BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
om mdid,
udah pake pajero 2 generasi masa mau pindah ke lain hati.. pajero lagi aja om, kita tunggu reviewnya
udah pake pajero 2 generasi masa mau pindah ke lain hati.. pajero lagi aja om, kita tunggu reviewnya
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 171
- Joined: Fri Oct 24, 2008 19:09
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
gmx
jadi ganti ke LC ga? heheh....
jadi ganti ke LC ga? heheh....
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
Betul sekali.GTR wrote:Gdi = gasoline direct injection kan yah.
repotnya kalo diluar kota, krn direct injection ini mutlak minta bensin kualitas nomor satu (cmiiw)
Utk mesin GDI kalo suka pake premium ya 20 rb. Km sekali sebaiknya purging Injector, either pake Jet clean / Carbon clean / Interject Service.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
ngga lah om, puas sama pajero, lg nungguin aja om did jadi ganti apa, kalo udah ganti mobil jadi ga ke pondok cabe. pengen tau juga gimana ke kebon pake X5 atau ML. kalo billy masuk sini gimana ni commentnyacruizer wrote:gmx
jadi ganti ke LC ga? heheh....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
turboman
efek + dari purging mungkin banyak yg udah tau, tp kira2 ada efek - ga?
boleh info nya t4 utk purging diesel dan bensin di jkt. gw agak bingung utk purging sendiri, ada tuh di ace hrdware...
trims...
efek + dari purging mungkin banyak yg udah tau, tp kira2 ada efek - ga?
boleh info nya t4 utk purging diesel dan bensin di jkt. gw agak bingung utk purging sendiri, ada tuh di ace hrdware...
trims...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 112
- Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
- Location: jakarta
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
Hi Gmx, apakabar, udah sempat nich, kapan ke pondok cabe ?gmx wrote:om mdid,
udah pake pajero 2 generasi masa mau pindah ke lain hati.. pajero lagi aja om, kita tunggu reviewnya
Sebenarnya saya masih binggung. Kemarin lihat pameran Mercedes, lihat ML 350 baru dan kaget ML lemah sekali. Interior nya memang mewah banget . Yang saya kaget, waktu lihat dari kolong itu alternator atau mungkin dinamo starter letaknya rendah banget, kalo harus lewati genangan air bisa masalah besar. Terus gearbox AT nya juga rendah dan tidak ada pelindung, bayangin kalo kepentok batu A/T 7 speed bisa jadi pajangan.
Waktu di parkir baru ngeh lihat ada X5 Bentuk bumper depannya, keingat bumper depan Escape yang sobek karena ditarik tali winch dari depan, Seandainya X5 juga perlu ditarik sudah pasti bumpernya copot berantakan. Beda dengan pajero hook depan / belakang di lindungi plat besi lebar.
Kalau ambil pajero lagi, ini jadinya yang ketiga kali dari gen 2,3 dan 4. bisa nyamain Jacky cheng, dengan pajero2 atau Lancer terbaru dalam filmnya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
temen saya pake Defender 110 double cabin buat mudik + maen2 ke kebonnya di sumatra
cuma cari barangnya susah
apalagi yang double cabin
:
perawatan lebih mahal dari tohyota, kopling mayan keras. tapi emang badak sih, spartan.
cuma cari barangnya susah



perawatan lebih mahal dari tohyota, kopling mayan keras. tapi emang badak sih, spartan.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 112
- Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
- Location: jakarta
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
katanya defender kalo lagi on road lamban, nikung payah sekali ??iwang wrote:temen saya pake Defender 110 double cabin buat mudik + maen2 ke kebonnya di sumatra
cuma cari barangnya susah![]()
apalagi yang double cabin
:
perawatan lebih mahal dari tohyota, kopling mayan keras. tapi emang badak sih, spartan.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 483
- Joined: Thu Mar 23, 2006 4:10
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
mdid wrote: katanya defender kalo lagi on road lamban, nikung payah sekali ??
mobil hutan dibawa ke kota, ya kurang lebih sebanding lah, sama mobil kota dibawa ke hutan

my ride: MB G300
http://serayamotor.com/diskusi/viewtopi ... 99&start=0
http://serayamotor.com/diskusi/viewtopi ... 99&start=0
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 112
- Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
- Location: jakarta
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
Kiranya sama kaya RR, Disco 3 ato Freelander .shochu wrote:mdid wrote: katanya defender kalo lagi on road lamban, nikung payah sekali ??
mobil hutan dibawa ke kota, ya kurang lebih sebanding lah, sama mobil kota dibawa ke hutan

ML 350 juga sama ya , mobil kota yang di tinggi in. Beda dengan G klass.
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
Rasanya pilihan tepat untuk bos mdid kalo ga Pajero baru kalo ga LR Discovery 3, itu dah paling tepat, karena 2 2nya badak ama offroad. RR juga boleh, asal cari yang masih garansi bos..
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
alow om...mdid wrote:Salam kenal rekan rekan senior di SM, saya nubie di forum ini .
