Selain bensin, OLI sangat penting pengaruh usia dan performance, hemat bahan bakar. Jadi kita tidak boleh hangap remeh oli yang kita masukin mesin kita. Betulkan ?
Dari internet saya ketemu satu situs yang ada info sangat lengkap tentang oli dan cara pilih, rutin ganti oli.
Ini authornya kebetulan orang Kristen. Jadi websitenya dan bagian awalnya dia sedikit kotbah. Tapi yang bukan kristen (termasuk saya), abaikan bagian itu dan langsung baca info tentang oli. Ini file boleh di bilang " Everything U want to know about motor oil but are afraid to ask " !
Dalam bahasa Inggris. Jadi yang ngerti Inggris akan dapat ilmu oli yang sangat dalam. Mungkin setelah baca file ini anda akan lebih pintar dari berapa bengkel !
Oli yang di bahas oli Amrik, soalnya dia orang Amrik. Tapi kan ilmunya bisa di pakai untuk pilih oli di Indo juga !
Sesudah baca ilmu ini, saya sekarang lagi coba pakai oli Petronas Syntium 800 10W40 API SL. Lihat lebih irit dak nanti. Feeling saya oli yang bagus dan benar akan affect irit bensin dan performanya. Belum tentu oli paling mahal yang paling bagus.
Silahkan baca. Saya yakin topic ini akan ramai dan penting untuk kita semua. Soalnya banyak anggota SM kan sangat sayang ama mesin mobil / motor kita, dan dengan harga mobil makin mahal, kita kan inggin pakai mobil kita agak lama kan ?
Happy reading....and tolong kasih feedback. Banyak yang bisa di bahas setelah baca file ini...
Cari dan download filenya dari site ini :
http://www.motoroilbible.com/
Marikita pelajari dalam tentang OLI mobil !
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 917
- Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1087
- Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
- Location: Jakarta
bagus juga artikelnya. banyak pengetahuan.
thanks.
buat tambahan aja.
Mercedes Benz jerman, sejak 1996 sudah menggunakan service interval sebesar 15000km atau 1 tahun untuk mobil bensin, 2 tahun untuk diesel.
atau bila kondisi sangat berdebu dan medan berat, disarankan untuk mengganti tiap 7500 km, dan tiap 15000km ganti oli filter.
tapi bengkel indonesia sih tetap ganti tiap 5000km.. gak tahu kenapa.
untuk mercedes keluaran terbaru buku service mereka menyarankan mengganti oli tiap 22500 km atau 1 tahun untuk bensin dan 2 tahun untuk diesel.
Kalo tidak salah BMW juga menyarankan demikian.
Astra Isuzu waktu masih menggunakan oli Motul pernah menyarankan untuk mengganti oli tiap 10000 km. tapi gak tahu sekarang mereka gak pake ol itu lagi, mungkin kemahalan kali...????
saya sendiri sekarang sejak th 2000 menggunakan service interval 7500km dan 15000km ganti filter oli, untuk semua mobil saya baik bensin maupun diesel.
selama ini saya pake Repsol Multivalvulas 10W40 SJ untuk bensin dan Repsol SHPD 15W-40 CG4 untuk diesel.
tidak ada masalah tuh.
sekarang ganti dengan Castrol Magnatec 10W40 SL dan Caltex Delo Gold CH4.
sekarang saya mau naik jadi 8000 km.
Mesran Prima XP 20W50 SJ sudah berani mengklaim aman untuk 7500km. jadi semua oli yang disebut diatas kan dengan kualitas diatas mesran, maka menurut saya mereka bisa bertahan lebih lama.
ganti tiap 5000km itu dah dari jaman oli dengan kualitas SG, nah sekarang kan sudah SJ - SL, masak iya ganti segitu terus.
rasanya kenapa bengkel suruh kita ganti oli tiap 5000km, kan sudah biasa, juga ganti oli lebih sering kan gak ada salahnya buat mereka, malah untung lebih cepat datang. belum lagi masalah orang kita sering kepinteran sendiri..
tadi pagi saya kebengkel Isuzu, didepan saya ada seorang bapak2, mau service juga, dia minta oli gardannya diganti. service advisor bilang sama dia, "itu belum perlu, anda baru jalan 5000 km, itu oli bisa 15000"
si bapak ini ngotot mau ganti, yah service advisornya nurut.
bapak itu bilang lagi dulu saya 1 bulan 2 kali ganti oli gardan, waktu masih ganti sendiri.
saya hampir saja nyeletuk "kenapa gak ganti aja tiap hari, kan lebih sip"
yah jeleknya kan cuma buang duit, terus alasan mereka daripada mesin jebol.
tapi terkadang lucu, oli mesin ganti melulu, tapi oli lain seperti transmisi dan gardan sering terlupa, apalagi filter bensin/solar, udara dan oli.
ini kan salah kaprah.
thanks.
buat tambahan aja.
Mercedes Benz jerman, sejak 1996 sudah menggunakan service interval sebesar 15000km atau 1 tahun untuk mobil bensin, 2 tahun untuk diesel.
atau bila kondisi sangat berdebu dan medan berat, disarankan untuk mengganti tiap 7500 km, dan tiap 15000km ganti oli filter.
tapi bengkel indonesia sih tetap ganti tiap 5000km.. gak tahu kenapa.
untuk mercedes keluaran terbaru buku service mereka menyarankan mengganti oli tiap 22500 km atau 1 tahun untuk bensin dan 2 tahun untuk diesel.
Kalo tidak salah BMW juga menyarankan demikian.
Astra Isuzu waktu masih menggunakan oli Motul pernah menyarankan untuk mengganti oli tiap 10000 km. tapi gak tahu sekarang mereka gak pake ol itu lagi, mungkin kemahalan kali...????
saya sendiri sekarang sejak th 2000 menggunakan service interval 7500km dan 15000km ganti filter oli, untuk semua mobil saya baik bensin maupun diesel.
selama ini saya pake Repsol Multivalvulas 10W40 SJ untuk bensin dan Repsol SHPD 15W-40 CG4 untuk diesel.
tidak ada masalah tuh.
sekarang ganti dengan Castrol Magnatec 10W40 SL dan Caltex Delo Gold CH4.
sekarang saya mau naik jadi 8000 km.
Mesran Prima XP 20W50 SJ sudah berani mengklaim aman untuk 7500km. jadi semua oli yang disebut diatas kan dengan kualitas diatas mesran, maka menurut saya mereka bisa bertahan lebih lama.
ganti tiap 5000km itu dah dari jaman oli dengan kualitas SG, nah sekarang kan sudah SJ - SL, masak iya ganti segitu terus.
rasanya kenapa bengkel suruh kita ganti oli tiap 5000km, kan sudah biasa, juga ganti oli lebih sering kan gak ada salahnya buat mereka, malah untung lebih cepat datang. belum lagi masalah orang kita sering kepinteran sendiri..
tadi pagi saya kebengkel Isuzu, didepan saya ada seorang bapak2, mau service juga, dia minta oli gardannya diganti. service advisor bilang sama dia, "itu belum perlu, anda baru jalan 5000 km, itu oli bisa 15000"
si bapak ini ngotot mau ganti, yah service advisornya nurut.
bapak itu bilang lagi dulu saya 1 bulan 2 kali ganti oli gardan, waktu masih ganti sendiri.
saya hampir saja nyeletuk "kenapa gak ganti aja tiap hari, kan lebih sip"
yah jeleknya kan cuma buang duit, terus alasan mereka daripada mesin jebol.
tapi terkadang lucu, oli mesin ganti melulu, tapi oli lain seperti transmisi dan gardan sering terlupa, apalagi filter bensin/solar, udara dan oli.
ini kan salah kaprah.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 122
- Joined: Fri Dec 12, 2003 11:20
- Location: Seraya Motor dot Com
yah karena udah kebiasaan jadi
ganti oli semua dihantam rata 5000 km
ga perduli olinya merek apa dan
gimana kondisinya..
tp ga papa kok.. yg untung kan yg jual oli
omzetnya terus melambung..
liat pengalaman diatas kalo ganti oli gardan
sebulan 2 kali tuh mah keterlaluan..
mendingan duitnya buat makan2 aja..
ganti oli semua dihantam rata 5000 km
ga perduli olinya merek apa dan
gimana kondisinya..
tp ga papa kok.. yg untung kan yg jual oli
omzetnya terus melambung..
liat pengalaman diatas kalo ganti oli gardan
sebulan 2 kali tuh mah keterlaluan..
mendingan duitnya buat makan2 aja..

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Tue Nov 30, 2004 19:38
- Location: surabaya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1087
- Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
- Location: Jakarta
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Mon Oct 18, 2004 5:40
- Location: carstensz
oli bekas masuk kategori limbah (waste). jadi mesti ditangani dengan benar agar tidak merusak lingkungan.
so buat rekan2 yg sering ganti oli sendiri, mesti sadar lingkungan juga, ga asal buang aja, ada tempat khusus utk itu. biasanya bengkel2 resmi buangnya juga di situ.
mengenai treatment oli bekas cuma ada 2 option : re-use atau sbg fuel.
re-use ini bukan dalam arti jelek lho (cuman disaring biar jernih terus dikasih kaleng baru & dijual lagi :-), ampun deh, jgn sampai dapat oli yg kayak gini). re-use umumnya dilakukan oleh perusahaan minyak untuk mendapatkan base fluid mineral yg tidak rusak untuk dipakai lagi sebagai olie baru.
kalo utk fuel ya umumnya dipakai pembakaran di power plant, pabrik semen, dll. sebagian juga dipakai untuk campuran aspal.
so buat rekan2 yg sering ganti oli sendiri, mesti sadar lingkungan juga, ga asal buang aja, ada tempat khusus utk itu. biasanya bengkel2 resmi buangnya juga di situ.
mengenai treatment oli bekas cuma ada 2 option : re-use atau sbg fuel.
re-use ini bukan dalam arti jelek lho (cuman disaring biar jernih terus dikasih kaleng baru & dijual lagi :-), ampun deh, jgn sampai dapat oli yg kayak gini). re-use umumnya dilakukan oleh perusahaan minyak untuk mendapatkan base fluid mineral yg tidak rusak untuk dipakai lagi sebagai olie baru.
kalo utk fuel ya umumnya dipakai pembakaran di power plant, pabrik semen, dll. sebagian juga dipakai untuk campuran aspal.