BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
riadi33b
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 444
Joined: Tue Feb 19, 2008 3:34

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by riadi33b »

baybhut wrote:
micogilbert wrote:nda apa2 om... kl emang kita tau apa yang harus diganti, tp sebaiknya siy di tempat yang semestinya y... banyak koq bengkel swasta yang bisa dijadikan referensi.
btw, lokasinya dimana om...??
Posisi ada di kramatjati.
Sebagai informasi.. blazer yang aku ambil udah tua.. SLi tahun 97..
Kira2 bengkel bagus dimana ya?? Kalo aku baca2 disini... kayaknya bengkelnya Pak Donnie ya.. tapi katanya penuh terus.. selain disitu dimana lagi ya???
wah dpt Sli barang langka tuh bro.
banyak ko tempat buat ngebengkel kebo : SBM cakung P.Nurtaqim 4600675 , mentari motor wr.buncit P.Rasim 79181486 , muland motor cikarang P.Ridhuan Wahyudi 70939697.
silahken disambangi satu persatu mana yg paling deket pelayanan semua OK .
ST .
baybhut
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Wed Dec 17, 2008 5:03

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by baybhut »

riadi33b wrote:
baybhut wrote:
micogilbert wrote:nda apa2 om... kl emang kita tau apa yang harus diganti, tp sebaiknya siy di tempat yang semestinya y... banyak koq bengkel swasta yang bisa dijadikan referensi.
btw, lokasinya dimana om...??
Posisi ada di kramatjati.
Sebagai informasi.. blazer yang aku ambil udah tua.. SLi tahun 97..
Kira2 bengkel bagus dimana ya?? Kalo aku baca2 disini... kayaknya bengkelnya Pak Donnie ya.. tapi katanya penuh terus.. selain disitu dimana lagi ya???
wah dpt Sli barang langka tuh bro.
banyak ko tempat buat ngebengkel kebo : SBM cakung P.Nurtaqim 4600675 , mentari motor wr.buncit P.Rasim 79181486 , muland motor cikarang P.Ridhuan Wahyudi 70939697.
silahken disambangi satu persatu mana yg paling deket pelayanan semua OK .
Hah... barang langka??? Maksudnya gimana?? Langka karena apanya? Jadi was-was nih...

Kayaknya Mentari yang paling deket.. Thanks infonya...
User avatar
riadi33b
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 444
Joined: Tue Feb 19, 2008 3:34

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by riadi33b »

@baybhut (he....he....IDnya ko kyk nama salah satu anggota tubuh)
tenang bro anda dpt barang yg banyak dicari orang SLi cuman diproduksi dlm jumlah terbatas ±350 unit dari ±18000 kebo yg diternakan oleh GM , mesin jeroan sama ko plek dgn kebo yg lainnya (SOHC) yg bikin beda ciri khas lampunya itu celong kedalem , trus jok kyknya sdh pake kulit, perbandingannya dgn montera yg dari segi interior jauh banget dgn SLi tapi mesin sama.

Image

Image
ST .
baybhut
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Wed Dec 17, 2008 5:03

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by baybhut »

riadi33b wrote:@baybhut (he....he....IDnya ko kyk nama salah satu anggota tubuh)
tenang bro anda dpt barang yg banyak dicari orang SLi cuman diproduksi dlm jumlah terbatas ±350 unit dari ±18000 kebo yg diternakan oleh GM , mesin jeroan sama ko plek dgn kebo yg lainnya (SOHC) yg bikin beda ciri khas lampunya itu celong kedalem , trus jok kyknya sdh pake kulit, perbandingannya dgn montera yg dari segi interior jauh banget dgn SLi tapi mesin sama.

Image

Image
Oh gitu maksudnya.. syukur deh.. Kalo liat foto lampunya sih emang sama.. celong ke dalam.. untung gak "juling" tuh blazer...
Bro Riadi33b.. untuk blazer ini... perawatannya bagaimana supaya mesinnya tetap oke?? Kalo supaya irit... diapaain ya???
Banyak nanya nih... harap maklum...
ANDRIYANTO
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Fri Sep 19, 2008 6:36

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by ANDRIYANTO »

