Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT
itu dari si taras domisili di northamerica, admin nya newgv.net....
bukan dari aku pak Uwo...
barang2 suzukisportnya aujubile mahal nya...
coverpintublakang+bumper+muffler = hampir 50jtan..blm ongkir...hiahiahiahahahhaaa
bukan dari aku pak Uwo...
barang2 suzukisportnya aujubile mahal nya...
coverpintublakang+bumper+muffler = hampir 50jtan..blm ongkir...hiahiahiahahahhaaa
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT
piterr wrote:ada laaah..... ya di amrik itu hehehehehe......
banyak lagi packet turbo buat J20A, mesin enak buat dikulik sih.....
setauku blm ada paket force induction buat J20a yg bolt on--CMIIW..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT
bukannya mesin J20A banyak dipake suzuki di mesin lain? rumah performa di amrik kayaknya banyak yang bikin deh..... hehehehehe
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT
setauku iya banyak bos, tp yg bolt on, gak tau deh...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT
sundul sundul
sepertinya Sultan HB,menjadi pemilik GV 2.4 yg pertama...
Jumat, 6/3/2009 | 17:59 WIB
Sekalipun baru dipasarkan April mendatang, pihak PT Suzuki Indomobil Motor (SIM), selaku ATPM Suzuki mobil merasa yakin kalau Grand Vitara 2.4 mampu bersaing dengan kompetitornya, baik dari brand Amerika maupun Jepang yang sudah lebih dulu melenggang di pasar tanah air. Keyakinan SIM karena didukung keunggulan SUV baru mereka yang tidak dipunyai pesaingnya.
Kendati dari sisi eksterior, Grand Vitara 2.4L ini merupakan minor change dari model sebelumnya yang 2.0L. Sehingga tak ada perbedaan mencolok, meski tampilan gril dan bumper depan sudah lebih sporty. Perubahan lain, melipat kaca spion yang sudah dilengkapi sein, dilakukan secara elektronik.
Lampu utama menggunakan HID (high intensity discharge) projector yang dilengkapi fitur auto leveling dan auto headlamps. Jadi, posisi lampu akan mengatur secara otomatis ketika terjadi perubahan pada bodi (karena membawa penumpang atau beban). Trus, lampu akan menyala dengan sendirinya saat pencahayaan di luar mulai berkurang (sedikit gelap). Ini keunggulan dari Grand Vitara 2.4L yang tak dipunyai kompetitornya.
LEBIH IRIT DAN RIGIT
Untuk mesin, adanya peningkatan kapasitas dari 2.000 cc, secara logika, seharusnya dengan 2.400 cc pasti lebih boros. Ketika Kompas.com melakukan test drive dengan rute Yogyakarta-Salatiga-Semarang melewati kawasan wisata nasional Gunung Merapi, Jawa Tengah yang sarat tanjakan dan belokan, konsumsinya 11,8 km/liter.
Sementara ATPM mengklaim 12,6 km untuk transmisi manual, lebih jauh 3,6 km dibanding dapur pacu 2.000 cc untuk 1 liter (transmisi manual). Lebih iritnya mesin 2.400 cc 16V 4-inline ini, menurut Bebin Djuana didukung manajemen engine. â€ÂJadi, mesin ini memang dibikin untuk Grand Vitara 2.4. Di Jepangnya sendiri baru dilaunching sekitar 10 bulan yang lalu,†tegas Deputy GM Marketing 4W Brand II PT SIM itu.
Manajemen mesin yang dimaksud, menurut Bebin di antaranya program ECU (engine control unit) dan VVT (variable valve timing). Teknologi terakhir ini yang mengatur buka-tutup katup sesuai dengan kondisi kerja mesin. Dengan begitu, kerja mesin menjadi lebih efisien.
Yang menjadi tanda tanya, kenapa Vitara baru ini memakai mesin inline? Kok, bukannya V6 yang vibrasinya lebih halus dari mesin inline. Namun dari bobot, inline lebih ringan. Dan pertimbangan Grand Vitara pakai mesin inline, menurut Bebin untuk menekan biaya produksi. Untuk mengurangi getaran pada inline sudah dikasih balancer shaft.
