nathaniel wrote:Namanya bener kok bro Okta....
klo boleh tau di halaman berapa ya?
maklum inet nya lemot. jadi lama buka nya...hahahaha
waduh klo nanya halaman ane juga lupa hehehehe...
tapi nanti aku bantuin nyari deh. kurang lebih seperti ini deh ..... (kutipan dari beberapa postingan)
pertama tama Nyalakan mesin dan perhatikan panel indikator. Ada tiga indikator yg paling penting.
1. Indikator tekanan oli, ada di pojok kiri bawah. Range dari 0 sampe 500 kpa (maks). Yg dicari adalah : sekitar 5 menit pertama setelah mesin nyala, jarum harus mendekati 500 kpa (maks). Semakin mentok semakin bagus. Tapi RPM harus stabil di 900. Ini beda nya ama sebagian mobil lain. Mobil lain, ada choke otomatis, awal2 mesin nyala, RPM naik diatas 1000, lama2 baru turun lagi. Di blazer, RPM tetap 900 tapi tekanan olie maks di 500 kpa. Setelah 5 menit an, tekanan oli perlahan2 turun ke 250 (tegak lurus arah jam 12), tapi kalo pedal gas ditekan, jarum melejit ke 500 kpa, dan mulai saat ini jarum bergerak berdasarkan RPM dgn batas minimum 250 kpa.
2. Indikator tegangan listrik (voltmeter), ada di pojok kanan bawah.
Yg dicari adalah tegangan yg stabil di 14v lewat dikit (jarum tegak lurus jam 12, miring dikit kekanan tapi masih nempel di strip angka 14). Nyalakan semua lampu, audio, AC dll, jarum harus diam tidak bergerak. Hindari mobil yg jarum voltmeternya tidak diam.
3. Indikator temperatur, ada di KIRI atas. Blazer yg dicari adalah blazer yg jarum indikator nya naik pelan2 dari 0 ke 102 derajat butuh waktu sekitar 10-15 menit. Kemudian xtra fan nyala, sekitar 2-3 menit jarum harus turun ke 80. Nyalakan AC, dalam kondisi idle jarum harus stabil di 80 (jika AC nyala). (Asumsi system pendingin masih original, belum di modif).
No. 1-3 sangat penting...
Kemudian :
4. Turun dari kabin, dengarkan suara mesin. Suara mesin saat fan mati, harus halus, sehalus mobil sedan 1500 CC. Jgn lupa periksa kekentalan oli. Jangan2 mesin halus karena pake oli gardan.
5. Test jalan dan rasakan apakah ada body getar dari rpm 0 sampe rpm atas. Hindari body yg selalu geter di rpm OR kmh tertentu.
6. Pindah dan jongkok ke dekat ban belakang kiri. Dengerkan suara fuel pump, hindari mobil yg suara fuel pump nya terdenger seperti lebah. Karena itu ciri fuel pump mau "lewat/Rusak/bronjol/koil dan lain lain".
7. Test jalan buat mengetest fungsi Rem ABS dan fungsi Active Safety Belt nya. Apakah bekerja optimal atau nggak.
Selain yg 7 itu, test nya sama aja dgn mobil2 lain. Periksa AC, kaki2, setir, dll.
kurang lebih seperti itu lah om .....hehehe, mungkin nanti ada bro2 yang lain mau nambahin, tunggu aja rada siang an ....
untuk masalah variasi,
bisa juga disini, biasanya ada kawan2 yang mau jual2 barang ,atau bisa pantau deh (joint deh) ke
[email protected] , banyak yang bisa ditanyakan dan banyak kawan2 juga para pecinta kebo disana....
klo bisa ikutan gabung di BIC (Blazer Indonesia Club)
KOMPOOOOOOOOOOR MleDuuuuuuuukkkk.....!!!!!!!!
