BMW Seri 7 Baru di Launch di Indonesia

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
boilers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1023
Joined: Wed Dec 01, 2004 10:17

BMW Seri 7 Baru di Launch di Indonesia

Post by boilers »

BMW Seri 7 baru di launch di Indonesia, harganya "Cuma" 2.8M (untuk 750Li) dan 2.35M (untuk 740Li) :)
Difinately a better looking 7 than the current generation :big_peace:

Source: Kompas Otomotif

JAKARTA, RABU — Tidak ada resesi bagi orang berduit. Buktinya, BMW tetap saja meluncurkan Seri 7 paling gres seharga Rp 2,8 miliar (on the road) untuk varian 750Li dan Rp 2,35 miliar untuk 740Li di Indonesia. Juga sudah dipastikan, mobil ini sudah tersedia di dealer resmi BMW di seluruh Indonesia mulai 11 Februari.

Seri 7 adalah “mercusuar”-nya Bayerische Motoren Werke (BMW). Karena itu, seluruh teknologi terbaru dan tercanggih yang dimiliki BMW diaplikasikan pada mobil ini. Begitu juga dengan desain, mutu material, dan penyelesaian akhir; dipilih yang terbaik.

Salah satu contoh teknologi baru adalah brake energy regenerative (BER). Saat ini, teknologi tersebut baru digunakan pada mobil hibrida dan listrik. Adapun versi mekanisnya digunakan pada F1 mulai tahun ini dengan nama KERS (kinertic energy recovery system).

BER adalah teknologi yang mencegah energi terbuang saat mobil direm. Ketika mobil direm, energi kinetik dari mobil diubah menjadi listrik dan disimpan dalam baterai atau aki. Dengan ini pula, meski menggunakan mesin berkapasitas besar, konsumsi bahan bakar relatif jadi lebih irit. Di samping itu, juga makin ramah terhadap lingkungan.

Eksterior
Hanya dengan melihat sosok mobil ini dari luar, teknologi terbaru yang digunakannya langsung terlihat. Teknologi baru tersebut adalah lampu depan dan belakang. Di depan, digunakan sepasang lampu xenon (bi-xenon) dengan fungsi sebagai lampu jauh dan dekat. Keduanya dilengkapi dengan lampu berbentuk korona yang berfungsi sebagai lampu siang. Di sisi luar lampu utama, digunakan delapan lampu LED yang berfungsi sebagai sein.

Di belakang, desain lampu kombinasi berbentuk “L” yang terdiri dari LED. Ketika dihidupkan, lampu membentuk 3-segmen 3-D. Meski sebagian besar tutup lampu belakang merah, untuk sein, ketika hidup warnanya menjadi kuning.

Interior
Saat berada di interior dan semua perlengkapan di aktifkan, muncul kekaguman: mewah, modern, dan eksklusif. Jok dibungkus oleh kulit berkualitas tinggi. Posisi duduk sangat nyaman, mantap, dan empuk.

Posisi duduk sebagai penumpang dan pengemudi juga nyaman. Makin mengasyikkan lagi, bila ingin mengatur jok, baik depan maupun belakang, cukup dengan menggeser tombol-tombol yang ada di samping bawah setiap jok.

Semua jok, bisa digeser maju mundur. Begitu pula kemiringan sandarannya. Hebatnya lagi, posisi setelan bisa disimpan. Dengan demikian, bila sempat diubah, untuk kembali ke posisi semula, cukup menekan satu tombol saja.

Khusus untuk 750Li, bagian interiornya dilengkapi dengan entertainment system profesional dengan tampilan monitor LCD resolusi tinggi berukuran 9,2 inci. Keduanya dipasang di belakang sandaran belakang jok depan. Menu yang ditayangkan bisa diatur melalui tombol “iDrive” belakang yang berada di antara kedua jok belakang.

