kode ban
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 71
- Joined: Sat Jan 29, 2005 15:41
- Location: jakarta
kode ban
salam kenal sebelumnya buat senior2 semua..
sy mau tanya ttg kode ban.. gimana cara bacanya?
trus untuk menyesuaikan antara lebar ban dg lebar pelek.. biar cocok gimana? maksud sy batasan2 nya..
thx b4
sy mau tanya ttg kode ban.. gimana cara bacanya?
trus untuk menyesuaikan antara lebar ban dg lebar pelek.. biar cocok gimana? maksud sy batasan2 nya..
thx b4
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Sun Jan 23, 2005 8:51
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
saya coba jawab ya bung Boomz dgn bahasa awam ya...tapi kalo ada yang salah mohon rekan2 yang lebih pintar bisa memperbaikinya....CMIIW
Kode dari ban itu ada perhitungannya: misalkan: 185/60 VR14
185 adalah lebar dari ban.
60 (=o,6)adalah ratio dari perbandingan antara tinggi ban (tinggi ban ini adalah bagian ban yang menempel pada bagian luar velg sampai bagian ban yang menginjak tanah) dgn lebar tapak ban
Jadi kalo dilihat dari 186/60 VR14 berarti tinggi bannya adalah 111 , dihitung dari ( tinggi ban / lebar ban = aspect ratio)
Makin tinggi aspect ratio, berarti ban itu akan makin empuk ,dan kerja shockbreker akan lebih ringan, karena dibantu dgn daya redam itu sendiri.
Makin kecil aspect ratio, kerja shockbreker makin berat.
Contoh umum ya biasanya mobil yang diceperin sudah tentu aspect rationya kecil, karena tinggi bannya sangat minim sekali. dan kalo mobilnya juga bisa ajrut ajrutan kalo lagi kena jalan gak rata......he...he......he....
kalo VR14 ,
> VR menandakan kode kecepatan. Maksudnya kecepatan maksimal yang boleh diterapkanb pada ban itu, kalo melebihi batas kecepatan tertentu sudah berbahaya.
Kode ini ada macam tergantung dari jeni bannya. misalkan SR (semi radial) dll, masing2 ada batasan kecepatannya.
> 14 adalah ukuran dari ban itu diukur dari titik pusat dari ban itu sampe bagian terdalam dari ban itu.
untuk ukuran velg dan ban harus sama, misalkan velg 14 harus pake ban yang 14 juga. dan lebar tapaknya juga disesuai kan dgn lebar tapak ban.
Dgn kalo lebar ban melebihi lebar velg akan berbahaya pada saat kecepatan tinggi dan belokan, ban bisa sampe lepas dari velgnya.he...he..he...
Kode dari ban itu ada perhitungannya: misalkan: 185/60 VR14
185 adalah lebar dari ban.
60 (=o,6)adalah ratio dari perbandingan antara tinggi ban (tinggi ban ini adalah bagian ban yang menempel pada bagian luar velg sampai bagian ban yang menginjak tanah) dgn lebar tapak ban
Jadi kalo dilihat dari 186/60 VR14 berarti tinggi bannya adalah 111 , dihitung dari ( tinggi ban / lebar ban = aspect ratio)
Makin tinggi aspect ratio, berarti ban itu akan makin empuk ,dan kerja shockbreker akan lebih ringan, karena dibantu dgn daya redam itu sendiri.
Makin kecil aspect ratio, kerja shockbreker makin berat.
Contoh umum ya biasanya mobil yang diceperin sudah tentu aspect rationya kecil, karena tinggi bannya sangat minim sekali. dan kalo mobilnya juga bisa ajrut ajrutan kalo lagi kena jalan gak rata......he...he......he....
kalo VR14 ,
> VR menandakan kode kecepatan. Maksudnya kecepatan maksimal yang boleh diterapkanb pada ban itu, kalo melebihi batas kecepatan tertentu sudah berbahaya.
