Minta saran tentang KOIL

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Minta saran tentang KOIL

Post by poeticmind »

beda... aerio itu yaaaa nextG, om... kalo di US, baleno nextG namanya aerio sedan. sedang aerio sendiri namanya aerio hatchback. but disana engine nya bukan 1.5 M15a tapi J18a (1800CC) dan J23a (2300CC).

NextG dikenal juga dengan suzuki liana. utk engine memang berbeda2 ditiap2 country... singkatnya ada yg menggunakan 1500CC, 1800CC, 2000CC dan paling gila 2300CC. :)
di indo hanya 1500CC karena alasan harga jual supaya murah.
Image
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Minta saran tentang KOIL

Post by sjamsul »

@avansa:
tuhh bro, diperhatikan yah penjelasan dari bro poetic, jangan disia2kan............. :e-whistle: .... :ngacir: :ngacir:
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1584
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Minta saran tentang KOIL

Post by singachu »

avansa wrote:Bro Potic btw aerio engine type beda or sama dengan baleno 1.5 non next g....? :e-think:
beda, Aerio sama plek dengan Baleno Next G.
Buka aja kap mesinnya....sama plek termasuk tata letaknya :D
Aerio kodenya M15A
Baleno sebelum Next G kalo ndak salah G15A ato G15B gitu
Kalo Neo Baleno ama Swift juga M15A cuman jeroannya ada yang beda seperti piston, Swift pake MAF sensor kalo Aerio/Next G pake MAP sensor, trus kalo Neo Baleno sudah Throttle By Wire

regards,
singachu
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1584
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Minta saran tentang KOIL

Post by singachu »

poeticmind wrote:beda... aerio itu yaaaa nextG, om... kalo di US, baleno nextG namanya aerio sedan. sedang aerio sendiri namanya aerio hatchback. but disana engine nya bukan 1.5 M15a tapi J18a (1800CC) dan J23a (2300CC).

NextG dikenal juga dengan suzuki liana. utk engine memang berbeda2 ditiap2 country... singkatnya ada yg menggunakan 1500CC, 1800CC, 2000CC dan paling gila 2300CC. :)
di indo hanya 1500CC karena alasan harga jual supaya murah.
weits ternyata udah dijawab ama master..... maap2.... :off_good:

regards,
singachu
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Re: Minta saran tentang KOIL

Post by avansa »

singachu wrote:
avansa wrote:Bro Potic btw aerio engine type beda or sama dengan baleno 1.5 non next g....? :e-think:
beda, Aerio sama plek dengan Baleno Next G.
Buka aja kap mesinnya....sama plek termasuk tata letaknya :D
Aerio kodenya M15A
Baleno sebelum Next G kalo ndak salah G15A ato G15B gitu
Kalo Neo Baleno ama Swift juga M15A cuman jeroannya ada yang beda seperti piston, Swift pake MAF sensor kalo Aerio/Next G pake MAP sensor, trus kalo Neo Baleno sudah Throttle By Wire

regards,
singachu
weh..berarti kita emang harus ketemuan untuk bisa membuka kap aerionya Bro Siganchu,,soalnya Ane nggak punya nex g he..he..he belum punya :mrgreen:
Image
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Minta saran tentang KOIL

Post by poeticmind »

singachu wrote: weits ternyata udah dijawab ama master..... maap2.... :off_good:

regards,
singachu
lhaaaaaaa kok maap? hahaha wong beda jawaban nya bro... lebih lengkap bro singachu. :frm_tumbleft:
Image
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1584
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Minta saran tentang KOIL

Post by singachu »

avansa wrote:
singachu wrote:
avansa wrote:Bro Potic btw aerio engine type beda or sama dengan baleno 1.5 non next g....? :e-think:
beda, Aerio sama plek dengan Baleno Next G.
Buka aja kap mesinnya....sama plek termasuk tata letaknya :D
Aerio kodenya M15A
Baleno sebelum Next G kalo ndak salah G15A ato G15B gitu
Kalo Neo Baleno ama Swift juga M15A cuman jeroannya ada yang beda seperti piston, Swift pake MAF sensor kalo Aerio/Next G pake MAP sensor, trus kalo Neo Baleno sudah Throttle By Wire

regards,
singachu
weh..berarti kita emang harus ketemuan untuk bisa membuka kap aerionya Bro Siganchu,,soalnya Ane nggak punya nex g he..he..he belum punya :mrgreen:
ketemuan ? di Surabaya yah ? :D

