setau gw sih oversquare emang buat maen di RPM tinggi n torsinya ga sebesar undersquare sedangkan undersquare torsinya lebih besar jadi mungkin lebih cocok buat truk2,bener ga sih?soalnya setau gw truk2 tuh long-stroke engine,bener ga?eNeR wrote:wah thanks bro yoyoyo dan altimit, berarti untuk oversquare lebih ditujukan pada rpm tinggi ya?
pantesan smash kok untuk awalan masih kurang greng
Beda cc beda apanya?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sun Mar 05, 2006 16:49
Re: Beda cc beda apanya?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
Re: Beda cc beda apanya?
Yu kita lihat..
Hino 300 Dutro
http://www.hino.co.id/product.php?z=2&c=45
Diameter x Langkah Piston (mm) 104x 118
Hino 500 Ranger
http://www.hino.co.id/product.php?z=2&c=55
Diameter x Langkah Piston (mm) 112 x 130
Mitsu Colt Diesel
http://www.ktb.co.id/product_detail.php ... id=78&st=6
Diameter x Langkah (mm x mm) 104 X 115
Mitsu Fuso
http://www.ktb.co.id/product_detail.php ... id=36&st=6
Diameter x Langkah (mm x mm) 118 X 115
Lho yang terakhir oversquare
Nissan Diesel PK215 & PK260
http://www.astra-nissandiesel.co.id/pro ... _detil.php
Diameter x Langkah / Bore x Stroke 108 x 126 mm
Nissan Diesel CWM330
http://www.astra-nissandiesel.co.id/pro ... %20330.pdf
Diameter x Langkah / Bore x Stroke mm 125 x 125 mm
Lholho..ini malah square engine
Hino 300 Dutro
http://www.hino.co.id/product.php?z=2&c=45
Diameter x Langkah Piston (mm) 104x 118
Hino 500 Ranger
http://www.hino.co.id/product.php?z=2&c=55
Diameter x Langkah Piston (mm) 112 x 130
Mitsu Colt Diesel
http://www.ktb.co.id/product_detail.php ... id=78&st=6
Diameter x Langkah (mm x mm) 104 X 115
Mitsu Fuso
http://www.ktb.co.id/product_detail.php ... id=36&st=6
Diameter x Langkah (mm x mm) 118 X 115
Lho yang terakhir oversquare

Nissan Diesel PK215 & PK260
http://www.astra-nissandiesel.co.id/pro ... _detil.php
Diameter x Langkah / Bore x Stroke 108 x 126 mm
Nissan Diesel CWM330
http://www.astra-nissandiesel.co.id/pro ... %20330.pdf
Diameter x Langkah / Bore x Stroke mm 125 x 125 mm
Lholho..ini malah square engine

Nano Energizer - (Product of nanoTec International - Korea) dengan nano ceramic technology.
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1266
- Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
- Location: 64112
Re: Beda cc beda apanya?
jadinya oversquare kurang cocok buat kendaraan niaga yg membutuhkan torsi gede ya?
...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: Beda cc beda apanya?
mungkin kalo yang square ato oversquare, untuk memeperkecil dimensi mesin, biar kompak. kan strokenya udah besar, torsinya udah mencukupi, tinggal cari tenaga. kan pusing juga kalo bikin blok mesin panjang n besar, ruang karter juga besar, bisa2 ongkos produksi melonjak. mungkin juga, getarannya biar lebih kecil.yoyoyo wrote:Lho yang terakhir oversquare
Nissan Diesel PK215 & PK260
http://www.astra-nissandiesel.co.id/pro ... _detil.php
Diameter x Langkah / Bore x Stroke 108 x 126 mm
Nissan Diesel CWM330
http://www.astra-nissandiesel.co.id/pro ... %20330.pdf
Diameter x Langkah / Bore x Stroke mm 125 x 125 mm
Lholho..ini malah square engine
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sun Mar 05, 2006 16:49
Re: Beda cc beda apanya?
barusan gw ngeliat spek mobil2 mungil kyk Hyundai i10,Jazz,City,Yaris ternyata mesinnya undersquare yah??selama ini padahal gw kira oversquare,padahal mobil2 jenis ini kan ga butuh torsi yang gede2 banget...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
Re: Beda cc beda apanya?
mesin kecil bro, torsi kecil. klo mobil sdg penuh (full load) dgn mesin oversquare, rpm harus tinggi2 utk kondisi stop n go. efeknya boros jg nantinya, berbenturan dng image mobil kecil+cc kecil ya,hehe
Nano Energizer - (Product of nanoTec International - Korea) dengan nano ceramic technology.
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1266
- Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
- Location: 64112
Re: Beda cc beda apanya?
kan mobil2 td termasuk city car tho? nah gimana kondisi kota, pastinya stop and go.
dalam kondisi ini yg dibutuhkan adalah torsi, lha kalo dipake-in oversquare bisa2 malah menderu di tempat. CMIIW
dalam kondisi ini yg dibutuhkan adalah torsi, lha kalo dipake-in oversquare bisa2 malah menderu di tempat. CMIIW
...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1214
- Joined: Thu Apr 24, 2008 17:01
- Location: -=SURABAYA=-
Re: Beda cc beda apanya?
klo mobil F1 katanya rasio bore:stroke nya = 2,5:1ALTIMIT wrote:setau gw sih oversquare emang buat maen di RPM tinggi n torsinya ga sebesar undersquare sedangkan undersquare torsinya lebih besar jadi mungkin lebih cocok buat truk2,bener ga sih?soalnya setau gw truk2 tuh long-stroke engine,bener ga?eNeR wrote:wah thanks bro yoyoyo dan altimit, berarti untuk oversquare lebih ditujukan pada rpm tinggi ya?
pantesan smash kok untuk awalan masih kurang greng
wooowww...
klo aja strokenya 50mm, maka borenya =125mm
pantesan bisa sampe 18rb rpm
piston speed rendah, friksi rendah jd top buat hi-rev

