serba serbi volvo S40 1st generation
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 165
- Joined: Thu Dec 18, 2008 2:26
serba serbi volvo S40 1st generation
para bro's
bisa minta share pengalaman or info mengenai volvo S40 yg generasi pertama?
keunggulan/kelemahan/biaya dll
thx
bisa minta share pengalaman or info mengenai volvo S40 yg generasi pertama?
keunggulan/kelemahan/biaya dll
thx
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: serba serbi volvo S40 1st generation
enginenya pake 4g93-nya mitsu ya kalo kata wiki?
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 165
- Joined: Thu Dec 18, 2008 2:26
Re: serba serbi volvo S40 1st generation
g pikir cm sasisnya, masa brikut mesin. volvo cm pasang cap ajah, rugi donk harga volvo tp jeroan mitsubhishigmx wrote:enginenya pake 4g93-nya mitsu ya kalo kata wiki?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: serba serbi volvo S40 1st generation
Tergantung tipe mesinnya. Kalo S40 yg 1800cc kayaknya bener pake mesin mitsu 4g93, tapi kalo yg 1900cc turbo (US model) kayaknya pake mesin Volvo B42......tapi memang chassisnya sharing dengan carismayunan wrote:g pikir cm sasisnya, masa brikut mesin. volvo cm pasang cap ajah, rugi donk harga volvo tp jeroan mitsubhishigmx wrote:enginenya pake 4g93-nya mitsu ya kalo kata wiki?
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 165
- Joined: Thu Dec 18, 2008 2:26
Re: serba serbi volvo S40 1st generation
kualitasnya gmn yach bro Risol1, g demen sama volvo karena tidak terlalu ngikutin jaman jadi modelnya lebih awet. lagian baca di web volvo indo klu data tahan mobil2 volvo sangat lama, juga rata2 pemilik volvo memelihara mobilnya mencapai 18.5 tahun; bisa tolong dishare juga?Risol1 wrote:Tergantung tipe mesinnya. Kalo S40 yg 1800cc kayaknya bener pake mesin mitsu 4g93, tapi kalo yg 1900cc turbo (US model) kayaknya pake mesin Volvo B42......tapi memang chassisnya sharing dengan carismayunan wrote:g pikir cm sasisnya, masa brikut mesin. volvo cm pasang cap ajah, rugi donk harga volvo tp jeroan mitsubhishigmx wrote:enginenya pake 4g93-nya mitsu ya kalo kata wiki?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: serba serbi volvo S40 1st generation
Wah saya sih engga pernah punya volvo Om Yunan (paling banter cuma naik atau test drive sebentar), jadi untuk mengetahui detail kualitas long termnya volvo musti ditanyakan langsung ke pengguna.yunan wrote:kualitasnya gmn yach bro Risol1, g demen sama volvo karena tidak terlalu ngikutin jaman jadi modelnya lebih awet. lagian baca di web volvo indo klu data tahan mobil2 volvo sangat lama, juga rata2 pemilik volvo memelihara mobilnya mencapai 18.5 tahun; bisa tolong dishare juga?Risol1 wrote: Tergantung tipe mesinnya. Kalo S40 yg 1800cc kayaknya bener pake mesin mitsu 4g93, tapi kalo yg 1900cc turbo (US model) kayaknya pake mesin Volvo B42......tapi memang chassisnya sharing dengan carisma
IMO, kalo mao beli volvo jangan yg tipe S40 apalagi yg gen 1 karena itu sebenernya mobil mitsu carisma (kaya lancer gitu) berbaju volvo. Chassis sama mesin (yg 1800cc 4cyl) itu semuanya nempel plek punyanya mitsu cuma interior aja yg beda. Yg S40 gen2 keluar thn 2004 udah pake chassisnya ford C1 untuk mobil2 kelas compact (pada waktu itu Volvo udah diakuisisi oleh Ford).
Menurut saya sih kalo mau lebih merasakan genuine mobil volvo (walaupun jaman sekarang engga ada lagi yg namanya "the true volvo" karena udah nyampur teknologi dengan ford dan mazda), mendingan ambil model2 volvo kelas atasnya spt S60, S80, atau XC90 karena model2 tsb udah pake volvo's P2 platform. Kalo engga salah, walaupun platform ini di share juga dengan bbrp model2 Ford, tapi P2 platform ini sebenernya dibangun oleh Volvo. Di sektor mesin jg gitu, contohnya volvo S60 udah pake mesin asli Volvo B52 (5 silinder 2500cc)....begitu pun dengan mesin 6 cyl 3200cc nya jg kebanyakan di developed sama Volvo. Ford cuma nyontek doang
Kalo cuma dari denger2 sih katanya volvo spare partnya lebih mahal dari mobil eropa sekelas dan agak susah nyarinya (kalo part yg slow moving malah musti order).
Hehehe...kalo mao tau ttg volvo sebenernya, ya jangan ambil referensi dari website resminya karena ada kemungkinan bersifat "advertorial". mendingan join aja mailing listnya supaya kira2 tau apa aja penyakitnya dan juga perkiraan biaya2 nya kalo rusak sebelum beli mobilnya.
