Pada saat mengganti ban battlax dan velg daytona pada tiger 2000, mengapa saya di anjurkan untuk ganti gear dan rantai yang lebih panjang...???,apakah tujuannya tsb...???
Trus apa ada masukan buat rantai dan gear yang bagus...???
Mohon masukan rekan²....
Mengapa Perlu ganti Gear & Rantai???
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 34
- Joined: Sat Jul 26, 2003 22:35
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 421
- Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
- Location: Jakarta
Ganti gir belakang dengan yang lebih besar berarti rasio gigi lebih pendek, sehingga tarikan juga menjadi lebih kuat.
Nah, apabila gir belakang dibesarkan, tentu saja rantai harus lebih panjang, apalagi kalau misalnya sudah nambah 2-3 gigi belakang.
Lalu, apakah kekurangan dengan mengganti gir belakang?
Pertama, spidometer akan ngaco. Spidometer akan menunjukkan kecepatan yang lebih tinggi dari yang sebenarnya.
Kedua, umumnya, top speed akan berkurang. Tentu saja ini dengan beberapa catatan. Kalau misalnya rasio gir terakhir terlalu berat atau hanya didesain untuk cruising, maka mengganti sproket belakang (gir belakang) akan membuat top speed lebih tinggi, karena beban mesin akan berkurang. Ingat, rasio semakin pendek berarti beban mesin semakin ringan.
Merek rantai dan gir..... Wah, kalau ini saya ngak tahu kalau buat Tiger 2000. Saya biasa pakai Renthal, dan saya selalu puas dengan kualitasnya.
Nah, apabila gir belakang dibesarkan, tentu saja rantai harus lebih panjang, apalagi kalau misalnya sudah nambah 2-3 gigi belakang.
Lalu, apakah kekurangan dengan mengganti gir belakang?
Pertama, spidometer akan ngaco. Spidometer akan menunjukkan kecepatan yang lebih tinggi dari yang sebenarnya.
Kedua, umumnya, top speed akan berkurang. Tentu saja ini dengan beberapa catatan. Kalau misalnya rasio gir terakhir terlalu berat atau hanya didesain untuk cruising, maka mengganti sproket belakang (gir belakang) akan membuat top speed lebih tinggi, karena beban mesin akan berkurang. Ingat, rasio semakin pendek berarti beban mesin semakin ringan.
Merek rantai dan gir..... Wah, kalau ini saya ngak tahu kalau buat Tiger 2000. Saya biasa pakai Renthal, dan saya selalu puas dengan kualitasnya.

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: Thu Nov 25, 2004 8:16
- Location: Jakarta
bukannya SPIDOmeter diukur dari putaran roda depan bro ? [pada kebanyakan motor]Crash wrote:
Lalu, apakah kekurangan dengan mengganti gir belakang?
Pertama, spidometer akan ngaco. Spidometer akan menunjukkan kecepatan yang lebih tinggi dari yang sebenarnya..
kalopun diukur dari roda belakang, tetap aja tidak diukur dari putaran gir ?!?

------------------------
i don't ride a fast bike
but i ride a bike fast
i don't ride a fast bike
but i ride a bike fast
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 421
- Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
- Location: Jakarta
Hmmm.... setahu saya sih biasanya Spidometer itu diukur dari kecepatan perputaran final gear (sprocket depan, yang kecil). Jadi, kalau gir dirubah, speedo juga jadi nggak akurat.yoonantz wrote:bukannya SPIDOmeter diukur dari putaran roda depan bro ? [pada kebanyakan motor]
kalopun diukur dari roda belakang, tetap aja tidak diukur dari putaran gir ?!?
Pengalaman saya tapi hanya dengan motor besar. Waktu itu saya menambah 2 gigi di gir belakang, dan hasilnya kecepatan tidak lagi akurat.
Mungkin kalau mau pastinya, kita ambil logikanya saja. Kan spido itu digerakkan secara mekanik, sehingga perlu ada penghubung. Jadi, kalau misalnya diukur dari ban depan atau belakang, harusnya sih kelihatan. Asal jangan ketukar sama kabel rem, lho.

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 34
- Joined: Sat Jul 26, 2003 22:35