BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ANDRIYANTO
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Fri Sep 19, 2008 6:36

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by ANDRIYANTO »

@ALL
Happy New Year
Semoga makin banyak yang ikut ngramein di sini :BIG:

Barusan dapat pengalaman baru, kebo saya batuk-batuk lagi padahal baru saja ganti semua busi. Gejalanya hampir sama dengan saat busi swak, namun batuknya yang ini lebih manteng (stabil). Batuknya tambah parah bila AC nyala. Penyakitnya disertai bau bensin yang kuat. Setelah cek sana sini, ternyata ada kabel elektrik yang putus. Kabel tersebut terdapat di dalam bungkusan kotak plastik hitam panjang yang terletak di samping atas mesin. Saya gak ngerti itu kabel apa, mungkin para dukun bisa kasih penjelasan. Kebo saya Montera 2000. :thanks:

@bro Kael
ditunggu oleh2nya!
User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 781
Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by Mozawa »

Sensornya terlihat kabel hitam melintang di atas plastik hitam ,penutup timingbelt mesin.
Pasti Sensor CKP , Crank Position Censor.
Harganya sekitar 300 rebuan.
Kalo rusak , mesin batuk2 pada rpm tertentu. Biasanya sekitar 3000 sd 4000 rpm. :off_sleep:
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
tw1st3r
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Thu Jan 01, 2009 22:21

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by tw1st3r »

guyz...gw pengguna blazer montera 2000, ada masalah pada handbreake yg sudah aus, apakah bisa diperbaiki atau harus diganti baru yah,dimana tempat yg disarankan, trus karena jarang sekali digunakan kaki2 mengeluarkan bunyi, seperti besi tua...ini hal biasa atau tidak yah...terima kasih sebelumnya saya ga tau kalau ada bahasan ttg blazer disini :), menurut saya masi mobil ini perawatanya agak mahal, terakhir saya penggantian unk timing belt yg putus dan ganti baru lumayan harganya hehehe, trus waktu power stereng bocor olinya apalagi lumayan mahal perbaikanya, kalau bensin full biasanya rp.450rb seminggu, saya bandingkan dengan swift 2008 saya rp 180rb seminggu hehehe makanya jarang saya ajak jalan2 nihhh blazernya, saya suka modelnya aja dan enak dikendarai jarak jauh...dipakai paling seminggu sekali sii...thaks yah
kael
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 201
Joined: Sat May 10, 2008 13:04

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by kael »

TumisKeris wrote:@ALL
Happy New Year 2009 yach.
Semoga bro semua lebih sukses di tahun ini walau crisis cukup berat

@bro Riadi
Menunggu foto foto narcisnya hasil touring liburan panjang kemarin dunk.
Lewat route mana aja bro, FC berapa, trouble dengan kebonya dijalan apa saja, solving problemnya gimana, catatan harian selama perjalanan ?

@bro Kael
Foto narcisnya selama touring ke Semarang Yogya dunk.
bro mo nanya upload foto gmn sih?
User avatar
riadi33b
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 444
Joined: Tue Feb 19, 2008 3:34

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by riadi33b »

@bro tw1st3r , coba buka halaman2 sebelumnya ada ko bengkel2 rujukan blazer , jangan bandingkan kebo dgn swift secara CC aja udah kalah gede otomatis FC beda pula , tp ada yg hebat juga loh kebo vortec 4X4, 4300CC tnty FC nya sama dgn yg 2.200 , jangan lupa rajin2 kasih grease (gemuk) dibagian kaki2 spy ilang bunyi2 nya, cek juga per2 belakang apakah stopernya masih cukup tebal kl sdh tipis biasanya bunyi spt antara 2 besi yg saling beradu.

@bro kael ada 2 cara utk upload foto , klick post replay masukan gambar dikolom filename dgn cara mengklik choose , cara kedua buat account di photobucket.com , masukan foto2 anda kewebsite tsb , selanjutnya utk menampilkan gbr2 tsb diseraya motor copy gbr tsb dgn mengklik IMG CODE trus paste diseraya motor diposting yg sdg anda tulis, jangan lupa file dikecilkan saja kira2 150kb .