Wow, kebo lampu depan kotak dan celong ke dalam ternyata banyak dicari?
Wah, 3 bulan yll waktu berburu kebo di Sby saya sempat ditawari yang seperti itu tahun 96 plat B mintanya 40jt, dan ada sticker BIC-nya. Tidak saya ambil karena kelihatan tuwir....gak taunya barang berharga...
Sekalian saya informasikan nih, perjuangan saya nyari bengkel swasta yang ngerti Blazer di Mojokerto ternyata membawa hasil. Setelah tanya sana sini, akhirnya ketemu montir Blazer yang tinggal di seputaran Mojokerto. Sebenarnya beliau khusus menangani truck built-up, tapi keahliannya nangani kebo telah terasah karena selama ini selalu bergulat ngobok-obok 6 kebo pelanggannya di Mojokerto.
Keboku sempat markir 3 hari di luar rumah karena mesin mati. Ternyata oleh beliau sembuh dalam waktu 5 menit. Ya...cuma diganti sekeringnya....
Kalau ada yang sedang jalan di seputaran Mojokerto dan mengalami kesulitan, jangan sungkan-sungkan sapa saya di sini, tiap hari saya rajin buka web ini kok :angel:
kael
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 201
Joined: Sat May 10, 2008 13:04

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by kael »

wah ada juga yang senasib ma saya soal sikring ya.....ni blazer emang laen ....... dikira rusak parah, eh ternyata cuma sekecil itu penyakitnya.... dikira rusak dikit ....... eh...........isi sendiri dah.... :big_weee:
User avatar
riadi33b
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 444
Joined: Tue Feb 19, 2008 3:34

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by riadi33b »

@baybhut , ngerawat kebo sama aja dgn ngerawat mobil lain, service rutin sesuai petunjuk buku manual yg paling umum ganti olie mesin setiap 5000 km atau 6 bulan sekali mana yg tercapai lbh dahulu. jangan lupa cek olie gardan & olie transmisi juga kl pas lg service.
gw gak punya trik khusus buat bikin irit BBM , gak pake alat atau aditive2an buat penghemat BBM (pernah nyoba tynt hasil gak significan), prinsip standar aja rawat mesin dgn baik , driving style sesuaikan dgn karakteristik mesin kebo itu aja udah cukup buat bikin FC gak boros (istilah jaman sekarang bek tu natur :mrgreen: )
jangan kecil hati tnyt kebo yg CC nya segitu gede malah lbh irit dibanding dgn mobil sejuta umat yg CC nya lbh kecil, trus bonus dari segi kemanan & kenyamanan gak bisa dibandingin.
ST .
User avatar
hanblaze
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Sun Apr 06, 2008 16:50

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by hanblaze »

bro Riadi perasaan pernah punya pengalaman yg injektor bocor yah..yg jkt bandung FC nya 1:6....tolong dong di ulas lagi mungkin keluhan bro-2 diatas punya keluhan yg sama...baik gejala-gejalanya maupun masa inkubasinya..
apa bau bensin atau tenaga lemot atau gimana...
kael
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 201
Joined: Sat May 10, 2008 13:04

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by kael »

@ bro riadi,
setuju bung, kemarren ini gw pake 2 jenis aditive ****** booster n ***** oil, emang sih tenaga jadi lebih narikk , tape ko jadi lebih boros yah fcnya.... kudu udah terima fakta kalo kebo emang minumnya segitu ya.....
baybhut
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Wed Dec 17, 2008 5:03

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by baybhut »

riadi33b wrote:@baybhut , ngerawat kebo sama aja dgn ngerawat mobil lain, service rutin sesuai petunjuk buku manual yg paling umum ganti olie mesin setiap 5000 km atau 6 bulan sekali mana yg tercapai lbh dahulu. jangan lupa cek olie gardan & olie transmisi juga kl pas lg service.
gw gak punya trik khusus buat bikin irit BBM , gak pake alat atau aditive2an buat penghemat BBM (pernah nyoba tynt hasil gak significan), prinsip standar aja rawat mesin dgn baik , driving style sesuaikan dgn karakteristik mesin kebo itu aja udah cukup buat bikin FC gak boros (istilah jaman sekarang bek tu natur :mrgreen: )
jangan kecil hati tnyt kebo yg CC nya segitu gede malah lbh irit dibanding dgn mobil sejuta umat yg CC nya lbh kecil, trus bonus dari segi kemanan & kenyamanan gak bisa dibandingin.
Betul juga tuh bro.. naik blazer emang nyaman banget.. top deh... :frm_tumbright:

Mo nanya lagi nih... RPM saat idle yang pas berapa ya.. punyaku 1100 tapi menurut buku manual katanya RPM 900???

Oh iya, kalo untuk oli mesin, oli gardan dan oli transmisi, bagaimana spesifikasinya? Trus kapasitas masing-masing oli berapa liter?

Sebelumnya terima kasih nih.. forum ini banyak memberikan pencerahan... :frm_tumbright: :frm_tumbleft:
User avatar
riadi33b
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 444
Joined: Tue Feb 19, 2008 3:34

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by riadi33b »

hanblaze wrote:bro Riadi perasaan pernah punya pengalaman yg injektor bocor yah..yg jkt bandung FC nya 1:6....tolong dong di ulas lagi mungkin keluhan bro-2 diatas punya keluhan yg sama...baik gejala-gejalanya maupun masa inkubasinya..
apa bau bensin atau tenaga lemot atau gimana...
waktu itu yg kerasa tarikan rada berat pas dicipularang jln nanjak dlm kecepatan tinggi tenaga rada loyo biasanya kl nanjak dicipularang kebo gak pernah disalip ini ko disalip melulu ya :e-think: , trus ya itu FC ko boros banget gak spt biasanya , pulang dari bdg langsung gw minta clean injektor pake alat ultrasonic clean injektor mentari motor, di BD kyknya ga ada deh alat ini , pas dibuka bener ketauan ada seal yg sobek diganti sealnya dibersihkan semua baru kerasa enak lg tarikan mesinnya, utk mengetahui cara kerja alat ini bisa dilihat di sini : http://saft7.com/?p=34
utk bau bensin yg sering tercium didalam kabin sebetulnya itu bukan berasal dari ruang mesin, coba periksa valve pernafasan tangki bensin biasanya kotor atw mampet jangan lupa minimal 1 tahun sekali kuras tangki bensin .
ST .
mars
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Fri May 23, 2008 7:08

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by mars »

waktu itu yg kerasa tarikan rada berat pas dicipularang jln nanjak dlm kecepatan tinggi tenaga rada loyo biasanya kl nanjak dicipularang kebo gak pernah disalip ini ko disalip melulu ya :e-think: , trus ya itu FC ko boros banget gak spt biasanya , pulang dari bdg langsung gw minta clean injektor pake alat ultrasonic clean injektor mentari motor, di BD kyknya ga ada deh alat ini , pas dibuka bener ketauan ada seal yg sobek diganti sealnya dibersihkan semua baru kerasa enak lg tarikan mesinnya


Selamat siang pak Riadi,
wah paten banget infonya :e-clap:
blazer saya sudah cukup udzur tapi perawatan rutin,akhir2 ini terasa banget borosnya dan tarikanya loyo gitu.pingin coba juga bersihin injector cleaner di MM,mohon petunjuk arah jalan kalu mau meluncur ke MM dari arah bekasi.maklum bro awam banget daerah jakarta

trim's infonya

salam,

bic#637
User avatar
riadi33b
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 444
Joined: Tue Feb 19, 2008 3:34

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by riadi33b »

@ bro baybhut , kl lg service minta dicek idle air control (IAC) nya RPM yg normal 900 .
Spec oli yg dianjurkan, untuk Mesin: oli Multi grade viscositas:10w-40, 15w-50 or 20w-50, oli transmisi Dex III + lubrisol (spec GM) ganti setiap 150.000 km, tp harus sering2 dicek kl kurang ditambah & oli gardan gunakan visco 80-90 ganti tiap 15.000 km , utk kapasitas kl mesin 4 ltr yg lain sy gak begitu paham wong udah diatur sama bengkel :mrgreen: gak pernah beli sendiri .

@bro mars BIC 637 apakah ini pak.marsono cikarang ? kl betul wah salam jumpa diforum ini pak utk info lokasi MM japri kesaya saja pak via email nanti saya kirim petanya .

salam
BIC-652 ragunan
email : [email protected]
ST .
baybhut
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Wed Dec 17, 2008 5:03

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by baybhut »

riadi33b wrote:@ bro baybhut , kl lg service minta dicek idle air control (IAC) nya RPM yg normal 900 .
Spec oli yg dianjurkan, untuk Mesin: oli Multi grade viscositas:10w-40, 15w-50 or 20w-50, oli transmisi Dex III + lubrisol (spec GM) ganti setiap 150.000 km, tp harus sering2 dicek kl kurang ditambah & oli gardan gunakan visco 80-90 ganti tiap 15.000 km , utk kapasitas kl mesin 4 ltr yg lain sy gak begitu paham wong udah diatur sama bengkel :mrgreen: gak pernah beli sendiri .

