Diambil dari http://astaga.com/finance/article.php?id=92253&cat=361
Daihatsu Akan Luncurkan Sedan Mini
02 Dec 2004 10:20 WIB
Astaga!Finance - Setelah lama tidak mengeluarkan jenis sedan mini baru, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) akhirnya memutuskan untuk kembali memasuki pasar otomotif tersebut. Paling sedikit dua model sedan mini baru sedang dipersiapkan ADM.
Menurut Head of National Sales ADM, Ronny Ramli di Jakarta, kemarin (02/12), pertimbangan untuk kembali memasuki pasar sedan karena pertumbuhannya yang cukup signifikan. Diperkirakan 2005 mendatang penjualan sedan bakal tumbuh 20%.
Pada 1996 lalu, perusahaan yang dibawah Grup Astra International ini memutuskan untuk menghentikan memasarkan sedan mini menyusul lesunya pasar otomotif jenis tersebut. Jenis sedan mini yang terakhir kali dipasarkan ADM adalah Daihatsu Classy.
Tahun depan rencananya selain akan mengeluarkan Daihatsu Boon dan Copen, ADM juga sedang mempertimbangkan memasarkan jenis sedan mini lainnya. Setidaknya ada tiga model yang sedang dipertimbangkan untuk dilepar ke pasar dalam negeri, yakni Daihatsu Mira, Daihatsu Move, dan Daihatsu Coure.
Dijelaskan lebih jauh, kebijakan perseroan memasarkan Daihatsu Boon adalah dimaksudkan untuk membendung dominasi Honda Jazz di pasar domestik yang rata-rata per bulan terjual 1.900 unit.
Toyota Passo dari IU seharga Rp 210 juta tentu saja terlalu mahal! Tapi Toyota Passo kan sama persis dengan Daihatsu Boon (think Avanza/Xenia), dan Daihatsu akan menjual Boon ini, what's the point of buying a Passo??conan wrote:Aku sangat yakin Astra tidak akan meluncurkan Passo atau city car Toyota lainnya disini (politik Astra dari dulu, lihat saja dengan adanya Innova kita tidak akan pernah diberi Wish atau [cencored]), dan bukan karena Passo akan 'menghajar' Avanza, tapi sepertinya justru Passo yang akan 'dihajar' Avanza. Tapi kalau jenis supermini, bukan tidak mungkin Toyota meluncurkan Vitz/Echo baru untuk merebut pasar Honda Jazz.
Tapi, Daihatsu yang spesialis compact car sangat mungkin meluncurkan lebih dari satu city car. Dengan itu Daihatsu memiliki potensi untuk menggeser Suzuki yang terlalu 'milking' Karimun tanpa ada gelagat mempersiapkan Wagon R baru sebagai penggantinya.
Boon (dikenal sebagai Sirion di Eropa) ada versi yang menggunakan mesin K3-VE 1300cc VVT-i 16 valve, 90 HP yang sama persis dengan yang digunakan Avanza AT. (Mesin i-Dsi Honda Jazz hanya 8 valve)
Tuas transmisinya di sebelah stir, sehingga membebaskan ruang tengah antara dua penumpang depan. Untuk mobil yang lebih besar sebenarnya aku tidak suka posisi ini, tapi kalau untuk city car yang dalamnya kecil, hal ini tentu sangat membantu dalam meningkatkan rasa lega.
Radius putarnya pun hanya 4.3 meter, bandingkan dengan Honda Jazz yang 4.7 meter.
Berbicara design, menurutku walaupun tidak se-flashy YRV, tapi garis2 design Boon ini simpel dan sangat space-efficient. Very classy for a Daihatsu, apalagi dibanding Ceria.
Here are the pics :
