Plus Minus-nya Motor Alternatif Kaisar V250 - Part 01
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 75
- Joined: Thu Aug 09, 2007 16:30
Re: Kaisar Ruby V250
kalau lampu di motor kecil... ngga ada pengalaman di motor besar...
jika pengen terang:
jika arus ikut spul (mesin mati lampu ikut mati) maka bohlam justru diganti yang wattnya leboh kecil, atau jika memang udah jelek banget spul nya maka ada yg mengganti dengan voltase yg lebih kecil.
jika arus ikut accu (lampu bisa idup asal kunci kontak idup, walau mesin mati) maka bohlam dianti yang lebih besar wattnya. bohlam yang terbaik di pasaran saat ini yg belum banyak tiruannya adalah merek philips dan osram. Kalau bisa belilah bohlam di bengkel resmi APTM mana saja, bisa honda, yamaha, suzuki, dll (yg merek jepang karena stok mereka lebih "mapan"). Tinggal cari yang cocok/kompatible dengan motor anda.
HID cocok jika kita memang pake accu yang mumpuni, HID justru akan sangat remang2 jika accu jelek. malahan bisa jadi lebih parah, karena sinar lampu putih kebiruan dari HID butuh daya yg kuat untuk memberikan kontras pada jalan, terutama jika hujan atau berkabut.
Kaisar memiliki 3 lampu, alangkah baiknya jika lampu utama putih maka lampu pendamping dipakai bohlam biasa atau disticker kuning, begitu sebaliknya, jika lampu utama kuning maka lampu pendamping putih (HID palsu atau apalah, kan banyak sekarang di toko asesories).
Saya pake nouvo, 1 bohlam kuning, yg 1 lagi pake yang putih, jadi apapun cuacanya ngga masalah, masuk kota (jalan kan terang) kepake yg putih, masuk desa, jalan gelap, tetap terjaga kontras pandangan kita karena ada yg sinar kenkuningan...
semoga berguna sedikit pengalaman bermotor saya...
jika pengen terang:
jika arus ikut spul (mesin mati lampu ikut mati) maka bohlam justru diganti yang wattnya leboh kecil, atau jika memang udah jelek banget spul nya maka ada yg mengganti dengan voltase yg lebih kecil.
jika arus ikut accu (lampu bisa idup asal kunci kontak idup, walau mesin mati) maka bohlam dianti yang lebih besar wattnya. bohlam yang terbaik di pasaran saat ini yg belum banyak tiruannya adalah merek philips dan osram. Kalau bisa belilah bohlam di bengkel resmi APTM mana saja, bisa honda, yamaha, suzuki, dll (yg merek jepang karena stok mereka lebih "mapan"). Tinggal cari yang cocok/kompatible dengan motor anda.
HID cocok jika kita memang pake accu yang mumpuni, HID justru akan sangat remang2 jika accu jelek. malahan bisa jadi lebih parah, karena sinar lampu putih kebiruan dari HID butuh daya yg kuat untuk memberikan kontras pada jalan, terutama jika hujan atau berkabut.
Kaisar memiliki 3 lampu, alangkah baiknya jika lampu utama putih maka lampu pendamping dipakai bohlam biasa atau disticker kuning, begitu sebaliknya, jika lampu utama kuning maka lampu pendamping putih (HID palsu atau apalah, kan banyak sekarang di toko asesories).
Saya pake nouvo, 1 bohlam kuning, yg 1 lagi pake yang putih, jadi apapun cuacanya ngga masalah, masuk kota (jalan kan terang) kepake yg putih, masuk desa, jalan gelap, tetap terjaga kontras pandangan kita karena ada yg sinar kenkuningan...
semoga berguna sedikit pengalaman bermotor saya...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Sun Aug 17, 2008 1:01
Re: Kaisar Ruby V250
sastroningratan wrote:kalau lampu di motor kecil... ngga ada pengalaman di motor besar...
jika pengen terang:
jika arus ikut spul (mesin mati lampu ikut mati) maka bohlam justru diganti yang wattnya leboh kecil, atau jika memang udah jelek banget spul nya maka ada yg mengganti dengan voltase yg lebih kecil.
jika arus ikut accu (lampu bisa idup asal kunci kontak idup, walau mesin mati) maka bohlam dianti yang lebih besar wattnya. bohlam yang terbaik di pasaran saat ini yg belum banyak tiruannya adalah merek philips dan osram. Kalau bisa belilah bohlam di bengkel resmi APTM mana saja, bisa honda, yamaha, suzuki, dll (yg merek jepang karena stok mereka lebih "mapan"). Tinggal cari yang cocok/kompatible dengan motor anda.
HID cocok jika kita memang pake accu yang mumpuni, HID justru akan sangat remang2 jika accu jelek. malahan bisa jadi lebih parah, karena sinar lampu putih kebiruan dari HID butuh daya yg kuat untuk memberikan kontras pada jalan, terutama jika hujan atau berkabut.
Kaisar memiliki 3 lampu, alangkah baiknya jika lampu utama putih maka lampu pendamping dipakai bohlam biasa atau disticker kuning, begitu sebaliknya, jika lampu utama kuning maka lampu pendamping putih (HID palsu atau apalah, kan banyak sekarang di toko asesories).
Saya pake nouvo, 1 bohlam kuning, yg 1 lagi pake yang putih, jadi apapun cuacanya ngga masalah, masuk kota (jalan kan terang) kepake yg putih, masuk desa, jalan gelap, tetap terjaga kontras pandangan kita karena ada yg sinar kenkuningan...
semoga berguna sedikit pengalaman bermotor saya...



