share captiva

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Leonhearts
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Thu Jun 07, 2007 1:45
Location: MEDAN - JAKARTA - MEDAN

Re: share captiva

Post by Leonhearts »

Update fc captiva a/t 2.4, Oli saya ganti ke mobil1 super 10w-40 tarikan maknyus dibanding oli total quartz 10w-40 yang biasa dikasi oleh dealer, saya isi full pertamax 65 liter mendapatkan 412km dan strip bensin sudah tinggal 1/2 kebawah saya isi full 55.3 liter dan fcnya 1:7.45 lebih irit dibanding oli total quartz yang biasa hanya 1:6-7 saja.

Dan saya baru kerasa bahwa jika strip bensin sudah tinggal 3 strip lagi cepat sekali turun stripnya, kemarin dari strip 3 paling bawah ke 1/2 strip lagi hanya menempuh jarak 33 km, boros sekali.
Saatnya konsumer lebih kritis.....beli sesuai dengan hati nurani...biarpun bermerek tapi mahal tidak sesuai harga.....dan jangan pernah dibohongin dengan alasan2 yang aneh lagi.....go konsumer Indonesia
gilbertutama
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Sat Jul 19, 2008 16:22

Re: share captiva

Post by gilbertutama »

Bro, kalau bar pada spedo tidak melulu menunjukkan vol bahan bakar pada tangki. kebetulan kemarin saya ada buka tangki ipah, secara fuel / diesel pump yang didalam tangki menyatu dengan pelampung penunjuk vol bensin , saya coba gerakan manual di luar tanki dgn posisi kunci "on" saya gerakan pelampung pelahan 1/4 kapasitas petunjuk pada spedo naik perlahan dan kemudian saya naikan full dengan cepat petunjuk pada spedo tdk serta merta naik dgn cepat tetap aja perlahan juga.
kemudian pelampung saya lepas , kembali keposisi nol ( dibawah ) , petunjuk pada spedo juga tetap pada pos full.
Nah kalo saya boleh simpulkan bar pada spedo yang menunjukkan 1/2 . 1/4 atau apapun tidak memastikan vol juga 1/2 , 1/4 kapasitas tangki. mungkin pada posisi reserve lebih akurat ( pada saat indikator lampu kedap kedip nyala ) berarti bro2 sekalian kudu siap2 narik dompet keluari , BCA card , kartu flash atau apapun buat disodorin petugas SPBU heheheh.

Bagi yang masih belum beli dan akan beli ada program baru neh
cicilan bunga nol persen dan service gratis bukan cuma 2 kali tapi 6 kali
bener neh bro .............
1 tahun ............... 0 %
2 tahun ............... 6 %
3 tahun ............... 7 %
4 tahun ............... 8 %
5 tahun ............... 9 %

Free Service 7500 km , 15.000 km , 22.500 km , 30.000 km , 37.500 km
45.000 km just for ctv diesel or bensin.
User avatar
penyubali
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 621
Joined: Fri Jun 20, 2008 11:24

Re: share captiva

Post by penyubali »

@ Leonhearts and all
Bro kemarin head mechanic bengkel telpon dan ngabarin kalo installation guide utk MID sdh keluar dan partsnya sdh bisa diorder neh. Jadi confirm hanya 2 fitur yg bisa diaktifkan utk sementara ini yaitu FC dan Digital Compas. Nanti kalo parts utk A/C Climate Control sdh masuk maka fitur lainnya jg otomatis akan bisa aktif. Gw kemaren ditawarkan utk pesen partsnya, harganya mahal sekali Rp. 2.7 juta utk unit MID nya saja. Gimana bro berminat?hehehe...
O ya utk cruise control sekarang lagi di test jg jd kita bisa expect (berdasarkan pengalaman sebelumnya) bakal bisa hadir sebentar lagi...
User avatar
penyubali
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 621
Joined: Fri Jun 20, 2008 11:24

Re: share captiva

Post by penyubali »

@ Gilbert
Wah yg program 1 tahun itu bener2 worth it bro!!! trus dapet service dan parts gratis 6 kali ato service aja neh? Gimana bro Gilbert ga bungkus neh??? hehehehe
User avatar
penyubali
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 621
Joined: Fri Jun 20, 2008 11:24

Re: share captiva

Post by penyubali »

@ roadtrain
Bro kemaren gw utk pertama kalinya bawa Ctv gw ke luar kota dimana gw ketemu jalan baru yg lebar mulus dan lurus (Jalan Bypass ke arah Candidasa Padangbai), maklum deh di Bali jarang banget ketemu kondisi jalan yg kaya gini. Kemaren dpt top speed 150km/ jam dan masih sangat stabil cuman ada sedikit wind noise yg cukup mengganggu. Gw coba setir dgn kecepatan konstan 110km dan rpm di 2000 kurang dan FC yg tercatat keliatanannya jauh lbh irit dr biasanya. Gw jalan 200km jarum fuel meter cuman turun 1 strip dr F. Kayanya ini sdh pasti di atas 1:10 deh. Kayanya ini harus segera pasang MID biar bisa dapet perhitungan yg lebih akurat neh....hehehe...