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sun Mar 05, 2006 16:49
Re: Beda cc beda apanya?
kalo buat high rev mah rotarynya mazda juga bisa 18rb-an kan klo ga salah??
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1266
- Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
- Location: 64112
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sun Mar 05, 2006 16:49
Re: Beda cc beda apanya?
motogp bisa nyampe 18rb-an juga,s2000 hasil tune spoon bisa nyampe 10rb
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1214
- Joined: Thu Apr 24, 2008 17:01
- Location: -=SURABAYA=-
Re: Beda cc beda apanya?
maksudnya kan mesin konvensional om...ALTIMIT wrote:kalo buat high rev mah rotarynya mazda juga bisa 18rb-an kan klo ga salah??
klo mesin rotary itu idaman gw.. hahaha...
klo std seh sekitar 10rban rotary NA, gak tau klo tuned...

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sun Mar 05, 2006 16:49
Re: Beda cc beda apanya?
haha rotary juga idaman gw tuh selain boxer engine
duh kapan y gw bisa nyobain 


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: Beda cc beda apanya?
motogp juga mendekati F1 kok perbandingan bore x strokenya. meski perbandingan lebih kecil, tapi langkahnya udah kecil (rata2 1 silinder 200 cc), jadi sanggup rpm tinggi. kalo boxer, bgs juga, beda, tapi tetep aja mesin biasa dengan konvigurasi yang saling berlawanan (opposite piston). nah, kalo rotary, ini mesin benar2 beda. meski standar bisa 10K Rpm, kalo versi racing (tune), mungkin masih aman digeber hingga 30K Rpm. tanpa pneumatik, tanpa valve, pokoknya Hi-rev. cuma belum ada yang bikin setinggi itu dengan berbagai pertimbangan (tentunya konsumsi bbm, dll)
mau yang lebih tinggi lagi, itu mesin buat aero modellling ato rc car, cuma beberapa cc, kecil banget, tipenya 2 tak silinder tunggal, bisa sampai 50K Rpm, ringan pula, hehehe....
Lebih tinggi lagi, mesin turbin. yang ini bisa diset sampai 100K Rpm, kan cuma kaya kipas, jadi tinggal tergantung ketahanan bearing aja. tapi sebenarnya mesin turbin malah bagus buat rpm rendah lo, efisiensinya justru lebih tinggi ketika rpm rendah.
mau yang lebih tinggi lagi, itu mesin buat aero modellling ato rc car, cuma beberapa cc, kecil banget, tipenya 2 tak silinder tunggal, bisa sampai 50K Rpm, ringan pula, hehehe....
Lebih tinggi lagi, mesin turbin. yang ini bisa diset sampai 100K Rpm, kan cuma kaya kipas, jadi tinggal tergantung ketahanan bearing aja. tapi sebenarnya mesin turbin malah bagus buat rpm rendah lo, efisiensinya justru lebih tinggi ketika rpm rendah.
Eh, yang benar, makin kecil piston, makin bagus efisiensi panasnya, panas yang terbuang makin sedikit, nuwun,flexiblebil wrote:efisiensi panas yang lebih besar kalo pistonnya berdiameter lebih besar, kirain cuma masalah torsi lebih besar aja untuk mesin2 undersquare hehehe..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1266
- Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
- Location: 64112
Re: Beda cc beda apanya?
men, jadi kalo semisal papas silinder head apakah akan mempengaruhi nilai cc? thanks
...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 54
- Joined: Thu Jan 01, 2009 20:57
- Location: Surakarta
Re: Beda cc beda apanya?
Allowww bung, menurut gw beda cc ialah beda antara kecepatannya, contoh cc150 dengan cc250 ternyata kenceng yang 250cc tuh, betulkan.
.....