@bro tumis tahun ini gw gak dapet jatah libur panjang jd gak pergi yg jauh2.
ST .
awan
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Wed Dec 24, 2008 11:07

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by awan »

All Kebo mania,
Just info, sewaktu liburan + pulkam ke Tasik kemarin, saya isi bensin 300rb. Sampe di kampung bensin masih sisa dua strip lagi. FYI, Tasiknya juga bukan dikotanya, tapi dari tasik masih perlu perjalanan +/- 2 jam lagi menuju ke rumah (Karangnunggal/Cipatujah).
Gila, neh kebo mantep bener diajak jalan jauh....... gak bikin pegel. Dibanding pake Ki*** Su*** jauh bro soal comfort, juga masalah fc gak jauh beda, sama aja.
Pemakaian AC kadang2 aja. kdg on kdg off.
Tapi ada sedikit bunyi2an di kolong depan neh, kalo masuk gigi 1 ke 2 ada bunyi besi beradu sepertinya dikolong tuh. tapi kalo 3 ke 4 gada masalah. Apalagi kalo posisi di gigi 2, terus kopling ditekan lama, suaranya agak keras.
Kira2 itu problem apanya ya bro? Ada yang pernah ngalamin kaya gitu? Apa oli gardan kurang?
Terus mau tanya neh ma bro semua, kalo fungsi balon plastik bulat hitam yang ada di kap mesin sebelah kiri itu fungsinya apa ya? Kalo hose nya dah ada bekas kejepit kira2 pengaruhnya ke mana?

Happy new year 2009,

Salam,
Awan
User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 781
Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by Mozawa »

Bunyi besi beradu saat gigi 1 ato 2 , karena pd gigi tsb hentakannya lebih besar:
Bisa karena:
1. Suara knalpot beradu
2. Suara Cross joint udah aus( saat kita gas hentak suara terdengar keras).

Saat kopling ditekan,terdengar suara keras, biasanya berdecit / seperti besi bergesek kemungkinan( bukan pasti lho) berasal dari:
1. Matahari udah lemah.
2. Drag Laher(yg menekan pegas matahari).


Fungsi balon plastik sebagai chamber vacum. System ventilator blower ac blazer memakai system vacum .Maksudnya blower akan membuka saat mesin udah menyala.
Kalau selang pada balon plastik bocor , maka system vacum tdk bekerja karena udara luar tersedot , shg hisapannya kurang.
Akibatnya adalah blower bersuara gemuruh(kipas keras) tetapi ventilator ke kabin tdk membuka sehingga tidak ada hembusan angin. Ini adalah ciri blazer kalo hembusan ac kurang kuat, cukup lihat kebocoran selang. simple.. :big_peace:
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
ahmad81
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Tue Sep 02, 2008 22:41

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by ahmad81 »

Salam,

gw mau cerita aahhh tentang my blazy01 gw :big_peace:

sejak gw ambil blazy sekitar 2 minggu lalu baru hari ini gw sempet ke BD,setelah di cek di vonis banyak benerrr... shockbecker,arm,join steer dll ...dalam hati ke bayang "wah pasti lebih dari sejeti niyyy..."ternyata bener setelah di obok2 ampe sore untuk ngebenerin kebo gw habis hampir 2 jeti.terlintas di pikiran " mayan juga :frm_bang_head: " itu pun kata mas yuli masih harus spooring dulu ..mesti nyari waktu lagi niyyy buat ke spooring teknik di warung buncit seperti yang di recomendasiin ama bro riadi33b.

tapi rasa ga enak di kantong hilang seketika,ketika sudah naekin blazy...beda bangeeeeeeettt,dari awal beli kan ga enak banget di tunggangin,di tol jalan 80 ajah dah ngeri ...( mungkin karena awam yah ampe mobil dah parah ajah di beli : D ),tapi sekrang enak bener baru tau kenapa rekan2 di sini semua sungguh jatuh hati ama blazer,nyaman banget di geber 120 mantabsss ..jadi pengen ikut touring hehehe tapi minder niyy hiks2..

oh iya tadi waktu mampir di atm POM bensin deket pertanian ,keknya bos-bos BIC lagi kopdar ...kapan yah bisa ikutan ? hehheehe.