Menurut gw untuk Ctv velg 20 itu masih ok banget bro dan ga bikin boros bgt kok soalnya gw bandingin dgn Ctv Centennial edition yg pake velg 18 overall diameternya ga beda jauh (secara kasat mata aja).
stingray1
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Fri Dec 07, 2007 1:05

Re: share captiva

Post by stingray1 »

Ini dapet link calculator tire size: http://www.1010tires.com/TireSizeCalculator.asp

Tapi saya blom praktekkan dg itungan FC gitu sih.
Leonhearts
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Thu Jun 07, 2007 1:45
Location: MEDAN - JAKARTA - MEDAN

Re: share captiva

Post by Leonhearts »

Serius bro MID dah bisa pasang, first to order nih,,,, tapi dulu kata head mekanik sini hanya bisa suhu luar dan kompas digital,, mana yang benar,, Cruise control juga bisa ya,,, bravo captiva deh....
Saatnya konsumer lebih kritis.....beli sesuai dengan hati nurani...biarpun bermerek tapi mahal tidak sesuai harga.....dan jangan pernah dibohongin dengan alasan2 yang aneh lagi.....go konsumer Indonesia
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Re: share captiva

Post by piterr »

Leonhearts wrote:Update fc captiva a/t 2.4, Oli saya ganti ke mobil1 super 10w-40 tarikan maknyus dibanding oli total quartz 10w-40 yang biasa dikasi oleh dealer, saya isi full pertamax 65 liter mendapatkan 412km dan strip bensin sudah tinggal 1/2 kebawah saya isi full 55.3 liter dan fcnya 1:7.45 lebih irit dibanding oli total quartz yang biasa hanya 1:6-7 saja.

Dan saya baru kerasa bahwa jika strip bensin sudah tinggal 3 strip lagi cepat sekali turun stripnya, kemarin dari strip 3 paling bawah ke 1/2 strip lagi hanya menempuh jarak 33 km, boros sekali.
coba diganti pake Caltex havoline Energy 5w30 bro...... lebih ngirit dan maknyussss larinya..... harga juga gak mahal.... 80rb per liter.... kalo tidak mau terlalu encer.... coba pake oli nya nissan xtrail/livina/serena/teana, buatan idemitsu 10w30..... enak juga di mesin...... saya udah coba di escape dan suzuki sx4 serta swift, beda banget ketimbang mobil 10w40
User avatar
penyubali
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 621
Joined: Fri Jun 20, 2008 11:24

Re: share captiva

Post by penyubali »

stingray1 wrote:Ini dapet link calculator tire size: http://www.1010tires.com/TireSizeCalculator.asp

Tapi saya blom praktekkan dg itungan FC gitu sih.
Thanks bro stingray, useful banget neh at least kita tau beda standar ama yg ga.. :frm_tumbright:
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: share captiva

Post by roadtrain99 »

gilbertutama wrote:Bro, kalau bar pada spedo tidak melulu menunjukkan vol bahan bakar pada tangki...
spertinya tiap mobil, reaksi jarum fuel meter berbeda. Seinget gw, pd honda jika baru isi dan switch on lsg naik cepat. Pd ctv sewkt yg terakhir isi bio solar, dgn mesin tetep hidup, jarum fuel meter merangkak naik sesuai solar yg masuk.
Test nya ga perlu buka tanki, klo ga mo idup mesin, ignition nya di on. Utk solar masih aman, tapi kalo bensin mending jgn.
Kalopun pas isi solar mesin/ignition off, sewaktu switch on, fuel mtr ctv lumayan cepat naik.

Kt Leonhearts ada bener nya, klo 3 strip menjelang "E", agak cepet turun. Gw juga pernah perhatiin, jika isi full, agak lama turun (mungkin pelampung nya masih di atas). Namun setelah lewat garis F sedikit, nah baru deh, mulai agak lincah turun nya hehehe..

Pernah test *mungkin* hampir kosong, krn isi dpt 65.17ltr sampe bibir (pernah diulas seblmnya). Lampu Fuel nyala 1 strip sebelum "E", pertanda sisa 5ltr. Dikalikan FC, klo bensin mungkin kuat sekitar 30km, klo diesel sekitar 45km, tergantung sikon jalan.
gilbertutama wrote:Free Service 7500 km , 15.000 km , 22.500 km , 30.000 km , 37.500 km 45.000 km just for ctv diesel or bensin.
wah, yg bener? ga fair nih gm hahaha...kita2 yg udah dulu dpt cuma 2x free.
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: share captiva

Post by roadtrain99 »

penyubali wrote:@ roadtrain
Bro kemaren gw utk pertama kalinya bawa Ctv gw ke luar kota dimana gw ketemu jalan baru yg lebar mulus dan lurus (Jalan Bypass ke arah Candidasa Padangbai), Kayanya ini harus segera pasang MID biar bisa dapet perhitungan yg lebih akurat neh....hehehe...

Menurut gw untuk Ctv velg 20 itu masih ok banget bro dan ga bikin boros bgt kok soalnya gw bandingin dgn Ctv Centennial edition yg pake velg 18 overall diameternya ga beda jauh (secara kasat mata aja).
hehehe, udah test ngebut ya. Betul, wind noise nya terdengar, utk gw kadar noise nya belum menggangu, klo pasang cd/ipod masih bisa ditutup. Oleh krn itu mungkin klo pasang peredam lebih enak. Tp gw agak curiga klo masuk dari karet jendela.
Stabil nya agak lumayan, tapi sayang damper shock nya ctv agak keras, jadi terasa sedikit bouncy pd hi speed dan jalan bergelombang.

Kira2 lebih akurat MID atau rumus manual FC odo Nol isi full, jalan 3hari, isi kembali, lalu KM/liter?

ya betul, klo gw bandingin fc velg 20 dgn 16 yg hampir sama kira2 1:9, cuma akuratnya ga yakin. Diameter keseluruhan yg hampir sama banget yaitu antara 18/55 dan 16/70.
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: share captiva

Post by roadtrain99 »

piterr wrote:.... kalo tidak mau terlalu encer.... coba pake oli nya nissan xtrail/livina/serena/teana, buatan idemitsu 10w30..... enak juga di mesin...... saya udah coba di escape dan suzuki sx4 serta swift, beda banget ketimbang mobil 10w40
idemitsu utk nissan bukannya 10w-40? rata2 oli2 std pk 10w-40
klo 10w30, ambience nya cocok sampe 30, sedangkan indo kadang2 bisa 40.
JumaiLa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 268
Joined: Thu Jan 01, 2009 15:31

Re: share captiva

Post by JumaiLa »

roadtrain99 wrote:
penyubali wrote:@ roadtrain
Bro kemaren gw utk pertama kalinya bawa Ctv gw ke luar kota dimana gw ketemu jalan baru yg lebar mulus dan lurus (Jalan Bypass ke arah Candidasa Padangbai), Kayanya ini harus segera pasang MID biar bisa dapet perhitungan yg lebih akurat neh....hehehe...

Menurut gw untuk Ctv velg 20 itu masih ok banget bro dan ga bikin boros bgt kok soalnya gw bandingin dgn Ctv Centennial edition yg pake velg 18 overall diameternya ga beda jauh (secara kasat mata aja).
hehehe, udah test ngebut ya. Betul, wind noise nya terdengar, utk gw kadar noise nya belum menggangu, klo pasang cd/ipod masih bisa ditutup. Oleh krn itu mungkin klo pasang peredam lebih enak. Tp gw agak curiga klo masuk dari karet jendela.
Stabil nya agak lumayan, tapi sayang damper shock nya ctv agak keras, jadi terasa sedikit bouncy pd hi speed dan jalan bergelombang.