Kode ini ada macam tergantung dari jeni bannya. misalkan SR (semi radial) dll, masing2 ada batasan kecepatannya.
> 14 adalah ukuran dari ban itu diukur dari titik pusat dari ban itu sampe bagian terdalam dari ban itu.
untuk ukuran velg dan ban harus sama, misalkan velg 14 harus pake ban yang 14 juga. dan lebar tapaknya juga disesuai kan dgn lebar tapak ban.
Dgn kalo lebar ban melebihi lebar velg akan berbahaya pada saat kecepatan tinggi dan belokan, ban bisa sampe lepas dari velgnya.he...he..he...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 71
- Joined: Sat Jan 29, 2005 15:41
- Location: jakarta
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
kalo dari ganti velg 18" ke 17" , tentu harus diikuti dgn penggantian ban yang 17". dgn penggantian velg ke lebih kecil otomatis memperbesar tingginya ban(tinggi ban adalah jarak dari bagian velg terluar yg menempel dgn ban ke bagian terluar dari ban yang menempel dgn tanah)
Dgn catatan ban yg kamu ganti tetap besar, maksud saya tetap mempertahankan jarak dari bagian terluar ban ke bagian bumper/bodi mobil, seperti sebelum kamu ganti velg dan ban).
Dengan bertambahnya tinggi ban otomatis mobilnya jadi empuk, dan kerja shockbreker lebih ringan karena dibantu dgn daya redam dari ban.
Satu hal lagi positif lagi yaitu bila kamu memilih ban dgn tapak yang lebih kecil, akan memperingan kerja stir kamu jadi lebih ringan.
Dgn catatan ban yg kamu ganti tetap besar, maksud saya tetap mempertahankan jarak dari bagian terluar ban ke bagian bumper/bodi mobil, seperti sebelum kamu ganti velg dan ban).
Dengan bertambahnya tinggi ban otomatis mobilnya jadi empuk, dan kerja shockbreker lebih ringan karena dibantu dgn daya redam dari ban.
Satu hal lagi positif lagi yaitu bila kamu memilih ban dgn tapak yang lebih kecil, akan memperingan kerja stir kamu jadi lebih ringan.
kalo ada yang salah mohon dibetulkan rekan2 yang lain... thanks jugaBoomz wrote: thx ya maaf kalo bnyk nanya macam2
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2396
- Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
- Location: Jakarta and Bandung
Wah, emangnyanya cara penulisannya gitu ya?? Saya ambil contoh dari ban aerio saya.. 195/55 R15 82V.. Semuanya sesuai sama yang dibilang bung handling..Tapi batas kecepatan ditulisnya di belakang..handling wrote: kalo VR14 ,
> VR menandakan kode kecepatan. Maksudnya kecepatan maksimal yang boleh diterapkanb pada ban itu, kalo melebihi batas kecepatan tertentu sudah berbahaya.
Kode ini ada macam tergantung dari jeni bannya. misalkan SR (semi radial) dll, masing2 ada batasan kecepatannya.
> 14 adalah ukuran dari ban itu diukur dari titik pusat dari ban itu sampe bagian terdalam dari ban itu.
...
Dari petunjuk yang saya baca V itu batasnya sampai 240km/jam..CMIIW
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 71
- Joined: Sat Jan 29, 2005 15:41
- Location: jakarta
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 421
- Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
- Location: Jakarta
Saya setuju sama bung Boomz. Tapi, thanks juga buat bantuannya bro Handling.
Kalau untuk aplikasi ke motor, memang ada sedikit beda. Dalam beberapa hal, ban yang berbeda sedikit dari velg yang direkomendasikan mungkin masih bisa muat, walaupun nggak bisa banyak2 (IMO, paling banter juga 10 mm, dan inipun saya pernah coba pakai motor besar) dan akan berpengaruh pada handlingnya. Dengan ban yang tapaknya lebih kecil, tentu saja motor akan belok lebih cepat. Nanti kalau saya pas nganggur, kalau misalnya ada yang mau, saya bisa coba gambar pakai Paint.
