana yak?
2. ukuran/tingkat keencerannya ada berapa macem yak?
3. ada yg bilang kl pake repsol yg 10-40 (kl gak salah) bisa bikin kopling slip, hal ini karena f150 pake kopling basah.
mohon pencerahaannya donk...
piss ah,
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 51
- Joined: Mon Nov 29, 2004 10:45
yg ukurannya yg mana nih bro...??piterr wrote:repsol yang buat satria F cuma satu, Repsol Moto 4T, jangan pake yang laen karena untuk mobil yang notabene pake kopling kering. kecuali anda mau yang racing tapi harga mahal bngt, 100rb an
1. Repsol Moto 4T Synthetic Oil-10W40
2. Repsol Moto Racing 4T Oil-10W50
3. Repsol Moto 4T Oil-15W50
Dan masing-2 efeknya apa?
piss ah,
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 421
- Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
- Location: Jakarta
Kok saya dibilang dedongkotnya? Kan kita juga sama2 belajar, bro piterr.piterr wrote:pertama meluruskan, saya bukan dedengkot seraya motor.... ntar takut di somasi ama bung crash lho... hehehe kalo beliau emang bener dedengkotnya hehehe


Benernya kayak baca oli mobil aja, angka pertama itu kekentalan di kondisi dingin, yang angka kedua itu kekentalan di kondisi operasi (temperatur tinggi lah, kasarnya).yg ukurannya yg mana nih bro...??
1. Repsol Moto 4T Synthetic Oil-10W40
2. Repsol Moto Racing 4T Oil-10W50
3. Repsol Moto 4T Oil-15W50
Dan masing-2 efeknya apa?
Jadi, kalau angka2 itu semakin tinggi, ya perlindungan semakin bagus, tapi bisa menghambat kerja mesin karena hambatan dari oli yang kental akan lebih banyak daripada yang cair.
Kalau mengenai kopling basah/kering, yang saya tahu motor itu hampir semua pakai kopling basah. Selain itu, oli motor itu juga dibedain dengan oli mobil karena oli mesin motor juga berfungsi sbg oli transmisi (bagi yang pakai kopling basah). Lain dengan mobil yang oli transmisinya terpisah, dan inipun yang basah juga cuma mobil2 otomtis.
Terus, kalau mengenai oli mana yang harus dipakai, saya jg nggak terlalu tahu. Saya sendiri pakai 10W40 untuk motor saya yang buat balap. Mungkin teman2 ada yang bisa bantu?

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Wed Jan 19, 2005 6:22
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
yg ukurannya yg mana nih bro...??
1. Repsol Moto 4T Synthetic Oil-10W40
2. Repsol Moto Racing 4T Oil-10W50
3. Repsol Moto 4T Oil-15W50
Dan masing-2 efeknya apa?
piss ah,[/quote]
Repsol Moto 4T 15W-50, paling aman..... 10W takutnya terlalu encer, bisa2 malah selip kopling.... apalagi yang sintetik... gampang menguap...
1. Repsol Moto 4T Synthetic Oil-10W40
2. Repsol Moto Racing 4T Oil-10W50
3. Repsol Moto 4T Oil-15W50
Dan masing-2 efeknya apa?
piss ah,[/quote]
Repsol Moto 4T 15W-50, paling aman..... 10W takutnya terlalu encer, bisa2 malah selip kopling.... apalagi yang sintetik... gampang menguap...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 208
- Joined: Fri Jul 18, 2003 15:48
- Location: Jakarta
Repsol Moto 4T 15W-50, paling aman..... 10W takutnya terlalu encer, bisa2 malah selip kopling.... apalagi yang sintetik... gampang menguap...[/quote]piterr wrote:yg ukurannya yg mana nih bro...??
1. Repsol Moto 4T Synthetic Oil-10W40
2. Repsol Moto Racing 4T Oil-10W50
3. Repsol Moto 4T Oil-15W50
Dan masing-2 efeknya apa?
piss ah,
Kalu mesin FXR-150 direkomendasi 10-40w, ada tulisannya di baut pengisian oli..

