Oli mesin paling pas buat motor
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 637
- Joined: Sat Dec 27, 2008 12:45
- Location: Lamongan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 935
- Joined: Wed Aug 20, 2008 10:42
Re: Oli mesin paling pas buat motor
Itu Vaseline kaleee.....danangms wrote:VALVOLINE itu bukannya merk hand body lotion?
IMHO, pemakaian oli itu cocok2an ama ridernya... yang penting spek oli nya sesuai dengan standar pabrikan saja..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1266
- Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
- Location: 64112
Re: Oli mesin paling pas buat motor
menurut analisa gw (biyuh kayak profesor aja),
bila semua masih orisinil dan belum pernah dibuka mesinnya (buka silinder) sah2 aja make oli encer, tp kalo udah pernah dibuka/dibersihkan mendingan pake oli kental, yg 'mungkin mengurangi perembesan oli lewat seal saat kondisi mesin panas,
bener gak? kalo bener, untung dah, kalo salah, benerin dunk, xe xe xe
bila semua masih orisinil dan belum pernah dibuka mesinnya (buka silinder) sah2 aja make oli encer, tp kalo udah pernah dibuka/dibersihkan mendingan pake oli kental, yg 'mungkin mengurangi perembesan oli lewat seal saat kondisi mesin panas,
bener gak? kalo bener, untung dah, kalo salah, benerin dunk, xe xe xe
...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 637
- Joined: Sat Dec 27, 2008 12:45
- Location: Lamongan
Re: Oli mesin paling pas buat motor
Pengalaman saya di shogun125 yg sudah bongkar silinder head, pake oli SAE15w-40 tidak rembes/bocor/oli habis. soalnya garapnya di bengkel resmi suzuki, jadi nggak ada masalah. mungkin tergantung mekaniknya juga.eNeR wrote:menurut analisa gw (biyuh kayak profesor aja),
bila semua masih orisinil dan belum pernah dibuka mesinnya (buka silinder) sah2 aja make oli encer, tp kalo udah pernah dibuka/dibersihkan mendingan pake oli kental, yg 'mungkin mengurangi perembesan oli lewat seal saat kondisi mesin panas,
bener gak? kalo bener, untung dah, kalo salah, benerin dunk, xe xe xe
Safety First
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
Re: Oli mesin paling pas buat motor
Betul bro. BeRes (Bengkel Resmi) belum tentu beres. Gw pernah alami, malah di bukan BeRes jadi beres. Karena apa? karena mekaniknya ngulik/kreatif.danangms wrote:Pengalaman saya di shogun125 yg sudah bongkar silinder head, pake oli SAE15w-40 tidak rembes/bocor/oli habis. soalnya garapnya di bengkel resmi suzuki, jadi nggak ada masalah. mungkin tergantung mekaniknya juga.eNeR wrote:menurut analisa gw (biyuh kayak profesor aja),
bila semua masih orisinil dan belum pernah dibuka mesinnya (buka silinder) sah2 aja make oli encer, tp kalo udah pernah dibuka/dibersihkan mendingan pake oli kental, yg 'mungkin mengurangi perembesan oli lewat seal saat kondisi mesin panas,
bener gak? kalo bener, untung dah, kalo salah, benerin dunk, xe xe xe
back to topic, oli itu sebaiknya sdh tepat dari pertamanya (dari kendaraan baru). Kadang2 bengkel kasih yang gratisan tapi specnya melenceng.
Coba mesin yg direkomen sae 10w-40 tp dikasih 20w-50 , khan jd berat. setidaknya 20w-40 gt khan. Gw sih pake merk2 yg udah lama aja, semacem Shell, Agip, Caltex, Castrol. Sempat pakai Enduro racing tapi yg 1liter agak susah dicari di dkt2 gw. Trus sempet pakai Conoco eh skrg ngilang.
btw, klo mesin sudah dibongkar, trus hati2 kalau pakai sealer (yg semacam lem, warna orange), itu harus rata, tidak boleh ada yg meleber ke dlm ruang mesin. Krn kalau kering trus hancur, bercampur dng oli, bisa numpuk di filter oli. Kalau filternya banyak yg menyumbat, jadi pelumasan terganggu, kerja mesin jd lebih berat, power loss.