Sistem infotainment belakang bisa digunakan untuk mengakses seluruh fitur entertainment di dalam mobil, mulai dari televisi, daftar musik, CD/DVD, radio, iPod, kamera digital, hingga Play Station.

Kokpit
Desain kokpit mobil ini canggih, mewah, dan modern. Di bagian tengah dashboard, dipasang layar LCD 10,2 inci untuk menayangkan berbagai informasi dan entertainment. Adapun di bagian tengah, terdapat konsol dengan tombol-tombol tekan dan putar plus tongkat pemindah gigi dengan desain bergaya kontemporer. Bagian ini juga dilapisi dengan panel dari kayu dengan finishing mengilap.

Seri 7 ini menggunakan transmisi otomatis dengan pengoperasian pemindahan gigi yang dilakukan secara elektrik dan kontrol elektronik. Dengan cara ini, pengemudi cukup menggeser tongkat pemindah gigi ke depan atau belakang.

Tombol kontrol lain di samping tongkat pemindah gigi adalah suspensi. Dengan hanya menekan salah satu tombol, "COMFORT", "NORMAL", "SPORT", dan "SPORT+", pengemudi bisa memilih karakteristik suspensi sesuai dengan kondisi saat mengemudikannya. Misalnya, nyaman saat jalan santai di kota (COMFORT) atau agak keras dan keras (SPORT dan SPORT+) untuk memperoleh stabilitas sewaktu membelok pada kecepatan tinggi.

Pada mobil ini tidak lagi ditemukan tuas rem tangan (parkir). Sebagai gantinya, digunakan rem parkir hidro-elektrik yang diaktifkan dengan menekan tombol. Dengan menekan tombol “Auto-Hold”, pengemudi tak perlu lagi menginjak pedal rem saat berhenti di tanjakan.

Panel Hitam
Instrumen menggunakan panel hitam dengan resolusi tinggi. Saat kunci kontak dimatikan, semua instrumen menghitam. Begitu kontak dihidupkan, tampilan instrumen jadi impresif. Pada malam hari, tampilan angka dan indikator berubah dari putih menjadi oranye.

Perubahan perlengkapan yang cukup mencolok dibandingkan Seri 7 versi sebelumnya adalah desain dan cara pengoperasian iDrive. Tombol atau pengontrol iDrive kini ada di depan dan belakang dan bisa dioperasikan secara independen.

Kontrol iDrive dioperasikan dengan menekan tombol ke samping, ke depan dan belakang, dan menekan tombol. Dilengkapi dengan tombol untuk memilih menu yang paling sering digunakan, yaitu CD, radio, telepon, dan navigasi (untuk Indonesia, yang terakhir tidak disertakan).

Juga ada tambahan tombol "MENU", "BACK", dan "OPTION". Tombol "BACK" fungsinya mirip dengan browser internet, memungkinkan penggunaan kembali ke menu semula.

Multimedia
Reproduksi suara audio yang dihasilkan mobil sangat mantap dan berkualitas tinggi, termasuk dari format MP3 dari iPod. Menurut BMW, kualitas suara yang hebat itu diperoleh berkat teknologi DIRAC dengan amplifier 600 Watt plus 16 speaker.

Tambahan komponen entertainment lainnya adalah DVD changer yang bisa menampung 6 keping CD/DVD, dua interface USB untuk audio, televisi, dan peranti pendukung telepon dengan koneksi Bluetooth.

Sistem multimedia pada Seri 7 ini peranti keras dan lunaknya sama dengan komputer masa kini. Untuk menyimpan data, digunakan hard disk berkapasitas 80 GB yang dapat mengakses berbagai data digital dengan efisien dan cepat.

Hard disk ini juga dapat dimanfaatkan untuk menyimpan lagu yang diunduh atau dikopi dari CD/DVD, MP3 player, dan USB stick. Kapasitas memori khusus untuk entertainment 12 GB atau sekitar 200 lagu dengan format CD. Seperti multimedia lainnya, sistem dapat memilih lagu berdasarkan judul, album, dan nama penyanyi.