@poeticmind
lapor pak, kmaren sabtu gua pakai Aerio ke malang dan minggunya balik ke surabaya. ternyata RPM dah normal lagi tanpa aku lakukan apapun. selama seminggu mobil dipakai harian ama nyonya.

o ya sabtu kemaren sebelum ke malang mampir toko oli karena dah terlewat seminggu untuk ganti oli :D susahnya pas mo ambil oli transmisi adanya cuman GL5, kmaren makai mobil HD 80W-90 GL5..... sekarang jadi kepikiran nih masalah ga yah...... :e-wall:

regards,
singachu
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Minta saran tentang KOIL

Post by mandala1 »

^^ berhubung om putik belom ngasih jawaban, gue mau sedikit komen dulu, boleh yah.... :ungg:
He..he... Kayak tuh mobil emang lebih demen dipake sama nyonya daripada dipake elo, he...he... :big_peace:
Kalo oli transmisi sih kaenya ga masalah lah bro pake GL5 udah cukup mumpuni buat aerio, karena kalo yg spek HD sebenarnya lebih ditujukan ke heavy duty transmision, kalo buat mobil sehari2 sih ga ada masalah koq pake yg GL5 juga...
Sekarang silahken om putik ber-komen lagi......monggo mas.....
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Minta saran tentang KOIL

Post by poeticmind »

mandala1 wrote:^^ berhubung om putik belom ngasih jawaban, gue mau sedikit komen dulu, boleh yah.... :ungg:
He..he... Kayak tuh mobil emang lebih demen dipake sama nyonya daripada dipake elo, he...he... :big_peace:
Kalo oli transmisi sih kaenya ga masalah lah bro pake GL5 udah cukup mumpuni buat aerio, karena kalo yg spek HD sebenarnya lebih ditujukan ke heavy duty transmision, kalo buat mobil sehari2 sih ga ada masalah koq pake yg GL5 juga...
Sekarang silahken om putik ber-komen lagi......monggo mas.....
:big_peace:
Image
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1584
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Minta saran tentang KOIL

Post by singachu »

poeticmind wrote:
mandala1 wrote:^^ berhubung om putik belom ngasih jawaban, gue mau sedikit komen dulu, boleh yah.... :ungg:
He..he... Kayak tuh mobil emang lebih demen dipake sama nyonya daripada dipake elo, he...he... :big_peace:
Kalo oli transmisi sih kaenya ga masalah lah bro pake GL5 udah cukup mumpuni buat aerio, karena kalo yg spek HD sebenarnya lebih ditujukan ke heavy duty transmision, kalo buat mobil sehari2 sih ga ada masalah koq pake yg GL5 juga...
Sekarang silahken om putik ber-komen lagi......monggo mas.....
:big_peace:
om kasi komen doang soal oli transmisi :D

regards,
singachu
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1584
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Minta saran tentang KOIL

Post by singachu »

mandala1 wrote:^^ berhubung om putik belom ngasih jawaban, gue mau sedikit komen dulu, boleh yah.... :ungg:
He..he... Kayak tuh mobil emang lebih demen dipake sama nyonya daripada dipake elo, he...he... :big_peace:
Kalo oli transmisi sih kaenya ga masalah lah bro pake GL5 udah cukup mumpuni buat aerio, karena kalo yg spek HD sebenarnya lebih ditujukan ke heavy duty transmision, kalo buat mobil sehari2 sih ga ada masalah koq pake yg GL5 juga...
Sekarang silahken om putik ber-komen lagi......monggo mas.....
wakakakak..... :D
mungkin juga yah, mungkin tuh mobil marah2 krn sering gua cuci pagi hari pas dingin2 eh diguyur air.
trus suka gua buka mulutnya dan gua gosok2 dan semprot2 obat kumur....
trus kadang juga gua bawa sampe rpm tinggi ampe teriak2.... tapi keknya teriak kegirangan deh bukan teriak minta ampun tuh....
kalo ama bini gua paling cuman dipegang setir ama tuas transmisinya doang.