Mas bro sastroningratan jadi ikut ke Sarangan yaach?, keberangkatan-nya udah aku undur jadi hari Sabtu - 29/11/08 lhoo...., kumpul di Balaikota Solo, mulai luncuran touringnya jam 8 pagi --- gimana mas bro



Ikutan yaach.....



Last edited by wongcilik on Sun Nov 23, 2008 15:47, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 75
- Joined: Thu Aug 09, 2007 16:30
Re: Kaisar Ruby V250
berdasar petunjuk primbon otomotip dan sedikit pengalaman saya;brampi wrote:ikhsaint wrote:iya neh saya jg pake knalpot mas rully.....sastroningratan wrote:berdasarkan percobaan bro wishmaster:
kalau dibobok semua = di rpm tinggi suara mirip preman...
kalau ngga dibobok semua = di rmpm rendah jadi ngga kaya "helikopter"
susah banget ya?
Udah ada yang coba di sekat di tegah?
dibobok semua cuma disisakan di tengah.. mungkin bisa...
tapi temen2 yang maen ke rumah kemaren bagus suaranya, cuma di rpm tinggi (diatas 5.000rpm) ketahuan kalau itu motor cc kecil dan ini emang susah banget dihapus.
Moge2 turing diatas 600cc punya daya dan torsi masimal di RPM bawah nyaris dibawah 3.000rpm, jadi suaranya sangat "helikopter"... jleng, jleng... jleng,jleng...
Kalu "pincang"nya rada gampang ditiru, asal panjang pipa ngga sama hampir pasti pincang bunyinya.. asal 2 knalpot ngga ada pipa "penyeimbang" yg menghubungkan 2 knalpot tadi...
Jadi tambah pengen punya motor Vtwin!
kalau dlm keadaan gas idle...suara vroom2 bergantian..pincang2 gitu.....dibleyer bleyer masih bagus....wungkul2 keluar suaranya......tapi pas dibuat ngebut keliatan deh aslinya......cc 250 punya.....
mungkin cara satu2nya ngenak in suara knalpotnya ya harus bore up ke cc yg lebih gd.....
Kalau MainJet/PilotJet diganti yang gede sama pengapian di gedein (koil racing, busi dll) gimana mas bro?
Soalnya Aku pernah nyoba di Tiger revo aku ngga pake knalpot racing.
Dua2nya MJ/PJnya diganti jadi setelannya agak "basah", busi racing koil racing.
Begitu distater suaranya lebih agak mbrebet gitu bro tapi begitu digas mantep ngga seperti standarnya.
Coba kalau aplikasi ini diterapkan ke Ruby bisa ngga ya?
Soalnya kalau aku rasa Harley tuh suaranya agak-agak "basah" stelan karbunya.
Just sharing aja mas bro kalau gagal jangan kapok ya?
setelan kering akan menyebabkan knalpot nembak pas gas dilepas, tarikan biasanya bagus, busi keputihan, mesin cepet panas, top speed berkurang.
setelan pas ngga nembak, enak dipake, warna busi coklat keemasan.
setelah basah susah distart, berasap hitam pas pertama start, warna busi hitam kadang ada sisa bahan bakar jika sudah sangat basah setelannya, tarikan jadi jelek, top speed naik, mesin ngga cepet panas.
Kalau ngga ada gejala2 diatas dan masalahnya hanya suara, sepertinya cuma sekat2 knalpot saja yang belum ketemu yang pas...
Bore up kan membesarkan CC dengan membesarkan kapasitas silinder, padahal untuk bermain RPM rendah dan torsi besar justru stroke harus lebih panjang (kaisar udah lebih panjang stroke nya), jadi kalo bore up harus nya jangan sampe melebihi stroke standarnya, atau jika mau sangat repot silakan dicoba stroke up.. dengan memindah posisi pen lengan piston dan mengganjal dengan paking aluminium di silender headnya... Tapi apa ngga berpengaruh ke daya tahan motor itu sendiri? ntar kalo dirubah2 begitu belum tentu ngga jadi "sakit2an" lho... malah repot, pas turing di jalan antah berantah malah mogok bisa semaput, secara mendorong kaisar serasa mendorong 3 motor bebek bersama-sama.. hehe...
Bore up yg aman sih bisa aja, cari yg piston bentuknya semirip mungkin dengan orisinalnya, diameter pen pistin yg sama, jadi tinggal plek, cuma bubut boring piston atau ganti sekalian boring dengan yg sesuai. Sepengalaman saya di motor nouvo, dibore up dari 115 mjd 150cc masih aman, jadi jika kaisar dari 125 jadi 160cc masih aman juga.. hehe.. (kompor dinyalakan... siapa mau jadi percobaan?)... Ngga sampe bubut karter dan lain-lain... pokoke secara kasat mata terlihat seperti standardnya... asyik kan? jadi 320cc..
siapa mau menyiram minyak ke dalam kompor ini? biar lebih hot semangat bongkar2nya?

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 75
- Joined: Thu Aug 09, 2007 16:30
Re: Kaisar Ruby V250
weleh2... tak minta ijin DPT dan MPR dulu... lagian saya tak tanya pakah bentrok dengan arisan keluarga atau tidak...wongcilik wrote:sastroningratan wrote:kalau lampu di motor kecil... ngga ada pengalaman di motor besar...
jika pengen terang:
jika arus ikut spul (mesin mati lampu ikut mati) maka bohlam justru diganti yang wattnya leboh kecil, atau jika memang udah jelek banget spul nya maka ada yg mengganti dengan voltase yg lebih kecil.
jika arus ikut accu (lampu bisa idup asal kunci kontak idup, walau mesin mati) maka bohlam dianti yang lebih besar wattnya. bohlam yang terbaik di pasaran saat ini yg belum banyak tiruannya adalah merek philips dan osram. Kalau bisa belilah bohlam di bengkel resmi APTM mana saja, bisa honda, yamaha, suzuki, dll (yg merek jepang karena stok mereka lebih "mapan"). Tinggal cari yang cocok/kompatible dengan motor anda.
HID cocok jika kita memang pake accu yang mumpuni, HID justru akan sangat remang2 jika accu jelek. malahan bisa jadi lebih parah, karena sinar lampu putih kebiruan dari HID butuh daya yg kuat untuk memberikan kontras pada jalan, terutama jika hujan atau berkabut.
Kaisar memiliki 3 lampu, alangkah baiknya jika lampu utama putih maka lampu pendamping dipakai bohlam biasa atau disticker kuning, begitu sebaliknya, jika lampu utama kuning maka lampu pendamping putih (HID palsu atau apalah, kan banyak sekarang di toko asesories).
Saya pake nouvo, 1 bohlam kuning, yg 1 lagi pake yang putih, jadi apapun cuacanya ngga masalah, masuk kota (jalan kan terang) kepake yg putih, masuk desa, jalan gelap, tetap terjaga kontras pandangan kita karena ada yg sinar kenkuningan...
semoga berguna sedikit pengalaman bermotor saya...![]()
![]()
![]()
Mas bro sastroningratan jadi ikut ke Sarangan yaach?, keberangkatan-nya udah aku undur jadi hari Sabtu - 29/11/08 lhoo...., kumpul di Balaikota Solo, mulai luncuran touringnya jam 8 pagi --- gimana mas bro, khaan mbolos kerjanya cuman 1 hari doang
![]()
.
Ikutan yaach.....![]()
![]()
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Sun Aug 17, 2008 1:01
Re: Kaisar Ruby V250
Tuuch khaan...... keliatan aslinyasastroningratan wrote:......... Bore up yg aman sih bisa aja, cari yg piston bentuknya semirip mungkin dengan orisinalnya, diameter pen pistin yg sama, jadi tinggal plek, cuma bubut boring piston atau ganti sekalian boring dengan yg sesuai. Sepengalaman saya di motor nouvo, dibore up dari 115 mjd 150cc masih aman, jadi jika kaisar dari 125 jadi 160cc masih aman juga.. hehe.. (kompor dinyalakan... siapa mau jadi percobaan?)... Ngga sampe bubut karter dan lain-lain... pokoke secara kasat mata terlihat seperti standardnya... asyik kan? jadi 320cc..
siapa mau menyiram minyak ke dalam kompor ini? biar lebih hot semangat bongkar2nya?