Masih banyak lagi fitur mewah yang memberikan kenyamanan dan keamanan pengemudi dan penumpang pada Seri 7. Misalnya, integral active steering, park distance control, rear dan side view camera, head-up display, dan mesin twin turbo dengan teknologi piezo injector. Untuk bagian-bagian yang disebut terakhir ini akan dibahas lebih detail dalam rubrik teknologi.*
FortunerMan

Re: BMW Seri 7 Baru di Launch di Indonesia

Post by FortunerMan »

Image

Kidney grillenya kok gede banget ya...
User avatar
rocks
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Fri Jan 09, 2009 18:36
Location: Jakarta

Re: BMW Seri 7 Baru di Launch di Indonesia

Post by rocks »

Keren..... :big_smoking:
-RoCksss---
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Re: BMW Seri 7 Baru di Launch di Indonesia

Post by DigitALL »

Keren bro sesuai dengan harganya :)

Emang kidney grill BMW akhir2 ini gedenya minta ampun, terutama sejak X5 Face-lift dan menjadi 5+2 seater. Wah ini grill saking besarnya sampe2 radiator di balik grill keliatan jelas banget di siang bolong. haha...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: BMW Seri 7 Baru di Launch di Indonesia

Post by AD74YA »

tunggu 4 tahun dan harganya akan jadi 400 juta ehehehehe

.............................................................. :ngacir:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
FortunerMan

Re: BMW Seri 7 Baru di Launch di Indonesia

Post by FortunerMan »

AD74YA wrote:tunggu 4 tahun dan harganya akan jadi 400 juta ehehehehe

.............................................................. :ngacir:
Gak ah, mau beli SEKARANG! huahahahahahahahahahahahaha...gedubrak....
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: BMW Seri 7 Baru di Launch di Indonesia

Post by AD74YA »

FortunerMan wrote:
AD74YA wrote:tunggu 4 tahun dan harganya akan jadi 400 juta ehehehehe

.............................................................. :ngacir:
Gak ah, mau beli SEKARANG! huahahahahahahahahahahahaha...gedubrak....
:off_good_job: :off_good_job: :off_good_job: :off_good_job:
:frm_salut: :frm_salut: :frm_salut: :frm_salut:

Saya menunggu HIBAH nya pak!!!!
:e-pray: :e-pray: :e-pray: :e-pray: :e-pray:
:mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
blindzero
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2391
Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
Location: Sparkling Surabaya

Re: BMW Seri 7 Baru di Launch di Indonesia

Post by blindzero »

keren tuh mobilnya.... keliatan banget kalau 2milliar HAHAHA :mrgreen:
User avatar
TiongBahru_Ahbeng
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1643
Joined: Thu Apr 19, 2007 6:15

Re: BMW Seri 7 Baru di Launch di Indonesia

Post by TiongBahru_Ahbeng »

Kalo gw beli mobil semahal ini, gw pastiin smua org di jalanan tau kl ini mobil seharga Rp.2M, gw tempelin emblem gede gede bertulisan 'Rp.2M loh!'

Ibarat OKB yg kl pake baju branded suka milih yg logo mereknya gede gede seukuran dada atau satu punggung :mrgreen:
User avatar
rocks
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Fri Jan 09, 2009 18:36
Location: Jakarta

Re: BMW Seri 7 Baru di Launch di Indonesia

Post by rocks »

Sayang sudah tidak tersedia varian 730... :big_slap:
-RoCksss---
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: BMW Seri 7 Baru di Launch di Indonesia

Post by Risol1 »

rocks wrote:Sayang sudah tidak tersedia varian 730... :big_slap:
IMO, sebenernya sayang kalo beli seri 7 tapi yg mesinnya kecil karena udah keluar duit banyak tapi kurang puas.....mendingan keluar duit yg lebih banyak lagi dengan beli yg 750 tapi puasss banget......karena yg tipe 730 jg pastinya udah diatas 1.5M. Buat gw sih mending pake seri 530......
Tapi kalo yg cuma pengen beli tampang dan fitur/comfort seri7 dan gak perduli ttg tenaga sih memang enakan beli yg mesin kecil aja...... :mrgreen:
User avatar
Satyabudi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Fri Jan 30, 2009 2:34

Re: BMW Seri 7 Baru di Launch di Indonesia

Post by Satyabudi »

Keren,
Cuman.... Seperti biasa...

BMW & Mobil Jerman lainnya punya masalah dalam hal RELIABILITY :roll:

http://autos.msn.com/research/vip/Relia ... &trimid=-1
An occasional problem on this vehicle is a software problem in the computer system that causes various problems in multiple systems. There is also an occasional problem on this vehicle with failure in the crankcase ventilation system. The cost to update the software in the vehicle's computers is estimated at $91.00 for labor. The cost to repair the crankcase ventilation system is $54.00 for parts, $247.00 for labor. All prices are estimates based on $65.00 per flat rate hour and do not include diagnostic time or any applicable sales tax.
http://www.independent.co.uk/news/uk/th ... 55429.html
Audi, BMW and Volkswagen were all rated "poor" for reliability in the study by the Consumers' Association, while cars from Japanese and Korean manufacturers scored the highest with drivers.
FortunerMan

Re: BMW Seri 7 Baru di Launch di Indonesia

Post by FortunerMan »

Emang mobil Eropa begitu...udah tua bangka pun tetep keren, tapi perawatannya, dan deg2annya kalo macet dan overheat hehe. Akh...sudah lewat masa2 itu, skrg pake mobil Jepun/Amerika aja deh, atau Korea yang udah bagus kaya Hyundai. Tapi bagusnya di Indonesia banyak bengkel mobil Eropa murmer, kalo melihara Eropa tua di Amerika...weleh

Kenapa ya...padahal mobil German cenderung overengineered...tapi bikin reliable aja gak bisa. Apa sengaja kali ya...biar barunya laku dan bengkelnya laris.
User avatar
rocks
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Fri Jan 09, 2009 18:36
Location: Jakarta

Re: BMW Seri 7 Baru di Launch di Indonesia

Post by rocks »

Lihat harga parts nya seri-7 E66 serem amat..
Shockbreaker 35jt.. :frm_bang_head:
-RoCksss---
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: BMW Seri 7 Baru di Launch di Indonesia

Post by Turboman »

FortunerMan wrote: Kenapa ya...padahal mobil German cenderung overengineered...tapi bikin reliable aja gak bisa. Apa sengaja kali ya...biar barunya laku dan bengkelnya laris.
Ntar lagi VW Polo 1.4 dan Touran 1.4 TSI konon akan di assembling di Indonesia. CMIIW

Mudah2 an harga terjangkau, perantinya ga neko2, harga spare parts terjangkau
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Satyabudi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Fri Jan 30, 2009 2:34

Re: BMW Seri 7 Baru di Launch di Indonesia

Post by Satyabudi »

FortunerMan wrote:Emang mobil Eropa begitu...udah tua bangka pun tetep keren, tapi perawatannya, dan deg2annya kalo macet dan overheat hehe. Akh...sudah lewat masa2 itu, skrg pake mobil Jepun/Amerika aja deh, atau Korea yang udah bagus kaya Hyundai. Tapi bagusnya di Indonesia banyak bengkel mobil Eropa murmer, kalo melihara Eropa tua di Amerika...weleh

Kenapa ya...padahal mobil German cenderung overengineered...tapi bikin reliable aja gak bisa. Apa sengaja kali ya...biar barunya laku dan bengkelnya laris.
yep.... kemungkinan besarnya itu :mrgreen:
User avatar
rocks
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Fri Jan 09, 2009 18:36
Location: Jakarta

Re: BMW Seri 7 Baru di Launch di Indonesia

Post by rocks »

FortunerMan wrote:Emang mobil Eropa begitu...udah tua bangka pun tetep keren, tapi perawatannya, dan deg2annya kalo macet dan overheat hehe. Akh...sudah lewat masa2 itu, skrg pake mobil Jepun/Amerika aja deh, atau Korea yang udah bagus kaya Hyundai. Tapi bagusnya di Indonesia banyak bengkel mobil Eropa murmer, kalo melihara Eropa tua di Amerika...weleh

Kenapa ya...padahal mobil German cenderung overengineered...tapi bikin reliable aja gak bisa. Apa sengaja kali ya...biar barunya laku dan bengkelnya laris.
IMO, mobil eropa terutama yang lawas-lawas itu kebanyakan didesain untuk iklim mereka, seperti BMW 5-series "Bulldog" yang rawan Overheat, karena mereka merancang mobil itu untuk iklim di sana, tidak untuk iklim tropis.
Tapi BMW" yang baru sekarang kipas nya udah full electric, seperti E60 yang jarang sekali terkena kasus overheat seperti 5-series "Bulldog" itu..
-RoCksss---
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: BMW Seri 7 Baru di Launch di Indonesia

Post by MitshuToyo »

rocks wrote:
FortunerMan wrote:Emang mobil Eropa begitu...udah tua bangka pun tetep keren, tapi perawatannya, dan deg2annya kalo macet dan overheat hehe. Akh...sudah lewat masa2 itu, skrg pake mobil Jepun/Amerika aja deh, atau Korea yang udah bagus kaya Hyundai. Tapi bagusnya di Indonesia banyak bengkel mobil Eropa murmer, kalo melihara Eropa tua di Amerika...weleh

Kenapa ya...padahal mobil German cenderung overengineered...tapi bikin reliable aja gak bisa. Apa sengaja kali ya...biar barunya laku dan bengkelnya laris.
IMO, mobil eropa terutama yang lawas-lawas itu kebanyakan didesain untuk iklim mereka, seperti BMW 5-series "Bulldog" yang rawan Overheat, karena mereka merancang mobil itu untuk iklim di sana, tidak untuk iklim tropis.
Tapi BMW" yang baru sekarang kipas nya udah full electric, seperti E60 yang jarang sekali terkena kasus overheat seperti 5-series "Bulldog" itu..
Kalau gw sebenarnya justru heran kenapa di kita orang miara mobil sampai lewat masa ekonomisnya.. harga mobil baru jg cenderung overprice.. :big_smoking:
Kalau di Jerman orang sangat gampang sekali punya mobil baru. Udah hal biasa dengan kendaraan baru, gak perlu petentang-petenteng (bahasa apaaa ini :e-doh: ) pamer ke semua tetangga.. :mrgreen:
Mungkin bener juga pabrikan Mercy / BMW bikin mobil yg umur pakainya lebih pendek. Logikanya semakin lama miara mobil pasti tingkat polusinya smakin tinggi & kerja part2nya cenderung menurun.
Teman gw ada yang miara Bmw tahun 98. di jual lagi gak laku2, akhirnya di kasih aja ke orang. Cuma biar ada dokumennya, dibuatlah akta jual beli gak sampai 100 euro.. :mrgreen:
Lagi nginjek rem..
User avatar
rocks
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Fri Jan 09, 2009 18:36
Location: Jakarta

Re: BMW Seri 7 Baru di Launch di Indonesia

Post by rocks »

Betul bung MitshuToyo, di negara-negara lain, mobil yang lawas paling hanya untuk collector saja, or purpose tertentu saja, jarang ada yang pelihara mobil sampai tua untuk digunakan sehari-hari..
Kalau di Indonesia, lain ceritanya..
Contoh nya saya, masih pelihara Suzuki Forza tahun 90..
Hehehehe.. :big_peace:
-RoCksss---
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: BMW Seri 7 Baru di Launch di Indonesia

Post by MitshuToyo »

Turboman wrote:
FortunerMan wrote: Kenapa ya...padahal mobil German cenderung overengineered...tapi bikin reliable aja gak bisa. Apa sengaja kali ya...biar barunya laku dan bengkelnya laris.
Ntar lagi VW Polo 1.4 dan Touran 1.4 TSI konon akan di assembling di Indonesia. CMIIW

Mudah2 an harga terjangkau, perantinya ga neko2, harga spare parts terjangkau
Sekedar CKD aja ya ? tanpa melibatkan subkontraktor lokal untuk bikin spareparts ?
..Selama Parts masih import apalagi di bikin di negara asal, harga murah itu hanya mimpi..
Lagi nginjek rem..
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: BMW Seri 7 Baru di Launch di Indonesia

Post by MitshuToyo »

rocks wrote: Contoh nya saya, masih pelihara Suzuki Forza tahun 90..
Hehehehe.. :big_peace:
Hehehe.. Betul Mas Rock.. gw jg masih ada tuh T120 SS tahun 92..
Uenak tenan hidup di kita.. semau2nya tanpa penegakan peraturan..
terutama angkutan umumnya.. mau biarin oli habis, rem blong, kopling aus, tetep jalan terusss.. :mrgreen:
Lagi nginjek rem..
User avatar
rocks
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Fri Jan 09, 2009 18:36
Location: Jakarta

Re: BMW Seri 7 Baru di Launch di Indonesia

Post by rocks »

MitshuToyo wrote:
rocks wrote: Contoh nya saya, masih pelihara Suzuki Forza tahun 90..
Hehehehe.. :big_peace:
Hehehe.. Betul Mas Rock.. gw jg masih ada tuh T120 SS tahun 92..
Uenak tenan hidup di kita.. semau2nya tanpa penegakan peraturan..
terutama angkutan umumnya.. mau biarin oli habis, rem blong, kopling aus, tetep jalan terusss.. :mrgreen:
hehe..
apalagi kebiasaan "ngakal-ngakalin"...
di sini jago nya...
dari tuker per sampai tuker spare parts..
Hohohoho..
-RoCksss---
FortunerMan

Re: BMW Seri 7 Baru di Launch di Indonesia

Post by FortunerMan »

MitshuToyo wrote:Kalau gw sebenarnya justru heran kenapa di kita orang miara mobil sampai lewat masa ekonomisnya.. harga mobil baru jg cenderung overprice.. :big_smoking:
Bukan cenderung lagi bro...di Amerika uang 300-an juta udah dapet Audi A4, disini dapet...Corolla :P

Tapi org Indonesia mana mau kalah gaya...jadilah mobkas tua2 bangka pun dipelihara. Gak ada salahnya juga sih, secara labor cost buat bengkel di Indonesia juga murah. Lain cerita kalo di negara barat, contohnya Amerika...biasanya bengkel resmi chargenya sekitar $60 an hour, merek mahal lebih2 lagi.
User avatar
rocks
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Fri Jan 09, 2009 18:36
Location: Jakarta

Re: BMW Seri 7 Baru di Launch di Indonesia

Post by rocks »

FortunerMan wrote:
MitshuToyo wrote:Kalau gw sebenarnya justru heran kenapa di kita orang miara mobil sampai lewat masa ekonomisnya.. harga mobil baru jg cenderung overprice.. :big_smoking:
Bukan cenderung lagi bro...di Amerika uang 300-an juta udah dapet Audi A4, disini dapet...Corolla :P

Tapi org Indonesia mana mau kalah gaya...jadilah mobkas tua2 bangka pun dipelihara. Gak ada salahnya juga sih, secara labor cost buat bengkel di Indonesia juga murah. Lain cerita kalo di negara barat, contohnya Amerika...biasanya bengkel resmi chargenya sekitar $60 an hour, merek mahal lebih2 lagi.
Berarti kalau di sana, makin rewel mobil nya makin berlipat yah cost nya..
Better di indonesia lah...
-RoCksss---
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: BMW Seri 7 Baru di Launch di Indonesia

Post by Risol1 »

MitshuToyo wrote:
rocks wrote:
FortunerMan wrote:Emang mobil Eropa begitu...udah tua bangka pun tetep keren, tapi perawatannya, dan deg2annya kalo macet dan overheat hehe. Akh...sudah lewat masa2 itu, skrg pake mobil Jepun/Amerika aja deh, atau Korea yang udah bagus kaya Hyundai. Tapi bagusnya di Indonesia banyak bengkel mobil Eropa murmer, kalo melihara Eropa tua di Amerika...weleh

Kenapa ya...padahal mobil German cenderung overengineered...tapi bikin reliable aja gak bisa. Apa sengaja kali ya...biar barunya laku dan bengkelnya laris.
IMO, mobil eropa terutama yang lawas-lawas itu kebanyakan didesain untuk iklim mereka, seperti BMW 5-series "Bulldog" yang rawan Overheat, karena mereka merancang mobil itu untuk iklim di sana, tidak untuk iklim tropis.
Tapi BMW" yang baru sekarang kipas nya udah full electric, seperti E60 yang jarang sekali terkena kasus overheat seperti 5-series "Bulldog" itu..
Kalau gw sebenarnya justru heran kenapa di kita orang miara mobil sampai lewat masa ekonomisnya.. harga mobil baru jg cenderung overprice.. :big_smoking:
Kalau di Jerman orang sangat gampang sekali punya mobil baru. Udah hal biasa dengan kendaraan baru, gak perlu petentang-petenteng (bahasa apaaa ini :e-doh: ) pamer ke semua tetangga.. :mrgreen:
Mungkin bener juga pabrikan Mercy / BMW bikin mobil yg umur pakainya lebih pendek. Logikanya semakin lama miara mobil pasti tingkat polusinya smakin tinggi & kerja part2nya cenderung menurun.
Teman gw ada yang miara Bmw tahun 98. di jual lagi gak laku2, akhirnya di kasih aja ke orang. Cuma biar ada dokumennya, dibuatlah akta jual beli gak sampai 100 euro.. :mrgreen:
memang bisa jadi jg sih BMW/Benz sengaja bikin mobil yg kurang reliable, tapi kalo menurut saya lebih kepada:
pabrikan eropa biasanya sebagai pencetus teknologi baru, jadi teknologi2 baru biasanya langsung diaplikasi ke mobil2 produksi mereka (kadang2 sampe ke model terendah pun dipakein teknologi baru ini), jadi mungkin kurang waktu testing secara real di jalan raya, mungkin jg kurang penyempurnaan sana sini, dll.....
Sedangkan Kalo asia, teknologi2 baru lebih ditunda dulu sebentar mungkin buat extensive testing dsb (kecuali parallel parking nya Lexus LS :mrgreen: )....Produsen Asia lebih hati2 thd teknologi baru dan engga langsung diaplikasikan ke prod massalnya.

Contohnya: pabrikan eropa Fisker bulan Oct ini dah mao ngeluncurin "Fisker Karma": sport sedan hybrid "plug in" dengan max power >400 hp. 0-100kpj 5 detikan. batere pake lithium ion.
Sedangkan prius yg pengalaman hybridnya udah segudang (udah gen ke3) masih belum adopt "plug in" teknologi karena belum berani tanem lithium ion ke mobilnya dengan alesan belum terbukti reliable.

Jadi IMO kalo mao nyobain teknologi terkini, eropa jagonya.......tapi kalo mao yg reliable ambil asia.
Soalnya mobil2 eropa kalo diliat yg paling bermasalah itu cuma electricalnya sih, kalo engine/trans/bodi lumayan bisa bersaing sama jepang.