Saya sedang menimbang nimbang cari mobil dan mohon pendapat /saran kelebihan dan kekurangan untuk handling, perawatan dan pemakaian dari BMW X5(3.0) 2006, MERCEDES ML 350(2006) DAN MITSUBISHI PAJERO 3.8 (2008).
Profile saya :
mobil tidak dipakai u harian
komposisi jalan 80% on road, 15% light off road, 5 medium offroad
Setahun 2-4 kali ke sumatra, PP 4000-5000km
Mobil kebanyakan disetir sendiri
suka kecepatan tinggi di luar kota
Mobil dipakai u 5-7 tahun
Saat ini saya memakai ford escape 3.0 untuk sehari hari dan mitsubishi pajero 3.2 solar untuk luar kota.
Terima kasih banyak in advance .
wah s om, udah ada DiD masih mau beli mobil yg lebih sangar n berat lagi nih.....
sebelumnnya, memang alasannya apa om, yg DiD tidak bisa penuhi? klw lihat dri kriteria yg om, sebut DiD masih pilihan yg paling cocok.....
atw mau nambah koleksi nih?? hehehe
ML klw nda salah dia punnya lowgir, dan lebih jago d trek tanah d banding X5.
X5 punnya handling khas BMW yg memang, sangat akurat uenakk buat ngebutt pol polan..
Pajero gen4 sya kurang tahu nih... tpi seharusnnya dri sparepart ini yg pling mudah d temui.
ML dan X5 hargannya jatuh, pajero klw kita lihat sekarang hargannya masih lebih bagus.
btw itu point terakhir 5% medium offroad? wah klw gini, X5 pertama kli d coret, dia nda punnya low gir, selain itu GCnya rendah, kekuatannya d kontrol traksi (xDrive dan DSCnya)
pernah kejadian gini pke biem e46 nyokap, lgi mau pikinik ceritannya, sma adik2, lagi nyari2 males juga klw d pinggir jalan, eh ngelihat ada lapangan hijau top lah tempatnnya tpi mesti keluar jalan lewat tanah, gw lihat sih aman, tpi ada genangan air, cuek aja deh... eh bgtu lewat tuh genangan air, twnnya lumpur lumayan dalam 1/4 ban velg 18" profil tipis... kaget juga, mobil pun stuck, tpi bgtu d gas dikit2, d dashbord ada lampu DSC kelip2 setiap itu berkelip, kerasa sekali DSCnya aktif, dgn hentakan ringan LSDnnya mulai kerasa mengunci dikit2, dan ECU merintah rem mengerem salah satu roda yg hilang traksi. hasilnnya walau belepotan, mobil bisa lolos..... hehhe inget ini sedan yg d ceperin... terus coba lagi saat pulang skrng DSC off ..... kaga bisa uy, selip terus..
tpi kontrol traksi gini, klw nyantai sih, ok lah bisa ngebantu, tpi klw kritis bisa bikin senewen tuh.. soalnnya kerjannya lama, selain itu om mau pke mobil sampai 7 tahun, part elektronik d mobil eropa umumnnya, tidak sekuat mobil jepang, sering lebih mudah rusak, jadi xDrivenya sya kurang yakin dalam masa pakai om selama 7 tahun bisa terus bekerja. selain itu d eropa mobil kan memang hannya di pakai maksimal 5 tahun..
ML sya kurang tahu yg ini, tpi dia punnya lowgir, dan klw memang sesuai kta om, tentang kondisi dek bawahnnya yg rawan, dan om, akan menggunakannya sampai medium oprut dan ketempat terpencil, kyannya kurang cocok nih....
pajero gen4, kyanya klw dri pilihan di atas, ini bisa jadi pilihan yg bagus.... hehehe bener kta om gmx udah punnya pajero 2generasi dan puas, kenapa nda nambah lagi pajeronnya? kecuali klw ada yang mengganjal d hati gitu.... ambil yang DiD lagi aja om...... hehehe
jadi
X5 buat ngebut d aspal,handling mantap bisa d ajak sampai light saja, part mahal dan susah
ML lebih cocok klw bawa supir, sebap memang enak bngt klw jadi penumpang d boil ini. ada low gir, tapi klw dri report om mdid yg kolongnnya rawan, jadi mesti d pertimbangin bener2, mengingat partnya mahal dan susah d pedalaman.
Pajero, sisi prestisenya kalah dibanding X5 dan ML, tpi realiable to usennya paling tinggi... dan sya yakin paling awet d banding 2 mobil tadi. selain itu d bw kepedalaman tidak mencolok, sehingga tdk rawan d rampok, minimal d sirikan orang dgn menggores atau nyimpen paku sparepart pun pling bnyk... gtu om...
klw di luar pilihan di atas
Diesel
Pajero DiD Gen 4
prado 120 D4D
Disco 3 TD5
Bensin
grandcherokee WK atw cari bekas WJ V8 4.7 harganya tahun 2002 sudah 180jtan tuh, sparepart d jawa sih bnyk tuh..
wrangler JK unlimited 4door
semoga membantu
btw om oke escape 3ltr 4x4 juga yah? pernah sampai d bedol winch segala... enak enggak om? FC n itu mau dikasih premium nda yah? thx
thx

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
billy.. billy.. memang anda ini.. gw nungguin comment billy dan ternyata memang top.. ga percuma kuliah ambil jurusan IT, sampe social issue juga dipikirin.. (apa hubungannya ya)
good job bro..
om mdid, saya bersedia jadi ahli waris Di-Dnya hehehe..

good job bro..




om mdid, saya bersedia jadi ahli waris Di-Dnya hehehe..


Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
Karena cuman 20% offroad...saya vote ML350. Tampang keren dan gengsinya mantep buat kegunaan yang 80%.
Atau kalo budget banyak (nampaknye begitu), ya Range Rover aja....yang buat apa aja bagus...ke kawinan ok, off road ok.
Atau kalo budget banyak (nampaknye begitu), ya Range Rover aja....yang buat apa aja bagus...ke kawinan ok, off road ok.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 171
- Joined: Fri Oct 24, 2008 19:09
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
body LC geter pas narik disamping mobil laen? mungkin mobil temen ente kudu diperiksa, engine mounting, kaki2 dan lainnya.
gout ngebetot vx100 mo disamping mobil lain atau kaga, mo dari 80/90kmh atau kaga selama ini ga ada masalah getaran. Soal mesin ngeraung keras, mesin apa jg klo narik pasti suaranye kenceng, apalagi diesel, rpm jg ga setinggi bensin. trus bobot berat, tuh kijang bensin kali udah gitu enteng. Jgn nyari akselerasi ama boil diesel type lc, ga pas.
kayaknye kalo nyantolin hook nya ditempat yg semestinye mestinye ga ngerobek.
ml trans a/t nya kurang tinggi ga ada pelindung? emang di design lebih banyak utk di jln bagus, bukan kasar. tp klo sesekali mungkin okeh, asal jgn off road bebatuan berat.
gimane ye, mo nyari perfect all rounder suseh, kecuali custom sendiri.
maap aje nih, ente demen suv & speed, dr mulanye mestinye jgn escape ama pajero 3.2diesel, secara dua-duanye jg kaga jago lari. Tapi kalo sekedar nambah koleksi doang, dr antara pilihan diatas, mungkin x5 cari yg 4.8ltr v8, yg 3.0ltr nanggung.
gout ngebetot vx100 mo disamping mobil lain atau kaga, mo dari 80/90kmh atau kaga selama ini ga ada masalah getaran. Soal mesin ngeraung keras, mesin apa jg klo narik pasti suaranye kenceng, apalagi diesel, rpm jg ga setinggi bensin. trus bobot berat, tuh kijang bensin kali udah gitu enteng. Jgn nyari akselerasi ama boil diesel type lc, ga pas.
kayaknye kalo nyantolin hook nya ditempat yg semestinye mestinye ga ngerobek.
ml trans a/t nya kurang tinggi ga ada pelindung? emang di design lebih banyak utk di jln bagus, bukan kasar. tp klo sesekali mungkin okeh, asal jgn off road bebatuan berat.
gimane ye, mo nyari perfect all rounder suseh, kecuali custom sendiri.
maap aje nih, ente demen suv & speed, dr mulanye mestinye jgn escape ama pajero 3.2diesel, secara dua-duanye jg kaga jago lari. Tapi kalo sekedar nambah koleksi doang, dr antara pilihan diatas, mungkin x5 cari yg 4.8ltr v8, yg 3.0ltr nanggung.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 112
- Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
- Location: jakarta
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
billyd1773dz wrote:
alow om...
Alow juga Billy, lama ngak bersua ...., gimana kejuaraan offroadnya , asyik ngak ? bagi foto2 nya dong?
wah s om, udah ada DiD masih mau beli mobil yg lebih sangar n berat lagi nih.....
sebelumnnya, memang alasannya apa om, yg DiD tidak bisa penuhi? klw lihat dri kriteria yg om, sebut DiD masih pilihan yg paling cocok.....
Gara2nya ngetest X5 teman yang mau dijual, jadinya keterusan kayak gini . DiD, kalo akselasi pertengahan dan handling on road beda jauh ama X5, saya kayak orang bego baru tahu, jadi kepikir mau ganti habis significant banget bedanya.
atw mau nambah koleksi nih?? hehehe
Maunya koleksi D**t aja, mobil mah jangan buat koleksi..
ML klw nda salah dia punnya lowgir, dan lebih jago d trek tanah d banding X5.