(trims kpd Motoman utk infonya ;-) )
Nano Energizer - (Product of nanoTec International - Korea) dengan nano ceramic technology.
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1266
- Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
- Location: 64112
Re: Oli mesin paling pas buat motor
enduro adanya cuman 1 L, yg 800cc gak hadir disini, meski menurut humas pertamina ada juga yg 800cc
...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 637
- Joined: Sat Dec 27, 2008 12:45
- Location: Lamongan
Re: Oli mesin paling pas buat motor
kok kebalik ya???eNeR wrote:enduro adanya cuman 1 L, yg 800cc gak hadir disini, meski menurut humas pertamina ada juga yg 800cc
kalo didaerahku enduro yang 1 liter gak ada. adanya cuman 800ml
Safety First
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1266
- Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
- Location: 64112
Re: Oli mesin paling pas buat motor
waduuh, aku muter2 ke tiap2 SPBU dan warung oli yg gede, tetep gak nemu, tp kayaknya aku udah jatuh cintrong ama shell vsx, xi xi xi
...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 771
- Joined: Wed Nov 12, 2008 16:57
- Location: tangerang <-> jakarta
Re: Oli mesin paling pas buat motor
mo tanya nih...
kemaren kan motor ane dibawa ke jalanan macet (ampe ga bisa jalan) tapi mesin tetep diidupin
eh makin lama makin keras masukin gigi trus sampe akhirnya ga bisa ganti gi2 sama sekali n kopling berasa ga gigit (biarpun di teken tetep nyelonong)
apa gara2 ane pake oli yama**be gold yg cuma 10-40 yah? soalnya pabriknya nyaranin nya yg 20-40 ato 20-50.
kemaren kan motor ane dibawa ke jalanan macet (ampe ga bisa jalan) tapi mesin tetep diidupin
eh makin lama makin keras masukin gigi trus sampe akhirnya ga bisa ganti gi2 sama sekali n kopling berasa ga gigit (biarpun di teken tetep nyelonong)
apa gara2 ane pake oli yama**be gold yg cuma 10-40 yah? soalnya pabriknya nyaranin nya yg 20-40 ato 20-50.
vroommm..... vroommmmmm..... vroooommmmmmmmm.....................
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1266
- Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
- Location: 64112
Re: Oli mesin paling pas buat motor
kayaknya gak masalah tuh ama SAE-nya, kalo 10w-40 memang cenderung berisik kalo udah panas, tp kalo masalah perseneleng kayaknya setingan perkoplingannya,
...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 225
- Joined: Wed Nov 05, 2008 4:06
Re: Oli mesin paling pas buat motor
Kalau menurut literatur yang aku baca, untuk angka di depan, biasanya untuk di negara yang punya musim dingin, so kalau di Indonesia yang penting huruf belakangnya, tapi ada yang nyaranin, biarpun angka di depan enggak penting tapi katanya makin dekat makin baik, so kalau ada yang 10W-40 dan 5W-40, mending ambil yang 10W-40... mungkin suhu-suhu di sini bisa mengkoreksi...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1266
- Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
- Location: 64112
Re: Oli mesin paling pas buat motor
lho bukannya SAE10 lebih encer dibanding SAE40, trus kalo udah panas kan oli jadi lebih encer... jadi menurut aku pada saat kondisi dingin kekentalannya 40 trus pas panas jadi 10, CMIIW
ngemeng2 pas periksa oli motornya di standar tengah atau ditegakin doank?
ngemeng2 pas periksa oli motornya di standar tengah atau ditegakin doank?
...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Oli mesin paling pas buat motor
sae 10 emang lbh encer dari sae 40. Yg benar adalah saat dingin kekentalannye itu 10, saat panas maksimal itu oli bisa ampe 40. gitu lohh......eNeR wrote:lho bukannya SAE10 lebih encer dibanding SAE40, trus kalo udah panas kan oli jadi lebih encer... jadi menurut aku pada saat kondisi dingin kekentalannya 40 trus pas panas jadi 10, CMIIW
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1266
- Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
- Location: 64112
Re: Oli mesin paling pas buat motor
upss, kebalik, xe xe xe, berarti kalo panas oli tambah kental ya?