Terus, yang paling nyata, diameter pasti harus sama, velg 17 inch harus dipasangin ban 17inch (like, d'oh).
Tapi, kalau saya boleh tahu, bro Boomz ini rencananya mau ngapain? Mungkin kalau lebih spesifik jawabnya juga bisa lebih spesifik.
Kalau untuk aplikasi ke motor, memang ada sedikit beda. Dalam beberapa hal, ban yang berbeda sedikit dari velg yang direkomendasikan mungkin masih bisa muat, walaupun nggak bisa banyak2 (IMO, paling banter juga 10 mm, dan inipun saya pernah coba pakai motor besar) dan akan berpengaruh pada handlingnya. Dengan ban yang tapaknya lebih kecil, tentu saja motor akan belok lebih cepat. Nanti kalau saya pas nganggur, kalau misalnya ada yang mau, saya bisa coba gambar pakai Paint.
Terus, yang paling nyata, diameter pasti harus sama, velg 17 inch harus dipasangin ban 17inch (like, d'oh).
Tapi, kalau saya boleh tahu, bro Boomz ini rencananya mau ngapain? Mungkin kalau lebih spesifik jawabnya juga bisa lebih spesifik.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
> Bung Boomz, sorry saya terpengarug dgn topik yang di "Recent Topic", saya langsung masuk dan tidak melihat topik itu ada di foruym sepeda motor. Sampe bung boomz kasih tahu baru saya sadar.....Kalo tidak saya masih kirain bung boomz tanya ttg ban mobil....ya jelas berbeda jawabannya.... so ...sorry aja....
> Bung Crash terima kasih untuk membantu menjawab pertanyaan bung boomz yang tentu lebih pintar dalam hal motor...ha....ha...ha....
> Bung Crash terima kasih untuk membantu menjawab pertanyaan bung boomz yang tentu lebih pintar dalam hal motor...ha....ha...ha....

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 71
- Joined: Sat Jan 29, 2005 15:41
- Location: jakarta
hahahah keasikan ngobrol sana sini lupa deh.
ini teman saya pernah nanya2.. ya semacam tukar pikiran. dia mau ganti ban+velg motornya..
katanya ukuran standar motornya serasa terlalu kecil.. kurang mantap. dia mau lebih lebar.
trus kalo lihat motor2 yg di modif.. kan kebanyakan pakai yg 17" gitu lohh
ini teman saya pernah nanya2.. ya semacam tukar pikiran. dia mau ganti ban+velg motornya..
katanya ukuran standar motornya serasa terlalu kecil.. kurang mantap. dia mau lebih lebar.
trus kalo lihat motor2 yg di modif.. kan kebanyakan pakai yg 17" gitu lohh
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 421
- Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
- Location: Jakarta
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Wed Feb 02, 2005 1:04
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 421
- Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
- Location: Jakarta
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Wed Feb 02, 2005 1:04
Sorry, salah bukan 39 S tapi 38S, seperti yg saya dpt dr bbrp website :
Karisma X 125 D
Ukuran ban depan 2,50 - 17 38L
Ukuran ban belakang 2,75 - 17 41P
JUPITER Z Cast Wheel
Ukuran ban depan 70/90-17-44 P
Ukuran ban belakang 80/90-17-38 P
Suzuki Satria F150
Ukuran Roda Depan : 70/90 - 17 38S
Ukuran Roda Belakang : 80/90 - 17 44S
Segitu dulu, thx.
Karisma X 125 D
Ukuran ban depan 2,50 - 17 38L
Ukuran ban belakang 2,75 - 17 41P
JUPITER Z Cast Wheel
Ukuran ban depan 70/90-17-44 P
Ukuran ban belakang 80/90-17-38 P
Suzuki Satria F150
Ukuran Roda Depan : 70/90 - 17 38S
Ukuran Roda Belakang : 80/90 - 17 44S
Segitu dulu, thx.