ML ada lowgear. Awalnya sih cenderung ke ML karena kiranya jago juga di tanah daripada X5 dengan pertimbangan G klass Mercedes sakti pasti ML ada miripnya dikit. Apalagi Mercedes terkenal durabilitas di bandingkan mobil eropa lain baik sedan, jeep,bus . Respon dan harga jual 2nd hand yang bagus membuktikan kekuatan dan kehandalan produk Mercedes. Tapi khusus ML setelah di lihat lansung jadi kecewa dan kayak komentar autobild terbaru no 145 terbaru hal 21, "ML di design u on road beda dengan GL dan ML lebih cocok buat penggila merk Mercedes tapi kurang asyik di kendarai maupun dinaiki sebagai penumpang ". Dilihat dari spek panjang lebar tinggi kayaknya ML mobilnya gede, tapi lihat lansung dipameran kemarin disandingi dekat GL , ML kebanting jadi kerdil dan feminin banget. Memang ada down hill decellaration, traction & stability control dll tapi lihat kaki kakinya dan bagian bawahnya kayak nya ngak berani dan tidak terpakai fungsi bagus itu. Jadi ML di coret
X5 punnya handling khas BMW yg memang, sangat akurat uenakk buat ngebutt pol polan..
Setuju buanget ! tambahan saat ngebut dan belok dengan X5 mantap sekali . Stirnya nurut banget di tekuk kayak apapun. mobil jepang kayaknya honda Jazz yg bisa ngelawani kalo ginian.
Pajero gen4 sya kurang tahu nih...
hasil test drive majalah Jip terbaru, untuk gen4 0-100 = 10.05 detik. DiD, kalo baru 0-100Km=12 detik. Limbung terasa dibandingkan X5. Kalo akselerasi pertengahan Pajero masih bagus karena torsi gede diatas 350 N plus dorongan Turbo dan A/T pintar
pajero gen4, kyanya klw dri pilihan di atas, ini bisa jadi pilihan yg bagus.... hehehe bener kta om gmx udah punnya pajero 2generasi dan puas, kenapa nda nambah lagi pajeronnya? kecuali klw ada yang mengganjal d hati gitu.... ambil yang DiD lagi aja om...... hehehe
Pajero DiD yang baru mesin sama dengan yang lama hanya tambah CRd yang sebenarnya dikit ngerepotin. Lagian harga barunya 1.2 M, selisihnya dapat 1 fortuner diesel baru kalo dibandingkan dengan Pajero bensin baru.
Info dari manual KTB mengenai pajero 2008.
Bahan radiator menyerap panas lebih baik 30%
Kap mesin dan atap dari alumunium ,
Artikulasi roda depan belakang lebih panjang 2.5 cm dari versi gen 3
Discbrake lebih besar 1 inch jadi 17 inch
Velg naik jadi 17 inch, sebelumnya 16 inch
Double piston untuk disc brake depan belakang, gen 3 belakang single piston
Jarak rem terpendek di klas 2 ton
diameter per keong lebih besar dari sebelumnya
Sasis lebih rigid 40% dari sebelumnya
NVH lebih baik 35% dari sebelumnya
Lebih banyak parts mengunakan bahan recycle
Multi mode ABS untuk offroad dan onroad
Traction dan stability control vers 2.
Tangki BBm dari campuran plastik.
Lebih kuat di medan extreem max -30'C sampai 65'C , termasuk daerah lembab dan asin.
jadi X5 buat ngebut d aspal,handling mantap bisa d ajak sampai light saja, part mahal dan susah
Pajero, sisi prestisenya kalah dibanding X5 dan ML, tpi realiable to usennya paling tinggi... dan sya yakin paling awet d banding 2 mobil tadi. selain itu d bw kepedalaman tidak mencolok, sehingga tdk rawan d rampok, minimal d sirikan orang dgn menggores atau nyimpen paku sparepart pun pling bnyk... gtu om...
Kalimat terakhir terlewatkan oleh saya. Salut untuk kamu Billy, genius dan teliti sekali. Masukan yang bagus sekali. Meski di daerah Toyota hilux, landcruiser, Pajero, L300, Strada, kepala kuning lebih liquid dan riskan.
klw di luar pilihan di atas
Diesel
Pajero DiD Gen 4
prado 120 D4D
Disco 3 TD5
Bensin
grandcherokee WK atw cari bekas WJ V8 4.7 harganya tahun 2002 sudah 180jtan tuh, sparepart d jawa sih bnyk tuh..
wrangler JK unlimited 4door
Dulu tertarik grand cherokee 4.7, tapi tempat duduk baris kedua sempit dan rendah, tidak ada baris ke 3. Kadang liburan sekolah bawa anak2 pakai mobil ke sumatra dan grand cherokee tidak nyaman u perjalanan 22-38 jam.
Sempat juga terpikir Subaru forester 2.5, tp sayang daya muat terbatas.
Kalau Disco 3 naksir sih, cuma mobilnya langkah, maslaha di perawatan .
