
Kalu atoz mesinnya udah HLA atau SHIM blum ya?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
bro, kalau bunyi tek tek sudah mulai terdengar, tp msh halus belum kenceng bener...paddock wrote:Altis ga perlu stel klep.Perlunya ganti SHIM bila kilometer dah diatas 100 rebu atau bunyi tek tek.
Klo ganti oli enaknya tune up dulu baru ganti oli.Tpi sama aja sih.Enaknya bro aja deh.
Klo engine flush itu gunanya menguras oli lama di mesin.Biasanya dipake bengkel2 klo customer pindah jenis kekentalan oli.Misal dari 20-50 ke 10-40.saya sendiri belum pernah pake hehe.
Untuk mobil dah SHIM and HLA disarankan pake 10-40 agar awet HLAnya.
Langkah2 tune up setidaknya mencakup yang saya tulis di awal
Naek motor dunkz,.Pinjem motor anaknya dulu,.hehey_anjasrana wrote:Wah, utk bisa tuneup sendiri musti punya compressor ya. Weleh.. Kalu musti bawa filter, dll ke tukang tambal ban dulu repot dunk. Lagipula bawanya pake apaan, khan mobilnya lagi dibongkar...![]()
Kalu atoz mesinnya udah HLA atau SHIM blum ya?
Klo anak STEI bikin konsultasi "Cara bikin web and Hacker yang baek hehe"datsu wrote:dasar anak mesin bikin thread konsultasi.. wakakaka...
Hape gue ga ada kameranya bro hehe,.Camdig juga dipegang bokap di luar kota.Maklum anak rantau heheavansa wrote:Good Bro..lebih good lagi kalau di sertai gambar,biar ane yang rada rada lola (loginya lambat) rada cerah wekeke.
Bro Anjas bawa air filternya pakai mobil yang satunya trus balik,bongkar mobil satunya lagi bawa sama mobil yang filternya udah di semprot..kalau ready kompresor di rumah,sekalian bikin jasa semprot air filter sama tambal ban![]()
Ga ada pilihan laen selain ganti HLA atau SHIMnescafe wrote:bro, kalau bunyi tek tek sudah mulai terdengar, tp msh halus belum kenceng bener...paddock wrote:Altis ga perlu stel klep.Perlunya ganti SHIM bila kilometer dah diatas 100 rebu atau bunyi tek tek.
Klo ganti oli enaknya tune up dulu baru ganti oli.Tpi sama aja sih.Enaknya bro aja deh.
Klo engine flush itu gunanya menguras oli lama di mesin.Biasanya dipake bengkel2 klo customer pindah jenis kekentalan oli.Misal dari 20-50 ke 10-40.saya sendiri belum pernah pake hehe.
Untuk mobil dah SHIM and HLA disarankan pake 10-40 agar awet HLAnya.
Langkah2 tune up setidaknya mencakup yang saya tulis di awal
tindakannya yg bisa dilakukan apa aja bro?
Nah nemu deh gambarnya..untuk urusan bersih bersih air filterpaddock wrote:Hape gue ga ada kameranya bro hehe,.Camdig juga dipegang bokap di luar kota.Maklum anak rantau heheavansa wrote:Good Bro..lebih good lagi kalau di sertai gambar,biar ane yang rada rada lola (loginya lambat) rada cerah wekeke.
Bro Anjas bawa air filternya pakai mobil yang satunya trus balik,bongkar mobil satunya lagi bawa sama mobil yang filternya udah di semprot..kalau ready kompresor di rumah,sekalian bikin jasa semprot air filter sama tambal ban![]()
nescafe wrote:bro, kalau bunyi tek tek sudah mulai terdengar, tp msh halus belum kenceng bener...paddock wrote:Altis ga perlu stel klep.Perlunya ganti SHIM bila kilometer dah diatas 100 rebu atau bunyi tek tek.
Klo ganti oli enaknya tune up dulu baru ganti oli.Tpi sama aja sih.Enaknya bro aja deh.
Klo engine flush itu gunanya menguras oli lama di mesin.Biasanya dipake bengkel2 klo customer pindah jenis kekentalan oli.Misal dari 20-50 ke 10-40.saya sendiri belum pernah pake hehe.
Untuk mobil dah SHIM and HLA disarankan pake 10-40 agar awet HLAnya.
Langkah2 tune up setidaknya mencakup yang saya tulis di awal
tindakannya yg bisa dilakukan apa aja bro?
Gak usah keburu di ganti shim/hlanya.nescafe wrote:bro, kalau bunyi tek tek sudah mulai terdengar, tp msh halus belum kenceng bener...paddock wrote:Altis ga perlu stel klep.Perlunya ganti SHIM bila kilometer dah diatas 100 rebu atau bunyi tek tek.
Klo ganti oli enaknya tune up dulu baru ganti oli.Tpi sama aja sih.Enaknya bro aja deh.
Klo engine flush itu gunanya menguras oli lama di mesin.Biasanya dipake bengkel2 klo customer pindah jenis kekentalan oli.Misal dari 20-50 ke 10-40.saya sendiri belum pernah pake hehe.
Untuk mobil dah SHIM and HLA disarankan pake 10-40 agar awet HLAnya.
Langkah2 tune up setidaknya mencakup yang saya tulis di awal
tindakannya yg bisa dilakukan apa aja bro?
Terima kasih mas Mozawa telah memberi opsi laen,namun ada yang saya harus correct pernyataan bung MozawaMozawa wrote:nescafe wrote:bro, kalau bunyi tek tek sudah mulai terdengar, tp msh halus belum kenceng bener...paddock wrote:Altis ga perlu stel klep.Perlunya ganti SHIM bila kilometer dah diatas 100 rebu atau bunyi tek tek.
Klo ganti oli enaknya tune up dulu baru ganti oli.Tpi sama aja sih.Enaknya bro aja deh.
Klo engine flush itu gunanya menguras oli lama di mesin.Biasanya dipake bengkel2 klo customer pindah jenis kekentalan oli.Misal dari 20-50 ke 10-40.saya sendiri belum pernah pake hehe.
Untuk mobil dah SHIM and HLA disarankan pake 10-40 agar awet HLAnya.
Langkah2 tune up setidaknya mencakup yang saya tulis di awal
tindakannya yg bisa dilakukan apa aja bro?Gak usah keburu di ganti shim/hlanya.nescafe wrote:bro, kalau bunyi tek tek sudah mulai terdengar, tp msh halus belum kenceng bener...paddock wrote:Altis ga perlu stel klep.Perlunya ganti SHIM bila kilometer dah diatas 100 rebu atau bunyi tek tek.
Klo ganti oli enaknya tune up dulu baru ganti oli.Tpi sama aja sih.Enaknya bro aja deh.
Klo engine flush itu gunanya menguras oli lama di mesin.Biasanya dipake bengkel2 klo customer pindah jenis kekentalan oli.Misal dari 20-50 ke 10-40.saya sendiri belum pernah pake hehe.
Untuk mobil dah SHIM and HLA disarankan pake 10-40 agar awet HLAnya.
Langkah2 tune up setidaknya mencakup yang saya tulis di awal
tindakannya yg bisa dilakukan apa aja bro?
Harus dilihat dulu yang bunyi tek2 dari bagian mana..
Memang mesin udah dari sononya bunyi tik2 , karena memang ada sedikit clearance, atau mungkin bunyi sebentar saat oli masih belon naik karena dingin. Itu lumrah.Tapi kalo bunyinya kelewatan , pasti ada yg nggak beres.
Kalo suaranya timbul saat mesin udah panas/berjalan jauh, bisa juga dari suara Kopling set. Plus matahari. Cirinya kalo kopling ditekan suaranya ilang.
Percaya apa nggak, kalo fan belt yang udah kering menimbulkan suara tek2 (bukan suara denging/mencicit)seperti bunyi celah valve. Aneh khan... Gue alamin sendiri saat Fan belt udah 3 tahun belon diganti. Gue kasih air , suaranya ilang. Gue ganti fan belt baru, suaranya ilang nggak berbekas.hehehe....
Suara tek2 yang menimbulkan getaran keras terasa sampai body , dan bertambah saat rpm ditambah , bisa jadi ada keausan dari askruk/cranckshaft.
Untuk mesin yang tanpa memakai shim(setelan clearance valve manual) , kalau valve udah di setel , ternyata tetap bunyi , bisa juga dari keausan camshaft. Sehingga celah antara shaft dan sepatu rocker armnya agak besar.
Lah ane juga lagi kepikiran beli kompresor yang kecil tapi kalau yang mini yang kayak apa seh bro? untuk tempat ane udah ada solusi ane gali lobang di garansi seukuran kompresor trus ane tutup sama seng tebal,drum bekas etoh. jadi masih bisa untuk lalu lalang..y_anjasrana wrote:Bro Anjas bawa air filternya pakai mobil yang satunya trus balik,bongkar mobil satunya lagi bawa sama mobil yang filternya udah di semprot..kalau ready kompresor di rumah,sekalian bikin jasa semprot air filter sama tambal ban[\quote]
Sett dah, usulnya mahal bener.. Mana repot parkir segala khan. Tau sendiri hari gini kalu asal parkir bisa kesamber motor. (Di sekitar rumah termasuk daerah "awas motor galak").
Mmm.. kalu pake mini compressor bisa ga ya... Coba dulu aahhh....
imsus2c wrote:cak paddock/mozawa/SM-ers lainnya, saya mo ikutan nanya juga nih:
1. Kenapa di boil saya kalo kalo diinjek koplingnya, rpm suka naik yah? padahal bukaan gas ngga tinggi ato malah pedal gas sudah dilepas... jadi misalnya waktu mo parkir sempit, kan mobil harus maju mundur dikit, main gigi 1 balik ke R trus ke 1 lagi, balik R lagi...waktu kopling diinjek, rpm kadang meninggi sampe 2500an
2. Kenapa kalo lepas gas (kondisi gigi netral), rpm ga langsung turun di stasioner (rpm 800an)? Jadi misalnya, kondisi gigi netral, gas diinjak sampe rpm 3000-4000an, trus pedal gas dilepas mendadak, putaran mesin ga segera balik ke 800 tapi seolah-olah tertahan 1-2 detikan di rpm 1800-2000an...
saya bandinginnya sama kijang kapsul, saat gigi netral, di gas, rpm meninggi, gas dilepas, rpm langsung balik seketika ke stasioner.
ditunggu advice-nya....![]()
oya, saya pake santa fe manual, 2400 cc, I-4, thn 2001
betul bro gw ngerasain itu di mobil gw yg dulu avanza 2005, sekarang kejadian lagi di eterna GTi, trus kata temen gw di dan gan GTi juga gitu, dan katanya lebih parah di twincam GT, apa seperti normal itu di mobil2 GT lama, kalo ga normal, sebaiknya diapain?Mozawa wrote: Hal inilah yang menjadi masalah untuk AVANZA versi lama, yang terasa ndut2an pada rpm tertentu. Sebenarnya adalah peralihan dari cut off dan turn on injector.Tujuannya adalah untuk keiritan.Kelemahannya kenyamanan berkurang.
Mesin Twincam GTi memang gtu karakteristiknyagmx wrote:betul bro gw ngerasain itu di mobil gw yg dulu avanza 2005, sekarang kejadian lagi di eterna GTi, trus kata temen gw di dan gan GTi juga gitu, dan katanya lebih parah di twincam GT, apa seperti normal itu di mobil2 GT lama, kalo ga normal, sebaiknya diapain?Mozawa wrote: Hal inilah yang menjadi masalah untuk AVANZA versi lama, yang terasa ndut2an pada rpm tertentu. Sebenarnya adalah peralihan dari cut off dan turn on injector.Tujuannya adalah untuk keiritan.Kelemahannya kenyamanan berkurang.
makanya nih eterna ga enak dibawa pelan2, apalagi kalo lagi macet
ISCVnya rusak tuh pak.imsus2c wrote:cak paddock/mozawa/SM-ers lainnya, saya mo ikutan nanya juga nih:
1. Kenapa di boil saya kalo kalo diinjek koplingnya, rpm suka naik yah? padahal bukaan gas ngga tinggi ato malah pedal gas sudah dilepas... jadi misalnya waktu mo parkir sempit, kan mobil harus maju mundur dikit, main gigi 1 balik ke R trus ke 1 lagi, balik R lagi...waktu kopling diinjek, rpm kadang meninggi sampe 2500an
2. Kenapa kalo lepas gas (kondisi gigi netral), rpm ga langsung turun di stasioner (rpm 800an)? Jadi misalnya, kondisi gigi netral, gas diinjak sampe rpm 3000-4000an, trus pedal gas dilepas mendadak, putaran mesin ga segera balik ke 800 tapi seolah-olah tertahan 1-2 detikan di rpm 1800-2000an...
saya bandinginnya sama kijang kapsul, saat gigi netral, di gas, rpm meninggi, gas dilepas, rpm langsung balik seketika ke stasioner.
ditunggu advice-nya....![]()
oya, saya pake santa fe manual, 2400 cc, I-4, thn 2001
Mozawa wrote:Untuk mobil2 lama yang berkarakter sport, memiliki tenaga besar butuh rpm tinggi , memang memiliki kelemahan itu.
Karena mesinnya didesain untuk bekerja powerfull pada rpm tinggi.
Saat masih baru mungkin gejala ndut2an tidak ada.
Tetapi saat mobil sudah memiliki jarak tempuh tinggi , terjadi keausan , efisiensi menurun, terjadi pergesaran setting dari keadaan baru.Akibatnya adalah gejala ndut2an terasa pada rpm rendah. Solusinya adalah tune-up menyeluruh, walaupun pada kenyataannya tidak bisa kembali 100 persen, tetapi gejala ndut2an bisa diminimalisir.
Gejala ini terjadi bukan karena mekanisme cut-off injector yg gue jelasin di awal. Tetapi karena memang basic enginenya.
Mesin konvensional(Bukan variable valve) , hanya memiliki 1 karakter/ 1 wajah.
Yaitu : engine untuk rpm rendah(Daily use) atau untuk rpm tinggi(Sport).
Itu emang udah kodrat secara hukum alam / hukum fisika.
Biasanya pabrikan mendesain engine secara kompromi antara daiy use dan sport. 1/2 sport. Efeknya mesin kurang optimal untuk salah satu purposenya.
Mengenai mesin ETERNA dan COROLLA GTI , melihat gejala mesinnya , terlihat bahwa sebenarnya mesin ini didesain cenderung ke sport, bukan utk rpm rendah.
Gejala ndut2an itu timbul biasanya karena masalah overlapping valve yang besar.
Apakah Overlapping valve itu , yaitu kondisi / saat dimana valve hisap dan masuk membuka bersamaan.
Efeknya tenaga yg dicapai besar, tetapi butuh rpm tinggi dan lebih boros bbm.
Saat overlap besar , sebenarnya ada sedikit loss bbm, ada sedikit pengurangan expansi atau kompresi.Tetapi simplenya mesin menjadi lebih ringan saat rpm tinggi , karena tahanan expansi rendah , dan lebih free flow.
Tetapi apabila overlapping besar ini digunakan pada rpm rendah , justru mesin tidak efisien, torsi rendah, dan agak boros bbm. Bahkan bisa menimbulkan gejala ndut ndut-an.
Makanya utk teknologi VARIABLE VALVE TERBARU , semisal i-vtec , mivec , Valvematic toyota(Pengganti VVTL-i), meminimalisir kelemahan itu. Untuk rpm rendah overlapp valve rendah , dan utk rpm tinggi, overlapp valvenya juga besar.
Jadi mesin memiliki 2 karakter yg optimal untuk daily use atau utk sport. Keduanya sama2 diakomodasi .
Overlapp ini timbul karena:
KATUP MASUK MEMPERCEPAT MEMBUKA , DISAAT KATUP BUANG MASIH BELUM MENUTUP.
Katup masuk mempercepat membuka untuk memperpanjang expansi dan aliran bbm.
Untuk mesin2 Yang memiliki optimasi baik di katup masuk atau katup buang , efisiensinya lebih besar.
Misal di valvetronic, dohc-ivtec atau A-Vtec/ advanced Vtec terbaru,dual vvtl-i/valvematic,( harap dibedakan dgn dual vvti-i atau singgle vvti yang masih kurang optimal), Mivec.
A Vtec , Valvetronic , Valvematic sudah menggunakan Variable lift CONTINUOS , bukan 2 step atau 3 step. Desain Lifting Valve ini rumit, karenanya utk versi awal hanya menngunakan 2 atau 3 stage/discrette. Sedangkan Variable timming(VVTI / vanos) adalah desain yang sederhana dgn menggunakan gerakan gear/ mekanisme hidrolis(Vanos) pada camshaft. Sehingga dari awal muncul sudah menggunakan system continuos.
Mivec masih belum continuos, utk desain mivec yg terbaru gue masih belon tahu.
Berikut gue sertakan grafik kerja(overlapp valve) mesin MIVIC Mitsubishi. saat rpm rendah dan rpm tinggi