Apakah CVT lebih baik dari A/T konvensional??
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2391
- Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
- Location: Sparkling Surabaya
Re: Apakah CVT lebih baik dari A/T konvensional??
CVT ada keuntungan dan kerugian juga. Yang paling keliatan itu dari segi penghematan, karena CVT itu mainnya rpm bawah udah bisa jalan lancar ga perlu sampe naik rpm tinggi. Tentunya pengendaraan dalam kota sangat cocok kalau sering macet.
Tapi kerugiannya juga torque nya kecil, tarikannya kurang mak nyus. Lebih dioptimalkan untuk pengendaraan santai.
Tapi kerugiannya juga torque nya kecil, tarikannya kurang mak nyus. Lebih dioptimalkan untuk pengendaraan santai.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Apakah CVT lebih baik dari A/T konvensional??
tergantung dari kombinasi motor bensin dan motor listrik yg dipake. Kalo hybrid sekelas prius/civic (mesin bensin cuma 4 cyl) gitu mah kecil torsinya, tapi kalo hybrid macem caddy escalade/lexus LS (mesin bensin pake V8) ya cukup gede torsinya.ALTIMIT wrote:tapi CVT bukan hasil engineering baru loh,konsepnya dibuat Da Vinci taon 1490 dan mulai diterapin ke motor taon 1910 dan mulai dipake di mobil taun 1923GTR wrote:ooo lexus bukannya prefer "8speed gear matic" spt di LS460 yah bro risol1...
sekarang malah most hybrid yg torsinya gajah, pakai cvt yah..
engineering baru seperti cvt cuma masalah waktu aja untuk membuatnya reliable buat production cars.
btw bro emangnya most hybrid car punya torsi yang besar yah??baru tau gw...
o'iya lupa,gw juga pernah baca di SM katanya kelebihan CVT lainnya yaitu kita bisa manteng RPM di RPM tertentu,kan kalo konvensional agak susah...
Mungkin maksud bro GTR adalah "mobil hybrid yg torsinya gede aja udah pake CVT", bukan "semua mobil hybrid punya torsi gede" gitu bos......CMIIW
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Apakah CVT lebih baik dari A/T konvensional??
Iya, pada kecepatan rendah peningkatan kecepatan lamban. Makanya saya berfikir apakah ini untuk melindungi CVTnya dari torsi yg berlebihan?blindzero wrote:CVT ada keuntungan dan kerugian juga. Yang paling keliatan itu dari segi penghematan, karena CVT itu mainnya rpm bawah udah bisa jalan lancar ga perlu sampe naik rpm tinggi. Tentunya pengendaraan dalam kota sangat cocok kalau sering macet.
Tapi kerugiannya juga torque nya kecil, tarikannya kurang mak nyus. Lebih dioptimalkan untuk pengendaraan santai.
Dari kondisi berhenti bila menginjak gas penuh, rpm naik sampai redline, tapi terasa bahwa perubahan rasio gigi lamban sampai 20 - 40 kpj. Habis itu baru makyos.
Beda dengan dari kondisi berhenti kita injak gas separuh lalu kemudian menginjak lebih dalam. Wheelspin bisa terjadi.
Ready to Race
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Apakah CVT lebih baik dari A/T konvensional??
saya agak bingung nih kalo tenaga kurang kuat di tanjakan.mikehonda wrote:alasan honda kembali ke A/T konvensional
1. CVT kurang kuat kalau pemakaian kasar n telat ganti oli
2. tenaga kurang kuat kalau di pake di tanjakan (rpm harus tinggi baru terasa)
misalkan CVT dan A/T konvensional memiliki rasio gigi yang sama, dan final gear ratio juga sama. mesin juga sama, nah kira2 kuatan mana di tanjakan? apakah CVT atau A/T konvensional?
kalau emang rpm harus tinggi utk nanjak, mungkin emang mesin tersebut memiliki max torque di putaran tinggi.