regards,
singachu
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Minta saran tentang KOIL

Post by doq »

singachu wrote:
avansa wrote:Bro Potic btw aerio engine type beda or sama dengan baleno 1.5 non next g....? :e-think:
beda, Aerio sama plek dengan Baleno Next G.
Buka aja kap mesinnya....sama plek termasuk tata letaknya :D
Aerio kodenya M15A
Baleno sebelum Next G kalo ndak salah G15A ato G15B gitu
Kalo Neo Baleno ama Swift juga M15A cuman jeroannya ada yang beda seperti piston, Swift pake MAF sensor kalo Aerio/Next G pake MAP sensor, trus kalo Neo Baleno sudah Throttle By Wire

regards,
singachu
:e-think: :e-think:
kmaren pas di bdg liat isi kap mesinnya oom poetic sambil bandingin sm baleno 1.6......
setelah di perhatiin ky nya dudukan mesin sama semua dengan baleno 1.6

berarti ada kemungkinan bsa tinggal plek juga di baleno milenium ...... klo dudukan nya sama kaya baleno 1.6 lho.... :ungg:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Minta saran tentang KOIL

Post by mandala1 »

^^ beda loh om doq.... Kalo baleno 16 sama next-G engine mounting/dudukan mesinnya beda semua....
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Minta saran tentang KOIL

Post by doq »

wah ga tau ya klo secara riil nya, tapi sekilas sy liat letak2 engine mounting/dudukannya sama lho oom :ungg:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Minta saran tentang KOIL

Post by mandala1 »

doq wrote:wah ga tau ya klo secara riil nya, tapi sekilas sy liat letak2 engine mounting/dudukannya sama lho oom :ungg:
Emang sih kalo diliat posisinya ampir sama, cuma barang-nya beda jarak baut2nya kalo bentuknya ampir sama, mungkin kalo di gerasi sih bisa aja sama pakarnya he...he.... Di akal2in dikit.... :big_peace:
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1584
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Minta saran tentang KOIL

Post by singachu »

sekilas laporan :

sabtu malam beli araldite di Hypermart Sidoarjo skalian pas ada acara di suncity sidoarjo.
minggu pagi buru2 gua oles....eh warnanya araldite bening ternyata yak..... ??
tunggu 10 menit udah diomel2in ama bini soalnya dah harus keluar tuh mobil....
berhubung rada lengket2 gua potong karton untuk sekat, dengan tujuan biar ga nempel ama cop businya.....
sampe kmrn masih baik2 saja, lom coba gua buka lagi.... untuk mastikan ga nempel cop busi ama koilnya....

* masih pusing masalah Accu, voltasenya cuman 12.29 volt.... kayaknya dah minta pensiun *

regards,
singachu
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Minta saran tentang KOIL

Post by sjamsul »

singachu wrote:sekilas laporan :

sabtu malam beli araldite di Hypermart Sidoarjo skalian pas ada acara di suncity sidoarjo.
minggu pagi buru2 gua oles....eh warnanya araldite bening ternyata yak..... ??
tunggu 10 menit udah diomel2in ama bini soalnya dah harus keluar tuh mobil....
berhubung rada lengket2 gua potong karton untuk sekat, dengan tujuan biar ga nempel ama cop businya.....
sampe kmrn masih baik2 saja, lom coba gua buka lagi.... untuk mastikan ga nempel cop busi ama koilnya....