Satu masalah mau ganti ke mesin bensin karena stock solar di sumatra terbatas suka kosong, kalau kosong bisa berminggu minggu. Terus kalo beli dalam drum harus kucing2an.
semoga membantu
Sangat membantu sekali Billy, keinginan untuk ganti ke X5 bisa di drop.Tinggal pilihan Pajero bensin gen 4, cuma kayaknya masih sama dengan yang pajero gne 3 sekarang dan juga ada rasa bosan, kayak Billy ganti Cheroke XJ ke new grand cherokee CRD atau GC 4.7 ?? Lagian teman yang mau jual X5 harganya tidak bergeming, ngak pakai "harga teman" gitu
btw om oke escape 3ltr 4x4 juga yah? pernah sampai d bedol winch segala... enak enggak om? FC n itu mau dikasih premium nda yah? thx
Escapenya 4x2,kan buat dalam kota. mobil ini bandel dan enak, tenaga sip banget. FC 4-6 km/l dalkot ,pakai pertamax, diluar kota kalo terpaksa pakai premium ngak beda banyak tenaganya. Escape kalo kencang terasa melayang, kalo kena lobang getaran keras sampai ke kita ngak seperti pajero. kaki2 nya kuat pakai ban standar. Lebih banyak buat ke kantor . waktu di sumatra ,karena kira mobilnya pendek dan tinggi main yakin nuruni cekungan V tanah merah, ngak tahunya nyangkut. Maju mundur ngak bisa, roda depan selip terpaksa ditarik dari depan oleh Strada pake winch dan fibre bumper nya sobek kena tarikan winchnya. 4x4 nya ada diff lock, tapi tidak ada low range. Putaran bawah tenaga tidak besar.
Terima kasih ya Billy mau kasih masukannya, paling komplit lagi !
Kapan kapan ketemuan nya ? bareng Gmx yo. Siapa tahu bisa cobain X5 ,,,,,
thx
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 112
- Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
- Location: jakarta
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
[quote="cruizer"]body LC geter pas narik disamping mobil laen? mungkin mobil temen ente kudu diperiksa, engine mounting, kaki2 dan lainnya.
gout ngebetot vx100 mo disamping mobil lain atau kaga, mo dari 80/90kmh atau kaga selama ini ga ada masalah getaran.
@cruizer, saya cuma mo share info yang saya dapatkan SENDIRI bukan mau menjelekan LC. LC mobil itu bagus dan kuat tapi tidak untuk semua kondisi jalan. Cuma di jalanan kadang kita bertemu dengan mobil dari karakter berbeda tapi bukan kondisi jalan yang menguntungkan buat mobil kita, jadi belum tentu mobil kita akan lebih baik. Untuk kondisi berbeda seperti lubang penuh lubang besar di kanan kiri jalan, di tanjakan curam lagi saya yakin LC dengan gampang meninggalkan banyak kepulan debu untuk mobil lain misalnya innova bensin tadi. mobil teman saya itu LC VX 100 LTD, TAHUN 2002, KM + 60RBAN. Dia sendiri ngakui kenyataan LC lebih enak di supirin bukan di bawa sendiri. LC itu A/T 4 speed lawas masih kalah A/T Rush, 2.5 ton, hp 170, GC 25 cm, suspensi memang dari pabrik sudah diset empuk gimana bisa bandingkan Pajero yang A/T 5 speed tiptronik, hp 167 , 2,2 ton, GC 23cm,aerodinamis kecil, suspensi firm, depan double wishbone, belakang multilink yang notabene banyak dipakai oleh sedan2 honda, honda CRV gen 2 dan 3, Xtrail 2008. Sudah pasti semua ban menapak sempurna berbagai kondisi aspal sedangkan LC belakang live axle itu mobil kalau belokan sudah lewat ayunannya belum hilang. Belum lagi kalo ngerem keras body depan sudah nukik . Dengan Pajero untuk overtaking mobil lain saya tidak pernah masalah sekalipun mobil nya lebih kecil (kecuali sedan) apalagi LC diesel hanya dalam hitungan detik saja.
Soal mesin ngeraung keras, mesin apa jg klo narik pasti suaranye kenceng, apalagi diesel, rpm jg ga setinggi bensin. trus bobot berat, tuh kijang bensin kali udah gitu enteng. Jgn nyari akselerasi ama boil diesel type lc, ga pas
Kalau kecepatan mobil didepan kita lebih lambat dan dalam waktu lama, saya akan lewatin mobil itu bukan mau nyari akselasi atau nyari lawan untuk aduan. Kenyataan masih banyak mobil yang kalau di kasih sign tanda minta jalan malah dia nambahin kecepatannya atau setidaknya mengurangi kecepatan agar mobil kita bisa mendahului dengan mudah dan aman. Mungkin kalau Cruizer sambil bawa LC senang dibelakang mobil seperti ini. Kalau saya sih malu dan kesal kalau pakai mobil gagah dan besar tapi susah nyalipin mobil lain dengan alasan bukan lawan yang pas.
kayaknye kalo nyantolin hook nya ditempat yg semestinye mestinye ga ngerobek.
No comment
gimane ye, mo nyari perfect all rounder suseh, kecuali custom sendiri.
maap aje nih, ente demen suv & speed, dr mulanye mestinye jgn escape ama pajero 3.2diesel, secara dua-duanye jg kaga jago lari. Tapi kalo sekedar nambah koleksi doang, dr antara pilihan diatas, mungkin x5 cari yg 4.8ltr v8, yg 3.0ltr nanggung.