-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 75
- Joined: Thu Aug 09, 2007 16:30
Re: Kaisar Ruby V250
sudah bagus banget bro...wongcilik wrote:Rencana sidebox-ku (u/ rekan2 yg belum ganti = sidebag) akan aku turunkan 9 cm dan dimundurkan 2,5 cm (sudah mepet banget ama lampu sign-nya) --- supaya dimensi body belakang kelihatan lebih besar/"gambot", dan juga - untuk menutupi ban belakang yang memang "kurang besar/lebar"
![]()
Ini photo-nya mas bro
![]()
:big_peace
terlihat besar kan?
hehe.. harusnya juga berpengaruh ke kestabilan motor, karena titik berat motor sudah pindah lebih ke bawah..
kurang ngecet shock belakanga aja.. biar serasi...
btw, dipasang white wall kayak bro rodex bisa tambah cakep bro, apalagi jika shock depan juga ditirunkan, kan gampang tinggal buka 2 baut langsung turun shocknya...
dijamin semangkin mirip roadking! tinggal ganti setang semi ape hanger jadi bobber sejati!
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Sun Aug 17, 2008 1:01
Re: Kaisar Ruby V250
Aku tunggu konfirmasi-nya yaachsastroningratan wrote:weleh2... tak minta ijin DPT dan MPR dulu... lagian saya tak tanya pakah bentrok dengan arisan keluarga atau tidak...wongcilik wrote:Mas bro sastroningratan jadi ikut ke Sarangan yaach?, keberangkatan-nya udah aku undur jadi hari Sabtu - 29/11/08 lhoo...., kumpul di Balaikota Solo, mulai luncuran touringnya jam 8 pagi --- gimana mas bro, khaan mbolos kerjanya cuman 1 hari doang
![]()
.
Ikutan yaach.....![]()
![]()
![]()



-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 75
- Joined: Thu Aug 09, 2007 16:30
Re: Kaisar Ruby V250
memang benar, bisa 155km/jam jika dinaikan kereta senja utama...wongcilik wrote:Tuuch khaan...... keliatan aslinyasastroningratan wrote:......... Bore up yg aman sih bisa aja, cari yg piston bentuknya semirip mungkin dengan orisinalnya, diameter pen pistin yg sama, jadi tinggal plek, cuma bubut boring piston atau ganti sekalian boring dengan yg sesuai. Sepengalaman saya di motor nouvo, dibore up dari 115 mjd 150cc masih aman, jadi jika kaisar dari 125 jadi 160cc masih aman juga.. hehe.. (kompor dinyalakan... siapa mau jadi percobaan?)... Ngga sampe bubut karter dan lain-lain... pokoke secara kasat mata terlihat seperti standardnya... asyik kan? jadi 320cc..
siapa mau menyiram minyak ke dalam kompor ini? biar lebih hot semangat bongkar2nya?, Nouvo-nya mas bro sastroningratan itu beneran bisa 155 km/jam lhoo.... wakakakak
![]()
dasar gosip!