...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1266
- Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
- Location: 64112
Re: Oli mesin paling pas buat motor
upss, kebalik, xe xe xe, berarti kalo panas oli tambah kental ya?
...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Oli mesin paling pas buat motor
menurut teorinye sih begitu..........hehehe.........eNeR wrote:upss, kebalik, xe xe xe, berarti kalo panas oli tambah kental ya?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1266
- Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
- Location: 64112
Re: Oli mesin paling pas buat motor
kemarin aku sempet baca tipi (ANTV) untuk bedain oli asli dan palsu secara bodi atau luarnya sulit atau bahkan mereka (tukang servis) tidak bisa bedain mana oli palsu dan oli asli,
yg membedakan cuma ada pada isinya, bila isinya di bawah ada semacam logam2 kecil, berarti oli tsb PALSU
dan para pengoplos atau pemalsu oli rata2 menggunakan kemasan oli asli yg udah dibuang dan dalam keadaan tidak cacat, jd sebaiknya kita memulai dari kita ndiri untuk melakukan perubahan kecil, dengan menggunting logo atau stiker merk oli (sekalian botolnya juga), terus botol bekasnya yg UDAH DIGUNTING dasarnya dikumpulin dulu, bila udah banyak kan bisa di jual ke rongsokan(kan uangnya lumayan, bisa buat nambah beli oli lg)
yg membedakan cuma ada pada isinya, bila isinya di bawah ada semacam logam2 kecil, berarti oli tsb PALSU
dan para pengoplos atau pemalsu oli rata2 menggunakan kemasan oli asli yg udah dibuang dan dalam keadaan tidak cacat, jd sebaiknya kita memulai dari kita ndiri untuk melakukan perubahan kecil, dengan menggunting logo atau stiker merk oli (sekalian botolnya juga), terus botol bekasnya yg UDAH DIGUNTING dasarnya dikumpulin dulu, bila udah banyak kan bisa di jual ke rongsokan(kan uangnya lumayan, bisa buat nambah beli oli lg)
...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Oli mesin paling pas buat motor
selain itu bau oli baru n oli bekas juga beda lohhhh..........eNeR wrote:kemarin aku sempet baca tipi (ANTV) untuk bedain oli asli dan palsu secara bodi atau luarnya sulit atau bahkan mereka (tukang servis) tidak bisa bedain mana oli palsu dan oli asli,
yg membedakan cuma ada pada isinya, bila isinya di bawah ada semacam logam2 kecil, berarti oli tsb PALSU
dan para pengoplos atau pemalsu oli rata2 menggunakan kemasan oli asli yg udah dibuang dan dalam keadaan tidak cacat, jd sebaiknya kita memulai dari kita ndiri untuk melakukan perubahan kecil, dengan menggunting logo atau stiker merk oli (sekalian botolnya juga), terus botol bekasnya yg UDAH DIGUNTING dasarnya dikumpulin dulu, bila udah banyak kan bisa di jual ke rongsokan(kan uangnya lumayan, bisa buat nambah beli oli lg)
kemasan khan ada segelnye, jadi klo mo beli oli baru yg pake kemasan, perhatikan juga segelnya, apakah masih utuh apa kaga........
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1266
- Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
- Location: 64112
Re: Oli mesin paling pas buat motor
segel juga bisa dipalsuin mas, jadinya sekarang aku belinya di toko besar yg udah ada ijin usahanya, ntar kalo ada yg palsu kan bisa diaduin ama pihak yg terkait, gitu...