Terima kasih masukkannya
gout ngebetot vx100 mo disamping mobil lain atau kaga, mo dari 80/90kmh atau kaga selama ini ga ada masalah getaran.
@cruizer, saya cuma mo share info yang saya dapatkan SENDIRI bukan mau menjelekan LC. LC mobil itu bagus dan kuat tapi tidak untuk semua kondisi jalan. Cuma di jalanan kadang kita bertemu dengan mobil dari karakter berbeda tapi bukan kondisi jalan yang menguntungkan buat mobil kita, jadi belum tentu mobil kita akan lebih baik. Untuk kondisi berbeda seperti lubang penuh lubang besar di kanan kiri jalan, di tanjakan curam lagi saya yakin LC dengan gampang meninggalkan banyak kepulan debu untuk mobil lain misalnya innova bensin tadi. mobil teman saya itu LC VX 100 LTD, TAHUN 2002, KM + 60RBAN. Dia sendiri ngakui kenyataan LC lebih enak di supirin bukan di bawa sendiri. LC itu A/T 4 speed lawas masih kalah A/T Rush, 2.5 ton, hp 170, GC 25 cm, suspensi memang dari pabrik sudah diset empuk gimana bisa bandingkan Pajero yang A/T 5 speed tiptronik, hp 167 , 2,2 ton, GC 23cm,aerodinamis kecil, suspensi firm, depan double wishbone, belakang multilink yang notabene banyak dipakai oleh sedan2 honda, honda CRV gen 2 dan 3, Xtrail 2008. Sudah pasti semua ban menapak sempurna berbagai kondisi aspal sedangkan LC belakang live axle itu mobil kalau belokan sudah lewat ayunannya belum hilang. Belum lagi kalo ngerem keras body depan sudah nukik . Dengan Pajero untuk overtaking mobil lain saya tidak pernah masalah sekalipun mobil nya lebih kecil (kecuali sedan) apalagi LC diesel hanya dalam hitungan detik saja.
Soal mesin ngeraung keras, mesin apa jg klo narik pasti suaranye kenceng, apalagi diesel, rpm jg ga setinggi bensin. trus bobot berat, tuh kijang bensin kali udah gitu enteng. Jgn nyari akselerasi ama boil diesel type lc, ga pas
Kalau kecepatan mobil didepan kita lebih lambat dan dalam waktu lama, saya akan lewatin mobil itu bukan mau nyari akselasi atau nyari lawan untuk aduan. Kenyataan masih banyak mobil yang kalau di kasih sign tanda minta jalan malah dia nambahin kecepatannya atau setidaknya mengurangi kecepatan agar mobil kita bisa mendahului dengan mudah dan aman. Mungkin kalau Cruizer sambil bawa LC senang dibelakang mobil seperti ini. Kalau saya sih malu dan kesal kalau pakai mobil gagah dan besar tapi susah nyalipin mobil lain dengan alasan bukan lawan yang pas.
kayaknye kalo nyantolin hook nya ditempat yg semestinye mestinye ga ngerobek.
No comment
gimane ye, mo nyari perfect all rounder suseh, kecuali custom sendiri.
maap aje nih, ente demen suv & speed, dr mulanye mestinye jgn escape ama pajero 3.2diesel, secara dua-duanye jg kaga jago lari. Tapi kalo sekedar nambah koleksi doang, dr antara pilihan diatas, mungkin x5 cari yg 4.8ltr v8, yg 3.0ltr nanggung.
Terima kasih masukkannya
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 112
- Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
- Location: jakarta
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
Hi Naldo, emang garansi RR berapa tahun dari beli baru ? 5 tahun kayak BMW ?naldo wrote:Rasanya pilihan tepat untuk bos mdid kalo ga Pajero baru kalo ga LR Discovery 3, itu dah paling tepat, karena 2 2nya badak ama offroad. RR juga boleh, asal cari yang masih garansi bos..
Balon air suspension masalah nya kalo sudah masuk 5 taonan, contoh kalo ambil vogue 2003 ?
Terus Disco 3 ada bensin dan diesel, tahu plus minus nya ngak ?
Terima kasih sebelumnya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
utk diderek, gw pernah pakai seri 7 thn 97 jg, pas di derek ke mobil gendong dengan winch, hook nya lumayan kuat, krn memang ada besi plat dibalik bumper yg udah didesign utk itu. Jadi semestinya bumper x5 jg kuat, jikalau ditarik dlm kondisi yg sesuai. ga perlu parno utk robek...
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 171
- Joined: Fri Oct 24, 2008 19:09
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
@mdid
Share ok aje, gout mah kaga ngerasa LC dijelek2in, santai ajeh. Malah setelah ente bilang ada getaran, gout justru nyari2 geteran kayak ape, ternyata diboil gout kaga ade tuh, betot2an ye. Kondisi jalan berbeda dan ada boil berbagai type dan merk serta kecanggihan yg berbeda, itu gout jg tau. Gout ga bilang bagus utk segala kondisi dah.
Soal temen ente doyan disupirin, itu masalah preference, mungkin emang die jg lebih suka disupirin. kyaknya naik mobil ape klo disupirin emang jauh lebih enak. Tiap org beda. Cth aje nih, menurut gout, alphard lebih pas disupirin, soalnye klo nyetir sendiri kerasa aneh. Pdhal gout tau tuh alphard enak bawanye.
LC vx100 2002, nah rush a/t pake teknologi thn berape? lebih baruan bukan? Terus kaki2, gout mah bukan montir nih, pastinye keadaan kaki begitu udeh di cocokin sedemikian rupa ama karakter lc. Coba bayangin kaki model crv dipasang ke lc, belum tentu pas.
Suspensi setau gout, bukan empuk yg kayak gimana, tapi damper nya cukup meredam. Bisa kebayang klo body setinggi, segede, dan seberat itu dipakein suspensi yg keras..mau mental kayak ape tuh boil..bisa limbung sejadi2nye. Rem nukik? itu pengaruh dr beban belakang ke depan..jamak aje, lagian kalo terlalu keras, bisa2 beban berat yg pindah mendadak ga bisa di absorb secara baik dgn suspensi depan.
Pajero overtake lc mudah? kan ente yg bilang sendiri bobot pajero nya lebih ringan hp beda tipis...biase aje kali, penasaran jdnye sekenceng apa ye pajero 3.2 diesel...boljug neh cari cari...susah jarang ketemu pajero soalnye...
ente ngomongin gaya org bw boil atau karakter mesin? soalnye yg gout tangkep, tuh ipeh bensin tiba2 narik pas ente mo overtake trus adrenaline ente naik..gitu kan? klo ente emang udah ngarti karakter diesel, mestinya ga usah kaget, apalagi katanye sering keluar kota. Wah gimane ye..gout mah kaga malu soal gitu, malah gout buntutin tuh boil, palingan die pusing sendiri sampe salah, baru gout lewatin. kaga cuma ngandelin mesin aje, kudu butuh waktu pas ama nyali juga..
die ipeh bobot <2ton ringan bensin, nah ente di boil berat >2ton yg kaku dan DIESEL, coba deh tanya ama org2 lain disini, gesit mane? masa gara2 gitu aje trus malu dan kesel..gampang amat patah semangatnye. klo misalnye tuh ipeh ketemu crv2.0 kira2 gimane keadaanye? tuh baru sebanding...
Pajero diesel ente sering dipermalukan gitu kali ye?
nah klo ente emang udah sreg bgt ama pajero nye, bingung jg klo masih naksir x5 ama ml350..apa krn kurang kenceng pajero nye...
Share ok aje, gout mah kaga ngerasa LC dijelek2in, santai ajeh. Malah setelah ente bilang ada getaran, gout justru nyari2 geteran kayak ape, ternyata diboil gout kaga ade tuh, betot2an ye. Kondisi jalan berbeda dan ada boil berbagai type dan merk serta kecanggihan yg berbeda, itu gout jg tau. Gout ga bilang bagus utk segala kondisi dah.
Soal temen ente doyan disupirin, itu masalah preference, mungkin emang die jg lebih suka disupirin. kyaknya naik mobil ape klo disupirin emang jauh lebih enak. Tiap org beda. Cth aje nih, menurut gout, alphard lebih pas disupirin, soalnye klo nyetir sendiri kerasa aneh. Pdhal gout tau tuh alphard enak bawanye.
LC vx100 2002, nah rush a/t pake teknologi thn berape? lebih baruan bukan? Terus kaki2, gout mah bukan montir nih, pastinye keadaan kaki begitu udeh di cocokin sedemikian rupa ama karakter lc. Coba bayangin kaki model crv dipasang ke lc, belum tentu pas.
Suspensi setau gout, bukan empuk yg kayak gimana, tapi damper nya cukup meredam. Bisa kebayang klo body setinggi, segede, dan seberat itu dipakein suspensi yg keras..mau mental kayak ape tuh boil..bisa limbung sejadi2nye. Rem nukik? itu pengaruh dr beban belakang ke depan..jamak aje, lagian kalo terlalu keras, bisa2 beban berat yg pindah mendadak ga bisa di absorb secara baik dgn suspensi depan.