* masih pusing masalah Accu, voltasenya cuman 12.29 volt.... kayaknya dah minta pensiun *

regards,
singachu
araldite emang bening n jangan lupa dicampur yah, khan ada 2 jenisnya satu lemnya yg satu hardenernya..........

klo masalah aki, ane mo tanya nih, saat pagi hari distarternya masih galak apa kurang galak nih..... :e-think: :e-think:
klo masih galak, nt pake aja terus, kmd nt taunya itu voltage dari mana, apakah pakai alat yg stand by di mbl atau alat di luar mbl, misalkan pakai multitester........... :e-think: :e-think:
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1584
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Minta saran tentang KOIL

Post by singachu »

sjamsul wrote:
singachu wrote:sekilas laporan :

sabtu malam beli araldite di Hypermart Sidoarjo skalian pas ada acara di suncity sidoarjo.
minggu pagi buru2 gua oles....eh warnanya araldite bening ternyata yak..... ??
tunggu 10 menit udah diomel2in ama bini soalnya dah harus keluar tuh mobil....
berhubung rada lengket2 gua potong karton untuk sekat, dengan tujuan biar ga nempel ama cop businya.....
sampe kmrn masih baik2 saja, lom coba gua buka lagi.... untuk mastikan ga nempel cop busi ama koilnya....

* masih pusing masalah Accu, voltasenya cuman 12.29 volt.... kayaknya dah minta pensiun *

regards,
singachu
araldite emang bening n jangan lupa dicampur yah, khan ada 2 jenisnya satu lemnya yg satu hardenernya..........

klo masalah aki, ane mo tanya nih, saat pagi hari distarternya masih galak apa kurang galak nih..... :e-think: :e-think:
klo masih galak, nt pake aja terus, kmd nt taunya itu voltage dari mana, apakah pakai alat yg stand by di mbl atau alat di luar mbl, misalkan pakai multitester........... :e-think: :e-think:
udah dicampur kok om....thanks buat info aralditenya.....

start di pagi hari kadang galak kadang enggak....
galak : begitu jreng langsung nyala
gak galak : begitu jreng - jreng - jreng baru nyala (kira2 dua sampe tiga detik jreng). tapi ga sampe mesti ngulang.
Kalo staternya sabar dalam pengertian, begitu kontak di ACC, pompa bensin nyala, semua indikator nyala trus normal, nah trus ditunggu 2 ato 3 detikan setelah indikator normal baru di jreng, ntuh pasti jreng.

Tesnya pake alat di luar om, pake multitester digital, aku arahkan ke Volt DC 20 Volt. trus kondisi mesin mati, accu tetep terpasang, trus kabel merah dari multitester aku arahkan ke merah dan hitam ke hitam. terbaca 12.29 volt.

Ada juga sih tester di dalam mobil dicolok ke Cigarete Lighter, cuman kurang sip soalnya terdiri dari 3 LED untuk Battery dan 3 LED untuk Alternator.
untuk LED Batterynya nyala cuman sampe ke Weary tulisan di stikernya Weary tuh 12.x (lupa x nya) sampe 12.4 volt.
untuk LED Alternatornya baru nyala kalo mesin nyala. Nyala 2 LED aja yang tulisannya Normal, justru kalo 3 LED nyala tulisannya too strong (ada batasan2 Voltnya juga).

Well kurang sip kalo yang stand by di mobil. Tapi kalo yang multitester mesti buka kap mesin dulu.

Gmn pendapatnya master sjamsul.....
boil banyakan dibawa ama bini, kasian juga sih kalo ampe mogok..... well di bagasi ada nyimpen kabel jumper sih.... dan kapan hari sempet bantuin tetangga yang BMW nya mogok ga mau start.....pas ntuh bini gua liat juga proses jumpernya, harusnya sih kalo ada yang mau nolongin bisa aja sih, tapi kan kalo ada yg nolongi :D (soalnya tetangganya cewek, suaminya di luar pulau)

O ya tambahan..... dicek 12.2x Volt pas hari sabtu pagi.
Sabtu sore dipake jalan kira2 1/2 jam trus parkir 2 jam. trus dipake lagi 10 menit jalan..... trus mati mesin. trus dipake lagi kira2 1/2 jam trus mati semalaman....

Minggu pagi sebelum hidupin mesin cek 12.30 Volt.
Minggu jam 10 pagi, Pake kira2 45 menit trus parkir 2.5 jam. trus pake lagi 45 menit trus mati.

Senin tadi pagi, cek 12.29 Volt.
Lupa ga ngecek pas abis dipake berapa volt.....