@bro mars BIC 637 apakah ini pak.marsono cikarang ? kl betul wah salam jumpa diforum ini pak utk info lokasi MM japri kesaya saja pak via email nanti saya kirim petanya .

salam
BIC-652 ragunan
email : [email protected]
Terima kasih Bro Riadi.. info yang bro berikan sanngat bermanfaat.. :thanks:

Kapan-kapan kalo ada yang ingin aku tanyakan lagi... tolong di jawab ya...

Salam :off_good_job:
kael
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 201
Joined: Sat May 10, 2008 13:04

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by kael »

@bro riadi mo tanya nich bro, klo injector itu tuh emang ngaruh ama fc ? tadi baru liat web yg bro kasi, n sepertinya penting bgt ya tuh cleaner injector
User avatar
micogilbert
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Mon Sep 08, 2008 13:29
Location: Selatan Jakarta

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by micogilbert »

riadi33b wrote:
@bro mars BIC 637 apakah ini pak.marsono cikarang ? kl betul wah salam jumpa diforum ini pak utk info lokasi MM japri kesaya saja pak via email nanti saya kirim petanya .

salam
BIC-652 ragunan
email : [email protected]
waaahhhhh..... pada ngumpul niy..........
BIC-655 | Kebo Gembel 4x4
User avatar
riadi33b
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 444
Joined: Tue Feb 19, 2008 3:34

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by riadi33b »

kael wrote:@bro riadi mo tanya nich bro, klo injector itu tuh emang ngaruh ama fc ? tadi baru liat web yg bro kasi, n sepertinya penting bgt ya tuh cleaner injector
injektor kan salah satu unjung tombaknya pembakaran kl part ini bermasalah otomatis kinerja pembakaran ikut kena imbasnya .
micogilbert wrote:
riadi33b wrote:

@bro mars BIC 637 apakah ini pak.marsono cikarang ? kl betul wah salam jumpa diforum ini pak utk info lokasi MM japri kesaya saja pak via email nanti saya kirim petanya .

salam
BIC-652 ragunan
email : [email protected]
waaahhhhh..... pada ngumpul niy..........
MM yg ditanya bro mars maksute Mentari Motor bro, tp nanti malem kita jg akan ke MM yg lain, jd ikut ? berangkat dimajukan jam 19.00 takut kehabisan sate tikungan katanya , kl mau ikut stby ditempat biasa jam 18.00 .
ST .
kael
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 201
Joined: Sat May 10, 2008 13:04

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by kael »

bro smua , ntar kan ada touring ke garut itu, klo 1 orang doank yg ngikut kudu newa 1 bungalow juga? mahal uy... pengen ikut tapinya... info ya yang mau share room.....
User avatar
riadi33b
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 444
Joined: Tue Feb 19, 2008 3:34

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by riadi33b »

kael wrote:bro smua , ntar kan ada touring ke garut itu, klo 1 orang doank yg ngikut kudu newa 1 bungalow juga? mahal uy... pengen ikut tapinya... info ya yang mau share room.....
betul bro cari partner yg mau diajak share , tp kan bisa dicicil 2X kl memang serius mau ikut buruan booking soale tempat terbatas .
ST .
mars
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Fri May 23, 2008 7:08

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by mars »

riadi33b wrote:@bro mars BIC 637 apakah ini pak.marsono cikarang ? kl betul wah salam jumpa diforum ini pak utk info lokasi MM japri kesaya saja pak via email nanti saya kirim petanya .

salam
BIC-652 ragunan
email : [email protected]

@bro Riadi
Benar bro daku marsono cikaRanger's
e-mail sudah tak japri,terimakasih banyak salam garut..rut...rut.....


BIC#637 Cikarang
User avatar
riadi33b
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 444
Joined: Tue Feb 19, 2008 3:34

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by riadi33b »

@bro Mars sdh sy replay emailnya silahken bersih2 injektor semoga kebonya makin sehat biar bisa ikut touring garut segera mendaftar bro tempat terbatas nih......

salam BIC-652
ST .
User avatar
mzrch
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Tue Jul 08, 2008 11:01

