Di Jogja, Avanza jadi taksi
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Di Jogja, Avanza jadi taksi
Sesuai judul topik, salah satu penyedia jasa taksi di Jogja sekarang mengandalkan Avanza sebagai armadanya.
Gimana nih, mobil terlaris di Endonesa jadi taksi. Kira2 berpengaruh tidak thd penjualannya? Bagaimana pemilik Avanza?
Atau ini akan mempercepat masuknya Passo Sette ke Endonesa?
Gimana nih, mobil terlaris di Endonesa jadi taksi. Kira2 berpengaruh tidak thd penjualannya? Bagaimana pemilik Avanza?
Atau ini akan mempercepat masuknya Passo Sette ke Endonesa?
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 326
- Joined: Fri May 16, 2008 2:46
- Location: Depok
Re: Di Jogja, Avanza jadi taksi
Wah...valid gak bos? ada picnya?
Biasanya armada taksi akan dibedakan nama dan specnya dari kendaraan yang dijual di pasar umum, walaupun bentuk body overall hampir sama. atau ada juga ATPM yang melakukan discontinue model tsb dengan mengganti model baru yang dijual di pasar umum. Hal ini terjadi saat mercy type-C dipakai Silver Bird - Blue BIrd Group. Armada tsb di discontinue untuk menanggapi protes penggemar mercy di Indonesia yang menganggap bahwa jika armada itu digunakan taksi maka image jatuh...he..he..padahal di negeri asalnya mercy dijadikan taksi juga. Hal ini juga mungkin terjadi pada toyota Alphard yang dipakai oleh Taksi express, toh peminat Alphard tetap tinggi di pasaran umum.
Yang lagi pusing sekarang oleh para pengusaha taksi adalah kenaikan harga armada toyota new limo yang mencapai 40juta/unit, sehingga mulai cari alternatif lain yang lebih murah. Sejauh ini Blue Bird sendiri untuk armada taksi regulernya sudah mencoba alternatif seperti Chaverolet lova/optra/estate, Suzuki Neo Baleno, dan VW Polo.
Biasanya armada taksi akan dibedakan nama dan specnya dari kendaraan yang dijual di pasar umum, walaupun bentuk body overall hampir sama. atau ada juga ATPM yang melakukan discontinue model tsb dengan mengganti model baru yang dijual di pasar umum. Hal ini terjadi saat mercy type-C dipakai Silver Bird - Blue BIrd Group. Armada tsb di discontinue untuk menanggapi protes penggemar mercy di Indonesia yang menganggap bahwa jika armada itu digunakan taksi maka image jatuh...he..he..padahal di negeri asalnya mercy dijadikan taksi juga. Hal ini juga mungkin terjadi pada toyota Alphard yang dipakai oleh Taksi express, toh peminat Alphard tetap tinggi di pasaran umum.
Yang lagi pusing sekarang oleh para pengusaha taksi adalah kenaikan harga armada toyota new limo yang mencapai 40juta/unit, sehingga mulai cari alternatif lain yang lebih murah. Sejauh ini Blue Bird sendiri untuk armada taksi regulernya sudah mencoba alternatif seperti Chaverolet lova/optra/estate, Suzuki Neo Baleno, dan VW Polo.
Regards,
a.budiarto
a.budiarto
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2391
- Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
- Location: Sparkling Surabaya
Re: Di Jogja, Avanza jadi taksi
biasanya sih yang dijadiin taksi itu mobil tipe lama.... mungkin karena avanza udah keluar yg baru kan, makanya yg lama dipake sebagai taksi. Jadi customer yg avanza'nya model baru ga sampe merasa jengkel.....
Kenapa ga pake Proton MPV aja ya.... lagi panas panasnya di Malaysia awkakakaka
Kenapa ga pake Proton MPV aja ya.... lagi panas panasnya di Malaysia awkakakaka