O ya boil perlengkapan standard, audio juga bawaan mobil. malah kmaren sabtu ama minggu ga nyalain audio/radio sama sekali. cuman yang sabtu nyalain headlamp secara dah gelap.
Sempet nyalain lampu baca yang di depan 8Watt tapi dengan kondisi mobil jalan.
Kalo pas mesin mati yang nyala cuman lampu kabin yang dari LED putih dan lampu bagasi juga dari LED putih kalo pintu dibuka. itupun juga buka pintu turunin/naikin barang bentar trus ditutup lagi.
Lampu Headlamp juga Osram Night Breaker 55/60Watt.
Lampu Senja pake Luxeon 1 Watt.
Lampu Foglamp standard bawaan itupun ga gua nyalain kecuali hujan deras (dan sabtu minggu kmrn ga hujan).
Jadi mestinya sih ga ada asseroris yang beban....


regards,
singachu
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Minta saran tentang KOIL

Post by sjamsul »

klo diliat dari penjelasan nt di atas, nampaknya aki masih ok. Jadi ada baiknya nt test kadar airnya dg hydrometer (kalau ada) untuk lbh memastikannya. Trus bersihkan kepala akinya dg cara melepas kleman akinya lalu diamplas bagian kontaknya, jadi bukan cuma disiram ama air ajah...... Biasanya setelah dibersihkan kepala akinya, maka starternya akan lbh galak...

Smoga membantu :e-whistle:
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1584
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Minta saran tentang KOIL

Post by singachu »

sjamsul wrote:klo diliat dari penjelasan nt di atas, nampaknya aki masih ok. Jadi ada baiknya nt test kadar airnya dg hydrometer (kalau ada) untuk lbh memastikannya. Trus bersihkan kepala akinya dg cara melepas kleman akinya lalu diamplas bagian kontaknya, jadi bukan cuma disiram ama air ajah...... Biasanya setelah dibersihkan kepala akinya, maka starternya akan lbh galak...

Smoga membantu :e-whistle:
report lagi :D

kmrn malam cek voltase, kap mesin masih panas kayaknya blom lama tuh mobil dipake.... 12.5 Volt.
tadi pagi cek lagi voltase, lha tinggal 12.32 Volt.

Skalian buka koil ama busi.... aralditenya kayaknya gua apply ketebelan, jadi pas masang rada kepenyet, njembret..... tapi masih aman soalnya gua kasi karton...... cop busi ga nempel ke koil karena kehalang karton juga.... hasil araditenya warnanya bening kekuningan, gua coba cek kelekatannnya.... top banget....kerasnya juga top.... kayaknya menjanjikan ga bakal bocor lagi nih....
nice :off_good_job:

Sudah pernah om tes pake hydrometer....kebetulan punya om...cuman dari baca2 artikel :
http://www.schumacherproducts.com/applications/?id=0007
specific gravity bacaannya tergantung suhu dan level chargingnya yah om ?
jadi mesti dikoreksi dulu bacaannya....
dari beberapa kali hasil test, selalu ada 2 cell yang lebih lemah dibanding yang lain....
Battery State of Charge - Hydrometers

Is the battery bad? Or is it simply discharged? To be sure, we need to measure the Specific Gravity of the electrolyte in each of its six cells. This test tells us the battery’s State of Charge.

As a battery discharges, the electrolyte contains more and more water and less acid. Since water is lighter than acid, the weight of electrolyte decreases as the battery discharges.

As the battery charges, the acid content of the electrolyte increases. Electrolyte in a charged battery weighs more by volume than electrolyte in a discharged battery.

We can use a hydrometer to test Specific Gravity and State of Charge in batteries with removable caps. Here’s how:

* Remove the battery caps. Check the electrolyte level. Make sure all cells are covered but not overfilled.
* Insert the hydrometer into each cell and draw electrolyte into the glass cylinder with the squeeze ball. Draw just enough acid into the cylinder to make the float rise. Hold the hydrometer vertical as each sample is drawn. Note the exact level at which the fluid level intersects the measurement scale on the float and record it.
* Repeat the test at each of the remaining cells. Record the reading for each cell. Compare readings to the chart on this page to determine state of charge.
* If the battery is below 75 percent state of charge, recharge it before load testing.