Pajero overtake lc mudah? kan ente yg bilang sendiri bobot pajero nya lebih ringan hp beda tipis...biase aje kali, penasaran jdnye sekenceng apa ye pajero 3.2 diesel...boljug neh cari cari...susah jarang ketemu pajero soalnye...
ente ngomongin gaya org bw boil atau karakter mesin? soalnye yg gout tangkep, tuh ipeh bensin tiba2 narik pas ente mo overtake trus adrenaline ente naik..gitu kan? klo ente emang udah ngarti karakter diesel, mestinya ga usah kaget, apalagi katanye sering keluar kota. Wah gimane ye..gout mah kaga malu soal gitu, malah gout buntutin tuh boil, palingan die pusing sendiri sampe salah, baru gout lewatin. kaga cuma ngandelin mesin aje, kudu butuh waktu pas ama nyali juga..
die ipeh bobot <2ton ringan bensin, nah ente di boil berat >2ton yg kaku dan DIESEL, coba deh tanya ama org2 lain disini, gesit mane? masa gara2 gitu aje trus malu dan kesel..gampang amat patah semangatnye. klo misalnye tuh ipeh ketemu crv2.0 kira2 gimane keadaanye? tuh baru sebanding...
Pajero diesel ente sering dipermalukan gitu kali ye?
nah klo ente emang udah sreg bgt ama pajero nye, bingung jg klo masih naksir x5 ama ml350..apa krn kurang kenceng pajero nye...
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
Gini bos mdid, Range rover saya ga tau berapa tahun garansi, ada kemungkinan kaya mercy, cuma 3 tahun, tidak kaya BMW.
Kalo LR Disco 3, menurut review yang saya baca di top gear inggris, mereka memilih mesin diesel, karena untuk offroad, torsinya sudah cukup untuk mengangkat mobil seberat 2.6ton. Tapi kekurangannya, dieselnya lemot banget kalo di jalan biasa, 0-100 cuma 12.5 detik. Untuk di indonesia, udah di rubah mesinnya, supaya bisa minum solar busuk indonesia, n itu dijamin aman sama Java Motors indonesia. Tapi efeknya, sering2 ke Java Motor, supaya di bersiin tangki bensinnya n injectornya.
Kalo bensin, ini versi lebih kenceng. bisa 0-100 cuma 9 detik. Tapi bensinnya boros, sama seperti RR mesinnya, 4.4L punya BMW, konsumsi BB dalam kota cuma 1:4-1:5. Luar kota seirit2nya 1:7-1:8. Untuk offroad memang ga kalah, tapi versi ini tidak di tanggung Java Motor kalo minum bensin busuk. Susahnya disitu.
Untuk urusan Air suspension, sebisa mungkin cari RR or LR disco 3 yang sering di pke, at least orangnya pke 2 hari sekali. Karena punya om saya, RR Vouge 2004, baru jalan sekitar 16ribu-18ribu kilo, cuma di pke 2 hari sekali ke kantor, sampai hari ini tidak ada keluhan bearti. Cuma ke Java Motor untuk ganti oli saja, untuk electronic, ga ada masalah sama sekali. Air sus kuat2 aja, masih baik. Air sus RR family emang yang paling badak, udah 20 tahun lebih main Air Sus n dia the father of Air Sus, jadi ga perlu diragukan dengan Air sus RR. Malah yang saya ragukan tuh kalo ML, karena terkadang ML tuh kendala sama Air matic DCnya yang membuat bisa di bengkel berbulan2.
Ya saya saranin, cari RR Vouge or LR Disco 3 yang masih mulus pakenya, tapi juga sering di bawa jalan mobilnya, karena semakin sering di bawa jalan, mobilnya malah sehat terus, kalo ga di pake, cuma di elus2 di garasi, ya di jamin, Air sus n electronic lainnya, akan bermasalah n terutama menghabiskan cost yang banyak.
Kalo LR Disco 3, menurut review yang saya baca di top gear inggris, mereka memilih mesin diesel, karena untuk offroad, torsinya sudah cukup untuk mengangkat mobil seberat 2.6ton. Tapi kekurangannya, dieselnya lemot banget kalo di jalan biasa, 0-100 cuma 12.5 detik. Untuk di indonesia, udah di rubah mesinnya, supaya bisa minum solar busuk indonesia, n itu dijamin aman sama Java Motors indonesia. Tapi efeknya, sering2 ke Java Motor, supaya di bersiin tangki bensinnya n injectornya.
Kalo bensin, ini versi lebih kenceng. bisa 0-100 cuma 9 detik. Tapi bensinnya boros, sama seperti RR mesinnya, 4.4L punya BMW, konsumsi BB dalam kota cuma 1:4-1:5. Luar kota seirit2nya 1:7-1:8. Untuk offroad memang ga kalah, tapi versi ini tidak di tanggung Java Motor kalo minum bensin busuk. Susahnya disitu.
Untuk urusan Air suspension, sebisa mungkin cari RR or LR disco 3 yang sering di pke, at least orangnya pke 2 hari sekali. Karena punya om saya, RR Vouge 2004, baru jalan sekitar 16ribu-18ribu kilo, cuma di pke 2 hari sekali ke kantor, sampai hari ini tidak ada keluhan bearti. Cuma ke Java Motor untuk ganti oli saja, untuk electronic, ga ada masalah sama sekali. Air sus kuat2 aja, masih baik. Air sus RR family emang yang paling badak, udah 20 tahun lebih main Air Sus n dia the father of Air Sus, jadi ga perlu diragukan dengan Air sus RR. