All New X-Trail - PART 01
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: All New X-Trail
jgn2 gt-r tuh ada masuk engineer nya renault ambil teknologi chassis f1 nya?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: All New X-Trail
chassis f1 laen ama skali kan sama mbl biasa? sokbreker horizontal, pake real time adjustment, telemetri, dsb.
dan lagi orientasi sasis kan beda, f1 ga ada batasan aneh, mau janggal gapapa, paling aturan FIA.
kalo mbl biasa kan bentuk kudu manis, krampel jon, ga open wheel, ada batasan ceper, blon lagi soal packaging, dsb.
suspensi mbl biasa paling pake dobel wisbon, mekpersen strut, gitu2 dah..tetep kompensional, prinsipnya ga jauh beda dari mobil taun 1930-40an.. cuma tuning di per dan sokblekernya.
nissan gtr ya seperti muscle car amerika taun 70an, analoginya, mesin & tenaga segede2nya, rwd. sasis ya gitu2 aja paling tuning di suspensi..lama2 jg bosen orang..sama aja kaya lenser epo sama subaru wrx, udah keabisan ide akhirnya bentuknya aja berubah, underpinning sama..jadi ga ada technological breaktrough, itu2 aje beda packaging doang.
dan lagi orientasi sasis kan beda, f1 ga ada batasan aneh, mau janggal gapapa, paling aturan FIA.
kalo mbl biasa kan bentuk kudu manis, krampel jon, ga open wheel, ada batasan ceper, blon lagi soal packaging, dsb.
suspensi mbl biasa paling pake dobel wisbon, mekpersen strut, gitu2 dah..tetep kompensional, prinsipnya ga jauh beda dari mobil taun 1930-40an.. cuma tuning di per dan sokblekernya.
nissan gtr ya seperti muscle car amerika taun 70an, analoginya, mesin & tenaga segede2nya, rwd. sasis ya gitu2 aja paling tuning di suspensi..lama2 jg bosen orang..sama aja kaya lenser epo sama subaru wrx, udah keabisan ide akhirnya bentuknya aja berubah, underpinning sama..jadi ga ada technological breaktrough, itu2 aje beda packaging doang.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: All New X-Trail
hehehehe...mksdnya teknologi chassis spt f1 lhar..ga mgkn persis mirip lhor...
handling gt-r bagus ahr...
handling gt-r bagus ahr...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: All New X-Trail
katanya lhoooo.... 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: All New X-Trail
Jangankan murano 3.5 V6, Lexus LS600h aja yg mesinnya V8 5000cc dipakein CVT........walaupun gw tetep lebih prefer AT biasa supaya lebih berasa sentakannya....hehehehe....ZombiEE wrote:even murano yg 3.5 liter memakai cvt...jadi vq35de padu cvt aza gpp..rest assured ga ada isu ketahanan buat mesin 2.5ltr?cmiiw
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: All New X-Trail
alesan2 nya "canggih" banget bro Iwang.......kalo di South Texas yg banyak Illegal Immigrant (IM) nyebrang jalan (saking banyaknya, di tempat2 yg banyak IM nyebrang dikasi rambu yg gambarnya bapak, ibu, sama anak lagi lari), makanya mobil2nya pada pake big SUV/Truck semua ya? biar gampang ngangkutnya....hehehe....iwang wrote:prancis emang tradisionalnya kan pedesaan, negara petani, rural, jadi itu mobil kudu nyaman karena jalan buruk., cc kudu kecil (karena pajak tinggi)...makanya pug 604/talbot tagora gagal karena ccnya gede 2700cc.
pug semboyannya engineered to be enjoyed --> sring2 dinikmati sebelum rusak
kalo merc engineered like no other car---> engineered like truck n bus
bmw apa yah?
audi vorschprung dur technik --> canggih ati2 rusak mahal
kalo kijang : tiada duanya (dari gigi satu langsung gigi tiga, ga ada duanya)
makanya chassis engineeringnya fokusnya ke comfort, long suspension travel.
laen sama jerman, industri fokusnya,jalan muluss, ada autobahn, makanya biasnya ke handling di kec tinggi. selain itu parkirnya sempit2, basement sempit2, makanya radius putar kecil2.
untuk eropa utara, polpo, musuhnya elk (rusa segede kebo), makanya safety nomer satu untuk urusan tumburan, bemper2nya gede2 karena tu kebo suka nongol sekonyong2 dari balik semak, visibility buruk karena salju. mobil jg relatip sederhana karena alamnya brutal..dingin.
nissan ga tau dah, mestinya bisa dapet chassis engineeringnya renault, tetep aja lebih unggul nyamannya dari jepang. jepang lebih fokus ke fungsi dan ekonomi.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: All New X-Trail
Bukannya malahan nissan GTR kebalikannya american muscle car 70an: mesin kecil untuk ukuran mobil sport (kalo gak bisa dibilang supercar), tenaga cukupan, AWD......tapi chassisnya bagus, gak kaya American muscle car 70an yg cuma kenceng di trek lurus, kalo belok2 kedodoraniwang wrote:chassis f1 laen ama skali kan sama mbl biasa? sokbreker horizontal, pake real time adjustment, telemetri, dsb.
dan lagi orientasi sasis kan beda, f1 ga ada batasan aneh, mau janggal gapapa, paling aturan FIA.
kalo mbl biasa kan bentuk kudu manis, krampel jon, ga open wheel, ada batasan ceper, blon lagi soal packaging, dsb.
suspensi mbl biasa paling pake dobel wisbon, mekpersen strut, gitu2 dah..tetep kompensional, prinsipnya ga jauh beda dari mobil taun 1930-40an.. cuma tuning di per dan sokblekernya.
nissan gtr ya seperti muscle car amerika taun 70an, analoginya, mesin & tenaga segede2nya, rwd. sasis ya gitu2 aja paling tuning di suspensi..lama2 jg bosen orang..sama aja kaya lenser epo sama subaru wrx, udah keabisan ide akhirnya bentuknya aja berubah, underpinning sama..jadi ga ada technological breaktrough, itu2 aje beda packaging doang.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: All New X-Trail
Risol1 wrote:Bukannya malahan nissan GTR kebalikannya american muscle car 70an: mesin kecil untuk ukuran mobil sport (kalo gak bisa dibilang supercar), tenaga cukupan, AWD......tapi chassisnya bagus, gak kaya American muscle car 70an yg cuma kenceng di trek lurus, kalo belok2 kedodoraniwang wrote:chassis f1 laen ama skali kan sama mbl biasa? sokbreker horizontal, pake real time adjustment, telemetri, dsb.
dan lagi orientasi sasis kan beda, f1 ga ada batasan aneh, mau janggal gapapa, paling aturan FIA.
kalo mbl biasa kan bentuk kudu manis, krampel jon, ga open wheel, ada batasan ceper, blon lagi soal packaging, dsb.
suspensi mbl biasa paling pake dobel wisbon, mekpersen strut, gitu2 dah..tetep kompensional, prinsipnya ga jauh beda dari mobil taun 1930-40an.. cuma tuning di per dan sokblekernya.
nissan gtr ya seperti muscle car amerika taun 70an, analoginya, mesin & tenaga segede2nya, rwd. sasis ya gitu2 aja paling tuning di suspensi..lama2 jg bosen orang..sama aja kaya lenser epo sama subaru wrx, udah keabisan ide akhirnya bentuknya aja berubah, underpinning sama..jadi ga ada technological breaktrough, itu2 aje beda packaging doang.
nah ini nih argumen tandingannya..huehuehuee
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: All New X-Trail
mesin ga kecil lah gtr, 3000cc keatas (RB32DEDEDEDET
) twinturbo mah setara ama v8 brapa ribu cc tuh
tetep aja itu muscle car, nissan style, era 90-2000an, cuma sasis emang canggih, kan udah murah dan umum teknologinya (independen, 4x4 nye apa ya torsen apa haldex apa viscous clutch), lenser epo sama subaru yang lebih murah dan 2000cc 4cyl (tapi diturboin) aja udah 4x4, independen, abs, ebd, dan lain lain. teknologi2 diatas kan udah pasaran.
dibanding toyota atau honda, dari dulu nissan/NISMO dah lebih baik setidaknya di suspensinya, handling, dan banyak fokus ke mobil sportnya. nissan lama dah pake independen blakang, semi trailing arm atau strut, sementara toyota masih pake gardan grobag, live axle, bahkan di toyota innopa yang sangat innopatip, disel turbonya ga pake timer, tanpa interkuler, di taun 2008 ini.




tetep aja itu muscle car, nissan style, era 90-2000an, cuma sasis emang canggih, kan udah murah dan umum teknologinya (independen, 4x4 nye apa ya torsen apa haldex apa viscous clutch), lenser epo sama subaru yang lebih murah dan 2000cc 4cyl (tapi diturboin) aja udah 4x4, independen, abs, ebd, dan lain lain. teknologi2 diatas kan udah pasaran.
dibanding toyota atau honda, dari dulu nissan/NISMO dah lebih baik setidaknya di suspensinya, handling, dan banyak fokus ke mobil sportnya. nissan lama dah pake independen blakang, semi trailing arm atau strut, sementara toyota masih pake gardan grobag, live axle, bahkan di toyota innopa yang sangat innopatip, disel turbonya ga pake timer, tanpa interkuler, di taun 2008 ini.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: All New X-Trail
nah...ini balasannya..huehuehuheue,,,,
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: All New X-Trail
napa kang jombi tawa2 mulu dah ...hehe
aku ingat makan kari india di deretan san plaja, medan, enak tu ada restoran di sebelah kiri yah..makanan macem2

aku ingat makan kari india di deretan san plaja, medan, enak tu ada restoran di sebelah kiri yah..makanan macem2



-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: All New X-Trail
oo..nama daerah nya aza kampung kleng....hahahaha..
ngak lhar..seneng aza ada diskusi beginian:)..konstruktif..
sedikit argumen yah bro...
kalo yg bro sebutin itu teknologi lama...yah aston martin contoh nya lbh ketinggalan zaman deh....awd aja ngak ada...kalo mo disebutin secara mendasar sih rata2 mirip2 tuh..mesin ga konfig V yah W(plg baru..mesin veyron)...
haiz...ane pun kurang jelas lahr.,hahahahhaaa...sorry for the oot..back to x-trail...
ngak lhar..seneng aza ada diskusi beginian:)..konstruktif..

sedikit argumen yah bro...
kalo yg bro sebutin itu teknologi lama...yah aston martin contoh nya lbh ketinggalan zaman deh....awd aja ngak ada...kalo mo disebutin secara mendasar sih rata2 mirip2 tuh..mesin ga konfig V yah W(plg baru..mesin veyron)...
haiz...ane pun kurang jelas lahr.,hahahahhaaa...sorry for the oot..back to x-trail...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: All New X-Trail
iye baru inget kampung keling
hehe
awd kan bukan teknologi baru, jensen interceptor taon 70an udah awd, mesin v8..coba search aja. cuma inggris ya gitu, udara dingin ujan terus (makanya lanroper pake alminium, biar ga karatan) , orang pada alkoholik, jadi mabok, ngrakit mobil ga ada yang beres. walhasil sekarang bangkrut semua.
gua pernah baca tulisannya LJK setright (RIP) di majalah cars thn 80an, emang menurut dia perkembangan teknologi otomotip itu lamban, dibanding pesawat udara/avionics misalnya.
x-trail baru bbm bisa 1:6 - 1:7 yeh...? wah boros juga kalo buat harian, jadi mayan kenal jg ama pom bensin. posisi mesinnya, knalpot di depan apa di blakang mesin yak? liat dari depan.

awd kan bukan teknologi baru, jensen interceptor taon 70an udah awd, mesin v8..coba search aja. cuma inggris ya gitu, udara dingin ujan terus (makanya lanroper pake alminium, biar ga karatan) , orang pada alkoholik, jadi mabok, ngrakit mobil ga ada yang beres. walhasil sekarang bangkrut semua.
gua pernah baca tulisannya LJK setright (RIP) di majalah cars thn 80an, emang menurut dia perkembangan teknologi otomotip itu lamban, dibanding pesawat udara/avionics misalnya.
x-trail baru bbm bisa 1:6 - 1:7 yeh...? wah boros juga kalo buat harian, jadi mayan kenal jg ama pom bensin. posisi mesinnya, knalpot di depan apa di blakang mesin yak? liat dari depan.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: All New X-Trail
kayanya dari depan bro..port intake nya itu dari belakang terbuat dari plastik..(good thermal stability)..katanya lhor..hahahaha..
wah.sama dunk kons. bbm spt yg gen 1...gile....mgkn bodi yg baru berat X yah?
nah itu bro..awd mah emg bkn barang baru..audi tuh masi ikt2 rally aza awd uda mantab X wkt itu..cm mgkn cara kerja dan ini itu nya laen yg dulu sama skg?:)
wah.sama dunk kons. bbm spt yg gen 1...gile....mgkn bodi yg baru berat X yah?
nah itu bro..awd mah emg bkn barang baru..audi tuh masi ikt2 rally aza awd uda mantab X wkt itu..cm mgkn cara kerja dan ini itu nya laen yg dulu sama skg?:)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: All New X-Trail
hmm..plastik = murah, gampang dibuat (injection moulding doang) dan gampang recycle
ya konsumsi bbm ga bakal jauh dari yang lama lah, itu aerodinamikanya kaya kardus gitu, large frontal area, ga ada buntut (turbulensi dan vortex tinggi, makanya kalo kaca blakang tegak pada dipakein wiper, soalnya pasti kotor abis ujan) kotak2 kan..
sedan 2400cc yang streamline/lancip macam camry atau accord (sama2 1,5ton) matic aja cuma dapet 1:8an paling top..apalagi kardus
haha
makanya aneh kalo denger mobil begituan bisa 1:9 - 1:10 gimana nyetirnya, kan aerodinamikanya ga brubah...kardus moving around..
audi quattro itu emang awd pertama yg ikutan di rally, 1981 kl ga salah, stig blomqvist, yang laen masih RWD..lancia stratos, opel manta, 504 v6, dll.. baru pada nongol 4wd 205T16 (84/5), lancia delta integrale (HF), ford RS200, MGMetro R4 dan kawan2 di Grup B
nissan ga ada ikutan waktu itu yah..? ada jg triple S buat sprint rally di indonesia haha
jaman dulu pake torsen diff kayanya, equal front rear, baru ada viscous clutch, ada jg haldex, yang baru2 kan elektronik, bagi biasnya dari kabin, puter2 potensio doang.
ya konsumsi bbm ga bakal jauh dari yang lama lah, itu aerodinamikanya kaya kardus gitu, large frontal area, ga ada buntut (turbulensi dan vortex tinggi, makanya kalo kaca blakang tegak pada dipakein wiper, soalnya pasti kotor abis ujan) kotak2 kan..
sedan 2400cc yang streamline/lancip macam camry atau accord (sama2 1,5ton) matic aja cuma dapet 1:8an paling top..apalagi kardus


makanya aneh kalo denger mobil begituan bisa 1:9 - 1:10 gimana nyetirnya, kan aerodinamikanya ga brubah...kardus moving around..
audi quattro itu emang awd pertama yg ikutan di rally, 1981 kl ga salah, stig blomqvist, yang laen masih RWD..lancia stratos, opel manta, 504 v6, dll.. baru pada nongol 4wd 205T16 (84/5), lancia delta integrale (HF), ford RS200, MGMetro R4 dan kawan2 di Grup B
nissan ga ada ikutan waktu itu yah..? ada jg triple S buat sprint rally di indonesia haha
jaman dulu pake torsen diff kayanya, equal front rear, baru ada viscous clutch, ada jg haldex, yang baru2 kan elektronik, bagi biasnya dari kabin, puter2 potensio doang.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: All New X-Trail
nah..mgkn itu bro improve nya..sama2 awd...tpi skg uda elektronik..jadi lbh presisi?
wah..bang iwang ngeri X pengetahuannya..mantab:):)
yep..binun ane liat yg nge claim bisa 1:10...gile aza...terus terang jazz i-dsi mau 1:14 aja susah minta ampun..tapi klaim nya jauh lbh bombastis..hahaha
eniwei...mesin x-trail baru ini masi sama spt yg dulu....yg beredar di indo ini dari mk1 sampe skg ga pnh butterfly screw nya lolos masuk ruang mesin yah...padahal di luar byk yg kejadian...jadi nya mesinnya jim...pre-cat nya jg adul2an tuh qr25de...smoga yg baru uda ok:)
wah..bang iwang ngeri X pengetahuannya..mantab:):)
yep..binun ane liat yg nge claim bisa 1:10...gile aza...terus terang jazz i-dsi mau 1:14 aja susah minta ampun..tapi klaim nya jauh lbh bombastis..hahaha
eniwei...mesin x-trail baru ini masi sama spt yg dulu....yg beredar di indo ini dari mk1 sampe skg ga pnh butterfly screw nya lolos masuk ruang mesin yah...padahal di luar byk yg kejadian...jadi nya mesinnya jim...pre-cat nya jg adul2an tuh qr25de...smoga yg baru uda ok:)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: All New X-Trail
Seandainya xtaril ini baris kduanya agk mundur dikit aja, dan bs di maju mundurin, perfect dah ini mobil...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: All New X-Trail
dirubah aja kali yeh, pake jok kapten gitu, ada arm rest, satu satu, jadi enak bisa recline sendiri sendiri...
:D

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: All New X-Trail
Kalo modif sendiri gimanaaaa getuh rasanya, lebih asik dr pabrik diubah suai dkit om iwang...mundurin dikit aja, trus bisa reclinng dan maju mundur...lgpl, bagasinya bs lapang bgt
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: All New X-Trail
reviewnya sih orang pada sayang, bagasi gede tapi ruang kaki di tengah kurang, emang gitu kali yeh. ya kalo ngrubah ga tau gampang atau ngga, ini model jok yang bisa dilipat2 gitu kan, kayanya agak rumit.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: All New X-Trail
performa hasil improvement Atessa-ETS r34 ke r35 aja jauh koq.
juga dari r32 ke r33 ke r34, semua ada improvement.
GTR R35 = v6 3800cc turbo(single) x 2 per bank cylinders; Dual-clutch transmission, posisi gearbox di belakang yg terpisah dari transaxle ke roda depan.
Sebentar sebentar, tentu yg hebat bukan cuma "sedalam" tech di atas sih, tapi price/performance nya.. yg bisa beats 911turbo, R8, C6, sekaligus mobil harian jalan raya & bahkan untuk lari di salju !
juga dari r32 ke r33 ke r34, semua ada improvement.
GTR R35 = v6 3800cc turbo(single) x 2 per bank cylinders; Dual-clutch transmission, posisi gearbox di belakang yg terpisah dari transaxle ke roda depan.
Sebentar sebentar, tentu yg hebat bukan cuma "sedalam" tech di atas sih, tapi price/performance nya.. yg bisa beats 911turbo, R8, C6, sekaligus mobil harian jalan raya & bahkan untuk lari di salju !
iwang wrote:mesin ga kecil lah gtr, 3000cc keatas (RB32DEDEDEDET![]()
![]()
![]()
) twinturbo mah setara ama v8 brapa ribu cc tuh
tetep aja itu muscle car, nissan style, era 90-2000an, cuma sasis emang canggih, kan udah murah dan umum teknologinya (independen, 4x4 nye apa ya torsen apa haldex apa viscous clutch), lenser epo sama subaru yang lebih murah dan 2000cc 4cyl (tapi diturboin) aja udah 4x4, independen, abs, ebd, dan lain lain. teknologi2 diatas kan udah pasaran.
dibanding toyota atau honda, dari dulu nissan/NISMO dah lebih baik setidaknya di suspensinya, handling, dan banyak fokus ke mobil sportnya. nissan lama dah pake independen blakang, semi trailing arm atau strut, sementara toyota masih pake gardan grobag, live axle, bahkan di toyota innopa yang sangat innopatip, disel turbonya ga pake timer, tanpa interkuler, di taun 2008 ini.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: All New X-Trail
klo ga salah, pernah ada yg bilang fc nya udah improve. klo yg lama emang boros menurut gw, sekitar 1:6-8 gitu.iwang wrote:x-trail baru bbm bisa 1:6 - 1:7 yeh...? wah boros juga kalo buat harian, jadi mayan kenal jg ama pom bensin. posisi mesinnya, knalpot di depan apa di blakang mesin yak? liat dari depan.
fender samping depan kanan kiri new xtrail masih pake plastic kayak yg 1st gen ga? klo di pulsar yg thn 98an di aussie iklannya klo ada bagian bumper yg penyok, tinggal sirem air panas, bentuk kembali semula.
compartment di bagasi new xtrail rapih juga ya...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: All New X-Trail
Maksudnya isi silindernya kecil kalo dibanding sama mesin2 muscle car yg pake V8 big block 5000, 6000cc......kalo soal output power kan hebat2an si engineernya aja, artinya kalo ada mobil yg mesin jauh lebih kecil tapi powernya sama dengan mobil yg pake mesin lebih gede berarti logikanya kan si engineernya si mesin kecil lebih efisien dalam mengeluarkan potensi mesin kecil tsb. Walaupun untuk mengejar efisiensi tsb harus pasang2 turbo, SC, dll.....gak hanya mengandalkan isi silinder aja.iwang wrote:mesin ga kecil lah gtr, 3000cc keatas (RB32DEDEDEDET![]()
![]()
![]()
) twinturbo mah setara ama v8 brapa ribu cc tuh.
Dibanding mobil2 cc besar barupun, kalo cuma soal akselerasi 0-100 apalagi race di sirkuit yg belok2, nissan GTR yg mesinnya cuma V6 3800cc twin turbo 380hp gak kalah dengan misalnya Mercedes SL65 yg pake V12 6000 twin turbo yg produce 670hp.......gitu lho maksudnya, ane juga gak pernah nyoba soalnya....itu cuma dari ulasan2 media juga. sama lambo V12 6200cc aja, si GTR kayaknya masih menang.
Tapi ini kalo ngomongin akselerasi pendek dan race di sirkuit yg belok2, kalo jalan lurus terus kaya di gurun, ya besarnya mesin dan horsepower gak bohong lah....
Ini mobil juga lebih pas untuk dipake di jalan raya karena sesuai dengan kondisi jalan biasa yg memang biasanya hanya perlu akseleasi pendek2 dan juga jalan yg bukan cuma lurus doang.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: All New X-Trail
saya rasa basicnya kan salah satu desain mesin itu kelemahannya : pumping losses
diatasi dengan
>variable intake length (varioram dsb)
>variable valve timing (vvti, vtec, valvetronic)
>forced induction (turbo/SC)
>turbo + SC (audi /vw)
soal FC dan drivability, yang suka bikin bingung, forced induction + cc lebih kecil ga selalu identik dengan irit (karena selalu ada kompensasi lower compression = pumping losses)...bener gak?
bener sih spesifik output naik drastis dengan forced induction (turbo/SC) tapi beban mesin kan jadi berat, blon lagi reliability, fuel, heat stress, konstruksi, biaya dsb. tapi karena lebih murah di pajek (cc tetep kecil) dan bisa pake disain standar mesin komersil (misalnya lenser epo 2000cc I4) lebih logis untuk pake turbo untuk naikin tenaga, walaupun FC sama aja dengan pake 3000cc v6 misalnya.
ujung2nya kan ke specific output/liter...mesin2 sekarang sekitar 70-80an lah, ada jg yang sampe 100an, misalnya perari, beberapa honda, mungkin RB series dan m3, tapi kan bener2 high strung mesinnya, turbo dsb, 8000+rpm. tapi untuk harian + reliability, dan dengan kualitas BBM yg biasa, paling di sekitar 80an bhp/liter udah bagus banget. bmw bensin yang baru pada twin turbo, ga kebayang kalo dah 5 taon umurnya kaya gimana tuh bisa rewel banget. yg NA aja underhood temps udah tinggi, plastik2 pada getas apalagi twinturbo, tempat sempit gitu.
audi dan vw rada intensif main2 di teknologi baru dari pumpe duse (PD) sampe sekarang TFSI,kombinasi turbo + SC..tinggal liat kedepan aja gimana jadinya, kalau bisa ngatasin pumping losses berarti bisa efesien di seluruh rpm, nanti diadaptasi sama principal lain.
wah jadi kemana2 neh OOTnya
soal akselerasi GTR, itu power to weight ratio gimana? S65 ngadunya sama 760 Alpina dong

GTR ngadunya sama M5 mungkin sebanding yeh? lamborghini yang standar 4x2 RWD kan, diablo VT yang 4x4, dan lagi lebih berat dari GTRlah. GTR kenceng karena high horsepower,4x4 traksi bagus dan relatif ringan.
diatasi dengan
>variable intake length (varioram dsb)
>variable valve timing (vvti, vtec, valvetronic)
>forced induction (turbo/SC)
>turbo + SC (audi /vw)
soal FC dan drivability, yang suka bikin bingung, forced induction + cc lebih kecil ga selalu identik dengan irit (karena selalu ada kompensasi lower compression = pumping losses)...bener gak?
bener sih spesifik output naik drastis dengan forced induction (turbo/SC) tapi beban mesin kan jadi berat, blon lagi reliability, fuel, heat stress, konstruksi, biaya dsb. tapi karena lebih murah di pajek (cc tetep kecil) dan bisa pake disain standar mesin komersil (misalnya lenser epo 2000cc I4) lebih logis untuk pake turbo untuk naikin tenaga, walaupun FC sama aja dengan pake 3000cc v6 misalnya.
ujung2nya kan ke specific output/liter...mesin2 sekarang sekitar 70-80an lah, ada jg yang sampe 100an, misalnya perari, beberapa honda, mungkin RB series dan m3, tapi kan bener2 high strung mesinnya, turbo dsb, 8000+rpm. tapi untuk harian + reliability, dan dengan kualitas BBM yg biasa, paling di sekitar 80an bhp/liter udah bagus banget. bmw bensin yang baru pada twin turbo, ga kebayang kalo dah 5 taon umurnya kaya gimana tuh bisa rewel banget. yg NA aja underhood temps udah tinggi, plastik2 pada getas apalagi twinturbo, tempat sempit gitu.
audi dan vw rada intensif main2 di teknologi baru dari pumpe duse (PD) sampe sekarang TFSI,kombinasi turbo + SC..tinggal liat kedepan aja gimana jadinya, kalau bisa ngatasin pumping losses berarti bisa efesien di seluruh rpm, nanti diadaptasi sama principal lain.
wah jadi kemana2 neh OOTnya
soal akselerasi GTR, itu power to weight ratio gimana? S65 ngadunya sama 760 Alpina dong


GTR ngadunya sama M5 mungkin sebanding yeh? lamborghini yang standar 4x2 RWD kan, diablo VT yang 4x4, dan lagi lebih berat dari GTRlah. GTR kenceng karena high horsepower,4x4 traksi bagus dan relatif ringan.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: All New X-Trail
^^ hehehe.....kan lagi gak ngomongin irit bensin bro Iwang.....malahan ada yg bilang pake turbo mustinya bisa lebih irit daripada pake mesin cc gede. Tau deh yg bener mana.
Kalo S65 kan sedan, yg saya bilang ngadu sama GTR kan SL 65 (hard top convertible) hehehe....
Kalo untuk BMW, mungkin GTR cocoknya diadu sama M6 kan bodi sama coupe gitu, walaupun mesin persis sama dengan M5......tapi kayaknya sih M6 bisa kedodoran juga.
Lambo Murcielago V12 yg baru sih dah standard AWD semua bro.......
Kalo S65 kan sedan, yg saya bilang ngadu sama GTR kan SL 65 (hard top convertible) hehehe....
Kalo untuk BMW, mungkin GTR cocoknya diadu sama M6 kan bodi sama coupe gitu, walaupun mesin persis sama dengan M5......tapi kayaknya sih M6 bisa kedodoran juga.
Lambo Murcielago V12 yg baru sih dah standard AWD semua bro.......