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by mzrch »

riadi33b wrote: waktu itu yg kerasa tarikan rada berat pas dicipularang jln nanjak dlm kecepatan tinggi tenaga rada loyo biasanya kl nanjak dicipularang kebo gak pernah disalip ini ko disalip melulu ya :e-think: , trus ya itu FC ko boros banget gak spt biasanya , pulang dari bdg langsung gw minta clean injektor pake alat ultrasonic clean injektor mentari motor, di BD kyknya ga ada deh alat ini , pas dibuka bener ketauan ada seal yg sobek diganti sealnya dibersihkan semua baru kerasa enak lg tarikan mesinnya, utk mengetahui cara kerja alat ini bisa dilihat di sini : http://saft7.com/?p=34
utk bau bensin yg sering tercium didalam kabin sebetulnya itu bukan berasal dari ruang mesin, coba periksa valve pernafasan tangki bensin biasanya kotor atw mampet jangan lupa minimal 1 tahun sekali kuras tangki bensin .
bro riadi..
saya dr dlu blum pernah sm sekali bersihin injektor,tp smp skrg alhmdlillah ga ada masalah apa2,tp apa perlu dibersihin juga y bro?soalny baca artikel di soft7.com itu tertarik jg dibersihin biar mesin tetep maknyuusss..klu di blazie emang injektorny ada brp y?maklum awam.. :shrug:
tangki bensin juga dr dlu ga pernah dikuras smp skrg..klu dikuras gitu skalian bersihin selang2 bensin,fuel pump ato filter bensin juga?klu bersihin injektor di MM y,klu kuras tangki bensin di MM jg bs bro?
| BIC # 714 |
User avatar
TumisKeris
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: Tue Feb 12, 2008 7:18

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by TumisKeris »

@bro babyhut
Busyet tuch kebo koleksi langka bro. Beruntung sekali.
Apalagi kalau semuanya masih orisinil.
Grile lampu depannya banyak yang memburu...hati hati, jangan mau dituker aja.....sayang banget

Kalau kemudian ikut kumpul kebo dengan kebonya, pasti udah dirubung anggota BIC lainnya sambil nawar grile lampu depannya.
Kesempatan bisa narcis bro , diantara orang orang narcis. :mrgreen:
YAch maklum, kebo kita lama lama emang cikal bakal mobil hoby, (harga nanti makin nggak jelas tergantung yang merawatnya)

Yang terakhir tadi emang statement menghibur diri sendiri :frm_bang_head: :frm_bang_head:
Tumis Keris Sakti
____BIC #490___
Veteran Kebo Angkot
User avatar
riadi33b
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 444
Joined: Tue Feb 19, 2008 3:34

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by riadi33b »

akhirnya satu persatu gw ketemu dgn penghuni forum ini, secara tdk disengaja td siang gw kopdaran dgn bro mars di MM wr.buncit.
@mzrch, injektor blazer ada 4 buah businya kan juga ada 4 , kl ditanya apa perlu dibersihkan juga padahal selama ini gak pernah masalah wah gw gak bisa jawab bro :mrgreen: , lbh baik tanya bro mars yg barusan injector kebonya abis di ultrasonic sama P.Rasim di MM, kuras tangki wajib hukumnya bro tau sendiri kan kwalitas BBM dinegri ini , korbannya udah banyak tuh salah satunya sesepuh kita di BMWg ini , bro uch kemana saja kah dikau ?.
tentu semua yg berurusan dgn perbensinan akan dibersihkan termasuk point yg anda sebut2, semua bengkel kebo bisa ko melakukan pekerjaan ini.

bro tumis apa kabar baru nongol lg nih.......berapa kali raker absen mulu bro .

special tanks to bro mico tks shockbreakernya ya kyknya berjodoh tuh dgn kebo gw, secara gw masangnya di MM , di BD kang juli lg penuh pasiennya , nah utk hal yg satu ini nasib gw bener2 bejo tenan dpt shockbreaker gratis pas masangnya gratis pula .
kl udah begini gw jadi inget wejangan bro tumis :
Jadi apa untungnya masuk BIC?
Nggak ada kalau niatnya cuma cari discount atau apalah gitu.
Tapi nantinya jadi suprise karena banyak punya saudara sesama penunggang kebo frustasi untuk saling menghibur sampai titik spare part penghabisan, bersama sama menikmati jelajah negeri blazer.
ST .
kael
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 201
Joined: Sat May 10, 2008 13:04

Re: BLAZER masih worthed gak? - Part 02

Post by kael »

emang yang kira kira paling banyak jenisnya tuh jenis blazer apa ya?. klo gw sih paling sering liat blazer dohc tahun 1996-1999 yang mata kotak....