Tanya tentang XENIA..
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Tanya tentang XENIA..
crash tes dari independen sepertinya belum ada.
xenia dan corona nya sepertinya sama2 menganut unibody dan rigid axle, tapi xenia kan 3row seater model, jauh lebih banyak pakai bahan itu karena luas bidangnya...
xenia dan corona nya sepertinya sama2 menganut unibody dan rigid axle, tapi xenia kan 3row seater model, jauh lebih banyak pakai bahan itu karena luas bidangnya...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: Tanya tentang XENIA..
ya begitu kayanya, karena tall jadi lebih berat.. tapi memang kecendrungan mobil makin gede makin lebar diatas kategorinya. accord lama udah sama gedenya sama civic baru.
blon pernah sih bawa apanja/senia, enak kali yah? duduknya agk tinggi.
blon pernah sih bawa apanja/senia, enak kali yah? duduknya agk tinggi.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Tanya tentang XENIA..
Xenia 1000cc jelas kurang tenaga. Gw aja pernah bawa yg 1300cc, rada2 ngeden di tanjakan. Kalu yg 1500cc baru enak (cuma avanza).
Soal gear yg pendek2 memang begitu. Beda dengan motor yg tarikannya panjang di awal. Kalu motor di awal panjang2, trus memendek hingga topspeed 120kmpj (rata2 motor bebek). Kalu mobil relatif lebih pendek2 di awal. Tujuannya biar dapat torsi, terutama utk tanjakan. Maklum total bebannya di atas 1 ton. Apalagi kalau muatan penuh. Tapi saat masuk gear 5, napasnya ga mentok kyk di bebek. Bisa terus, asal tega aja... Hehehe...
Soal inreyen ga masalah koq. Avanza gw aja sekitar umur 1 bulan digeber sampe 165kmpj. (cari aja di bagian review)
Utk body dan chasis avanza-xenia, mesin 1000cc akan terasa kurang dibandingkan mobil dengan mesin seukuran. Mobil 1000cc umumnya bodynya kecil dan lebih ringan. Contoh : Carry, atoz, katana, karimun, visto. Untuk mendorong body sebesar avanza, butuh power yg cukup besar. Mesin ideal pada avanza-xenia adalah 1300cc. Itupun saat di tanjakan juga terasa kurang. Penggunaan mesin 1000cc hanya utk mengejar pasar yang lebih rendah, alias menekan harga.
Namun bagi pemilik xenia 1000cc, tidak usah khawatir. Dengan populasi avanza-xenia yg banyak, tentunya banyak sparepart yang dapat digunakan untuk meningkatkan power yg pas-pasan itu. Contohnya aja, waktu di IIMS, stand Daihatsu ngeluarin BeGO yg mesinnya cuma 600-800cc (agak lupa) dgn turbo. Dengan mesin sekecil itu, tenaga yg di dapat sekitar 100hp alias selevel dengan mesin 1500cc.
Utk perawatan, pertama saat 1000km, utk pemeriksaan. Abis itu ganti oli pada 5000km.
Soal gear yg pendek2 memang begitu. Beda dengan motor yg tarikannya panjang di awal. Kalu motor di awal panjang2, trus memendek hingga topspeed 120kmpj (rata2 motor bebek). Kalu mobil relatif lebih pendek2 di awal. Tujuannya biar dapat torsi, terutama utk tanjakan. Maklum total bebannya di atas 1 ton. Apalagi kalau muatan penuh. Tapi saat masuk gear 5, napasnya ga mentok kyk di bebek. Bisa terus, asal tega aja... Hehehe...
Soal inreyen ga masalah koq. Avanza gw aja sekitar umur 1 bulan digeber sampe 165kmpj. (cari aja di bagian review)
Utk body dan chasis avanza-xenia, mesin 1000cc akan terasa kurang dibandingkan mobil dengan mesin seukuran. Mobil 1000cc umumnya bodynya kecil dan lebih ringan. Contoh : Carry, atoz, katana, karimun, visto. Untuk mendorong body sebesar avanza, butuh power yg cukup besar. Mesin ideal pada avanza-xenia adalah 1300cc. Itupun saat di tanjakan juga terasa kurang. Penggunaan mesin 1000cc hanya utk mengejar pasar yang lebih rendah, alias menekan harga.
Namun bagi pemilik xenia 1000cc, tidak usah khawatir. Dengan populasi avanza-xenia yg banyak, tentunya banyak sparepart yang dapat digunakan untuk meningkatkan power yg pas-pasan itu. Contohnya aja, waktu di IIMS, stand Daihatsu ngeluarin BeGO yg mesinnya cuma 600-800cc (agak lupa) dgn turbo. Dengan mesin sekecil itu, tenaga yg di dapat sekitar 100hp alias selevel dengan mesin 1500cc.
Utk perawatan, pertama saat 1000km, utk pemeriksaan. Abis itu ganti oli pada 5000km.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Tanya tentang XENIA..
yah itu kan turbo.....
kalo power (PWR) udah gede, biasanya final gear bisa dibikin lebih kecil.
dari xenia, xeniavanza1.3, avanza 1.5; terlihat value final-gear nya mengecil.
kalo power (PWR) udah gede, biasanya final gear bisa dibikin lebih kecil.
dari xenia, xeniavanza1.3, avanza 1.5; terlihat value final-gear nya mengecil.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: Tanya tentang XENIA..
gw juga dulu ga lama koplingnya kena, soalnya biasa pake kijang diesel, jd kalo pake avanza mesti mainin kopling utk dapetin torsi. beli plat kopling di beres Toyota, bungkusnya Toyota tapi di plat koplingnya ada grafir daihatsuDogies wrote:Bro Nikki... harap diperhatikan setelan kopling dan cara penggunaannya. Ipar gue punya Xenia Li VVT-i 1000cc belum ada setaun udah jebol koplingnya. Kena biaya ganti & jasa service Rp 1 juta.
Doi tadinya biker dan ini mobil pertamanya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1282
- Joined: Sun Jul 13, 2008 7:48
- Location: Depok
Re: Tanya tentang XENIA..
iya sih.. emang tarikan nya pendek, tapi yg ngeganggu tuh kaya ngempos gitu.. duh.. aneh aja rasanya.. karimun temen gue aja ga kenceng, tapi responsif.. rpm naek, gerungan mesin naik, tarikan juga naik.. pas di xenia.. cape degg, klo di motor kan ada stel karbu,, klo di mobil apa ya yg distel? maap nubie abiss kekekekkk 

THE AXE EFFECT
See my AXE TV Commercial version: Mist
http://www.youtube.com/watch?v=xvxZyM-vccY
Kopi ABC SUSU
See my Kopi ABC Susu TVC version: Kampanye baru Generasi Penuh Solusi
http://www.youtube.com/watch?v=Wbw9uZ00xWQ
See my AXE TV Commercial version: Mist
http://www.youtube.com/watch?v=xvxZyM-vccY
Kopi ABC SUSU
See my Kopi ABC Susu TVC version: Kampanye baru Generasi Penuh Solusi
http://www.youtube.com/watch?v=Wbw9uZ00xWQ
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: Tanya tentang XENIA..
Dogies wrote:
Bro Nikki... harap diperhatikan setelan kopling dan cara penggunaannya. Ipar gue punya Xenia Li VVT-i 1000cc belum ada setaun udah jebol koplingnya. Kena biaya ganti & jasa service Rp 1 juta.
Doi tadinya biker dan ini mobil pertamanya
Bro bukankah masih garansi..harusnya nggak kena biaya.
Bro Nikki... harap diperhatikan setelan kopling dan cara penggunaannya. Ipar gue punya Xenia Li VVT-i 1000cc belum ada setaun udah jebol koplingnya. Kena biaya ganti & jasa service Rp 1 juta.
Doi tadinya biker dan ini mobil pertamanya
Bro bukankah masih garansi..harusnya nggak kena biaya.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1282
- Joined: Sun Jul 13, 2008 7:48
- Location: Depok
Re: Tanya tentang XENIA..
lho bukan mobilku lho yg jebol koplingnya 