-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Mon Jan 10, 2005 11:38
- Location: JAKARTRA
Halo Bro semuanye...... Tolong bantu gue dong...ada masalah yang harus gua pertanyakan mengenai OLI :
Gue sekarang pakai OLI aditive (campuran) buat F150. OLI nya MOTOR UP, kira2 bagus ngak nya buat Mesin F150, klo denger2 sih OLI itu akan membuat seal di celah2 mesin, tapi trus terang karena ini OLI aditive kan gua campur sama OLI yang masih gratis dari dealer Al hasil mesin lumayan halus, tapi kok mesin agak bertambah berat kenapa nya?????????
harga OLI Motor Up sekitar 200rb an....
tolong bantuin dong kejelasannya (Bagus atau Jelek)
Gue sekarang pakai OLI aditive (campuran) buat F150. OLI nya MOTOR UP, kira2 bagus ngak nya buat Mesin F150, klo denger2 sih OLI itu akan membuat seal di celah2 mesin, tapi trus terang karena ini OLI aditive kan gua campur sama OLI yang masih gratis dari dealer Al hasil mesin lumayan halus, tapi kok mesin agak bertambah berat kenapa nya?????????
harga OLI Motor Up sekitar 200rb an....
tolong bantuin dong kejelasannya (Bagus atau Jelek)
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 25
- Joined: Sat Jan 22, 2005 8:01
pake oli conoco aja, tarikannya bagus, ktnya conoco itu oli mineral yg diproses dgn teknologi hydrocracked sehingga kualitasnya hampir sama dgn oli sintetis. ni gue attach gambarnya, kalo mau jelasnya masuk ke website http://www.aplubes.conocophillips.com
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 25
- Joined: Wed Dec 01, 2004 7:49
- Location: jakarta
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 466
- Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16
Sebenarnya 10w-40 hanya kekentalan saja. Untuk masalah bikin selip kopling setahu saya lebih tergantung pada additifnya. Asal sesuai buat 4T dan klasifikasi JASO MA...ato MB..yaa? lupa nih salah satu recomended buat kopling basah dan satu lagi buat kering. Makanya API servicenya juga mempengaruhi tuh....biasanya klasifikasinya buat 4T cuman sampai SG untuk mencegah selip kopling yang berlebih.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 421
- Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
- Location: Jakarta
Motor Up maksudnya untuk melindungi mesin, tapi karena sifatnya yang melindungi, motor juga jadi sedikit berat. Kasarnya sih gitu. Kalau mau dijelasin bisa rada panjang, sih....MCP wrote:Halo Bro semuanye...... Tolong bantu gue dong...ada masalah yang harus gua pertanyakan mengenai OLI :
Gue sekarang pakai OLI aditive (campuran) buat F150. OLI nya MOTOR UP, kira2 bagus ngak nya buat Mesin F150, klo denger2 sih OLI itu akan membuat seal di celah2 mesin, tapi trus terang karena ini OLI aditive kan gua campur sama OLI yang masih gratis dari dealer Al hasil mesin lumayan halus, tapi kok mesin agak bertambah berat kenapa nya?????????
harga OLI Motor Up sekitar 200rb an....
tolong bantuin dong kejelasannya (Bagus atau Jelek)

-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Mon Jan 10, 2005 11:38
- Location: JAKARTRA
Bro Crash (dedengkot) Tankiyu atas informasinya, tetapi lebih bagus bangat klo mo di jelasin secara detail (nyang jelas Gue Mo tao secara Jelas). trus itu bisa ngerusak plat kopling nya ngak ? (memperpendek umur plat kopling).
Mungking Di jelasin Mengenai Keuntungan dan Kerugiannya.....
Trus untuk SCORPIO VS F150 pengen tau juga nih perbandingannya
Mungking Di jelasin Mengenai Keuntungan dan Kerugiannya.....
Trus untuk SCORPIO VS F150 pengen tau juga nih perbandingannya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 421
- Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
- Location: Jakarta
Kok saya dibilang dedongkot, ne. 
OK. Oli kan pada dasarnya dibuat untuk mengurangi gesekan antar komponen. Secara umum, semakin kental oli tersebut, maka gesekan antar komponen yang ada akan semakin berkurang, sehingga mesin lebih "terlindungi" (wear and tear lebih sedikit). Nah, tapi kalau oli ini kental, kan hambatan pada mesin juga akan semakin bertambah.
Lalu, mengenai motor up. Saya masih ingat iklan motor up beberapa tahun yang lalu, di mana mesin mobil dibuka sehingga nggak ada oli sama sekali, lalu bagian dalam mesin disemprot motor up, dan mesin mobil tersebut bisa jalan, bahkan setelah disemprot hidran.
Menurut saya, ini menunjukkan kalau motor up itu "nempel" di komponen (dan bisa nutup celah), sehingga sanggup memberi perlindungan ekstra dari gesekan. Ini menurut saya yang buat mesin bro MCP lebih halus.
Namun, sifat "nempel" ini akan memberikan hambatan ekstra pada kerja mesin, yang menurut saya menjelaskan kenapa kok Satria bro MCP jadi sedikit ngempos.
Kalau mengenai efek sama plat kopling, saya sendiri juga nggak tahu. Cuma, apa nggak jadi selip, tuh? Kan pelumasannya jadi berlebih.
Tapi, yang saya selalu percaya ya mesin motor dikasih oli motor aja. Dulu pernah ada teman yang balap pakai R6 motornya diisi Mobil 1 Synthetic yang buat mobil, terus hasilnya malah 2 businya bisa meleleh, dan dua sisanya bisa penuh karbon. Gue juga nggak tahu kenapa kok bisa gini, tapi ini sudah cukup untuk meyakinkan gue untuk selalu kasih oli motor ke motor gw.
Kelebihan dan kekurangan? Hmmm..... mungkin secara umum, oli motor yang kental itu lebih melindungi mesin tapi tarikan lebih pelan, dan begitu pula sebaliknya. Tapi, jangan melenceng terlalu jauh dari rekomendasi pabrik, nanti motornya malah jadi rusak lagi.
Terus, untuk Satria vs Scorpio, rasanya udah ada yang bikin thread, ya. Kalau nggak nanti saya bikinin topik baru aja, jadi kita bisa diskusi di situ aja kali, ya?
My 2 cents worth.

