Terus waktu beli Odyssey ini, juga waktu masih permintaan akan Odyssey masih kencang di Jepang, jadi dari sononya pasti discountnya gak begitu besar karena barang baru (mereka import ini mobil sudah setahun yang lalu, dan mereka gak berani lempar ini barang ke luar karena barang IU masih banyak banget). Coba deh hitung cost Honda plus bunga satu tahun
Jadi kalau hitung-hitungan jangka pendek, itu pricing Odyssey memang sudah benar.
Lain lagi ceritanya, kalau misal HPM mau CKD itu mobil, pricingnya tidak boleh setinggi itu, harus mempertimbangkan harga di masa yang akan datang jika tidak ingin yang beli sekarang kecewa. Kalau begitu rencananya Honda harus berani jual mobil ini lebih murah, bila mana perlu harus berani rugi dulu sekarang
Untuk perusahaan yang sebesar HPM, mereka tidak akan berani melakukan cara-cara kotor, seperti misalnya ngaku barang itu barang dari Asean (maksudnya melakukan trik importasinya dari Jepang masuk ke salah satu negara Asean dulu, Thailand contohnya baru kemudian masuk ke Indo). Kalau mereka berani, yang marah pertama kali pasti ATPM yang sudah invest pabrik.
Menurut saya langkah yang diambil HPM sudah tepat, ketimbang misalnya mereka mau jual murah, terus copotin dikit itu mobil dan lalu ngaku itu mobil CKD, yang ini akan lebih parah bagi industri otomotif nasional karena tidak fair dan merugikan negara.
Herry wrote:Namanya juga ATPM apalagi ATMP HPM, udah terkenal serakahnya. Maonya kasih fitur seminim mungkin dgn harga selangit. Liat aja kasus Honda City DS-i saat pertama kali keluar nyaris tidak ada fitur yg berarti, stlh vios merajai baru dikeluarkan city vtec dgn power lebih besar, airbag, abs dgn harga yg tidak terpaut jauh dgn city ds-i. Kasus lain crv, mesin 2.0 L dijual dgn LEBIH MAHAL dari x-trail 2.5 L Malah nurut gue fitur x trail lebih bagus dgn tenaga yg lebih besar dr crv. Maybe kudu dikeluarin saingan oddisey, baru harganya bisa lebih masuk akal.Handy wrote:Knapa ya kendaraan yg masuk lewat ATPM selalu dikurangi fiturnya. Seperti airbag yg pada mobil type sama yg beredar di luar jumlahnya banyak, tapi ketika dijual di INDO airbagnya paling 2 utk penumpang dpn aja. Padahal penumpang belakang juga perlu utk safety pada saat kecelakaan.<br/><br/><br/><i>.osted via WAP:.</i>
Maaf OOT dikit, tapi kesimpulannya ATPM (HPM) adalah SUPER SERAKAH