Selain mesin, pada bagian kaki-kaki juga mendapat penyempurnaan. Paling nyata, pemakaian velg yang lebih besar dari R17 menjadi R18. Untuk sistem suspensi, â€ÂSecara teknis, sistemnya tidak berubah. Hanya pada desain ulir (coil spring) dan sokbrekernya. Lalu, pada dudukan gardan belakang pakai braket hidraulis dan yang depan lebih diperkuat (reinforced). â€ÂSehingga mobil menjadi lebih rigit di tikungan,†bilang Bebin.
Masih dari kaki-kaki, untuk sistem penghenti laju, keempat roda sudah dilengkapi disc brake 4 ventilasi ditambah ABS, EDB dan BA.
Untuk interior hampir tak ada beda sama pendahulunya. Kecuali Multi Information Display (MID) menyatu dengan isntrumen indikator. Sementara jam yang sebelumnya berada di tengah dipindahkan ke head unit.
sepertinya Sultan HB,menjadi pemilik GV 2.4 yg pertama...
Jumat, 6/3/2009 | 17:59 WIB
Sekalipun baru dipasarkan April mendatang, pihak PT Suzuki Indomobil Motor (SIM), selaku ATPM Suzuki mobil merasa yakin kalau Grand Vitara 2.4 mampu bersaing dengan kompetitornya, baik dari brand Amerika maupun Jepang yang sudah lebih dulu melenggang di pasar tanah air. Keyakinan SIM karena didukung keunggulan SUV baru mereka yang tidak dipunyai pesaingnya.
Kendati dari sisi eksterior, Grand Vitara 2.4L ini merupakan minor change dari model sebelumnya yang 2.0L. Sehingga tak ada perbedaan mencolok, meski tampilan gril dan bumper depan sudah lebih sporty. Perubahan lain, melipat kaca spion yang sudah dilengkapi sein, dilakukan secara elektronik.
Lampu utama menggunakan HID (high intensity discharge) projector yang dilengkapi fitur auto leveling dan auto headlamps. Jadi, posisi lampu akan mengatur secara otomatis ketika terjadi perubahan pada bodi (karena membawa penumpang atau beban). Trus, lampu akan menyala dengan sendirinya saat pencahayaan di luar mulai berkurang (sedikit gelap). Ini keunggulan dari Grand Vitara 2.4L yang tak dipunyai kompetitornya.
LEBIH IRIT DAN RIGIT
Untuk mesin, adanya peningkatan kapasitas dari 2.000 cc, secara logika, seharusnya dengan 2.400 cc pasti lebih boros. Ketika Kompas.com melakukan test drive dengan rute Yogyakarta-Salatiga-Semarang melewati kawasan wisata nasional Gunung Merapi, Jawa Tengah yang sarat tanjakan dan belokan, konsumsinya 11,8 km/liter.
Sementara ATPM mengklaim 12,6 km untuk transmisi manual, lebih jauh 3,6 km dibanding dapur pacu 2.000 cc untuk 1 liter (transmisi manual). Lebih iritnya mesin 2.400 cc 16V 4-inline ini, menurut Bebin Djuana didukung manajemen engine. â€ÂJadi, mesin ini memang dibikin untuk Grand Vitara 2.4. Di Jepangnya sendiri baru dilaunching sekitar 10 bulan yang lalu,†tegas Deputy GM Marketing 4W Brand II PT SIM itu.
Manajemen mesin yang dimaksud, menurut Bebin di antaranya program ECU (engine control unit) dan VVT (variable valve timing). Teknologi terakhir ini yang mengatur buka-tutup katup sesuai dengan kondisi kerja mesin. Dengan begitu, kerja mesin menjadi lebih efisien.
Yang menjadi tanda tanya, kenapa Vitara baru ini memakai mesin inline? Kok, bukannya V6 yang vibrasinya lebih halus dari mesin inline. Namun dari bobot, inline lebih ringan. Dan pertimbangan Grand Vitara pakai mesin inline, menurut Bebin untuk menekan biaya produksi. Untuk mengurangi getaran pada inline sudah dikasih balancer shaft.