THE AXE EFFECT
See my AXE TV Commercial version: Mist
http://www.youtube.com/watch?v=xvxZyM-vccY
Kopi ABC SUSU
See my Kopi ABC Susu TVC version: Kampanye baru Generasi Penuh Solusi
http://www.youtube.com/watch?v=Wbw9uZ00xWQ
See my AXE TV Commercial version: Mist
http://www.youtube.com/watch?v=xvxZyM-vccY
Kopi ABC SUSU
See my Kopi ABC Susu TVC version: Kampanye baru Generasi Penuh Solusi
http://www.youtube.com/watch?v=Wbw9uZ00xWQ
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Tanya tentang XENIA..
komponen terkonsumsi seperti aus kopling tidak termasuk warranty bro..:
http://www.toyota.co.id/cars/warranty/?Model=Avanza
http://www.toyota.co.id/cars/warranty/?Model=Avanza
avansa wrote:Dogies wrote:
Bro Nikki... harap diperhatikan setelan kopling dan cara penggunaannya. Ipar gue punya Xenia Li VVT-i 1000cc belum ada setaun udah jebol koplingnya. Kena biaya ganti & jasa service Rp 1 juta.
Doi tadinya biker dan ini mobil pertamanya
Bro bukankah masih garansi..harusnya nggak kena biaya.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 299
- Joined: Fri Apr 25, 2008 5:29
Re: Tanya tentang XENIA..
Boleh ikutan share...gmx wrote:gw juga dulu ga lama koplingnya kena, soalnya biasa pake kijang diesel, jd kalo pake avanza mesti mainin kopling utk dapetin torsi. beli plat kopling di beres Toyota, bungkusnya Toyota tapi di plat koplingnya ada grafir daihatsuDogies wrote:Bro Nikki... harap diperhatikan setelan kopling dan cara penggunaannya. Ipar gue punya Xenia Li VVT-i 1000cc belum ada setaun udah jebol koplingnya. Kena biaya ganti & jasa service Rp 1 juta.
Doi tadinya biker dan ini mobil pertamanya.
Untuk Avanza 1.3 bisa diservice ke Bengkel BERES ADM Daihatsu dengan biaya service & spareparts yg jauh lebih murah drpda BERES TAM ( Auto 2000).
Kebetulan dulu saya pernah punya Xenia 1.3 di Bali.
Waktu service rutin ke BERES ADM....sering melihat beberapa avanza yg ikut diservice disana.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Tanya tentang XENIA..
Jangan disamakan Xenia 1000cc dgn Karimun. Kapasitas mesin sama, tapi body lebih kecil dan ringan. Jadi otomatis "tarikan" Xenia lebih berat.
Kalu di motor ada karbu, di mobil jg ada, tapi versi lama. Kalu mobil2 baru umumnya sudah injeksi. Utk pengaturan sudah diatur oleh ECU (seperti komputer). Standar pabrik sudah diatur agar pembakaran efisien. Jadi ga ada utak-atik karbu pakai obeng lagi, alias lebih praktis.
Utk mengatur pembakaran sesuai keinginan, biasanya ditambahkan alat yg namanya Piggyback, yaitu alat utk "ngibulin" ECU mobil. Harganya lumayan mahal. Jadi biasanya utk upgrade tenaga biasanya orang cukup ganti saluran pembuangan. Tapi efeknya konsumsi bbm jadi lebih boros. Kalu pakai piggyback, kita bisa setting mau lebih boros atau lebih irit.
Kalu di motor ada karbu, di mobil jg ada, tapi versi lama. Kalu mobil2 baru umumnya sudah injeksi. Utk pengaturan sudah diatur oleh ECU (seperti komputer). Standar pabrik sudah diatur agar pembakaran efisien. Jadi ga ada utak-atik karbu pakai obeng lagi, alias lebih praktis.
Utk mengatur pembakaran sesuai keinginan, biasanya ditambahkan alat yg namanya Piggyback, yaitu alat utk "ngibulin" ECU mobil. Harganya lumayan mahal. Jadi biasanya utk upgrade tenaga biasanya orang cukup ganti saluran pembuangan. Tapi efeknya konsumsi bbm jadi lebih boros. Kalu pakai piggyback, kita bisa setting mau lebih boros atau lebih irit.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Tanya tentang XENIA..
nah bagi yang punya; jangan lewatin yang ini yah:
http://saft7.com/?p=314
http://saft7.com/?p=314
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Tanya tentang XENIA..
Maksud gw nyebut mobil D.Bego yg 600cc, tapi bila pakai tambahan (turbo), tenaga bisa naik jg. Salah satunya bisa pakai wai seperti yg om GTR kasih linknya...
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: Tanya tentang XENIA..
Tapi tidak untuk kebalikanya Bro,Beres Tam Ngggak mau nyervis Xenia,coba ajah ...Welly2008 wrote:Boleh ikutan share...
Untuk Avanza 1.3 bisa diservice ke Bengkel BERES ADM Daihatsu dengan biaya service & spareparts yg jauh lebih murah drpda BERES TAM ( Auto 2000).
Kebetulan dulu saya pernah punya Xenia 1.3 di Bali.
Waktu service rutin ke BERES ADM....sering melihat beberapa avanza yg ikut diservice disana.

@Bro Gtr..tanks inponya.

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Tue Oct 07, 2008 3:11
Re: Tanya tentang XENIA..
Salam kenal sambil ikutan Share aja....
pake Xenia Li dari Mei 2007 sampe sekarang Alhamdulillah lancar..... cuma ban aja yg keliatannya udah agak botak...
yah untuk Minibus 1000cc mah tdk usah berharap banyak.... tapi lumayan untuk mudik dengan tanjakan dan jalan rusak sih masih bisa). di trek lurus juga ga lebih dari 140Kpj.
yg jelas sih untuk konsumsi bahan bakar sih ga ada yg istimewa, ga irit , ga boros juga (tergantung cara bawanya kali ya...).
pake Xenia Li dari Mei 2007 sampe sekarang Alhamdulillah lancar..... cuma ban aja yg keliatannya udah agak botak...

yg jelas sih untuk konsumsi bahan bakar sih ga ada yg istimewa, ga irit , ga boros juga (tergantung cara bawanya kali ya...).

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Tanya tentang XENIA..
kalo masalah inrenyen sih gw rasa sih gk usah ya, karena kebetulan gw pernah di pabrik assembling mobil, nah di sana mesin sebelum di pasang ke mobil juga ud di test dan di geber di alat khusus untuk mengecek kebocoran oli, dengan kata lain mesin ud di inrenyenIN ama pabrik sebelum di pasang ke mobil. soo setelah di tangan kita lgsg aja geber (kalo tega, karena mobil baru pasti masih kita sayang2 donk)