Tapi susahnya jg kalo join mailing list/forum khusus volvo pasti isinya penggemar semua......hehehe....jadi mobil rewel pun dibilang bagus karena mereka memang hobi volvo, jadi buat mereka berburu parts itu menyenangkan. Lain hal nya kalo buat saya yg cuma pengen pake doang, males ngurusin kalo mobil rewel........nah orang2 kaya saya bisa kejebak kalo cuma denger testimoni dari penggemar2 tsb.......hehehe...just my 2 cents
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 165
- Joined: Thu Dec 18, 2008 2:26
Re: serba serbi volvo S40 1st generation
makasih buat info lengkapnya bung Risol1, bisa jadi pertimbangan buat g mikir2 lagiRisol1 wrote:Wah saya sih engga pernah punya volvo Om Yunan (paling banter cuma naik atau test drive sebentar), jadi untuk mengetahui detail kualitas long termnya volvo musti ditanyakan langsung ke pengguna.yunan wrote:kualitasnya gmn yach bro Risol1, g demen sama volvo karena tidak terlalu ngikutin jaman jadi modelnya lebih awet. lagian baca di web volvo indo klu data tahan mobil2 volvo sangat lama, juga rata2 pemilik volvo memelihara mobilnya mencapai 18.5 tahun; bisa tolong dishare juga?Risol1 wrote: Tergantung tipe mesinnya. Kalo S40 yg 1800cc kayaknya bener pake mesin mitsu 4g93, tapi kalo yg 1900cc turbo (US model) kayaknya pake mesin Volvo B42......tapi memang chassisnya sharing dengan carisma
IMO, kalo mao beli volvo jangan yg tipe S40 apalagi yg gen 1 karena itu sebenernya mobil mitsu carisma (kaya lancer gitu) berbaju volvo. Chassis sama mesin (yg 1800cc 4cyl) itu semuanya nempel plek punyanya mitsu cuma interior aja yg beda. Yg S40 gen2 keluar thn 2004 udah pake chassisnya ford C1 untuk mobil2 kelas compact (pada waktu itu Volvo udah diakuisisi oleh Ford).
Menurut saya sih kalo mau lebih merasakan genuine mobil volvo (walaupun jaman sekarang engga ada lagi yg namanya "the true volvo" karena udah nyampur teknologi dengan ford dan mazda), mendingan ambil model2 volvo kelas atasnya spt S60, S80, atau XC90 karena model2 tsb udah pake volvo's P2 platform. Kalo engga salah, walaupun platform ini di share juga dengan bbrp model2 Ford, tapi P2 platform ini sebenernya dibangun oleh Volvo. Di sektor mesin jg gitu, contohnya volvo S60 udah pake mesin asli Volvo B52 (5 silinder 2500cc)....begitu pun dengan mesin 6 cyl 3200cc nya jg kebanyakan di developed sama Volvo. Ford cuma nyontek doang
Kalo cuma dari denger2 sih katanya volvo spare partnya lebih mahal dari mobil eropa sekelas dan agak susah nyarinya (kalo part yg slow moving malah musti order).
Hehehe...kalo mao tau ttg volvo sebenernya, ya jangan ambil referensi dari website resminya karena ada kemungkinan bersifat "advertorial". mendingan join aja mailing listnya supaya kira2 tau apa aja penyakitnya dan juga perkiraan biaya2 nya kalo rusak sebelum beli mobilnya.
Tapi susahnya jg kalo join mailing list/forum khusus volvo pasti isinya penggemar semua......hehehe....jadi mobil rewel pun dibilang bagus karena mereka memang hobi volvo, jadi buat mereka berburu parts itu menyenangkan. Lain hal nya kalo buat saya yg cuma pengen pake doang, males ngurusin kalo mobil rewel........nah orang2 kaya saya bisa kejebak kalo cuma denger testimoni dari penggemar2 tsb.......hehehe...just my 2 cents
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: serba serbi volvo S40 1st generation
Volvo S40 yg chasis Ford 2000 cc turbo pernah pinjam, kenceng juga ya, walau 200 kpj masih stabil. Kalau aja ada bengkel resmi di Jakarta Timur, aku tadinya mau ambil (yg bekas khan cuma cepekan). Kalau bengkel biasa sih ada cuma, yah gitulah, maunya beres aja.
Itu mobil MY 2000 tapi jok kulitnya masih kayak baru. Kalau pas buka pintu, harum banget.
Itu mobil MY 2000 tapi jok kulitnya masih kayak baru. Kalau pas buka pintu, harum banget.
Ready to Race
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 165
- Joined: Thu Dec 18, 2008 2:26
Re: serba serbi volvo S40 1st generation
itu g suka dari volvo bro Asudarsono: speed, safety, fitur ok semua ditambah everlast styleasudarsono wrote:Volvo S40 yg chasis Ford 2000 cc turbo pernah pinjam, kenceng juga ya, walau 200 kpj masih stabil. Kalau aja ada bengkel resmi di Jakarta Timur, aku tadinya mau ambil (yg bekas khan cuma cepekan). Kalau bengkel biasa sih ada cuma, yah gitulah, maunya beres aja.