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Sun Aug 17, 2008 1:01
Re: Kaisar Ruby V250
Huehehehe kompooooor.... kompoooor..., rachuuunnn.... rachuuuuuunnn.... wakakaksastroningratan wrote:sudah bagus banget bro...wongcilik wrote:Rencana sidebox-ku (u/ rekan2 yg belum ganti = sidebag) akan aku turunkan 9 cm dan dimundurkan 2,5 cm (sudah mepet banget ama lampu sign-nya) --- supaya dimensi body belakang kelihatan lebih besar/"gambot", dan juga - untuk menutupi ban belakang yang memang "kurang besar/lebar"
![]()
Ini photo-nya mas bro
![]()
:big_peace
terlihat besar kan?
hehe.. harusnya juga berpengaruh ke kestabilan motor, karena titik berat motor sudah pindah lebih ke bawah..
kurang ngecet shock belakanga aja.. biar serasi...
btw, dipasang white wall kayak bro rodex bisa tambah cakep bro, apalagi jika shock depan juga ditirunkan, kan gampang tinggal buka 2 baut langsung turun shocknya...
dijamin semangkin mirip roadking! tinggal ganti setang semi ape hanger jadi bobber sejati!



-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Kaisar Ruby V250
@ wongcilik : saya bukan pakar, hanya ngerti sedikit tentang kelistrikan motor. Itupun saya banyak belajar dari om saya 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Sun Aug 17, 2008 1:01
Re: Kaisar Ruby V250
Mas Ed****, bagi kita2 ini - mas bro tetap pakar kok hihihihiesh wrote:@ wongcilik : saya bukan pakar, hanya ngerti sedikit tentang kelistrikan motor. Itupun saya banyak belajar dari om saya![]()



-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Sun Aug 17, 2008 1:01
Re: Kaisar Ruby V250
Huehehehe.... yg ini mah malah gossip beneran, masa kereta senja utama bisa lari 155 km/jam?sastroningratan wrote:memang benar, bisa 155km/jam jika dinaikan kereta senja utama...wongcilik wrote:Tuuch khaan...... keliatan aslinyasastroningratan wrote:......... Bore up yg aman sih bisa aja, cari yg piston bentuknya semirip mungkin dengan orisinalnya, diameter pen pistin yg sama, jadi tinggal plek, cuma bubut boring piston atau ganti sekalian boring dengan yg sesuai. Sepengalaman saya di motor nouvo, dibore up dari 115 mjd 150cc masih aman, jadi jika kaisar dari 125 jadi 160cc masih aman juga.. hehe.. (kompor dinyalakan... siapa mau jadi percobaan?)... Ngga sampe bubut karter dan lain-lain... pokoke secara kasat mata terlihat seperti standardnya... asyik kan? jadi 320cc..
siapa mau menyiram minyak ke dalam kompor ini? biar lebih hot semangat bongkar2nya?, Nouvo-nya mas bro sastroningratan itu beneran bisa 155 km/jam lhoo.... wakakakak
![]()
![]()
dasar gosip!![]()




Cita2-nya mas bro sastroningratan itu : pengen nouvo-nya bisa lari 170 km/jam, bisa ngasep-in FU150 atau NinjaRR (150)




Ini tadi - baru saja telpon2-an ama mas bro sastroningratan-nya (Yogya), membahas penurunan shock breaker depannya

Salam. Tks.



-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Kaisar Ruby V250
Sebelumnya mat kenal dulu yah mas bro sastroningratan.sastroningratan wrote: HID cocok jika kita memang pake accu yang mumpuni, HID justru akan sangat remang2 jika accu jelek. malahan bisa jadi lebih parah, karena sinar lampu putih kebiruan dari HID butuh daya yg kuat untuk memberikan kontras pada jalan, terutama jika hujan atau berkabut.
semoga berguna sedikit pengalaman bermotor saya...
Ane mo kasih sedikit input neh klo pemakaian hid itu bukan hanya sekedar dari akinya aja yg mumpuni, tapi dari pengisiannya juga. Wlp kite2 pake aki boil sekalipun klo arus pengisian tidak seimbang dg pemakaian, maka percuma aja. Oleh sebab itu sebaiknya diukur dulu apakah pengisiannya mencukupi klo mo pake hid.