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Apakah CVT lebih baik dari A/T konvensional??
IMO, justru kalo cvt jauh lebih enak buat di tanjakan (juga turunan), torsi lebih konsisten.
mau passing (ringan) kendaraan lain, ga perlu injek gas terlalu dalam (kickdown sampe rpm jadi berlebihan) yg terjadi di matic biasa karena downshift hasil kickdown tadi.
sepanjang perjalanan meskipun agak agresif, rpm dgn cvt jarang mencapai 4000 rpm, dgn pick-up power yg selalu masih konsisten ngisi.
kalo kelas 300jt an memang sesuai dgn perilaku konsumen thdp perawatan misal fluid nya, nah kalo kelas 150jt an seperti jazz lalu, banyak orang masih awam sama oli matic nya.
mau passing (ringan) kendaraan lain, ga perlu injek gas terlalu dalam (kickdown sampe rpm jadi berlebihan) yg terjadi di matic biasa karena downshift hasil kickdown tadi.
sepanjang perjalanan meskipun agak agresif, rpm dgn cvt jarang mencapai 4000 rpm, dgn pick-up power yg selalu masih konsisten ngisi.
kalo kelas 300jt an memang sesuai dgn perilaku konsumen thdp perawatan misal fluid nya, nah kalo kelas 150jt an seperti jazz lalu, banyak orang masih awam sama oli matic nya.
Re: Apakah CVT lebih baik dari A/T konvensional??
Kalo masih ada masalah kurang kuat...berarti belum cukup mateng teknologinya. Lagian di majalah2 kok sering dicaci ya asal pake CVT, tuh kaya si posvette tukang balapan biasanya gak doyan CVT.
Mungkin tujuan CVT buat yg driver kaya saya...santaiiiiiiiiii aje nyetirnya...
Mungkin tujuan CVT buat yg driver kaya saya...santaiiiiiiiiii aje nyetirnya...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Apakah CVT lebih baik dari A/T konvensional??
kalo buat balapan tentu ga doyan dan ga cocok, belum ada yg pakai matic.
lebih cocok manual atau DSG, lain kalo konteks nya dirancang buat pemakaian kebutuhan umum mobil sehari2
mirip juga dgn 30 tahun lalu misalnya ttg isu CV-joint reliability pd FWD or karburator daripada electronic injection, or mobil bertransmisi manual daripada automatic.
tapi sekarang, engineering tersebut sudah demikian reliable diaplikasikan pada common mobil sehari2, kalo EFI mungkin sudah pd semua mobil, kalo yg ber-FWD ataupun matic makin terus bertambah banyak porsinya.
lagipula sensasi CVT itu sebenarnya juga bisa mirip matic biasa yg dgn shifting-shock dengan masuk "X-speed-mode" (masuk mode "7-speed" pada jazz bukan manual-mode yg harus +/- untuk pindah gigi), pergantian gigi berjalan otomatis tetap berjeda2 mirip matic biasa daripada steady-rpm like in "default-mode".