Itu mobil MY 2000 tapi jok kulitnya masih kayak baru. Kalau pas buka pintu, harum banget.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: serba serbi volvo S40 1st generation
emang sih volvo terkenal karena safetynya, tapi kalo jaman sekarang kayaknya safety semua mobil rasanya hampir2 sama ya tergantung fitur2 safetynya aja......kalo udah tabrakan, yg penting sebenernya adalah adanya fitur2 passive safety yg dikasi sama pabrikan misalnya crumple zone, berbagai macam airbags, dll.....
nih contohnya, volvo lama seri 940 (sama kaya 960 disini) yg moncongnya panjang diadu dengan mini MPV Renault yg bodinya jauh lebih kecil dengan moncong yg jauh lebih pendek tapi punya passive safety yg lebih bagus dari volvo jadul tsb:
Diadu head on collision di kec 130kpj
http://www.youtube.com/watch?v=qBDyeWofcLY
nih contohnya, volvo lama seri 940 (sama kaya 960 disini) yg moncongnya panjang diadu dengan mini MPV Renault yg bodinya jauh lebih kecil dengan moncong yg jauh lebih pendek tapi punya passive safety yg lebih bagus dari volvo jadul tsb:
Diadu head on collision di kec 130kpj
http://www.youtube.com/watch?v=qBDyeWofcLY
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: serba serbi volvo S40 1st generation
Komentar yang menyertai videonya adalah "Where are you better off in a head-on crash? A modern-day 5* Euro NCAP car, or an old banger that's built like a tank?". Makanya emang mobil jaman sekarang jauh lebih aman dari mobil yang udah berusia 20 tahun. Mobil Volvo yang modern juga safetynya mengikuti perkembangan jaman.
Kalau 940 sih emang "monster tank" tapi kalau diadu ke Renault yg dibuat sebelum Megane bisa berbeda hasilnya. Megane ini pelopor mobil aman modern yg ramah lingkungan, sayangnya nggak gitu laku di Indonesia ya.
Volvo S40 yang dites NCAP pada tahun 1997 memperoleh 4 bintang untuk org di dalam mobilnya dan 2 bintang untuk pejalan kaki.
http://www.euroncap.com/tests/volvo_s40_1997/5.aspx
Kalau 940 sih emang "monster tank" tapi kalau diadu ke Renault yg dibuat sebelum Megane bisa berbeda hasilnya. Megane ini pelopor mobil aman modern yg ramah lingkungan, sayangnya nggak gitu laku di Indonesia ya.
Volvo S40 yang dites NCAP pada tahun 1997 memperoleh 4 bintang untuk org di dalam mobilnya dan 2 bintang untuk pejalan kaki.
http://www.euroncap.com/tests/volvo_s40_1997/5.aspx
Ready to Race
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 165
- Joined: Thu Dec 18, 2008 2:26
Re: serba serbi volvo S40 1st generation
betul bro, cuman volvo jadul buat g ttp ada inner beautynya temen g ada volvo 740 turbo angkatan 90 full orisinil, g liat interiornya masih mulus trus space lega cuman ajah emang exteriornya boxy bgtRisol1 wrote:emang sih volvo terkenal karena safetynya, tapi kalo jaman sekarang kayaknya safety semua mobil rasanya hampir2 sama ya tergantung fitur2 safetynya aja......kalo udah tabrakan, yg penting sebenernya adalah adanya fitur2 passive safety yg dikasi sama pabrikan misalnya crumple zone, berbagai macam airbags, dll.....
nih contohnya, volvo lama seri 940 (sama kaya 960 disini) yg moncongnya panjang diadu dengan mini MPV Renault yg bodinya jauh lebih kecil dengan moncong yg jauh lebih pendek tapi punya passive safety yg lebih bagus dari volvo jadul tsb:
Diadu head on collision di kec 130kpj
http://www.youtube.com/watch?v=qBDyeWofcLY
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 165
- Joined: Thu Dec 18, 2008 2:26
Re: serba serbi volvo S40 1st generation
betul bro, di sini fitur safety blm jadi pertimbangan calon konsumen untuk beli mobil buruannya. kali karena UU permobilan jg kurang mendukung mobil dgn fitur safety, emisi, konsumsi BBM.asudarsono wrote:Komentar yang menyertai videonya adalah "Where are you better off in a head-on crash? A modern-day 5* Euro NCAP car, or an old banger that's built like a tank?". Makanya emang mobil jaman sekarang jauh lebih aman dari mobil yang udah berusia 20 tahun. Mobil Volvo yang modern juga safetynya mengikuti perkembangan jaman.
Kalau 940 sih emang "monster tank" tapi kalau diadu ke Renault yg dibuat sebelum Megane bisa berbeda hasilnya. Megane ini pelopor mobil aman modern yg ramah lingkungan, sayangnya nggak gitu laku di Indonesia ya.
Volvo S40 yang dites NCAP pada tahun 1997 memperoleh 4 bintang untuk org di dalam mobilnya dan 2 bintang untuk pejalan kaki.
http://www.euroncap.com/tests/volvo_s40_1997/5.aspx