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Fri Nov 07, 2008 14:24
Re: Kaisar Ruby V250
weleh2...slesai posting plg ke rumah lsg bokap nyuruh lepas windshield, ma side box n sandaran blk...wongcilik wrote:@fresi
Huehehehe.... bener kok setiran-nya ayahanda yahud banget lhoo, pokok-nya sueyheeem abiiish deech wakakakak
Terima kasih ya mas bro fresi![]()
, kapan2 ganti aku-nya yang main ke kota Semarang, sebetulnya tadi aku punya beberapa inisiatif - tapi aku-nya sungkan ama mas bro rodex-nya huehehehe
(karena tadi yg jadi tuan rumahnya itu khaan mas bro rodex, karena memang kita tadi itu ada di rumahnya mas bro rodex wakakak
).
Photo Majesty-nya gampang kok, ambil aja pake camera hp, teyhuus di upload ke topic "AYO MANA FOTO MOTOR MU?"
Salam buat ayahanda ya![]()
, Pak A****-nya jangan lupa jadwal touring Sarangan-nya
Salam. Tks.![]()
![]()


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Sun Aug 17, 2008 1:01
Re: Kaisar Ruby V250
Hihihihi...., kalau rekan2 pada kumpul - sebetulnya memang saling meracuni kokfresi wrote:weleh2...slesai posting plg ke rumah lsg bokap nyuruh lepas windshield, ma side box n sandaran blk...wongcilik wrote:.... Terima kasih ya mas bro fresi![]()
, kapan2 ganti aku-nya yang main ke kota Semarang, ......
Salam buat ayahanda ya![]()
, Pak A****-nya jangan lupa jadwal touring Sarangan-nya
...........
![]()
....emang bener2 kena racun bro ber2.... bokap kepincut ma black white ruby bro rodex, kena racun side box master wong.... kmrn dr tmpt bro rodex lsg ke klithikan,,, sbenernya mau2 ja dianterin ke sana tapi bro ga enak ma bro ber2,,, takut ngrepotin,,,




Kalau liat handling and maneuver-nya Pak A***** kemarin, aku-nya juga jadi kepengen ikut2-an lhoo wakakakak


Salam. Tks.



-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Sun Aug 17, 2008 1:01
Re: Kaisar Ruby V250
Ini data kelistrikan Kaisar Ruby V250 :sjamsul wrote:Benar, osi ane mo tau neh di mtr kaisar ini gimana.esh wrote:Maksud om sjamsul sistem pengisiannya AC atau DC begitu? Trus pengisiannya berapa ampere dan akinya juga pake berapa ampere, sehingga dari situ bisa diketahui daya maksimal bohlam yang dapat dipake. Seperti om sjamsul pernah cerita motor pake HID bakal tekor karena aki dan pengisiannya nggak seimbang. CMIIW![]()
![]()
- DC
- Aki basah 12 V, 9 A
- pengisian 9 A
- bohlam headlamp 12 V, 38 W
Mohon saran dan bantuannya mas bro

Salam. Tks.



-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Kaisar Ruby V250
Kalau diliat dari spek mtr ini, maka meMUNGKINkan untuk dipake bohlam boil h4 60/55w.wongcilik wrote:Ini data kelistrikan Kaisar Ruby V250 :
- DC
- Aki basah 12 V, 9 A
- pengisian 9 A
- bohlam headlamp 12 V, 38 W
Mohon saran dan bantuannya mas bro(supaya lampu headlamp bisa jauh lebih terang)
Salam. Tks.![]()
![]()
Perhitungannya mudah aja kok, tinggal dibagi aja 60 dg 12 maka hasilnya adalah 5. Dalam hal ini 5 amper. Tapi jangan langsung merubah dulu yah, sebaiknya dipertahankan dulu dg kondisi yg ada, misalkan mengganti bohlam standard dg yg baru, apakah ada peningkatan, klo kaga coba dipakein rly lampu buat mtr, spy bohlam dapat stroom langsung dari aki. Hal ini diharapkan dapat menghasilkan sinar lampu yg maksimum n jangan lupa klo mo pake cara ini kabel serta terminal beserta perlengkapannya dipilih yg berkualitas bagus, bukan abal2.
Nah, kira2 gimana pendapat rekan2 disini.

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Kaisar Ruby V250
@wongcilik:
klo ada pertanyaan posting aja yah, krn aku-nya suka keluar masuk. ok.
klo ada pertanyaan posting aja yah, krn aku-nya suka keluar masuk. ok.

Re: Kaisar Ruby V250
haiii bro semuaaa
giamana neeee....
hujan teyuuuuuusssssss
H D nya jadi nganggurrrr
takut pada kotor yaaaa.....
giamana neeee....
hujan teyuuuuuusssssss
H D nya jadi nganggurrrr
takut pada kotor yaaaa.....

Re: Kaisar Ruby V250
broooo....
klo kesolo q mau banget durian nya ju pe julia perez
wakakakakakakaka.....
rdx slo
klo kesolo q mau banget durian nya ju pe julia perez
wakakakakakakaka.....