OK. Oli kan pada dasarnya dibuat untuk mengurangi gesekan antar komponen. Secara umum, semakin kental oli tersebut, maka gesekan antar komponen yang ada akan semakin berkurang, sehingga mesin lebih "terlindungi" (wear and tear lebih sedikit). Nah, tapi kalau oli ini kental, kan hambatan pada mesin juga akan semakin bertambah.
Lalu, mengenai motor up. Saya masih ingat iklan motor up beberapa tahun yang lalu, di mana mesin mobil dibuka sehingga nggak ada oli sama sekali, lalu bagian dalam mesin disemprot motor up, dan mesin mobil tersebut bisa jalan, bahkan setelah disemprot hidran.
Menurut saya, ini menunjukkan kalau motor up itu "nempel" di komponen (dan bisa nutup celah), sehingga sanggup memberi perlindungan ekstra dari gesekan. Ini menurut saya yang buat mesin bro MCP lebih halus.
Namun, sifat "nempel" ini akan memberikan hambatan ekstra pada kerja mesin, yang menurut saya menjelaskan kenapa kok Satria bro MCP jadi sedikit ngempos.
Kalau mengenai efek sama plat kopling, saya sendiri juga nggak tahu. Cuma, apa nggak jadi selip, tuh? Kan pelumasannya jadi berlebih.
Tapi, yang saya selalu percaya ya mesin motor dikasih oli motor aja. Dulu pernah ada teman yang balap pakai R6 motornya diisi Mobil 1 Synthetic yang buat mobil, terus hasilnya malah 2 businya bisa meleleh, dan dua sisanya bisa penuh karbon. Gue juga nggak tahu kenapa kok bisa gini, tapi ini sudah cukup untuk meyakinkan gue untuk selalu kasih oli motor ke motor gw.
Kelebihan dan kekurangan? Hmmm..... mungkin secara umum, oli motor yang kental itu lebih melindungi mesin tapi tarikan lebih pelan, dan begitu pula sebaliknya. Tapi, jangan melenceng terlalu jauh dari rekomendasi pabrik, nanti motornya malah jadi rusak lagi.
Terus, untuk Satria vs Scorpio, rasanya udah ada yang bikin thread, ya. Kalau nggak nanti saya bikinin topik baru aja, jadi kita bisa diskusi di situ aja kali, ya?
My 2 cents worth.

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 25
- Joined: Sat Jan 22, 2005 8:01
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Wed Jan 19, 2005 6:22
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 25
- Joined: Wed Dec 01, 2004 7:49
- Location: jakarta
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 51
- Joined: Mon Nov 29, 2004 10:45
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 421
- Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
- Location: Jakarta
OK.... Saya nggak pernah pakai motor DOHC buat harian, tapi kalau buat balap sih udah pasti nguap terus. Buat kapasitas oli 2,4 liter, saya selalu siap paling nggak 1/2 liter buat nambahin. Tapi, ini kan buat aplikasi balap.
Mungkin kalau buat aplikasi harian, coba tanya yang udah pernah pakai CBR150 atau Satria F150 aja. Itu dua kan DOHC.
*ngeliatin gauss*
Mungkin kalau buat aplikasi harian, coba tanya yang udah pernah pakai CBR150 atau Satria F150 aja. Itu dua kan DOHC.
*ngeliatin gauss*