...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Oli mesin paling pas buat motor
toko besar ato kecil kaga menjamin klo barang yg dijualnya itu asli, yg penting adalah kepercayaan antara penjual ama pembeli. Klo kita yakin yg jual itu jujur n tidak ada masalah dg mesin nt, kemungkinan besar adalah olinya asli.**eNeR wrote:segel juga bisa dipalsuin mas, jadinya sekarang aku belinya di toko besar yg udah ada ijin usahanya, ntar kalo ada yg palsu kan bisa diaduin ama pihak yg terkait, gitu...
** = tergantung juga dg perawatan kendaraan nt.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Oli mesin paling pas buat motor
hmm.. iya2.. meskipun ini sesuatu yg sifatnya tidak konkrit, tp pengaruh bgt...sjamsul wrote:toko besar ato kecil kaga menjamin klo barang yg dijualnya itu asli, yg penting adalah kepercayaan antara penjual ama pembeli. Klo kita yakin yg jual itu jujur n tidak ada masalah dg mesin nt, kemungkinan besar adalah olinya asli.**eNeR wrote:segel juga bisa dipalsuin mas, jadinya sekarang aku belinya di toko besar yg udah ada ijin usahanya, ntar kalo ada yg palsu kan bisa diaduin ama pihak yg terkait, gitu...
** = tergantung juga dg perawatan kendaraan nt.
soalnya ane jg sama seperti pak sjamsul...
Permisii .............................
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1266
- Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
- Location: 64112
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Oli mesin paling pas buat motor
dulu ane pake oli motul 5100 ester di 1995 honda tiger.. grade 15W-50.. trayek motor, jatiwaringin-cikarang hamppir setia hari... ternyta, dinding seher ane lecet karena terlalau encer, mintanya yg 20W-50.. maklum motor tua..
Permisii .............................
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: Oli mesin paling pas buat motor
waduh2 banyak yang kecele nih ama ilmu per-oli-an...sjamsul wrote:sae 10 emang lbh encer dari sae 40. Yg benar adalah saat dingin kekentalannye itu 10, saat panas maksimal itu oli bisa ampe 40. gitu lohh......eNeR wrote:lho bukannya SAE10 lebih encer dibanding SAE40, trus kalo udah panas kan oli jadi lebih encer... jadi menurut aku pada saat kondisi dingin kekentalannya 40 trus pas panas jadi 10, CMIIW
Angka2 pada SAE sebenarnya BUKAN viskositas dan BUKAN buat nunjukin tingkat kekentalan oli tapi karena berhubungan dekat jadinya para pakar jelasinnya pake itu..
Yang bener tingkat kekentalan oli itu namanya viskositas [cSt]..
Emang kalo yang dibilang bener, pasti 10W40 lebih encer dibanding 20W50 misalnya..
karena emang satuan viskositasnya lebih rendah..
tapii tiap oli yang 10W40 dari beda pabrik punya tingkat keenceran masing2 tergantung aditif (sintetis) yang dimasukin ke oli tersebut..
mungkin itu yang perlu dijelasin..
kalo masalah encer kental yang bener makin panas makin encer sekali lagi tergantung aditifnya..
karena semakin panas mesin pemauain logam2 makin besar, jalur relatif lebih sempit..
butuh oli yg ga kental..
bukti lapangan:
BIASANYA orang2 lebih sering disuruh ganti oli pas mesin agak panas, supaya oli lebih encer dan cepet turun..
gitu..
karena motor saya 2 tak, lagi pengen coba oli dari repsol yang transmisionese..
jadi khusus lindungin gearbox ama kopling aja..
tapi mahalll!!! 500cc (1botol) = 45rb..
ga tau skarang dah naik lagi pa kagak..
tapi katanya sih lifetime..
pake shell yang di motor 4tak bagus, tapi dimotor ogud cuma bertahan 1 bulan enak oper giginya..
sisanya (sampe sekarang) berantakan (kasar) dah 3 bulan sjak dimasukin..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 225
- Joined: Wed Nov 05, 2008 4:06
Re: Oli mesin paling pas buat motor
Gw dapat info dari weblog ini nih.... kayaknya bisa di percaya....
http://antoniuswijaya.wordpress.com/200 ... jenis-oli/
http://antoniuswijaya.wordpress.com/200 ... jenis-oli/