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Sun Aug 17, 2008 1:01
Re: Kaisar Ruby V250
wishmaster wrote:mas bro Wongcilik... itu headlampnya pake lampu apa sih ? mbok ya kita-2 ini dibagi-2 infonya, syukur-2 mas bro mau jadi dealer/supplier lampu gitu, kita-2 tinggal mesen ke mas aja...![]()
Siiiip deech ......sjamsul wrote:Kalau diliat dari spek mtr ini, maka meMUNGKINkan untuk dipake bohlam boil h4 60/55w.wongcilik wrote:Ini data kelistrikan Kaisar Ruby V250 :
- DC
- Aki basah 12 V, 9 A
- pengisian 9 A
- bohlam headlamp 12 V, 38 W
Mohon saran dan bantuannya mas bro(supaya lampu headlamp bisa jauh lebih terang)
Salam. Tks.![]()
![]()
Perhitungannya mudah aja kok, tinggal dibagi aja 60 dg 12 maka hasilnya adalah 5. Dalam hal ini 5 amper.
Tapi jangan langsung merubah dulu yah, sebaiknya dipertahankan dulu dg kondisi yg ada, misalkan mengganti bohlam standard dg yg baru, apakah ada peningkatan, klo kaga coba dipakein rly lampu buat mtr, spy bohlam dapat stroom langsung dari aki. Hal ini diharapkan dapat menghasilkan sinar lampu yg maksimum n jangan lupa klo mo pake cara ini kabel serta terminal beserta perlengkapannya dipilih yg berkualitas bagus, bukan abal2.
Nah, kira2 gimana pendapat rekan2 disini.cmiiw.





Untuk rekan2 yang mengalami problem serupa (lampu headlamp-nya tidak terang), petuah-nya mas bro sjamsul itu - mungkin bisa berguna untuk rekan2 semua


Terima kasih banyak mas bro sjamsul



Last edited by wongcilik on Mon Nov 24, 2008 12:22, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Sun Aug 17, 2008 1:01
Re: Kaisar Ruby V250
....sjamsul wrote:@wongcilik:
klo ada pertanyaan posting aja yah, krn aku-nya suka keluar masuk. ok.![]()






Beyheeees mas bro sjamsul, siap2 aja ama berondongan pertanyaan rekan2 disini huehehehe



Salam. Tks.



-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Kaisar Ruby V250
kaga masalah mas bro wongcilik, klo pake bahasa jepang: no problem.wongcilik wrote:Beyheeees mas bro sjamsul, siap2 aja ama berondongan pertanyaan rekan2 disini huehehehe![]()
![]()
![]()
Salam. Tks.![]()
![]()

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Sun Aug 17, 2008 1:01
Re: Kaisar Ruby V250
Hihihihi..., kemarin Kaisar Ruby V250-nya mas bro rodex di-sebut2 sebagai Vento V-Thunder, kok hari ini malah jadi Harley Davison...?rodex wrote:haiii bro semuaaa
giamana neeee....
hujan teyuuuuuusssssss
H D nya jadi nganggurrrr
takut pada kotor yaaaa.....![]()



Salam.