Temperature Correction

* If the temperature of the electrolyte is below 80 degrees F, subtract .004 (4 points) from the actual reading for each 10 degree change.
* Add 4 points for each 10 degree change above 80 degrees F.

For example, if the actual specific gravity reading is 1.265, but the electrolyte temperature is only 30 degrees F, then the true, corrected specific gravity is 1.245 (1.265-.020 = 1.245).

Why? Because the higher 1.265 specific gravity reading at 30 degrees F is the result of the increased density of colder electrolyte, not because the sample contains a higher concentration of acid.

Image

Battery State of Charge – Refractometers

Refractometers are precision instruments that also measure the specific gravity of battery acid. (They can also measure antifreeze freeze protection for both ethylene glycol and propylene glycol antifreeze.)

Refractometer use is simple:

* Lift the clear sample window cover and place a drop of battery acid from one cell on the sample window.
* Close the sample window cover.
* Look through the eyepiece as you would look through a telescope.
* The point at which the light and dark areas of the measurement screen intersect the scale indicates the specific gravity of the sample.
* Record the reading and wipe the sample window clean before testing the next cell. Repeat the test for each of the remaining cells.

What Do Low Specific Gravity Readings Indicate?

Low specific gravity readings in all six cells tell us that the electrolyte in the cells is more water than acid, an indication that the battery is at a low state of charge. If the readings are uniformly low, however, there’s a reasonable chance that the battery may be all right once it is recharged.

Here are a few rules of thumb for interpreting specific gravity readings:

* The maximum allowable difference between the highest and lowest specific gravity reading is 50 points, whether you measure it with a hydrometer or refractometer. If the range between high and low readings is greater than 50 points, replace the battery.
* Abnormally high specific gravity readings (greater than 1.270) may indicate excess acid, possibly caused by someone adding acid, instead of water, to the battery.
* Specific gravity tests won’t identify a battery with an open or shorted cell.

Testing State of Charge in Sealed Batteries

The Open Circuit Voltage Test

If the battery has a sealed top, you cannot perform a specific gravity test to determine the battery state of charge since there is no way to take samples of the electrolyte.

To determine battery state of charge in sealed-top batteries, you must perform an Open Circuit Voltage test across the battery posts using an accurate digital voltmeter; analog voltmeters are not accurate enough for this test. Open Circuit Voltage (OCV) refers to voltage measured across the battery posts with no electrical loads turned on.

Adjust your digital multimeter to the 20 or 40 Volt SC scale and place the meter leads across the battery posts.

Take the voltage reading and compare it to the chart to the right. The chart combines specific gravity and OCV test standards.

There is a direct relationship between specific gravity and open-circuit voltage measured across the battery posts. Batteries below 75% of full charge must be recharged before performing a load test.

What State of Charge Can Tell Us

State of Charge tells us if the battery is sufficiently charged to undergo load testing. It does not tell us if the battery can deliver both voltage and current at the same time. That’s what the load test is for. Once it is determined that the battery state of charge is 75% or greater, the load test measures the battery’s ability to provide POWER. Power is measured as wattage, or volts multiplied by amps.

As batteries age and deteriorate, call material degrades or falls off and plates become less powerful. A battery that passes the specific gravity or open-circuit voltage tests may still have a hard time maintaining its voltage when electrical loads consume large amounts of current.

This is very important, so we will repeat it: Batteries must provide power. They must provide enough electrical current to operate all vehicle loads and still maintain the correct voltage.
Image
sayang aku ga ada battery charger, jadi ga bisa test spesific grafitynya pas charge penuh....

mohon petunjuk..... :ungg:

hmmmm, yup blom pernah bersihkan pake amplas begitu...... akan dicoba :off_good:

regards,
singachu
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Minta saran tentang KOIL

Post by sjamsul »

perbedaan voltage yg cuma sedikit jangan dipermasalahkan, krn akan membuat nt jadi was2 sendiri. Jadi patokannya selama masih di atas atau minimal 12 volt ga masalah yg penting di pagi hari saat distarter masih ok. Trus pemakaian hidrometer itu ga usah liat temperatur segala, cukup saat nt senggang aja, trus periksa deh. Klo hasilnya menunjukkan ketinggian yg sama atau hampir sama di setiap cellnya, bearti itu aki ga ada masalah. Yg jadi masalah jika ketinggian permukaan airnya itu berbeda jauh, misalkan yg lainnya diantara putih n hijau, sedangkan yg satu ada di merah, bearti yg di merah itu cellnya dah koit.