note: walaupun shifting-shock ini bisa kerasa tetep lebih minim karena lebih rapatnya ratio cvt tadi yg biasanya 6/7/8 ratio (mitsu-nissan/honda/audi-lexus) ini bisa jadi mirip matic biasa kalo ratio nya juga 6/7/8 speed.
"steady rpm like" ini pun akibat ratio-nya sedang "berganti" terus menerus mirip matic biasa, cuma aja dengan resolusi (ratio) lebih tinggi (banyak-infinite) di cvt.
IMO, mungkin sampai saat ini, belum ada yg pakai drivetrain wet-clucth buat balap.
kalo dulu cuma ada 2 : manual dan matic, mungkin future transmisi (diluar special-purpose vehicle) akan terbagi 2 seperti ini:
wet-clucth (bisa cvt dan matic biasa) untuk kebutuhan pemakaian sehari2 paling umum, dan
dry-clucth (bisa Dual-clucth dan Single-clucth Automated Manual; replacing manual konvensional) yg untuk memenuhi kebutuhan di atasnya seperti di trim sports.
lebih cocok manual atau DSG, lain kalo konteks nya dirancang buat pemakaian kebutuhan umum mobil sehari2
mirip juga dgn 30 tahun lalu misalnya ttg isu CV-joint reliability pd FWD or karburator daripada electronic injection, or mobil bertransmisi manual daripada automatic.
tapi sekarang, engineering tersebut sudah demikian reliable diaplikasikan pada common mobil sehari2, kalo EFI mungkin sudah pd semua mobil, kalo yg ber-FWD ataupun matic makin terus bertambah banyak porsinya.
lagipula sensasi CVT itu sebenarnya juga bisa mirip matic biasa yg dgn shifting-shock dengan masuk "X-speed-mode" (masuk mode "7-speed" pada jazz bukan manual-mode yg harus +/- untuk pindah gigi), pergantian gigi berjalan otomatis tetap berjeda2 mirip matic biasa daripada steady-rpm like in "default-mode".
note: walaupun shifting-shock ini bisa kerasa tetep lebih minim karena lebih rapatnya ratio cvt tadi yg biasanya 6/7/8 ratio (mitsu-nissan/honda/audi-lexus) ini bisa jadi mirip matic biasa kalo ratio nya juga 6/7/8 speed.
"steady rpm like" ini pun akibat ratio-nya sedang "berganti" terus menerus mirip matic biasa, cuma aja dengan resolusi (ratio) lebih tinggi (banyak-infinite) di cvt.
IMO, mungkin sampai saat ini, belum ada yg pakai drivetrain wet-clucth buat balap.
kalo dulu cuma ada 2 : manual dan matic, mungkin future transmisi (diluar special-purpose vehicle) akan terbagi 2 seperti ini:
wet-clucth (bisa cvt dan matic biasa) untuk kebutuhan pemakaian sehari2 paling umum, dan
dry-clucth (bisa Dual-clucth dan Single-clucth Automated Manual; replacing manual konvensional) yg untuk memenuhi kebutuhan di atasnya seperti di trim sports.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Apakah CVT lebih baik dari A/T konvensional??
sayang nya, CVT itu terlalu halus... kalo saja CVT bisa hentak2 seperti AT jadul, pengen deh saya ganti CVT. hehehehe! 