mau nanya lagi....ban blazy yang kebanyakan di pake rekan-rekan apa yah ? yang recomended kenyamanan,harga,dan kualitasnya :e-wall: .sekrang saya pake MT bridgestone menurut rekan-rekan yang pernah make ban ini gimana yah ?...ban ini memang brisik banget dan getaranya bikin kurang nyaman ...

gitu ajah dulu curhatnya semoga ada yang nanggepin ;)


salam pecinta blazy

ahmad
tw1st3r
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Thu Jan 01, 2009 22:21

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by tw1st3r »

thanks @bro riadi unk masukanya, hehehe masalahnya agak2 takut masuk bengkel blazer biasa nya ada aja yg harus diganti, next time saya coba bengkelnya donie yg di tb simatupang, rada ga enak nih dibawanya sekarang blazer montera nya lebih berat tarikanya trus ban nya kayanya gak balance ada bunyi putaran kenceng pada kecepatan 80km/jam ke atas, lalu apakah semua blazer mesinya selalu rembes oli mesin, soanya saya belum sempet ganti packing cutter mesin, blm dapet bengkel yg sreg,masi pindah2...

trus ada masukan ga unk rem tangan yg sudah aus dan gak bisa nahan beban blazer, harus diganti atau di perbaiki, berapa yah harga yg original dan dimana yg jual, atau ada yg kelas 2 nya biar lebih murah
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by gmx »

ahmad81 wrote: oh iya tadi waktu mampir di atm POM bensin deket pertanian ,keknya bos-bos BIC lagi kopdar ...kapan yah bisa ikutan ? hehheehe.
kok ga ikutan om, gw aja mampir sbentar, walaupun ga bawa n ga punya blazer hehehe.. pas tadi malem mau ke ATM sama mico, pas banyak kebo dgn stiker BIC
kael
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 201
Joined: Sat May 10, 2008 13:04

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by kael »

kemaren isi full di petronas , kebo jadi lebih ngacir ... dr setiabudi ke arah ciater mantan tenan....tanjakan pake gigi 3 masih narik, kadang klo ga da mobil di depan bisa masuk ke gigi 4, kasian sodara soadara kebo yang beraliran t****a A****a , x***a, p*****r, dilibas semua.... nah gini donk yg namanya kebo, bikin bangga yang nunggang sekali kali nape..... :big_smoking:
awan
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Wed Dec 24, 2008 11:07

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by awan »

Bunyi besi beradu saat gigi 1 ato 2 , karena pd gigi tsb hentakannya lebih besar:
Bisa karena:
1. Suara knalpot beradu
2. Suara Cross joint udah aus( saat kita gas hentak suara terdengar keras).

Saat kopling ditekan,terdengar suara keras, biasanya berdecit / seperti besi bergesek kemungkinan( bukan pasti lho) berasal dari:
1. Matahari udah lemah.
2. Drag Laher(yg menekan pegas matahari).


Fungsi balon plastik sebagai chamber vacum. System ventilator blower ac blazer memakai system vacum .Maksudnya blower akan membuka saat mesin udah menyala.
Kalau selang pada balon plastik bocor , maka system vacum tdk bekerja karena udara luar tersedot , shg hisapannya kurang.
Akibatnya adalah blower bersuara gemuruh(kipas keras) tetapi ventilator ke kabin tdk membuka sehingga tidak ada hembusan angin. Ini adalah ciri blazer kalo hembusan ac kurang kuat, cukup lihat kebocoran selang. simple.. :big_peace:
Salam kenal bro Mozawa, :frm_salut:

Iya neh, Kebo saya monthy 2000.
Yang jelas sepertinya bukan suara knalpot diadu sama besi laen. Tapi sepertinya sistem transmisinya. Bisa jadi ya itu tadi suara Cross Joint dah aus ya. Suaranya yaaa.. mirip2 suara besi beradu klentang-klenting (kayak gitu gak ya?)
Kalo biasa denger Metromini mau oper gigi terus susah masuk, kan ada sura besi beradu tuh. yah persis kayak gitu deh....

Kalo mmg cross joint dah aus, kira2 estimate biaya yang harus dikantongin brp ya??
Skalian misalnya set kopling juga kena (dah minta ganti), estimate nya berapa juga ya?

Mungkin ada experience nya bro Mozawa selama ngangon kebo bule....

Untuk balon plastik yang di kap mesin fungsinya sbg vacuum chamber ya....

Thanks berat Bro.
:thanks:
awan
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Wed Dec 24, 2008 11:07

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by awan »

sejak gw ambil blazy sekitar 2 minggu lalu baru hari ini gw sempet ke BD,setelah di cek di vonis banyak benerrr... shockbecker,arm,join steer dll ...dalam hati ke bayang "wah pasti lebih dari sejeti niyyy..."ternyata bener setelah di obok2 ampe sore untuk ngebenerin kebo gw habis hampir 2 jeti.terlintas di pikiran " mayan juga :frm_bang_head: " itu pun kata mas yuli masih harus spooring dulu ..mesti nyari waktu lagi niyyy buat ke spooring teknik di warung buncit seperti yang di recomendasiin ama bro riadi33b.

Bonjour bro Ahmad,
Sama neh bro, pengen juga mampir ke klinik BD. (Padahal deket lo dr rumah). Tapi ada beberap alasan yang mengurungkan niatnya;
1. kadang suka minder, baca di thread ini punya org dah full modif gitu, sementara punya kita masih berantakan. takut dikomentarin yang ngga2.
2. Full terus. Gada t4 buat ngiket neh kebo, kalo dah full takut nyerobot t4 parkiran lain (ada bengkel didepannya). Kira2 datang jam berapa ya spy kebagian t4??

Masalah steering terlalu lincah, katanya Blazie memang seperti itu ya? Pernah spooring di daerah Otista, katanya Blazie emang spt itu, jadi pesimis neeehhh.

:big_peace:
marioqren
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Sun Dec 21, 2008 2:22

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by marioqren »

Hay semua...
Kenalin diri dulu deh..
gw mario..
baru join neh..
:big_weee:

Gw lagi nyari Blazer juga neh...
Montera tahun 2002-an, nyarinya sih yg warnanya hitam

kira2 dgn budget 60 juta - 65 juta dapet gak yach?

N mau tanya-tanya neh, penyakitnya Blazer biasanya ada di bagian apa yach...??
Kalau beli second umumnya yg di cek dari Blazer ini apa nya aja yg mungkin dari segi biaya
maintenence n ganti sparepartnya paling mahal???

Mohon petunjuk dari temen-temen pengguna Blazer semua
terima kasih

salam :big_peace:
marioqren
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Sun Dec 21, 2008 2:22

Re: BLAZER masih worthed gak?

Post by marioqren »

riadi33b wrote:@P.danisworo , manual book blazer silahkan download dimilist blazer, klik files, sdh disediakan utk semua anggota milist tks.

pak maaf mau numpang tanya milis blazer ada dimana yach..
maklum baru join neh... lagi nyari blazer second yg mash mulus...

hehehe...
thx a lot
kael
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 201
Joined: Sat May 10, 2008 13:04

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by kael »

@marioqreen....
kemaren sih di forum ini juga dapi part 1 ada tuh kiat kiat cari blazer yg baik.....dan benar....tp ga tau deh cara ngebuka halamannya...yang pasti sih liat overall kendaraan aja.. banyak cacat ato ngga.. trus ada beberapa hal penting such as :
1. jarum voltage listrik hrs ada di deket angka 14, miring2 dikit ok lah...
2. bunyi dengungan di sebelah belakang kiri bensin,, kecil no problem, klo rada gede ... bakal jadi problem....tp masi bisa diakalin lah ...
3. stater kudu tokcer....
4. ga banyak goyang klo lagi jalan...
5. ada yg bisa nambahin???
Kayanya budget segitu dapet lah...tapi klo warna ga tau deh , biasa sih agak susah dapet warna item...( gw juga dapet merah padahal pengen item :ungg: ) o iya , semakin ngerti tentang blazer, ( kudu baca di thread ini halaman2 sebelomnya ato ikut panatu di milis blazer yahoo ( lupa alamatnya ) ) semakin terhindar dari masalah2 kemudian hari...
o iya jangan lupa check oli jangan sampe ada yang bocor, ada di bandung nich kilometer kisaran 100rban ( ga jauh dari 100-105rb) udah ada yang harus turun mesin gara2 ga rajin ganti oli... so perhatiin yang satu ini.. daripada kudu turun mesin , klo pas ditawarin kebo yang kaya gini sih mending dilewat aja bro....
User avatar
riadi33b
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 444
Joined: Tue Feb 19, 2008 3:34

