BMW Seri 7 Baru di Launch di Indonesia

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: BMW Seri 7 Baru di Launch di Indonesia

Post by Risol1 »

rocks wrote:
FortunerMan wrote:
MitshuToyo wrote:Kalau gw sebenarnya justru heran kenapa di kita orang miara mobil sampai lewat masa ekonomisnya.. harga mobil baru jg cenderung overprice.. :big_smoking:
Bukan cenderung lagi bro...di Amerika uang 300-an juta udah dapet Audi A4, disini dapet...Corolla :P

Tapi org Indonesia mana mau kalah gaya...jadilah mobkas tua2 bangka pun dipelihara. Gak ada salahnya juga sih, secara labor cost buat bengkel di Indonesia juga murah. Lain cerita kalo di negara barat, contohnya Amerika...biasanya bengkel resmi chargenya sekitar $60 an hour, merek mahal lebih2 lagi.
Berarti kalau di sana, makin rewel mobil nya makin berlipat yah cost nya..
Better di indonesia lah...
makanya segala macam asuransi laku disono hehehe.....dalam hal ini: extended warranty services atau "asuransi kerusakan mobil" menjamur di sono :mrgreen: ......
User avatar
Satyabudi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Fri Jan 30, 2009 2:34

Re: BMW Seri 7 Baru di Launch di Indonesia

Post by Satyabudi »

Risol1 wrote: memang bisa jadi jg sih BMW/Benz sengaja bikin mobil yg kurang reliable, tapi kalo menurut saya lebih kepada:
pabrikan eropa biasanya sebagai pencetus teknologi baru, jadi teknologi2 baru biasanya langsung diaplikasi ke mobil2 produksi mereka (kadang2 sampe ke model terendah pun dipakein teknologi baru ini), jadi mungkin kurang waktu testing secara real di jalan raya, mungkin jg kurang penyempurnaan sana sini, dll.....
Sedangkan Kalo asia, teknologi2 baru lebih ditunda dulu sebentar mungkin buat extensive testing dsb (kecuali parallel parking nya Lexus LS :mrgreen: )....Produsen Asia lebih hati2 thd teknologi baru dan engga langsung diaplikasikan ke prod massalnya.

Contohnya: pabrikan eropa Fisker bulan Oct ini dah mao ngeluncurin "Fisker Karma": sport sedan hybrid "plug in" dengan max power >400 hp. 0-100kpj 5 detikan. batere pake lithium ion.
Sedangkan prius yg pengalaman hybridnya udah segudang (udah gen ke3) masih belum adopt "plug in" teknologi karena belum berani tanem lithium ion ke mobilnya dengan alesan belum terbukti reliable.

Jadi IMO kalo mao nyobain teknologi terkini, eropa jagonya.......tapi kalo mao yg reliable ambil asia.
Soalnya mobil2 eropa kalo diliat yg paling bermasalah itu cuma electricalnya sih, kalo engine/trans/bodi lumayan bisa bersaing sama jepang.
iyah... setuju bro :frm_salut:
FortunerMan

Re: BMW Seri 7 Baru di Launch di Indonesia

Post by FortunerMan »

Satyabudi wrote:
Risol1 wrote: memang bisa jadi jg sih BMW/Benz sengaja bikin mobil yg kurang reliable, tapi kalo menurut saya lebih kepada:
pabrikan eropa biasanya sebagai pencetus teknologi baru, jadi teknologi2 baru biasanya langsung diaplikasi ke mobil2 produksi mereka (kadang2 sampe ke model terendah pun dipakein teknologi baru ini), jadi mungkin kurang waktu testing secara real di jalan raya, mungkin jg kurang penyempurnaan sana sini, dll.....
Sedangkan Kalo asia, teknologi2 baru lebih ditunda dulu sebentar mungkin buat extensive testing dsb (kecuali parallel parking nya Lexus LS :mrgreen: )....Produsen Asia lebih hati2 thd teknologi baru dan engga langsung diaplikasikan ke prod massalnya.

Contohnya: pabrikan eropa Fisker bulan Oct ini dah mao ngeluncurin "Fisker Karma": sport sedan hybrid "plug in" dengan max power >400 hp. 0-100kpj 5 detikan. batere pake lithium ion.
Sedangkan prius yg pengalaman hybridnya udah segudang (udah gen ke3) masih belum adopt "plug in" teknologi karena belum berani tanem lithium ion ke mobilnya dengan alesan belum terbukti reliable.

Jadi IMO kalo mao nyobain teknologi terkini, eropa jagonya.......tapi kalo mao yg reliable ambil asia.
Soalnya mobil2 eropa kalo diliat yg paling bermasalah itu cuma electricalnya sih, kalo engine/trans/bodi lumayan bisa bersaing sama jepang.
iyah... setuju bro :frm_salut:
Iya...kembali lagi ke peruntukannya...buat yg mampu. Jadi kalo yg canggih2 rusak...mampu perbaikinya. Biarpun labor murah di Indonesia, spare partnya kan mahal juga.
Makanya enak jadi orang kaya...indahnya mobil Eropa bisa dinikmati dgn santai, tanpa deg2an takut mogok/overheating kalo macet hehe. Nenek2 juga tau ya enak jadi org kaya :p
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: BMW Seri 7 Baru di Launch di Indonesia

Post by roadtrain99 »

*imo* rasanya utk reliability dan safety msh bagus eropa.

mungkin ada yg pernah liat di discovery turbo, mercy e station wagon thn 90an, di pukul dengan baseball bat seluruh body, utk ngecek kalo ada karat sampe penyok.

Lalu di uji di circuit khusus utk ngetest reliability mobil mobil baru dari pabrik.
ada trek lurus, ada trek permukaan conblok yg sangat tidak rata namun mobil dibawa hi speed utk ngetest shock nya.
lalu di trek yg speed bump nya besar, jalannya yg bergelombang gelombang. Setelah semua itu kondisi masih ok.
Di test di tempat yg ada air sedalam kira2 hampir sepinggang, tempat khusus utk test mobil 4x4. akhirnya e wagon tsb mati, setelah terendam bebrp saat, beberapa elektrik masih fungsi. lalu ditarik keluar. Busi dikeringkan, cek sana sini, distarter beberapa kali, dan nyala hingga knalpot keluar air.

setelah itu di test yg parah, mobil tsb di gilas oleh big foot dari samping. seluruh kaca pecah, bagian tengah atap remuk. ban pecah. kaki2 ambles. SEtelha itu dicek kembali, beberapa electrik masih fungsi. distarter NYALA! Malah masih bisa jalan walaupun terseok seok.

kalo liat mobil2 sekarang2 rata2 kualitas nya ga sebaik dulu. liat liat hrg jglah.

tapi klo bicara rewel, bmw agak manja dibanding merc. dan yg baru2 mesinnya sensitif sekali.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: BMW Seri 7 Baru di Launch di Indonesia

Post by Risol1 »

^ Gak tau ya, mungkin arti "reliability" atau "durability" buat sebagian orang berbeda definisinya, tapi kalo buat saya reliability adalah daya tahan jangka panjang mobil secara keseluruhan (ya mesin dan trans, ya electrical, ya bodi, ya kaki2, ya fitur2, dsb) pada saat mobil tsb rata2 dipake secara wajar dengan perawatan yg wajar pula.
jadi bahasa kasarnya; di jangka panjang, kalo mobil cuma diisi bensin, ganti oli, dan service biasa berkala aja, lebih rewel mana antara jepang atau jerman?

Tapi memang kalo kualitas material mobil eropa biasanya lebih bagus daripada mobil asia.....bergantung kelasnya jg sih kalo lexus dibandingkan dengan Seat mungkin bagusan lexus jg.

IMO: Mobil eropa yg baru2 sebenernya masalah utamanya kebanyakan di elektrikalnya.....mungkin karena unsur teknologi pula seperti misalnya teknologi elektrikal tanpa kabel (atau sedikit kabel) yg menyebabkan elektrikalnya lebih ringkih, walaupun mungkin bukan karena teknologi barunya sih, tapi karena kurangnya penyempurnaan sebelum pengaplikasian teknologi baru tsb.
Jadi misalnya: satu mobil eropa yg engga bisa di stater atau lagi jalan tiba2 mati mesin, sekarang ini biasanya bukan salah mesinnya, tapi salah elektrikalnya (ECU yg memerintahkan supaya mesin tetep hidup gak berfungsi gitu)
FortunerMan

Re: BMW Seri 7 Baru di Launch di Indonesia

Post by FortunerMan »

Risol1 wrote:^ Gak tau ya, mungkin arti "reliability" atau "durability" buat sebagian orang berbeda definisinya
Artinya sudah jelas kok, cuman ada org yg ngerti artinya dan ada yang nggak ngerti :P

Anyway...Chris Bangle udah cabut, skrg si Hoydonk jadi Head of Design nya BMW....kira2 dibawa ke arah mana ya.
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: BMW Seri 7 Baru di Launch di Indonesia

Post by roadtrain99 »

yah kalo setau gw, durability kemampuan utk berdaya tahan lama. reliability seperti kemampuan utk tetap berfungsi dlm keadaan wajar atau tak terduga yg mungkin bs berulang2, atau ketahanan wkt di test... beda2 tipis lah.
di acara itu pun org british nya bicara reliability sewkt riding test lewat permukaan tidak rata. btw, e wagon yg ditest berumur hampir 2 dekade.

gw ga fanatik merk, namun sptnya utk dura/reliability tetep eropa, bahan materialnya lebih bagus. Bisa dilihat (jika dlm pemeliharaan yg sama/wajar) masih lebih byk tiger yg berseliweran ketimbang accord '82 di jkt.

rewel jepang atau eropa? sulit jg, liat2 merk. klo pemeliharaan apik, rasanya rata2 kuat eropa lah *imo*.
klo liat mobil2 yg skrg, bmw agak sensitif. mesin dibilas dikit, ga mau idup. alphard harrier, bahkan c class masih mau. tapi spt crv 2001, 1-2thn pakai, power window biasanya masalah...jadi relatif jg..

reliabilitas utk mobil2 skrg sulit dikira, ada mobil baru tp udah bermasalah. mungkin tetep eropa lah walaupun jepang udah sama canggih.

utk yg secara kasat mata, tebal body c class dgn acura legend yg sama2 mobil mewah, rasanya masih tebal c class. 318i m40, bodynya tebal, accord maestro aja ga setebal itu.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: BMW Seri 7 Baru di Launch di Indonesia

Post by Risol1 »

FortunerMan wrote:
Risol1 wrote:^ Gak tau ya, mungkin arti "reliability" atau "durability" buat sebagian orang berbeda definisinya
Artinya sudah jelas kok, cuman ada org yg ngerti artinya dan ada yang nggak ngerti :P

Anyway...Chris Bangle udah cabut, skrg si Hoydonk jadi Head of Design nya BMW....kira2 dibawa ke arah mana ya.
Kayaknya sih gak terlalu jauh beda dgn si Bangle karena si Hoydonk kan emang udah jadi anak buah Bangle sejak lama. :mrgreen: