minta saran tentang koil nih....
Boil gua Aerio Manual Maret 2003, pake Koil 2 biji, 1 koil supply 2 busi dan dah ga pake distributor...
Ceritanya mesin kadang det - det - det gitu, kalo kap mesin dibuka seperti terdengar seperti loncatan listrik....
Di cek di bengkel ternyata ada 1 koil yang bocor, letaknya tepat di bawah koil tertutup ama Cop busi.... begitu Cop busi dilepas dari koil kliatan insulatornya ada crack tipis ama ada yang lubang segede jarum.....
Akhirnya solusi sementara ditambal pake lem alteko, terus disudut2 pake rokok ama montirnya

Dipasang dah tokcer, udah dipake 4 hari ini ga ada masalah sama sekali.
Cuman ama montirnya dibilang siap2 aja nabung duit buat beli koil, soalnya bisa jadi umur koilnya tahan tahunan tapi bisa aja bocor lagi.....
Nah ternyata koil Aerio satu bijinya sekitar 950rb-an
Trus juga udah tau kalo APV punya koil juga langsung plek ke Aerio.... harga sebijinya 450rb-an
Nah bingungnya :
1. Koil tetep gua biarin seperti sekarang....
2. Tambalannya ditambahin lagi/ diperkuat, cuman bingung mo ditambal pake apa karena letak koilnya di atas cover head jadi panas, sempet kepikir pasta untuk seal radiator ato kalo ga pasta untuk gasket knalpot.... ato ada masukan lainnya ?
3. Ganti koil Aerio satu biji
4. Ganti koil APV satu biji, jadi berpasangan belang ama koil Aerio
5. Ganti koil APV dua biji
6. Ganti dua koil Aerio dengan Koil aftermarket, cuman bingung koil aftermarket apa yang bisa masuk dengan kualitas ga gampang rusak/ga rewel/harga ga terlalu jauh dengan harga koil aerio...
7. mungkin ada masukan lainnya.....
O ya semuanya budget consideration.....

Pinginnya sih kalo bisa point no 1 ato 2..... cuman ga tau apa efeknya...
Trus kalo misal mesti harus keluarin duit beli koil, pinginnya sih yang value for money.... tanpa mengabaikan kenyamanan ama keawetan mesin...
Mohon pendapat dan masukan rekan2 sekalian, efek2 positif / negatifnya.....
regards,
singachu