Selain mesin, pada bagian kaki-kaki juga mendapat penyempurnaan. Paling nyata, pemakaian velg yang lebih besar dari R17 menjadi R18. Untuk sistem suspensi, â€ÂSecara teknis, sistemnya tidak berubah. Hanya pada desain ulir (coil spring) dan sokbrekernya. Lalu, pada dudukan gardan belakang pakai braket hidraulis dan yang depan lebih diperkuat (reinforced). â€ÂSehingga mobil menjadi lebih rigit di tikungan,†bilang Bebin.
Masih dari kaki-kaki, untuk sistem penghenti laju, keempat roda sudah dilengkapi disc brake 4 ventilasi ditambah ABS, EDB dan BA.
Untuk interior hampir tak ada beda sama pendahulunya. Kecuali Multi Information Display (MID) menyatu dengan isntrumen indikator. Sementara jam yang sebelumnya berada di tengah dipindahkan ke head unit.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT
wan abu2, itu bener2 bumper standar buat GV 2.4???
Permisii .............................
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT
gak tau deh, karena kalo liat gbr ke 4 dan 5, beda ..
mnrt ku, yg 2 gbr terakhir yg tipe 2.4, pelek dah r18
yg utk sultan HB, sepertinya edisi khusus..cmiiw
mnrt ku, yg 2 gbr terakhir yg tipe 2.4, pelek dah r18
yg utk sultan HB, sepertinya edisi khusus..cmiiw
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT
hmm.. okok, tp good bgt yah, standarnya udah 18 inch..Abu2 wrote:gak tau deh, karena kalo liat gbr ke 4 dan 5, beda ..
mnrt ku, yg 2 gbr terakhir yg tipe 2.4, pelek dah r18
yg utk sultan HB, sepertinya edisi khusus..cmiiw
Permisii .............................
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT
harga di bwh 300 jt mudahan..
Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT
Sudah puas liat GV 2.4?
heheheheh
heheheheh
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT
belum....belum liat aslinya,
kalo udah liat dan TD aslinya.....baru puas...
kalo udah liat dan TD aslinya.....baru puas...
Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT
Oh ngono toh... heheheh...
Nanti d ya, ada giliran buat id-gv... heheheh...
Kapan kalo bawa, tak kasih coba d...
Nanti d ya, ada giliran buat id-gv... heheheh...
Kapan kalo bawa, tak kasih coba d...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT
naldo, itu bumper GV 2.4 yg buat sultan HB memang beda yah?
ato masih off ther record neh?
ato masih off ther record neh?
Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT
Itu bukan buat HB koq.
Dia test drive aja. Muter2 nyoba...
Bumper itu sample om...
Dia test drive aja. Muter2 nyoba...
Bumper itu sample om...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT
sample ? maksudnya?
dari suzy ato memang custom...
minta pic sample yg komplit dong, depan belakang kiri kanan...h.e.he.h.e.he
dari suzy ato memang custom...
minta pic sample yg komplit dong, depan belakang kiri kanan...h.e.he.h.e.he
Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT
Itu sample aja, belom buat apa2. Ya itu di detik kan dah liat. heheehe...
Mobil standarnya yang foto 4 n 5 yang polos, ga ada accesoris apa2.
Nyaris ga beda kan?
Mobil standarnya yang foto 4 n 5 yang polos, ga ada accesoris apa2.
Nyaris ga beda kan?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT
kondom bumper depannya keren...deflecta itam nya jg keren....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT
bang Naldo, itu kondom bumper depan yg warna item dan ada silver di tengahnya itu , copotin dong....copotin diem2, abis tu jual ke ane....he..h.e.h.eh.
Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT
Maen copotin aja, di gorok suzuki ntar... heheheh...
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT
asik juga tuh buat custom
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT
up dulu aahhhhhh, dah lama tenggeleam...
btw, tgl 25-26 April di Suzuki PIM ada acara test drive GV 2.4...terbuka untuk umum...
btw, tgl 25-26 April di Suzuki PIM ada acara test drive GV 2.4...terbuka untuk umum...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT
meskipun bukan paling aman.. tetapi atapnya GV masih bisa diterima....... tetap jangan dicoba untuk salto ya.... hehehee
Detroit - Lembaga Asuransi Keselamatan Jalan Raya punya Amrik sono menyebutkan bahwa empat dari 12 mini SUV teruji kehadandalannya ketika terjadi kecelakaan.
Atap mobil biasanya menjadi titik paling rawan ketika terjadi kecelakaan yang menyebabkan mobil harus terguling-guling.
Kecelakaan fatal seperti ini biasanya paling sering menyebabkan kematian penggunanya.
Seperti dikutip Reuters, Rabu (25/3/2009) keempat mini SUV yang menerima rating teratas dalam kategori "Baik" dari lembaga tersebut adalah, Volkswagen Tiguan, Subaru Forester, Honda Element and Jeep Patriot.
Ini merupakan kali pertama sebuah tim pengawas keselamatan yang dibiayai oleh perusahaan asuransi, merilis rating keamanan kendaraan berdasarkan sistem kekuatan atapnya.
Sedangkan Kia Sportage dan Hyundai Tucson, mendapatkan rating dalam kategori "Lemah".
"Setelah diuji, Kia Sportage memiliki atap paling lemah, sedangkan atap terkuat dimiliki oleh Volkswagen Tiguan," ujar juru bicara lembaga tersebut.
Di Amerika, lebih dari 10.000 orang pertahun terbunuh dalam kecelakaan yang mengakibatkan mobil terguling.
Lembaga tersebut mengatakan, masalahnya semakin buruk bagi yang sering
menggunakan SUV. Sekitar seperempat dari pengguna tewas dalam kecelakaan mini van dan mobil, yang sampai mengakibatkan terguling, tapi persentasinya meningkat hingga 59% untuk SUV.
Estimasinya, kecelakaan terguling menyumbang 3% saja dari kecelakaan kendaraan, tapi ketiga teratas penyebab kematian.
Badan Administrasi Keselamatan Lalu lintas Jalan Raya sejak tahun 2005
mengutarakan, kenaikan standar keselamatan dengan meningkatkan kekuatan atap pengemudi hingga 2.5 kali dari berat kendaraan tanpa mengubah bentuk atau menambah ukuran dari ukuran aslinya.
Tapi implementasi dari standarisasi tersebut, masih di bawah dari standar administrasi lembaga.
Pabrikan besar mendukung usulan adanya standarisasi secara bertahap, karena masih ada pertentangan.
Standar keselamatan saat ini, yang ditulis pada tahun 1973, menetapkan kekuatan-weight rationya 1,5 kali dan berat SUV dan truk pick up.
Untuk memenangkan rating kategori "Baik",lembaga asuransi tersebut mensyaratkan kendaraan untuk memiliki atap yang dapat menahan seorang empat kali dari kekuatan berat sebelum atap rusak dalam lima inci.
Lembaga tersebut memberikan penilaian, Suzuki Grand Vitara, Chevrolet Equinox, Pontiac [cencored], Toyota RAV4, Nissan Rogue, Mitsubishi Outlander pada kategori "Bisa diterima" sebagai mobil yang memiliki atap kuat.
Dan memberikan rating terpisah untuk Honda CR-V 7267.T dan Ford Escape, Mercury Mariner dan Mazda Tribute.
Untuk proyek selanjutnya, Lembaga tersebut menyatakan berencana untuk memberikan penilaian kekuatan atap pada kendaraan kecil dan menegah.
Detroit - Lembaga Asuransi Keselamatan Jalan Raya punya Amrik sono menyebutkan bahwa empat dari 12 mini SUV teruji kehadandalannya ketika terjadi kecelakaan.
Atap mobil biasanya menjadi titik paling rawan ketika terjadi kecelakaan yang menyebabkan mobil harus terguling-guling.
Kecelakaan fatal seperti ini biasanya paling sering menyebabkan kematian penggunanya.
Seperti dikutip Reuters, Rabu (25/3/2009) keempat mini SUV yang menerima rating teratas dalam kategori "Baik" dari lembaga tersebut adalah, Volkswagen Tiguan, Subaru Forester, Honda Element and Jeep Patriot.
Ini merupakan kali pertama sebuah tim pengawas keselamatan yang dibiayai oleh perusahaan asuransi, merilis rating keamanan kendaraan berdasarkan sistem kekuatan atapnya.
Sedangkan Kia Sportage dan Hyundai Tucson, mendapatkan rating dalam kategori "Lemah".
"Setelah diuji, Kia Sportage memiliki atap paling lemah, sedangkan atap terkuat dimiliki oleh Volkswagen Tiguan," ujar juru bicara lembaga tersebut.
Di Amerika, lebih dari 10.000 orang pertahun terbunuh dalam kecelakaan yang mengakibatkan mobil terguling.
Lembaga tersebut mengatakan, masalahnya semakin buruk bagi yang sering
menggunakan SUV. Sekitar seperempat dari pengguna tewas dalam kecelakaan mini van dan mobil, yang sampai mengakibatkan terguling, tapi persentasinya meningkat hingga 59% untuk SUV.
Estimasinya, kecelakaan terguling menyumbang 3% saja dari kecelakaan kendaraan, tapi ketiga teratas penyebab kematian.
Badan Administrasi Keselamatan Lalu lintas Jalan Raya sejak tahun 2005
mengutarakan, kenaikan standar keselamatan dengan meningkatkan kekuatan atap pengemudi hingga 2.5 kali dari berat kendaraan tanpa mengubah bentuk atau menambah ukuran dari ukuran aslinya.
Tapi implementasi dari standarisasi tersebut, masih di bawah dari standar administrasi lembaga.
Pabrikan besar mendukung usulan adanya standarisasi secara bertahap, karena masih ada pertentangan.
Standar keselamatan saat ini, yang ditulis pada tahun 1973, menetapkan kekuatan-weight rationya 1,5 kali dan berat SUV dan truk pick up.
Untuk memenangkan rating kategori "Baik",lembaga asuransi tersebut mensyaratkan kendaraan untuk memiliki atap yang dapat menahan seorang empat kali dari kekuatan berat sebelum atap rusak dalam lima inci.
Lembaga tersebut memberikan penilaian, Suzuki Grand Vitara, Chevrolet Equinox, Pontiac [cencored], Toyota RAV4, Nissan Rogue, Mitsubishi Outlander pada kategori "Bisa diterima" sebagai mobil yang memiliki atap kuat.
Dan memberikan rating terpisah untuk Honda CR-V 7267.T dan Ford Escape, Mercury Mariner dan Mazda Tribute.
Untuk proyek selanjutnya, Lembaga tersebut menyatakan berencana untuk memberikan penilaian kekuatan atap pada kendaraan kecil dan menegah.
Dari Solo ke Oslo
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Tue Aug 09, 2005 4:14
Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT
sekarang harga diatasa 300jt an...bener2 buat yg hoby aja deh kayanya...secara kelas diatas 300jt dah rame bgt...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT
GV 2.4 diskon 5 juta + bonus KF vkool minus yang depan...itu kata sales di diler suzuki fatmawati..
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: Suzuki Escudo/Grand Vitara refresh! 2.4L VVT dan 3.2L VVT
ialah... pasti desperado..lha wong salah strategi..... orang Suzuki saja bilang kalau sebaiknya luncurkan 2.0L tapi VVT dengan harga yang relatif sama... kalau menurut saya atau ya sebaiknya Jimny Wide... 1.3L... heheeeee... gak usah maksa 2.4L VVT tapi beda tipis tambahan lainnya...jalu wrote:GV 2.4 diskon 5 juta + bonus KF vkool minus yang depan...itu kata sales di diler suzuki fatmawati..
Dari Solo ke Oslo