Kira2 lebih akurat MID atau rumus manual FC odo Nol isi full, jalan 3hari, isi kembali, lalu KM/liter?

ya betul, klo gw bandingin fc velg 20 dgn 16 yg hampir sama kira2 1:9, cuma akuratnya ga yakin. Diameter keseluruhan yg hampir sama banget yaitu antara 18/55 dan 16/70.
lbh tepat itum manual bos isi full ampe di bibir tangki, jalan sejauh berapa ratus, misnya 300KM, isi lg ampe bibir tangki, dptnya berapa? misnya 30liter masuk maka 300/30 = 10KM/Liter

Kalau mid bisa salah 1-2Liter
JumaiLa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 268
Joined: Thu Jan 01, 2009 15:31

Re: share captiva

Post by JumaiLa »

roadtrain99 wrote:
piterr wrote:.... kalo tidak mau terlalu encer.... coba pake oli nya nissan xtrail/livina/serena/teana, buatan idemitsu 10w30..... enak juga di mesin...... saya udah coba di escape dan suzuki sx4 serta swift, beda banget ketimbang mobil 10w40
idemitsu utk nissan bukannya 10w-40? rata2 oli2 std pk 10w-40
klo 10w30, ambience nya cocok sampe 30, sedangkan indo kadang2 bisa 40.
gak bos 10w-30, kemarn saya masukin nissan infinity saya ke bengkel nissan roxy, di kasih standard nissan 10w-30
JumaiLa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 268
Joined: Thu Jan 01, 2009 15:31

Re: share captiva

Post by JumaiLa »

duh captiva aye lum keluar2 hiks2 blum bisa bejet gas nih, dah napsu mau bejet gas ke bandung, naek turun tol banduk, kliuk kiri ke kanan

en mau belajar bawa hemat matic, dapat info caranya:
gas di urut pelan2 seperti mengambil kepe**wanan :big_slap:
teken ampe ampir nyentuh 2000rpm, lepasin biarin jalan sendiri, kalo udah mulai turun gasnya di urut lg ampe ampir 2000rpm
target bisa bawa captiva vcd-i di dalkot 1:15, lukot 1:20(rencana konstan di 2000rpm)

napsu terpendam tp apa daya lum bisa di lakasanain coz lum dpt stnknya :ungg:
gilbertutama
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Sat Jul 19, 2008 16:22

Re: share captiva

Post by gilbertutama »

JumaiLa wrote:

en mau belajar bawa hemat matic, dapat info caranya:
gas di urut pelan2 seperti mengambil kepe**wanan :big_slap:
teken ampe ampir nyentuh 2000rpm, lepasin biarin jalan sendiri, kalo udah mulai turun gasnya di urut lg ampe ampir 2000rpm
target bisa bawa captiva vcd-i di dalkot 1:15, lukot 1:20(rencana konstan di 2000rpm)

:ungg:

haha seep bro........... tapi kapan nyampenya ke bandung.....
gilbertutama
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Sat Jul 19, 2008 16:22

Re: share captiva

Post by gilbertutama »

@ roadtrain

sorry bro diralat......... ini akibat mis information ama neng ririn
kalo yang sampe 45.000 km itu untuk semua chevy diluar ctv.
JumaiLa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 268
Joined: Thu Jan 01, 2009 15:31

Re: share captiva

Post by JumaiLa »

gilbertutama wrote:
JumaiLa wrote:

en mau belajar bawa hemat matic, dapat info caranya:
gas di urut pelan2 seperti mengambil kepe**wanan :big_slap:
teken ampe ampir nyentuh 2000rpm, lepasin biarin jalan sendiri, kalo udah mulai turun gasnya di urut lg ampe ampir 2000rpm
target bisa bawa captiva vcd-i di dalkot 1:15, lukot 1:20(rencana konstan di 2000rpm)

:ungg:

haha seep bro........... tapi kapan nyampenya ke bandung.....
bisa 3 jam kali.... :ungg:
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: share captiva

Post by roadtrain99 »

@gilbert
wehehe saking kesengsem ama neng ririn, sampe misinformed gitu ya hahaha..gimana tuh ada kelanjutan dgn neng ririn..atau suara nya menipu? hehehe...

eh, btw pembeli ctv yg sebelumnya, dpt free service sampe 6x jg ga?
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: share captiva

Post by roadtrain99 »

JumaiLa wrote: lbh tepat itum manual bos isi full ampe di bibir tangki, jalan sejauh berapa ratus, misnya 300KM, isi lg ampe bibir tangki, dptnya berapa? misnya 30liter masuk maka 300/30 = 10KM/Liter

Kalau mid bisa salah 1-2Liter
berarti FC yg gw itung selama ini dgn manual, lumayan akurat. Tapi lo tau dari mana mid bisa beda 1-2ltr?
JumaiLa wrote: gak bos 10w-30, kemarn saya masukin nissan infinity saya ke bengkel nissan roxy, di kasih standard nissan 10w-30
oo..seinget gw, xtrail di dealer nya bisa pilih, ada oil HP produk indomobil gitulah katanya, atau castrol. beda dealer beda oli kali ya.
wah, nyentrik tuh nissan roxy..jarang2 di indo pk 10w-30 secara iklimnya panas.
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: share captiva

Post by roadtrain99 »

JumaiLa wrote:en mau belajar bawa hemat matic, dapat info caranya:
gas di urut pelan2 seperti mengambil kepe**wanan :big_slap:
teken ampe ampir nyentuh 2000rpm, lepasin biarin jalan sendiri, kalo udah mulai turun gasnya di urut lg ampe ampir 2000rpm
target bisa bawa captiva vcd-i di dalkot 1:15, lukot 1:20(rencana konstan di 2000rpm)
klo gas diurut pelan itu mah bisa utk a/t dan m/t heheheh...

utk a/t klo bolak balik di kedut gitu gas nya, percuma jum, sebab jadinya malah ngebuang bbm antara jeda rpm bawah ke putaran yg bertorsi. Lebih baik tetep konstan.
Klo ada mid dan cruise control, pasti terlihat konstan nya computer ngegas mobil kita.

kayaknya setiap mobil matic kalo lepas gas pasti lsg turun rpmnya. klo m/t lepas gas, rpm nya ga sejatuh a/t.

target sih boleh 1:15, rasanya sulit dgn kondisi bbm, polusi udara dan skon traffic kita. 1:12 aja itu ukuran pabrik nya di korea sana, bbm Luar dan skon traffic beda, udara lebih bersih.
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: share captiva

Post by roadtrain99 »

sekedar pendapat soal FC

pas gw isi bio solar pertama kali nya dpt 1:10 (masih jarang jalan, jika jalan jarang ketemu macet). Lalu isi pertadex dan shell diesel malah turun jadi 1:9.5an (udah agak sering dipake, dan udah bermacet2 ria). Kembali isi bio solar dpt 1:9 (sering jalan dan sering macet).
Gaya nyetir hampir sama, ada eco maupun betot style.

Klo diliat, berarti solar kita masih okelah secara ctv msh dpt 1:9 dgn bio dan keadaan macet2an. Berarti penyebab utama nya yaitu kemacetan traffic ini yg bikin boros.

bagaimana teman2?
JumaiLa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 268
Joined: Thu Jan 01, 2009 15:31

Re: share captiva

Post by JumaiLa »

roadtrain99 wrote:sekedar pendapat soal FC

pas gw isi bio solar pertama kali nya dpt 1:10 (masih jarang jalan, jika jalan jarang ketemu macet). Lalu isi pertadex dan shell diesel malah turun jadi 1:9.5an (udah agak sering dipake, dan udah bermacet2 ria). Kembali isi bio solar dpt 1:9 (sering jalan dan sering macet).
Gaya nyetir hampir sama, ada eco maupun betot style.

Klo diliat, berarti solar kita masih okelah secara ctv msh dpt 1:9 dgn bio dan keadaan macet2an. Berarti penyebab utama nya yaitu kemacetan traffic ini yg bikin boros.

bagaimana teman2?
bukan cmn masalah di FCnya dari bbm kita bos, tp jangka panjangnya ke mesin captivanya hehehe...
User avatar
arisbudiarto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Fri May 16, 2008 2:46
Location: Depok

Re: share captiva

Post by arisbudiarto »

Kemarin Chaverolet datang ke kantor BLB dalam rangka uji coba armada taksi. Dibawa juga Captiva bensin dan diesel, sambil lihat-lihat saya iseng tanya pengemudinya katanya lebih sering FC 1:9 isi pertamax. Kadang memang bisa dapet 1:10.
Regards,
a.budiarto
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Re: share captiva

Post by piterr »

roadtrain99 wrote:
piterr wrote:.... kalo tidak mau terlalu encer.... coba pake oli nya nissan xtrail/livina/serena/teana, buatan idemitsu 10w30..... enak juga di mesin...... saya udah coba di escape dan suzuki sx4 serta swift, beda banget ketimbang mobil 10w40
idemitsu utk nissan bukannya 10w-40? rata2 oli2 std pk 10w-40
klo 10w30, ambience nya cocok sampe 30, sedangkan indo kadang2 bisa 40.
nissan pakai idemitsu 10w30 yang di rebadge NISSAN oil, buat kendaraan2 bermesin injeksi nya, mulai livina sampai Teana pakai oli ini, kalo Terano pakai yang 15w40......