Mengenai araldite yg ane anjurkan, ga perlu diragukan lagi kualitasnya. Secara ane dah pake ini produk sejak lama n pernah dipake buat switch oil yg bocor krn retak. Sekali dipake ampe itu mbl dijual ga ada masalah.....

btw klo nt ga ada battery charger, ga usah disayangkan. Pake aja itu aki, nanti misalkan itu aki dah ada gejala2 agak pelan saat distarter di pagi hari, baru deh nt boleh siapkan aki penggantinya. Pelan maksudnya putaran mesin saat distarter agak 'loyo'....

smoga membantu.... :e-whistle:
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1584
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Minta saran tentang KOIL

Post by singachu »

Report aki :

Terminal aki sudah aku amplas. result masih lom ada soalnya aki masih aku lepas.

Tgl 8 May skitar jam 7.30 malam, aki aku charge pake charger pinjeman :D
Sebelumnya aku ukur : 12.37 Volt.
Spesific Grafity dari cell 1 ke cell 6 : 1215; 1225; 1225; 1225; 1215; 1205
Merah semua.... yang paling parah cell no 6.

Pak Sjamsul, perbedaan cell s/d 20 point relatif dekat ato jauh ?

Skitar Jam 11.00 malam, charger aki masuk ke mode maintenance/float....
Voltase pengisian turun dari skitar 13.99 volt menjadi sekitar 13.2 volt.....
Aku coba lepas dan amati voltase berangsur turun.... gua tinggal2 nonton TV.. :D
Pas cek lagi voltase di 12.46 volt.... mungkin bisa turun lagi ga nunggu aku cek pake Hydrometer
Hasil pengukuran kurang lebih sama seperti sebelumnya....
Charger aku pasang lagi, balik ke mode charging....

Besoknya jam 5 pagi aku tengok....masuk mode maintance/float lagi...
Aku coba lepas lagi chargernya, aku liat voltase terus turun....
gua tinggal...tengok lagi voltase tinggal 12.35 Volt...
Aku ukur Specific Grafity, kira2 naik semua skitar 10 point :
1225; 1235; 1235; 1235; 1225; 1215

Aku coba pasang lagi chargernya, masuk mode charging lagi.... Charger yang aneh.... :glodak:
Nah aku tinggal bikin posting ini :upss:


Pertanyaan nih, pak Sjamsul :
1. perbedaan cell s/d 20 point relatif dekat ato jauh ?
2. Kok habis di charge semalaman balik lagi voltasenya seakan2 chargingnya ga ada guna....
Salah chargernya ato gmn ? Aki : 35Ah
Tipe Charger : Krisbow KW19-272 ( http://www.krisbow.com/products-pdf/krisbow/046.pdf )
Features :
Output voltage : 13.45 VDC
Amps Output : 1.2A
Dimensions : 16 x 17 x 15cm
Benefits :
The Battery charger is constant current charger. Can
automatically prevent battery from overcharging. Equipped
with two sets of flashing diode to indicate the working
condition. The charger is automatically overload and polarity
reversal protection.
Tulisannya sih 13.45 VDC, tapi pas charging tegangan max bisa skitar 13.99 s/d 14.0 volt

3. Kalo mo cari Charger yang murah meriah pemakaian pribadi kira2 yang spt gmn pak ?
Kira2 yang bisa dipake buat motor ama mobil....

4. Ngitung kapasitas alternator gmn yah ? maksudku untuk Aerio dengan beban listrik relatif standard, maximum Ah dari Aki berapa (kalo tanpa liat besarnya dudukan aki) ?

regards,
singachu
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Minta saran tentang KOIL

Post by sjamsul »

^^
gini bro, kl0 ane liat dari kapasitas chargernya yg cuma 1,2 amper bearti itu chargernya buat aki motor deh. Jadi klo buat aki mobil butuh waktu sekitar 48 jam bahkan lebih baru deh ada peningkatan mengingat kapasitas pengisiannya yg terlalu kecil buat aki mbl. Trus saat sebelum nt charge itu akinya, kondisi airnya khan di merah semua, bearti ada kemungkinan alternatornya ada masalah, sebaiknya diperiksa ke tukang alternator apakah pengisiannya msh bagus apa kaga, klo kaga segera ambil tindakan dg cara memperbaiki alternatornya.......

btw ane lupa atau nt belum kasih tau ane yah, itu aki dah berumur berapa lama neh sejak baru dibeli..............

smoga membantu.....

ini pembicaraan dari koil ke aki, mudah2an yg lain ga ada yg protes, mengingat saat ini ada seseorang yg ga suka klo OOT, jadi nampaknya nt harus berhati2 dlm bertanya klo ga sesuai ama topiknya...... takutnya nanti diprotes lagi neh ama dianya.......
jadi sebaiknya klo mo bertanya mengenai aki lebih lanjut silahkan cari topik ane dg judul : perlakuan thd aki n embel2nya.....

di sana nt mo tanya mengenai aki n seputar permasalahannya akan ane jawab sedetail2nya...... :e-whistle:

ini bro linknya mengenai aki, jadi saran ane klo ada pertanyaan seputar aki lbh baik tanyanya disini http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... f=4&t=9311
secara anenya akan menjawab setiap pertanyaan nt, tp klo bisa jangan terlalu banyak pertanyaannya setiap posting, spy nulisnye ga kepanjangan. Jadi klo masih ada pertanyaan nt tulis lagi, misalkan saat tanya cukup 2 ato 3 pertanyaan ajah, klo kurang tanya lagi di postingan berikutnya, demikian selanjutnya..... ok......
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1584
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Minta saran tentang KOIL

Post by singachu »

sjamsul wrote:^^
gini bro, kl0 ane liat dari kapasitas chargernya yg cuma 1,2 amper bearti itu chargernya buat aki motor deh. Jadi klo buat aki mobil butuh waktu sekitar 48 jam bahkan lebih baru deh ada peningkatan mengingat kapasitas pengisiannya yg terlalu kecil buat aki mbl. Trus saat sebelum nt charge itu akinya, kondisi airnya khan di merah semua, bearti ada kemungkinan alternatornya ada masalah, sebaiknya diperiksa ke tukang alternator apakah pengisiannya msh bagus apa kaga, klo kaga segera ambil tindakan dg cara memperbaiki alternatornya.......

btw ane lupa atau nt belum kasih tau ane yah, itu aki dah berumur berapa lama neh sejak baru dibeli..............

smoga membantu.....

ini pembicaraan dari koil ke aki, mudah2an yg lain ga ada yg protes, mengingat saat ini ada seseorang yg ga suka klo OOT, jadi nampaknya nt harus berhati2 dlm bertanya klo ga sesuai ama topiknya...... takutnya nanti diprotes lagi neh ama dianya.......
jadi sebaiknya klo mo bertanya mengenai aki lebih lanjut silahkan cari topik ane dg judul : perlakuan thd aki n embel2nya.....

di sana nt mo tanya mengenai aki n seputar permasalahannya akan ane jawab sedetail2nya...... :e-whistle:

ini bro linknya mengenai aki, jadi saran ane klo ada pertanyaan seputar aki lbh baik tanyanya disini http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... f=4&t=9311
secara anenya akan menjawab setiap pertanyaan nt, tp klo bisa jangan terlalu banyak pertanyaannya setiap posting, spy nulisnye ga kepanjangan. Jadi klo masih ada pertanyaan nt tulis lagi, misalkan saat tanya cukup 2 ato 3 pertanyaan ajah, klo kurang tanya lagi di postingan berikutnya, demikian selanjutnya..... ok......
siap, menuju lokasi :off_good:

regards,
singachu