Jalani Hidup Seperti Air Mengalir Yang Bermuara Yang Jernih, Mampir Ya Disini: http://www.kawasakininjasolo.tk/
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: Beda cc beda apanya?
ya enggak bro, kan cc dihitung pake rumus silinder, disebut displacement, yaitu volume silinder yang dilewati piston. jadi, volume lain2 bukan termasuk cc tadi,eNeR wrote:men, jadi kalo semisal papas silinder head apakah akan mempengaruhi nilai cc? thanks
kalo papas head, mempengaruhi compression ratio, kalo dipapas, maka cr nya makin besar. (misal, tadinya 9:1, jadi 10:1)
termasuk bentuk piston, tidak meempengaruhi perhitungan cc. mau piston datar, ato cembung, ato bahkan cekung, ato gak karuan bentuknya (karena dicoak2).
kalo cc, emang berpengaruh ke tenaga. kan makin besar cc, makin banyak bensin + udara yang muat, jadi, makin banyak tekanan pembakaran ke piston. makin besar cc, tenaga makin besar (dengan konfigurasi mesin sama)
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 246
- Joined: Wed Feb 21, 2007 7:40
Re: Beda cc beda apanya?
sebagian betul tapi yang bener, makin besar cc nya makin mahal ..........hensmacho wrote:Allowww bung, menurut gw beda cc ialah beda antara kecepatannya, contoh cc150 dengan cc250 ternyata kenceng yang 250cc tuh, betulkan......
![]()


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 378
- Joined: Thu Jun 12, 2008 10:46
Re: Beda cc beda apanya?
kalo oversize nambah cc nggak Om...Cloud wrote:ya enggak bro, kan cc dihitung pake rumus silinder, disebut displacement, yaitu volume silinder yang dilewati piston. jadi, volume lain2 bukan termasuk cc tadi,eNeR wrote:men, jadi kalo semisal papas silinder head apakah akan mempengaruhi nilai cc? thanks
kalo papas head, mempengaruhi compression ratio, kalo dipapas, maka cr nya makin besar. (misal, tadinya 9:1, jadi 10:1)
termasuk bentuk piston, tidak meempengaruhi perhitungan cc. mau piston datar, ato cembung, ato bahkan cekung, ato gak karuan bentuknya (karena dicoak2).
kalo cc, emang berpengaruh ke tenaga. kan makin besar cc, makin banyak bensin + udara yang muat, jadi, makin banyak tekanan pembakaran ke piston. makin besar cc, tenaga makin besar (dengan konfigurasi mesin sama)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: Beda cc beda apanya?
Kalo OS mah pastilah nambah cc. Namanya juga ngurangin diameter boring + pake piston yang lebih gede.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: Beda cc beda apanya?
Eh salah maksudnya kurangi ketebalan boring.TUFF Stough wrote:Kalo OS mah pastilah nambah cc. Namanya juga ngurangin diameter boring + pake piston yang lebih gede.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1266
- Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
- Location: 64112
Re: Beda cc beda apanya?
eh lha kalo cc sama (satu merk beda varian, contohnya shogun R, RR, NR, SP)
Pernah liat di brosur, torsi dan powernya beda (kalo gak salah liat) antara SP/NR dan R/RR, nah yg bikin beda apanya? secara cc kan sama,
Pernah liat di brosur, torsi dan powernya beda (kalo gak salah liat) antara SP/NR dan R/RR, nah yg bikin beda apanya? secara cc kan sama,
...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1266
- Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
- Location: 64112
Re: Beda cc beda apanya?
eNeR wrote:eh lha kalo cc sama (satu merk beda varian, contohnya shogun R, RR, NR, SP)
Pernah liat di brosur, torsi dan powernya beda (kalo gak salah liat) antara SP/NR dan R/RR, nah yg bikin beda apanya? secara cc kan sama,

...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sun Mar 05, 2006 16:49
Re: Beda cc beda apanya?
kalo ga salah dulu denger dari forum sebelah katanya kalo R itu maksudnya limiternya dinaekin,bener ga??eNeR wrote:eh lha kalo cc sama (satu merk beda varian, contohnya shogun R, RR, NR, SP)
Pernah liat di brosur, torsi dan powernya beda (kalo gak salah liat) antara SP/NR dan R/RR, nah yg bikin beda apanya? secara cc kan sama,