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by riadi33b »

@bro ahmad yg kebonya warna silver bukan ?
@bro awan & rekan2 sekalian yg masih malu2 kumpul kebo , silahkan gabung aja gak usah minder anggota BIC bukan mengutamakan penampilan kebo , yg penting guyub kl gak percaya silahkan tanya bro mico banyak manfaatnya ko .
@mariogren berikut milist blazer montera silahkan gabung : [email protected]
@bro kael foto2nya mana bro ???
ST .
User avatar
TumisKeris
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: Tue Feb 12, 2008 7:18

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by TumisKeris »

@bro Ahmad & bro Awan,
Sedih banget baca postingnya minder & malu kumpul kebo sama kita kita di BIC... hick
Untuk itu gw, bro Riadi & bro Uch mati matian cari cara gimana yach supaya teman teman yang masih malu ngumpul ngasih tahu kita caranya biar rasa mindernya bisa dibuang jauh jauh?
Apa yang dibayangkan , karena kebonya masih standar atau apa lah, itu sama sekali bukan masalah untuk ngumpul.
Nggak ada yang bakal comment masalah itu, yang ada malah di komporin untuk join touring menikmati jelajah negeri blazer bersama sama.
Ini sangat berbeda banget rasanya di banding menikmati blazer sendirian.
Ketakutan begitu ngumpul karena rame nggak bakal ditemani, ...please buang jauh jauh bayangan itu.
Oleh sebab itu bisa cari saya, bro Riadi atau bro Uch dulu kalau punya bayangan yang menakutkan seperti itu.

Untuk teman teman yang Di Bandung, bisa cari bro pogansip, bro gajahdago atau bro Asepkadek.
Untuk teman yang di Jatim bisa cari bro Dhani juga tho?

Semuanya anggota forum ini juga,.... saudara kita semua.

Kalau nggak salah malah bro pogansip cerita pengalaman pertama kumpul kebo di forum ini (di BMW part 1) sekaligus posting foto narcis kebonya dulu untuk minta disupport di forum ini, sewaktu persiapan mental untuk kumpul kebo pertama kalinya....hi..hi..hi..hi
(kumpul kebo pertama kali yang tak pernah terlupakan yach bro.....hi...hi..hi...hi..hi...mendebarkan sekali ya?)

Terus mengenai Ban M/T, ini sedikit cerita bro
Gw pakai ban M/T juga bro, dulu pertama join touring masih pakai ban H/T, udah sampai Bromo sama teman teman BIC JATIM yang naik keatas rata rata pakai Land Cruiser 4X4.
Setelah dipikri pikir ini kebo koq lebih enak dipakai touring dibanding dipakai macet dalam kota, langsung ganti ban M/T.
Rasanya benar benar beda, karena sewaktu touring lewat pantura atau Nagrek atau Cikamurang, tuch jalan benar benar SUV friendly atau teman teman bilang Blazerable.
Wow kerasa banget bedanya anatar pakai ban H/T & M/T.
Lubang gw hajar nggak sampai gw kepental pental di jok kaya kalau pakai ban H/T
Kelemahannya adalah kalau dipakai dijalan mulus, busyeeeet...berisik banget dan titik rem jadi jauuh, jadi kudu hati hati waktu ngerem karena nyerosot.
Untuk teman teman yang baru ingin touring tapi kebonya juga dipakai harian, mungkin saran saya lebih baik di ganti ban A/T dulu.