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Apakah CVT lebih baik dari A/T konvensional??
Iya, kalau di bidang rem nah ini ABS. Kayaknya secara elektronik diset shg nggak nyentak2. Efeknya fun to drivenya berkurang.
Pengalaman saya sih, dari berhenti bisa aja mobil dikibuli untuk disentak sampai wheelspin (istilahnya "dilaunch" kali ya), tapi habis itu CVTnya bunyi.
Kalau pas kondisi sudah menggelinding, dibejek malah persneling turun (macam "kick down" kali ya?). Yg terasa cuma rpm naik aja, nggk ada hentakan pas "turun persneling" maupun pas udah mulai akselerasi. Yg terasa cuma pm naik artinya berisik, istri aku mengumpamakan kayak pesawat mau tinggal landas aja.
Pengalaman saya sih, dari berhenti bisa aja mobil dikibuli untuk disentak sampai wheelspin (istilahnya "dilaunch" kali ya), tapi habis itu CVTnya bunyi.
Kalau pas kondisi sudah menggelinding, dibejek malah persneling turun (macam "kick down" kali ya?). Yg terasa cuma rpm naik aja, nggk ada hentakan pas "turun persneling" maupun pas udah mulai akselerasi. Yg terasa cuma pm naik artinya berisik, istri aku mengumpamakan kayak pesawat mau tinggal landas aja.
Ready to Race
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sun Mar 05, 2006 16:49
Re: Apakah CVT lebih baik dari A/T konvensional??
poeticmind wrote:sayang nya, CVT itu terlalu halus... kalo saja CVT bisa hentak2 seperti AT jadul, pengen deh saya ganti CVT. hehehehe!
CVT bisa aja dibuat nyentak bro,misalkan kalo di Jazz lama,nyalain aja 7-Speed tapi jangan masuk mode manual,langsung nyentak2 tuhasudarsono wrote:Iya, kalau di bidang rem nah ini ABS. Kayaknya secara elektronik diset shg nggak nyentak2. Efeknya fun to drivenya berkurang.
Pengalaman saya sih, dari berhenti bisa aja mobil dikibuli untuk disentak sampai wheelspin (istilahnya "dilaunch" kali ya), tapi habis itu CVTnya bunyi.
Kalau pas kondisi sudah menggelinding, dibejek malah persneling turun (macam "kick down" kali ya?). Yg terasa cuma rpm naik aja, nggk ada hentakan pas "turun persneling" maupun pas udah mulai akselerasi. Yg terasa cuma pm naik artinya berisik, istri aku mengumpamakan kayak pesawat mau tinggal landas aja.
kalo setau gw sih CVT ga nyentak karna dia ga pake gigi sebagai penerus tenaga tapi pake pulley n belt,makanya ga nyentak
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Apakah CVT lebih baik dari A/T konvensional??
yah bisa aja bro...
coba aja enter "7speed mode" kaya di jazz/city (bukan "manual-mode" yg harus dipencet2 +/-), itu perpindahan gigi berlangsung berjeda2 secara otomatis mirip a/t konvensional, cuma lebih halus karena ratio ultra rapat (7 ratio) daripada 4 ratio di most matic konvensional.
coba aja enter "7speed mode" kaya di jazz/city (bukan "manual-mode" yg harus dipencet2 +/-), itu perpindahan gigi berlangsung berjeda2 secara otomatis mirip a/t konvensional, cuma lebih halus karena ratio ultra rapat (7 ratio) daripada 4 ratio di most matic konvensional.
poeticmind wrote:sayang nya, CVT itu terlalu halus... kalo saja CVT bisa hentak2 seperti AT jadul, pengen deh saya ganti CVT. hehehehe!
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Apakah CVT lebih baik dari A/T konvensional??
oh yaaa ya, CVT 7speed mode...
bego gue...
sayangnya bukan honda fans, beside honda? mitsu lancer mungkin ya?
pengalaman dengan nextg A/T saya, dulu perpindahan gigi (sewaktu masih standar) halus sekali... malah hampir ga kerasa... tapi setelah upgrade performance berubah, sentakan makin terasa... malah sekarang seperti mobil manual... haha! weird, but fun...

