BBM oktan tinggi = tambah tenaga >> MITOS salah kaprah

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: BBM oktan tinggi = tambah tenaga >> MITOS salah kaprah

Post by Abu2 »

GV dgn rasio kompresi 9.5:1 (sesuai manual book)
pake pertamax, untuk dalkot malah lebih boros dibanding pakai premium

sekarang dapetnya 7.5km/l-an (pake pertamax)
dulunya bisa 1:8.3km/l-an (pake premium)

kalo untuk luar kota , gak beda FC nya. di seputar 11.7km/l

tp kalo pake pertamax, enak banget tarikannya, suara mesin lebih halus..bawaan nya mau injek gas mulu (mgkn gara2 itu jd lebih boros kali yah) :e-think:
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: BBM oktan tinggi = tambah tenaga >> MITOS salah kaprah

Post by nescafe »

hmm.. ada sedikit pengaruh psikologis jg..
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: BBM oktan tinggi = tambah tenaga >> MITOS salah kaprah

Post by gmx »

pajero 3.0 V6 '97, CR 1:8.9, kemarin nyoba pake pertamax, ngisi dari 1/6 tanki sisa premium sampe full tank, pemakaian dalam kota juga makin boros kayak GV-nya om abu2, biasanya 1:6 jadi 1:5. tarikan sama aja rasanya, macet sih, ga bisa narik2
User avatar
nastaoktavian
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Thu Apr 24, 2008 12:37
Location: permata hijau

Re: BBM oktan tinggi = tambah tenaga >> MITOS salah kaprah

Post by nastaoktavian »

ah enggak juga....

gw punya motor balap kompesinya 13:1 pake bensin ok aj...

malh kalo pake pertamax n pertamax plus yang oktan tinggi malah pembakaran malah tambah basah...!!!!

tapi kalo pake BENSOL baru nampol...
tenaga dan pembakaran juga...

KENAPA BEGITU???
MMOHON PENCERAHANNYA>>
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: BBM oktan tinggi = tambah tenaga >> MITOS salah kaprah

Post by ricz »

Kalo tuh mbl mintaknya 95, kita isiin 92, kalo isi 95 bakal lebi nendang tenaganya...

Tp kalo tuh mbl cuma minta 88 doank trus kt isiin 95 ya gak beda jauh feelnya...

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: BBM oktan tinggi = tambah tenaga >> MITOS salah kaprah

Post by VanzMatic »

nastaoktavian wrote:ah enggak juga....

gw punya motor balap kompesinya 13:1 pake bensin ok aj...

malh kalo pake pertamax n pertamax plus yang oktan tinggi malah pembakaran malah tambah basah...!!!!

tapi kalo pake BENSOL baru nampol...
tenaga dan pembakaran juga...

KENAPA BEGITU???
MMOHON PENCERAHANNYA>>
Sayang ini postingan jadul..
Harus nya upload dulu foto busi, baru nanti keliatan kondisi riil dlm ruang bakar.

Karena, awalnya dia ngaku kompresi 13:1, tapi ngakunya pakai ron 92 maupun 95 malah kebasahan, sdgkan kalau pakai bensol kok tidal? Ada kontradiksi dan inkonsistensi. Makanya, perlu foto businya sebagai saksi bisu.

Logikanya, kalau CR 13:1, itu memang harusnya minum minimal Ron 98, harusnya ron 100. Kalau pakai ron 95 ke bawah malah basah, rasanya ngga masuk nalar, karen logisnya malah kekeringan apabila pakai ron underspek, karena bahan bakar jadi terlalu cepat habis terbakar.

Informasi yg kurang: foto busi saat pakai bensin underspek, motornya apa, karbu atau bukan, dan kondisi jalan yang dipakai saat pakai bensin underspek maupun saat pakai bensol.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: BBM oktan tinggi = tambah tenaga >> MITOS salah kaprah

Post by VanzMatic »

ricz wrote:Kalo tuh mbl mintaknya 95, kita isiin 92, kalo isi 95 bakal lebi nendang tenaganya...

Tp kalo tuh mbl cuma minta 88 doank trus kt isiin 95 ya gak beda jauh feelnya...
Yap. Yang ada hanya bikin tarikan jadi ngeden, dan ngeden juga narik duid dari dompetnya....
:wkkk:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
sarosansaro
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Tue Mar 26, 2013 4:56

Re: BBM oktan tinggi = tambah tenaga >> MITOS salah kaprah

Post by sarosansaro »

Sekedar meluruskan ttg knocking.

Banyak orang beranggapan, knocking terjadi dimana bensin "Meledak" karena kompresi tinggi dan panas di ruang bakar saat piston melangkah naik, sebelum busi menyala (dan sebelum TMA) ....

Kejadian yang sesungguhnya:

1. Pd ron sesuai dengan spek kompresi,
saat langkah kompresi, sekian derajat (misal 5 derajat) sebelum TMA, busi Menyulut (Ignition), tapi campuran bensin dan udara yg disulut tadi TIDAK LANGSUNG MELEDAK (Combustion), ada jeda waktu sepersekian detik, dimana idealnya Combustion terjadi tepat pd TMA atau 0 koma sekian derajat setelah TMA.

2. Pd ron yg terlalu rendah spek kompresi,
saat langkah kompresi, sekian derajat (misal 5 derajat) sebelum TMA, busi Menyulut (Ignition), tapi campuran bensin dan udara yg disulut tadi TIDAK LANGSUNG MELEDAK (Combustion), ada jeda waktu sepersekian detik, tapi karena kompresi terlalu tinggi - untuk bensin dengan ron yg rendah tadi, maka kombinasi dari Ignition, panas campuran udara dan bensin serta kompresi tsb membuat LEDAKAN Terjadi lebih awal saat piston masih bergerak ke atas - belum mencapai TMA, maka terjadilah KNOCKING (ketukan) ....

3. Pd ron yg lebih tinggi spek kompresi,
apabila kondisi waktu pengapian adalah sama dengan poin 1 dan 2 di atas,
maka tidak akan terjadi peningkatan performance mesin.
Waktu pengapian memang bisa dimajukan sedikit bila menggunakan ron yg lebih tinggi, tapi relatif sedikit sekali dan relatif tidak meningkatkan performa.
Karena waktu pengapain yang di advance terlalu cepat pd ron yg lebih tinggi, tetap mengakibatkan knocking.
Knocking dalam hal ini bukan karena panas dan kompresi yg terlalu tinggi, tapi memang waktu yg dibutuhkan dari Ignition - pd campuran udara bensin tadi dan dengan kompresi yang ada, maka Combustion akan terjadi karena memang sikonnya sudah tercapai.
Dan bilamana waktu combustion tsb terjadi pd saat piston masih bergerak naik - belum mencapai TMA, karena pengapian yang diset terlalu advance tadi, maka knockingpun tetap terjadi di ruang bakar.

Smoga bermanfaat.