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Di Jogja, Avanza jadi taksi
Koq Hyundai Avega blom dijadiin taxi ya? Padahal harganya paling murah utk sedan lho.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Re: Di Jogja, Avanza jadi taksi
Kalau bener jadi taksi sepertinya biasa2 aja terhadap penjualan Avanza, kan Toyota Kijang kapsul aja udh pernah dijadikan angkutan kota toh malah tambah laris.
Contoh lain Mercy C-Class lama (peanut eye) dijadikan taksi ternyata C-Class baru tetep aja paling laris di Indonesia. Penjualannya bahkan jauh meninggalkan pesaing terdekat, BMW seri 3.
Contoh lain Mercy C-Class lama (peanut eye) dijadikan taksi ternyata C-Class baru tetep aja paling laris di Indonesia. Penjualannya bahkan jauh meninggalkan pesaing terdekat, BMW seri 3.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2391
- Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
- Location: Sparkling Surabaya
Re: Di Jogja, Avanza jadi taksi
yah itu saya rasa karena ga menyeluruh.... C-Class taxi di surabaya ga pernah keliatan... kijang juga ngga pernah keliatan... mungkin kalau di beberapa kota aja penjualan ga sampe terpengaruh banyak di Indo..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Re: Di Jogja, Avanza jadi taksi
Proton MPV apa sudah dijual di Indo? Lagipula resale value & spare partnya ngga akan bisa menandingi Toyota Avanza.blindzero wrote:biasanya sih yang dijadiin taksi itu mobil tipe lama.... mungkin karena avanza udah keluar yg baru kan, makanya yg lama dipake sebagai taksi. Jadi customer yg avanza'nya model baru ga sampe merasa jengkel.....
Kenapa ga pake Proton MPV aja ya.... lagi panas panasnya di Malaysia awkakakaka
FYI, Proton MPV itu sebenarnya produk keluaran CHERY.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2391
- Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
- Location: Sparkling Surabaya
Re: Di Jogja, Avanza jadi taksi
hehehe kayaknya belum dijual di Indo kok... di negaranya sendiri masih Panas...
Wuah ? produk buatan Chery? join atau gimana tuh ? atau produk chery tapi Proton beli gitu ?
Wuah ? produk buatan Chery? join atau gimana tuh ? atau produk chery tapi Proton beli gitu ?
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 140
- Joined: Mon Nov 24, 2008 3:49
Re: Di Jogja, Avanza jadi taksi
hee... trus napa klo jd taxi??
masih bermasalahkah image taxi?? wah2...
keliatannya emang harus menyosialisasikan pola pikir nih...
justru klo dipake ama taxi malah menguntungkan secara efisiensi ekonomi...
at least udah kebayang, klo produknya bandel!! mudah perawatan, murah perawatan dll...
klo masalah image tinggi sih, OMG pliss dehh.. pake produk dibawah 200jt pengen keliatan bergengsi?? mewah??
klo pengen keliatan sukses, mewah, gengsi tinggi sih mending cari seken mobil2 "mahal", dengan kisaran yg sama (<200jt) prestise dapet... (cuman tunggu aja pas ke bengkel, kantong bakal nipis lg...
)
*kdaang2 ngerasa lucu aja melihat tingkah orang yg beli merk h trus merasa udah dapet gengsi tinggi*
masih bermasalahkah image taxi?? wah2...
keliatannya emang harus menyosialisasikan pola pikir nih...
justru klo dipake ama taxi malah menguntungkan secara efisiensi ekonomi...
at least udah kebayang, klo produknya bandel!! mudah perawatan, murah perawatan dll...
klo masalah image tinggi sih, OMG pliss dehh.. pake produk dibawah 200jt pengen keliatan bergengsi?? mewah??
klo pengen keliatan sukses, mewah, gengsi tinggi sih mending cari seken mobil2 "mahal", dengan kisaran yg sama (<200jt) prestise dapet... (cuman tunggu aja pas ke bengkel, kantong bakal nipis lg...