-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 177
- Joined: Sat May 17, 2008 18:30
Re: Kaisar Ruby V250
berdasar petunjuk primbon otomotip dan sedikit pengalaman saya;brampi wrote:ikhsaint wrote:iya neh saya jg pake knalpot mas rully.....sastroningratan wrote:berdasarkan percobaan bro wishmaster:
kalau dibobok semua = di rpm tinggi suara mirip preman...
kalau ngga dibobok semua = di rmpm rendah jadi ngga kaya "helikopter"
susah banget ya?
Udah ada yang coba di sekat di tegah?
dibobok semua cuma disisakan di tengah.. mungkin bisa...
tapi temen2 yang maen ke rumah kemaren bagus suaranya, cuma di rpm tinggi (diatas 5.000rpm) ketahuan kalau itu motor cc kecil dan ini emang susah banget dihapus.
Moge2 turing diatas 600cc punya daya dan torsi masimal di RPM bawah nyaris dibawah 3.000rpm, jadi suaranya sangat "helikopter"... jleng, jleng... jleng,jleng...
Kalu "pincang"nya rada gampang ditiru, asal panjang pipa ngga sama hampir pasti pincang bunyinya.. asal 2 knalpot ngga ada pipa "penyeimbang" yg menghubungkan 2 knalpot tadi...
Jadi tambah pengen punya motor Vtwin!
kalau dlm keadaan gas idle...suara vroom2 bergantian..pincang2 gitu.....dibleyer bleyer masih bagus....wungkul2 keluar suaranya......tapi pas dibuat ngebut keliatan deh aslinya......cc 250 punya.....
mungkin cara satu2nya ngenak in suara knalpotnya ya harus bore up ke cc yg lebih gd.....
Kalau MainJet/PilotJet diganti yang gede sama pengapian di gedein (koil racing, busi dll) gimana mas bro?
Soalnya Aku pernah nyoba di Tiger revo aku ngga pake knalpot racing.
Dua2nya MJ/PJnya diganti jadi setelannya agak "basah", busi racing koil racing.
Begitu distater suaranya lebih agak mbrebet gitu bro tapi begitu digas mantep ngga seperti standarnya.
Coba kalau aplikasi ini diterapkan ke Ruby bisa ngga ya?
Soalnya kalau aku rasa Harley tuh suaranya agak-agak "basah" stelan karbunya.
Just sharing aja mas bro kalau gagal jangan kapok ya?
.
Kalau ngga ada gejala2 diatas dan masalahnya hanya suara, sepertinya cuma sekat2 knalpot saja yang belum ketemu yang pas...
Bore up kan membesarkan CC dengan membesarkan kapasitas silinder, padahal untuk bermain RPM rendah dan torsi besar justru stroke harus lebih panjang (kaisar udah lebih panjang stroke nya), jadi kalo bore up harus nya jangan sampe melebihi stroke standarnya, atau jika mau sangat repot silakan dicoba stroke up.. dengan memindah posisi pen lengan piston dan mengganjal dengan paking aluminium di silender headnya... Tapi apa ngga berpengaruh ke daya tahan motor itu sendiri? ntar kalo dirubah2 begitu belum tentu ngga jadi "sakit2an" lho... malah repot, pas turing di jalan antah berantah malah mogok bisa semaput, secara mendorong kaisar serasa mendorong 3 motor bebek bersama-sama.. hehe...
Bore up yg aman sih bisa aja, cari yg piston bentuknya semirip mungkin dengan orisinalnya, diameter pen pistin yg sama, jadi tinggal plek, cuma bubut boring piston atau ganti sekalian boring dengan yg sesuai. Sepengalaman saya di motor nouvo, dibore up dari 115 mjd 150cc masih aman, jadi jika kaisar dari 125 jadi 160cc masih aman juga.. hehe.. (kompor dinyalakan... siapa mau jadi percobaan?)... Ngga sampe bubut karter dan lain-lain... pokoke secara kasat mata terlihat seperti standardnya... asyik kan? jadi 320cc..
siapa mau menyiram minyak ke dalam kompor ini? biar lebih hot semangat bongkar2nya?

Saya setuju banget bro sama pendapat masbro, saya juga begitu waktu nyoba di mesin saya (Tiger).
setelan kering akan menyebabkan knalpot nembak pas gas dilepas, tarikan biasanya bagus, busi keputihan, mesin cepet panas, top speed berkurang.
setelan pas ngga nembak, enak dipake, warna busi coklat keemasan.
setelah basah susah distart, berasap hitam pas pertama start, warna busi hitam kadang ada sisa bahan bakar jika sudah sangat basah setelannya, tarikan jadi jelek, top speed naik, mesin ngga cepet panas
Tapi saya ngakalin dengan penambahan pengapian.
- MJ/PJ diganti lebih besar
- Saringan udara aku bolongin2 kecil dikit (resikonya memang kotoran cepet masuk ke karbu)
- Koil ganti YZ
- Busi Denso iridium
- Porting/Polish saja (ngga pake ganti piston/bore up)
hasilnya tetep warna busi coklat keemasan, dan suara knalpotnya lebih gede dan sangar dari mesin standar.
Tapi ngga tau deh kalau si ruby bagaimana mengenai koilnya dan businya. Kalau MJ/PJ mungkin masih bisa dicari.
Saringan udara mungkin masih bisa diakalin pake after market (soalnya belum pernah lihat mesin ruby sih).
Mungkin nanti kalau jadi beli kaisar aku mau coba2.............he he he
The Red

