Exterior saya kira itu aja sih.
Abis itu saya disuruh beli obat ke grand indonesia mall, saya coba new city. Pas mau masuk ke ruang kemudi, saya merasakan akses keluar masuk agak sedikit susah, melihat pilar a n kaca depan yang sangat landai, membuat orang setinggi saya(186cm), menjadi susah keluar masuk.
Driving position, bagus joknya, saya suka, model recaro, tapi setir kejauhan, walaupun reachnya sudah paling mentok, karena kalo tidak kaki saya yang terlalu menekuk. Menyalakan mesin, seperti biasa, suaranya khas mesin 1500 honda. Masukkan gigi dan jalan. Kena polisi tidur daerah rumah saya, saya merasakan suspensi yang stiff. Keluar ke thamrin, saya coba tarik sampe 100(mumpung sepi), not so special, to be honest. Tenaga 120nya seakan2 kurang segarang yang manual(di jazz yang pernah saya coba), terlalu biasa, tidak istimewa seperti yang orang2 gembor2kan. Setir terlalu enteng, cocok buat wanita. Body control bagus, cuma kena jalanan agak rusak, terlalu kaku bodynya. Typical honda.
Kualitas kabin, pas-pas-an, padahal harganya 260juta, plastik murahan, keras, n semua terlalu plastic. Tidak ada kesan mewah sama sekali. Radionya juga rame banget, warna gonta ganti terus. Bener2 cuma enak untuk duduk n pegang setirnya. Tapi seating position kurang turun buat saya, padahal udah mentok sampe bawah, masih terlalu tinggi, membuat saya merasa kesempitan, claustrophobic. Kesan itu kurang enak buat saya. Parkir di grand indo n agak sempit(karena kiri kanan saya mobilnya alphard), jadi susah keluar dari mobil.
Suara mesin yang masuk ke kabin setelah 3500rpm, terlalu kasar, peredamannya dikurangi rasanya, dulu juga pernah nyetir yang city i-dsi lama. Koq heningan yang dulu? Ini kasar n getarannya agak berasa.
Pulang saya coba lagi bawa ke sudirman, max lari cuma 120 aja, tapi ya, tenaganya ga special. Saya pikir, koq 120HP ya serasa biasa aja? Kenceng banget ya ga, pelan ya ga, jadi biasa gitu. Tidak instant. Tapi transmisi, saya ancungkan jempol, karena paddle shift membantu engine brake sangat baik n pengoperan relatif cepat(jeda 1 detik).
Verdict:
+:
-Transmisi
-Driving position
-Model(depan)
-Handling
-:
-Kurang rendah seating position, jadi berasa sempit
-Suara mesin agak kasar di atas 3500rpm
-Mesin biasa aja, ga kenceng2 banget
-Akses keluar masuk, agak sulit
-Model belakang aneh
-Harga pastinya
-Comfort kurang(buat apa yah di kasih reclining seat kalo kurang comfort, cenderung stiff n keras)
Saya menyatakan, bahwa tidak worth untuk membeli mobil ini, mengingat harga 260juta, tapi kualitas n feel yang di kasih dari honda, sudah sirna. Kualitas kabin n peredaman tidak dipertahankan. Suara mesin koq malah jadi kasar n ride quality terlalu condong sporty, yang membuat saya bingung, mengapa dikasih reclining seat kalau memang mobilnya buat di setir sendiri? Mesin juga biasa, tapi termasuk OK. Transmisi membuat saya terpesona. Model depan selayaknya sedan, hanya belakang aneh.
Saya disini cuma kasih masukkan n opini saya terhadap mobil ini. Tidak compare dengan mobil rival lainnya.
IMHO
Terima kasih.