sayangnya bukan honda fans, beside honda? mitsu lancer mungkin ya?
pengalaman dengan nextg A/T saya, dulu perpindahan gigi (sewaktu masih standar) halus sekali... malah hampir ga kerasa... tapi setelah upgrade performance berubah, sentakan makin terasa... malah sekarang seperti mobil manual... haha! weird, but fun...

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2391
- Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
- Location: Sparkling Surabaya
Re: Apakah CVT lebih baik dari A/T konvensional??
CVT memang diutamakan di segi kenyamanan. Kalau doyan driving sambil relax, ya cvt emang cocok. Tapi kalau suka yang narik narik... sebaiknya bukan cvt
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Apakah CVT lebih baik dari A/T konvensional??
kalo "narik abis" yah mesti di manual or DSG, pokoknya yg dry-clucth. kalo pake matic kan wet clucth, banyak selipnya.
tapi kalo harus "narik" pake matic (wet-clucth), IMO, gw masih tetep condong ke CVT, once dia steady di max rpm output nya (bisa dicapai lebih cepet dgn enter mode "sport" or lainnya tergantung merk), cvt mentransfer power dengan maximal continuously (terus menerus), karena waktu yg lebih panjang keep rpm stay di max powernya dari matic konvensional.
nah selip dari wet-clucth ini pun di cvt lebih bisa diminimalisir (lebih banyak efek lock), karena ECU seems bisa utilize flexibility ratio tadi daripada nge-selip clucth nya.
contoh seperti tahap2 kita ngegas2 dikit (saat cruising) di matic konvensional, biasanya rpm dulu berubah (dgn maksud keep agar rpm ideal buat pick-up)=> baru kecepatan => baru lock-up.
kalo di cvt rpm mungkin berubah duluan juga dikit baru diiringi kecepatan, tapi ini bisa dari sedang berlangsungnya penyesuaian ratio ke ideal, ga selalu nge-selip clucth nya duluan (secara cenderung lock).
makanya cvt ini secara teoritis, kontribusi ke segi FC daripada matic biasa.
Btw, semua varian lancer terbaru bener2 ideal segi advancenya buat gw, yg matic (wet-clucth) di EX-GT = udah CVT, yg dry-clutch EVO X = udah DSG.
tapi kalo harus "narik" pake matic (wet-clucth), IMO, gw masih tetep condong ke CVT, once dia steady di max rpm output nya (bisa dicapai lebih cepet dgn enter mode "sport" or lainnya tergantung merk), cvt mentransfer power dengan maximal continuously (terus menerus), karena waktu yg lebih panjang keep rpm stay di max powernya dari matic konvensional.
nah selip dari wet-clucth ini pun di cvt lebih bisa diminimalisir (lebih banyak efek lock), karena ECU seems bisa utilize flexibility ratio tadi daripada nge-selip clucth nya.
contoh seperti tahap2 kita ngegas2 dikit (saat cruising) di matic konvensional, biasanya rpm dulu berubah (dgn maksud keep agar rpm ideal buat pick-up)=> baru kecepatan => baru lock-up.
kalo di cvt rpm mungkin berubah duluan juga dikit baru diiringi kecepatan, tapi ini bisa dari sedang berlangsungnya penyesuaian ratio ke ideal, ga selalu nge-selip clucth nya duluan (secara cenderung lock).
makanya cvt ini secara teoritis, kontribusi ke segi FC daripada matic biasa.
Btw, semua varian lancer terbaru bener2 ideal segi advancenya buat gw, yg matic (wet-clucth) di EX-GT = udah CVT, yg dry-clutch EVO X = udah DSG.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1147
- Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26
Re: Apakah CVT lebih baik dari A/T konvensional??
sorry bro u salah kaprah kl blg dual clutch pasti dry clutch. justru DSG gen pertama tuh wet clutch. Cth DSG lama punya vw audi itu wet clutch tp yg 7 speed baru tuh dry clutch.GTR wrote:kalo "narik abis" yah mesti di manual or DSG, pokoknya yg dry-clucth. kalo pake matic kan wet clucth, banyak selipnya.
tapi kalo harus "narik" pake matic (wet-clucth), IMO, gw masih tetep condong ke CVT, once dia steady di max rpm output nya (bisa dicapai lebih cepet dgn enter mode "sport" or lainnya tergantung merk), cvt mentransfer power dengan maximal continuously (terus menerus), karena waktu yg lebih panjang keep rpm stay di max powernya dari matic konvensional.
nah selip dari wet-clucth ini pun di cvt lebih bisa diminimalisir (lebih banyak efek lock), karena ECU seems bisa utilize flexibility ratio tadi daripada nge-selip clucth nya.
contoh seperti tahap2 kita ngegas2 dikit (saat cruising) di matic konvensional, biasanya rpm dulu berubah (dgn maksud keep agar rpm ideal buat pick-up)=> baru kecepatan => baru lock-up.
kalo di cvt rpm mungkin berubah duluan juga dikit baru diiringi kecepatan, tapi ini bisa dari sedang berlangsungnya penyesuaian ratio ke ideal, ga selalu nge-selip clucth nya duluan (secara cenderung lock).
makanya cvt ini secara teoritis, kontribusi ke segi FC daripada matic biasa.
Btw, semua varian lancer terbaru bener2 ideal segi advancenya buat gw, yg matic (wet-clucth) di EX-GT = udah CVT, yg dry-clutch EVO X = udah DSG.
Kynya bkn mslh wet dry nya kl soal dual clutch vs matic tp adanya konverter torsi di matic cmiiw
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 53
- Joined: Fri Jan 30, 2009 2:34
Re: Apakah CVT lebih baik dari A/T konvensional??
Semuanya.... stop....!!!
maap saya cut dulu...
silahkan kesini... http://auto.howstuffworks.com/cvt5.htm
**scroll agak kebawah ya...
*cara kerja CVT http://auto.howstuffworks.com/cvt2.htm


maap saya cut dulu...


silahkan kesini... http://auto.howstuffworks.com/cvt5.htm


**scroll agak kebawah ya...
*cara kerja CVT http://auto.howstuffworks.com/cvt2.htm
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 311
- Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15
Re: Apakah CVT lebih baik dari A/T konvensional??
mau sharing deh, tentang CVT n At konvesional.
kebetulan ane punya city vtec cvt, n all new jazz 5 at.
secara mesin kan masih setipe, n kl liat kurva torsi n mesin hampir mirip kecuali yang all new jazz mesin bisa teriak ampe lebih 6000rpm untk gapai max power 120psnya.
back to topic tentang cvt, manurut gw jauh lebih nyaman cvt, coz tanpa hentakan dalam hal peningkatan percepatan, terutama untuk dalam kota. untuk ditanjakanpun cvt oke, cuma karna halusnya kita ngerasa kurang sreg saat overtaking n tanjakan..
untuk dalam kota yang stop n go cvt pun bisa menutupi kekurangan torsi pada mesin, karena gw pernah nyoba city vtec manual n baru terasa loh ternyata puteran bawah nih mobil rada boyo, selama ini gw pake city cvt hal itu seakan2 tertutupi..
Adek gw n Bokap gw yang bawa mobilnya nyantai bilang entengan bawa city vtec cvt ketimbang bawa all new jazz, malah dikira bokap gw all new jazz mesinnya 1300cc karna dia ngerasa bawa city lebih enteng. Tapi lain cerita ya kl hard akselerasi, new jazz kuenceng kok.
Kl diluar faktor realibilitas, gw bilang cvt jauh lebih bagus ketimbang at konvensional, karena selain bisa berfungsi sebagai cvt juga bs diset manual 7 speed like at konvensional.
saat ini city gw dah jalan 40.000km alhamdulilah no problem, mudah2n ga ada problem. sebagai pembanding at konvensional x trail n CRV bokap dah > 100.000 km no problem..
kebetulan ane punya city vtec cvt, n all new jazz 5 at.
secara mesin kan masih setipe, n kl liat kurva torsi n mesin hampir mirip kecuali yang all new jazz mesin bisa teriak ampe lebih 6000rpm untk gapai max power 120psnya.
back to topic tentang cvt, manurut gw jauh lebih nyaman cvt, coz tanpa hentakan dalam hal peningkatan percepatan, terutama untuk dalam kota. untuk ditanjakanpun cvt oke, cuma karna halusnya kita ngerasa kurang sreg saat overtaking n tanjakan..
untuk dalam kota yang stop n go cvt pun bisa menutupi kekurangan torsi pada mesin, karena gw pernah nyoba city vtec manual n baru terasa loh ternyata puteran bawah nih mobil rada boyo, selama ini gw pake city cvt hal itu seakan2 tertutupi..
Adek gw n Bokap gw yang bawa mobilnya nyantai bilang entengan bawa city vtec cvt ketimbang bawa all new jazz, malah dikira bokap gw all new jazz mesinnya 1300cc karna dia ngerasa bawa city lebih enteng. Tapi lain cerita ya kl hard akselerasi, new jazz kuenceng kok.
Kl diluar faktor realibilitas, gw bilang cvt jauh lebih bagus ketimbang at konvensional, karena selain bisa berfungsi sebagai cvt juga bs diset manual 7 speed like at konvensional.
saat ini city gw dah jalan 40.000km alhamdulilah no problem, mudah2n ga ada problem. sebagai pembanding at konvensional x trail n CRV bokap dah > 100.000 km no problem..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sun Mar 05, 2006 16:49
Re: Apakah CVT lebih baik dari A/T konvensional??
^lah bro City ama AN Jazz kan beda bro,stau gw i-VTEC tuh lebih nyantai dibanding VTEC biarpun VTEC-E,lagian katanya tendangan VTEC diredam di i-VTEC,CMIIW y 

