Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
salam kenal semua, aku mo beli moped, tp bingung mo pilih apa yg bagus, aku ingin moped yg irit, lincah, trus powernya gede karna aku pulang malam, jd kalau tidak bisa kenceng takut juga rasanya,
ayo lah bro, sharing disini moped apa yg bagus, kalo bisa serta kelebihan dan kekurangannya.
satria wae mas,
kelebihan powEr gede,
kekurangan, boros,
atau pilih smash aja sama seperti punyaku, xi xi xi, kan ada tag-nya sigesit irit, lumayan irit kok 1:50, pemakaian biasa
tergantung budgetnya berapa? kalo mau irit dan lincah=powernya kecil. kalau mau lincah dan powernya besar=agak boros BBM. kalo sering pulang malem beli satria FU150 aja bro, gak terlalu boros kok. sebanding dengan tenaga dan teknologinya, secara sudah DOHC.
pikirin juga kemudahan perawatan dan harga sparepartnya bro.....
motor semua pasti didesain bgs....
tinggal berat ke apanya... Hrganya kah? aftersaleskah? Merknya? modelnya kah? powernya kah?
semua balik ke selera....
Pada mesin 4tak, dilengkapi perangkat camshaft yang berputar sekaligus menggerakkan katup buka tutup di silinder. jumlah cam berbeda-beda, tergantung konfigurasi mesin dan jumlah silindernya. adapun jenisnya adalah:
* OHV
berarti overhead valve. sebuah desain mesin dimana camshaft diletakkan di dalam blok mesin dan klepnya dioperasikan lewat lifter, pushrod dan rocker arm. mesin ohv disebut jg mesin pushrod. meskipun ohv terasa jadul, tapi terbilang sukses. mesin ohv biasanya cukup simpel, kompak dan terbukti sangat awet.
* SOHC
sistem rumit ini tentunya makin berkembang. mesin dengan satu camshaft, lazim disebut single overhead camshaft (sohc). di mesin dg konfigurasi sejajar atau inline, ada satu camshaft yg panjangnya disesuaikan cylinder bank. sedangkan di mesin V, tentunya ada 2 camshaft, satu cams di tiap cylinder bank. desain sohc punya kelebihan, yakni massa yg lebih sedikit daripada desain pushrod. selain itu, kecepatan mesin juga lebih tinggi, yg efeknya akan meningkatkan power dan torsi. cam sendiri menggerakkan katup langsung atau lewat rocker arm, yg terdiri dari beberapa part seperti tappets, pushrod panjang serta rocker arm, utk mentransfer gerakan cam ke katup/klep.
* DOHC
dual overhead camshaft (dohc), atau double overhead cam, atau twin cam punya lay out unik, dimana dua camshaft langsung diposisikan sejajar di cylinder head, tetapi cam ini langsung dipisah antara katup buang dan masuk. mesin DOHC bisa punya banyak cam, tergantung konfigurasinya. yang pasti, DOHC tidak dibutuhkan dalam multiple inlet atau exhaust valve, tapi lebih penting untuk dua katup langsung. jelasnya, tidak semua mesin DOHC merupakan mesin multivalve. DOHC sebelumnya hanya punya 2 katup per kepala silinder, tapi sekarang sudah berkembang sehingga DOHC pun sinonim dengan multivalve head, karena mesin-mesin modern tidak lagi satu atau dua katup saja, tapi bisa tiga hingga lima katup per silinder.
(dikutip dari TABLOID OTOMODIFY edisi 12 halaman 20).
maaf 1 minggu ini tugas keluar kota, sekalian nginep.
untuk motor-nya yg budgetnya di bawah 20jt aja, yg bebek aja, karena kalau memakai motor laki takut gak nyampai, badanku gak tinggi. soal boros atau tidak, tak jadi soal, yg penting enak diajak manuver, koplingan juga gak masalah,
KASIRIN wrote:maaf 1 minggu ini tugas keluar kota, sekalian nginep.
untuk motor-nya yg budgetnya di bawah 20jt aja, yg bebek aja, karena kalau memakai motor laki takut gak nyampai, badanku gak tinggi. soal boros atau tidak, tak jadi soal, yg penting enak diajak manuver, koplingan juga gak masalah,
Kalo ini sih, pastinya jawaban tinggal satu doank. Suzuki Satria FU150.