*kdaang2 ngerasa lucu aja melihat tingkah orang yg beli merk h trus merasa udah dapet gengsi tinggi*
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 140
- Joined: Mon Nov 24, 2008 3:49
Re: Di Jogja, Avanza jadi taksi
ga mesti...arisbudiarto wrote:Wah...valid gak bos? ada picnya?
Biasanya armada taksi akan dibedakan nama dan specnya dari kendaraan yang dijual di pasar umum, walaupun bentuk body overall hampir sama. atau ada juga ATPM yang melakukan discontinue model tsb dengan mengganti model baru yang dijual di pasar umum. Hal ini terjadi saat mercy type-C dipakai Silver Bird - Blue BIrd Group. Armada tsb di discontinue untuk menanggapi protes penggemar mercy di Indonesia yang menganggap bahwa jika armada itu digunakan taksi maka image jatuh...he..he..padahal di negeri asalnya mercy dijadikan taksi juga. Hal ini juga mungkin terjadi pada toyota Alphard yang dipakai oleh Taksi express, toh peminat Alphard tetap tinggi di pasaran umum.
Yang lagi pusing sekarang oleh para pengusaha taksi adalah kenaikan harga armada toyota new limo yang mencapai 40juta/unit, sehingga mulai cari alternatif lain yang lebih murah. Sejauh ini Blue Bird sendiri untuk armada taksi regulernya sudah mencoba alternatif seperti Chaverolet lova/optra/estate, Suzuki Neo Baleno, dan VW Polo.
salah satu kenapa TAM terpaksa buat limo karena awalnya pihak BB pengen pake Vios buat armadanya...
awalnya BB pengen kerja sama ama TAM cuman ditolak karena takut mempengaruhi penjualan Vios-nya...
cuman BB ngancam klo BB tetep bakal beli Vios dan dipake sebagai taxi...
akhirnya TAM ngalah & buat seri spek down Vios yg dinamakan Limo...
jd dengan kata lain, ga selalu ada kerja sama ama ATPM, bisa aja pihak PT Taxi beli mobil biasa yg trus dijadikan taxi...
ga mesti spek down atau produk diskontinyu...
btw, klo dari chevy afaik cuman Lava aja deh (spek down dari Kalos)...
klo sebangsa Optra atau Estate, keliatannya ga deh...
pa lagi harga Optra ama Estate tergolong tinggi...
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 140
- Joined: Mon Nov 24, 2008 3:49
Re: Di Jogja, Avanza jadi taksi
afaik, avega cukup boros... 1:8~9 dalkot...y_anjasrana wrote:Koq Hyundai Avega blom dijadiin taxi ya? Padahal harganya paling murah utk sedan lho.
jg denger2, produk korea >3 tahun suka ngerongrong... rewel...
produk yg dipake taxi kan bakal disiksa abis2an, dan minimal pemakaian mobil taxi kan sekitar 5 tahun... jd dalam kurun waktu itu mobil harus dipastikan masih belum bermasalah dan masih cukup fit...
jd, mungkin karena masalah FC & durability-nya kali ya...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2391
- Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
- Location: Sparkling Surabaya
Re: Di Jogja, Avanza jadi taksi
Percayalah, di Indonesia image taxi itu bermasalah. Kalau menurut beberapa orang sih no problem... tapi mayoritas bermasalah.evolve wrote:hee... trus napa klo jd taxi??
masih bermasalahkah image taxi?? wah2...
keliatannya emang harus menyosialisasikan pola pikir nih...
justru klo dipake ama taxi malah menguntungkan secara efisiensi ekonomi...
at least udah kebayang, klo produknya bandel!! mudah perawatan, murah perawatan dll...
klo masalah image tinggi sih, OMG pliss dehh.. pake produk dibawah 200jt pengen keliatan bergengsi?? mewah??
klo pengen keliatan sukses, mewah, gengsi tinggi sih mending cari seken mobil2 "mahal", dengan kisaran yg sama (<200jt) prestise dapet... (cuman tunggu aja pas ke bengkel, kantong bakal nipis lg...)
*kdaang2 ngerasa lucu aja melihat tingkah orang yg beli merk h trus merasa udah dapet gengsi tinggi*
Soluna waktu dijadiin taksi... banyak customer yg udah pake soluna komplain ke sales, banyak juga yg langsung jual... Trus waktu vios diluncurkan untuk pertama kalinya... sales'nya terang-terangan bilang kalau ga bakal dijadiin taksi, dgn harapan mobil bisa terjual.. nyatanya dijadiin taksi juga... akibatnya vios ga sebanyak honda city deh dijalanan...
Taktik mengubah nama vios menjadi Limo sebagai taksi itu kan juga sebagai tanda, bahwa Toyota mengakui kalau di Indonesia ini emang image Taxi memiliki suatu pengaruh bagi para customer.
Dulu udah pernah share sih..... kalau di Singapore mercy tipe E ga laku.... lakunya tipe S atau C... hanya karena tipe E dijadiin taksi premium disana...

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 326
- Joined: Fri May 16, 2008 2:46
- Location: Depok
Re: Di Jogja, Avanza jadi taksi
he..he..sekarang optra dan estatenya lagi test drive di BB mampang om, dan lebih irit dari lova. Kalau harga boleh ditawar gak selisih jauh dari lova pasti BB pilih optra dengan sedikit di specdown, karena untuk taksi reguler biasanya fitur tidak terlalu banyak disajikan (kecuali untuk taksi eksekutif armada disajikan lengkap dengan fitur dan kemewahannya). Lagipula siapa sih om yang gak mau mobilnya dibeli sampai lebih dari 10.000 unit oleh BB, dan setiap tahun pasti ada peremajaan armada yang > 5 th...itu kan customer tetap dan besar.evolve wrote: ga mesti...
salah satu kenapa TAM terpaksa buat limo karena awalnya pihak BB pengen pake Vios buat armadanya...
awalnya BB pengen kerja sama ama TAM cuman ditolak karena takut mempengaruhi penjualan Vios-nya...
cuman BB ngancam klo BB tetep bakal beli Vios dan dipake sebagai taxi...
akhirnya TAM ngalah & buat seri spek down Vios yg dinamakan Limo...
jd dengan kata lain, ga selalu ada kerja sama ama ATPM, bisa aja pihak PT Taxi beli mobil biasa yg trus dijadikan taxi...
ga mesti spek down atau produk diskontinyu...
btw, klo dari chevy afaik cuman Lava aja deh (spek down dari Kalos)...
klo sebangsa Optra atau Estate, keliatannya ga deh...
pa lagi harga Optra ama Estate tergolong tinggi...
Setahu saya, kaitannya dengan etika bisnis, setiap perusahaan taksi harus izin ATPM untuk menggunakan salah satu armadanya dijadikan taksi. BB pernah mo pake camry untuk armada silver bird, tapi gak diizinkan dengan alasan itu mobil menteri, sampai akhirnya ada wacana untuk bikin camry dengan solar. Kalau BB mau jadiin camry taksi bisa aja langsung pasang mahkota ke armada camry yang udah dibelinya dan dijadikan rental car. Begitu juga dengan mercy C-Class, prinsipal mercy di Jerman setuju Silver BIrd pake karena memang akan di discontinue modelnya (peanut eye). Nah, tahun ini Silver BIrd mo pake lagi mercy seri yang lain, itupun musti izin prinsipalnya (dan sudah diizinkan untuk seri tersebut, udah mulai test drive argo lagi...he..he..).
Regards,
a.budiarto
a.budiarto
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 326
- Joined: Fri May 16, 2008 2:46
- Location: Depok
Re: Di Jogja, Avanza jadi taksi
Tepat om....evolve wrote:afaik, avega cukup boros... 1:8~9 dalkot...y_anjasrana wrote:Koq Hyundai Avega blom dijadiin taxi ya? Padahal harganya paling murah utk sedan lho.
jg denger2, produk korea >3 tahun suka ngerongrong... rewel...
produk yg dipake taxi kan bakal disiksa abis2an, dan minimal pemakaian mobil taxi kan sekitar 5 tahun... jd dalam kurun waktu itu mobil harus dipastikan masih belum bermasalah dan masih cukup fit...
jd, mungkin karena masalah FC & durability-nya kali ya...

Regards,
a.budiarto
a.budiarto
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Di Jogja, Avanza jadi taksi
kalo taxi di bali sih macem2 juga mobilnya, lebih mirip nyewa(layan antar) kalo naik taxi nya.
bagi mereka(prsh taxi), yg penting murah.
ga selalu kebayang begini deh, justru makin banyak mobil korea nya, dari timor, cakra, accent, verna, avega, rio, kalos(=daewoo).evolve wrote: justru klo dipake ama taxi malah menguntungkan secara efisiensi ekonomi...
at least udah kebayang, klo produknya bandel!! mudah perawatan, murah perawatan dll...
bagi mereka(prsh taxi), yg penting murah.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1266
- Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
- Location: 64112
Re: Di Jogja, Avanza jadi taksi
di kediri juga ada taxi, tp pake timor, lumayanlah gak laku, masih kalah ama becak
...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 637
- Joined: Sat Dec 27, 2008 12:45
- Location: Lamongan
Re: Di Jogja, Avanza jadi taksi
Dulu thn 2000 waktu masih kul di jogja, sering lihat suzuki BALENO yg dijadikan taxi. sekarang masih/gak ya?artoodetoo wrote:Sesuai judul topik, salah satu penyedia jasa taksi di Jogja sekarang mengandalkan Avanza sebagai armadanya.
Gimana nih, mobil terlaris di Endonesa jadi taksi. Kira2 berpengaruh tidak thd penjualannya? Bagaimana pemilik Avanza?
Atau ini akan mempercepat masuknya Passo Sette ke Endonesa?
Safety First
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1023
- Joined: Wed Dec 01, 2004 10:17
Re: Di Jogja, Avanza jadi taksi
Sepertinya sih tidak apa2 ya untuk dijadikan taksi, kan memang pasti perusahaan taksi ingin cari mobil yang efisien, daya tampung banyak & bandel tentunya.
Lagipula,imo, imega XeVa kan juga bukan mobil mewah & prestis, melainkan mobil rakyat yang notabene affordable & efisien.
Lagipula,imo, imega XeVa kan juga bukan mobil mewah & prestis, melainkan mobil rakyat yang notabene affordable & efisien.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Di Jogja, Avanza jadi taksi
Baleno???danangms wrote: Dulu thn 2000 waktu masih kul di jogja, sering lihat suzuki BALENO yg dijadikan taxi. sekarang masih/gak ya?
Gak salah bro?
Seumur-umur saya di Jogja, belum pernah liat baleno jadi taksi.
Taksi di Jogja itu:
Nissan Sunny
Ford
Soluna
Limo
Hyundai Accent
Chevrolet Kalos
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 378
- Joined: Thu Jun 12, 2008 10:46
Re: Di Jogja, Avanza jadi taksi
di Pontianak yang dijadiin taksi malah Daihatsu Ceria, diatasnya pake roof rack utk ngangkut barang 

-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Wed Feb 11, 2009 3:12
Re: Di Jogja, Avanza jadi taksi
bukannya di jakarta udah ada yg pake alpahrd sbg taksi premium???
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sun Mar 05, 2006 16:49
Re: Di Jogja, Avanza jadi taksi
ada bro,tiara express...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Di Jogja, Avanza jadi taksi
Teman2, mohon maaf karena saya terlalu cepat percaya rumor kalo Avanza jadi taksi.
Karena ternyata setelah berpapasan langsung, logonya D, bukan T.

Karena ternyata setelah berpapasan langsung, logonya D, bukan T.



Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Di Jogja, Avanza jadi taksi
teman sekantor, dari rute jambi-palembang-jambi, naik travel, kendaraannnya 42ner D4D....
travel Ratu INtan dan Travel Orin, Rp.150.000
setuju ama om Boilers, di jadikan kendaraan sebagai taksi, karena alasan daya tahan, daya muat, efisien dan bandel...
travel Ratu INtan dan Travel Orin, Rp.150.000
setuju ama om Boilers, di jadikan kendaraan sebagai taksi, karena alasan daya tahan, daya muat, efisien dan bandel...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Re: Di Jogja, Avanza jadi taksi
Setuju banget broevolve wrote:hee... trus napa klo jd taxi??
masih bermasalahkah image taxi?? wah2...
keliatannya emang harus menyosialisasikan pola pikir nih...
justru klo dipake ama taxi malah menguntungkan secara efisiensi ekonomi...
at least udah kebayang, klo produknya bandel!! mudah perawatan, murah perawatan dll...
klo masalah image tinggi sih, OMG pliss dehh.. pake produk dibawah 200jt pengen keliatan bergengsi?? mewah??
klo pengen keliatan sukses, mewah, gengsi tinggi sih mending cari seken mobil2 "mahal", dengan kisaran yg sama (<200jt) prestise dapet... (cuman tunggu aja pas ke bengkel, kantong bakal nipis lg...)
*kdaang2 ngerasa lucu aja melihat tingkah orang yg beli merk h trus merasa udah dapet gengsi tinggi*

Setuju banget bro

Berarti bro sepikiran dengan saya. Dulu waktu bahas New Vios vs New City di sebuah thread (sebelum City baru keluar).
Gw jg pernah mengutarakan pendapat tsb. Dan so far gw pake Vios asik2 aja.
What ever deh dgn image taksi karena mobilnya emang bagus (buktinya ya Best Sedan 1.500cc dari AutoBild), perawatan mudah dan murah.
Well, akhirnya seperti yang kita lihat kalau harga New City tinggi banget. Jadi skrng mau ngga mau pada beli New Vios jg kan hehe... kalau gw liat di bandung belakangan ini Vios udah berkeliaran dimana2.
Maksudnya Vios yg dipakai pribadi ya. New City baru liat 1x aja itu jg ke bengkel gw up-grade velg & ban hehe