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 311
- Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15
Re: Apakah CVT lebih baik dari A/T konvensional??
Konstruksi mesin kan msh sama, sama2 L15A ( bore n stroke identik ) beda dikepala selinder. kl lihat grafik power n torsi keduanya hampir mirip / berhimpit, beda kl dah > 5800 rpm, mesin new jazz grafiknya naik terus ampe maz power di 6600rpm CMIIW.
makanya untuk puteran bawah gw rasa kedua tuh mesin masih 11-12 lah or alias mirip.
karena gw ada tuh dua mobil keduanya makanya dengan mesin msh identik tp beda transmisi beda juga rasanya..
sejauh ini gw pake gw lebih suka make CVT. cuma yang msh gw sangsiin mengenai ketahanannya, terutama kl sering dipake mode manual 7 speed.
oh ya, bebrp waktu lalu gw sempit interview mekanik beres honda mengenai transmisi ini, apakah selama ini pernah ada yg rusak belum. Dia bilang, pernah ada yang rusak, kasusnya karena 1. kerendem banjir 2. mobil sudah di tune n naek power, ini yang rusak katanya star clutch. 3. body valve mampet karena awalnya HPM telat rekomendasi oli khusus CVT,dimana keluar awal jazz dipakein oli transmisi a/t konvsional. Kl belt putus or Aus belum pernah ada laporannya.
makanya untuk puteran bawah gw rasa kedua tuh mesin masih 11-12 lah or alias mirip.
karena gw ada tuh dua mobil keduanya makanya dengan mesin msh identik tp beda transmisi beda juga rasanya..
sejauh ini gw pake gw lebih suka make CVT. cuma yang msh gw sangsiin mengenai ketahanannya, terutama kl sering dipake mode manual 7 speed.
oh ya, bebrp waktu lalu gw sempit interview mekanik beres honda mengenai transmisi ini, apakah selama ini pernah ada yg rusak belum. Dia bilang, pernah ada yang rusak, kasusnya karena 1. kerendem banjir 2. mobil sudah di tune n naek power, ini yang rusak katanya star clutch. 3. body valve mampet karena awalnya HPM telat rekomendasi oli khusus CVT,dimana keluar awal jazz dipakein oli transmisi a/t konvsional. Kl belt putus or Aus belum pernah ada laporannya.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 53
- Joined: Fri Jan 30, 2009 2:34
Re: Apakah CVT lebih baik dari A/T konvensional??
jangankan CVT...
Yang Manual aja,
klo udah naik power...
tapi masih pake kopling standard,
bisa cepet abis kampas koplingnya
tapi emang untuk saat ini,
Transmisi CVT the best deh
klo DSG... emang bagus bgt...
tapi... kompleks bgt rancang bangunnya
Klo CVT kan jauh lebih simple...
Yang Manual aja,
klo udah naik power...
tapi masih pake kopling standard,
bisa cepet abis kampas koplingnya

tapi emang untuk saat ini,
Transmisi CVT the best deh

klo DSG... emang bagus bgt...
tapi... kompleks bgt rancang bangunnya

Klo CVT kan jauh lebih simple...
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Apakah CVT lebih baik dari A/T konvensional??
well... sementara saya cukup puas dengan AT jadul... moga2 tahun2 depan ada rejeki buat evoX. 


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sun Mar 05, 2006 16:49
Re: Apakah CVT lebih baik dari A/T konvensional??
^wew mantep dah dari next-g langsung ke evo X
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sun Mar 05, 2006 16:49
Re: Apakah CVT lebih baik dari A/T konvensional??
kalo ga salah om Pos Vett pernah putus deh beltnya...remedusakti wrote:sejauh ini gw pake gw lebih suka make CVT. cuma yang msh gw sangsiin mengenai ketahanannya, terutama kl sering dipake mode manual 7 speed.
oh ya, bebrp waktu lalu gw sempit interview mekanik beres honda mengenai transmisi ini, apakah selama ini pernah ada yg rusak belum. Dia bilang, pernah ada yang rusak, kasusnya karena 1. kerendem banjir 2. mobil sudah di tune n naek power, ini yang rusak katanya star clutch. 3. body valve mampet karena awalnya HPM telat rekomendasi oli khusus CVT,dimana keluar awal jazz dipakein oli transmisi a/t konvsional. Kl belt putus or Aus belum pernah ada laporannya.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Apakah CVT lebih baik dari A/T konvensional??
udah itu DSG untuk sekarang ini kan masih hanya diaplikasikan ke mobil yg mahal...Satyabudi wrote:jangankan CVT...
Yang Manual aja,
klo udah naik power...
tapi masih pake kopling standard,
bisa cepet abis kampas koplingnya
tapi emang untuk saat ini,
Transmisi CVT the best deh![]()
klo DSG... emang bagus bgt...
tapi... kompleks bgt rancang bangunnya![]()
Klo CVT kan jauh lebih simple...

gak sanggup belinya...


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Apakah CVT lebih baik dari A/T konvensional??
hahaha jangan liat harga baru, bro... tapi 2nd.nya... makanya saya bilang tahun2 depan.ALTIMIT wrote:^wew mantep dah dari next-g langsung ke evo X