Kembali ke bro ahmad & bro awan & saudaraku yang lain.
Ayo join touring Garut untuk merasakan nikmatnya blazer bersama sama.
Pendafattan bisa hubungi bro Riadi (Team kegiatan BIC) di forum ini.
Please buang jauh jauh pikiran yang menakutkan untuk kumpul kebo sama saudaranya sendiri di BIC

Salam hangat
Tumis keris
Tumis Keris Sakti
____BIC #490___
Veteran Kebo Angkot
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by gmx »

TumisKeris wrote: Apa yang dibayangkan , karena kebonya masih standar atau apa lah, itu sama sekali bukan masalah untuk ngumpul.
fyi, kebonya mico masih standard abeesss.. dan emang sengaja kita jaga ke-standard-annya.. spion aja masih standard..

standard? siapa takut?
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by gmx »

kael wrote:@marioqreen....
kemaren sih di forum ini juga dapi part 1 ada tuh kiat kiat cari blazer yg baik.....dan benar....tp ga tau deh cara ngebuka halamannya...
iseng2 gw cari2, ada tipsnya ada di sini http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=150

gw copy paste ya... start of copy paste:

Coba bantu2 tips milih blazer. Milih blazer bagus relatif mudah koq, karena panel indikator lumayan lengkap.

Pertama2, duduk di captain seat, nyalakan mesin dan perhatikan panel indikator. Ada tiga indikator yg paling penting.

1. Indikator tekanan oli, ada di pojok kiri bawah. Range dari 0 sampe 500 kpa (maks). Yg dicari adalah : sekitar 5 menit pertama setelah mesin nyala, jarum harus mendekati 500 kpa (maks). Semakin mentok semakin bagus. Tapi RPM harus stabil di 900. Ini beda nya ama sebagian mobil lain. Mobil lain, ada choke otomatis, awal2 mesin nyala, RPM naik diatas 1000, lama2 baru turun lagi. Di blazer, RPM tetap 900 tapi tekanan olie maks di 500 kpa. Setelah 5 menit an, tekanan oli perlahan2 turun ke 250 (tegak lurus arah jam 12), tapi kalo pedal gas ditekan, jarum melejit ke 500 kpa, dan mulai saat ini jarum bergerak berdasarkan RPM dgn batas minimum 250 kpa.

2. Indikator tegangan listrik (voltmeter), ada di pojok kanan bawah.
Yg dicari adalah tegangan yg stabil di 14v lewat dikit (jarum tegak lurus jam 12, miring dikit kekanan tapi masih nempel di strip angka 14). Nyalakan semua lampu, audio, AC dll, jarum harus diam tidak bergerak. Hindari mobil yg jarum voltmeternya tidak diam.

3. Indikator temperatur, ada di [EDIT] KIRI atas. Blazer yg dicari adalah blazer yg jarum indikator nya naik pelan2 dari 0 ke 102 derajat butuh waktu sekitar 10-15 menit. Kemudian xtra fan nyala, sekitar 2-3 menit jarum harus turun ke 80. Nyalakan AC, dalam kondisi idle jarum harus stabil di 80 (jika AC nyala). (Asumsi system pendingin masih original, belum di modif).

No. 1-3 sangat penting...ting...ting....

Kemudian :


4. Turun dari kabin, dengarkan suara mesin. Suara mesin saat fan mati, harus halus, sehalus mobil sedan 1500 CC. Jgn lupa periksa kekentalan oli. Jangan2 mesin halus karena pake oli gardan.

5. Test jalan dan rasakan apakah ada body getar dari rpm 0 sampe rpm atas. Hindari body yg selalu geter di rpm OR kmh tertentu.

6. Pindah dan jongkok ke dekat ban belakang kiri. Dengerkan suara fuel pump, hindari mobil yg suara fuel pump nya terdenger seperti lebah. Karena itu ciri fuel pump mau "lewat".

7. Test jalan buat mengetest fungsi Rem ABS dan fungsi Active Safety Belt nya. Apakah bekerja optimal atau nggak.

Selain yg 7 itu, test nya sama aja dgn mobil2 lain. Periksa AC, kaki2, setir, dll.

Kelemahan blazer yg mencolok ada di fuel pump. Kate dukun nya, 90% dari blazer yg mogok di jalan disebabkan fuel pump. Terus AC nya susah dingin, karena evaporator ada diruang mesin. Katenye sih itu buat safety. Tidak ada bagian dari sistem pendinginan yg letaknya dalam kabin penumpang/dashboard. Ntah itu bener, ntah alasan doang..

end of copy paste..

gw tambahin ya ---> chemistry.. kalo hati ga sreg, mending jangan daripada nyesel ntarnya

dulu gw n mico nyari blazer pegangannya tips itu, aduk2 seluruh jakarta, diitung 14 blazer dari poskota dan showroom2 mobkas kita longok, ga ada yg cocok. akhirnya kita dateng aja ke BD, ketemu mas yuli, eh dapet deh kebo STANDARD yg sehat banget..
ahmad81
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Tue Sep 02, 2008 22:41

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by ahmad81 »

[quote="riadi33b"]@bro ahmad yg kebonya warna silver bukan ?

iyah bener mas silver metalik....kok tau ?:D

@ tumis keris

terima kasih mas supportnya jadi hilang rasa mindernya ;),semoga dalam waktu deket ini bisa ikut gabung,kebetulan udah daftar BIC juga kok ...pengen banyak saudara dan ilmu tentang ngerawat kebo kesayangan biar exist terus di jalanan :cupss:

terima kasih

ahmad
User avatar
asepkadek
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 284
Joined: Wed Jul 26, 2006 7:18

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by asepkadek »

btw, kira2 dah berapa banyak SM yg sudah kena virus narcis yah, kayanya semua :e-pray: salut buat para biang narcis :frm_salut:

kangen juga sama siBoyot walau baru ditinggal beberapa minggu, disini ga ada obat kangennya, kalo belum 2 bulan belum boleh nyetir.
lagian kayanya ga ada blazer disini, paling2 captiva malah byk d-cabin colorado.

salam jauh dari phitsanulok THD untuk semua :off_team:
Ride/Drive with the pride,respect and satisfucktion
kael
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 201
Joined: Sat May 10, 2008 13:04

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by kael »

foto menyusul besok bro, masih bingung, kemaren kan foto pake kamera pocket, nah itu dia, kegedean filenya, lagi cari cara dulu buat kecilin filenya.. hehehe....pasti diposting ko bro... tenang aja ...bakal ikutan narsis... :big_smoking:
awan
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Wed Dec 24, 2008 11:07

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by awan »

@bro Ahmad & bro Awan,
Sedih banget baca postingnya minder & malu kumpul kebo sama kita kita di BIC... hick
Untuk itu gw, bro Riadi & bro Uch mati matian cari cara gimana yach supaya teman teman yang masih malu ngumpul ngasih tahu kita caranya biar rasa mindernya bisa dibuang jauh jauh?
Apa yang dibayangkan , karena kebonya masih standar atau apa lah, itu sama sekali bukan masalah untuk ngumpul.
Nggak ada yang bakal comment masalah itu, yang ada malah di komporin untuk join touring menikmati jelajah negeri blazer bersama sama.

OK deh kalo gitu, nanti kita coba untuk ikut kumpul2 ma yang lainnya.
Tapi kalo ikut Touring de Garut kayaknya belum bisa neh.
Lagi jadi suami siaga, baru dapet momongan pertama neh.
Jadi belum bisa ikut. Tapi kalo next event sy usahakan.
Tapi mo ngisi form BIC dulu kayaknya neh... Biar tambah wokee..
User avatar
riadi33b
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 444
Joined: Tue Feb 19, 2008 3:34

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by riadi33b »

bros all kita sering ko kumpul2 gak resmi alias non formil , spt minggu yll insidentil aja calling2 dimilist tau2 ngumpul 10 kebo di SPBU simatupang , bro mico gak sengaja ikut gabung walau cuman seliweran doang ,
bro ahmad lewat depan mata kita2 gak berani ikut gabung :mrgreen: , padahal waktu turun kita2 sdh memperhatikan kirain mau nyamperin ikut gabung (GR mode on) jangan minder bro cari aja saya,Om tumis , Om Uch , dgn senang hati kita terima ngobrol santai aja bukan masalah kebo melulu ko yg diomongin hicks......cuman hati2 kl sdh ngumpul susyah bubarnya ha...ha.....ha......
ST .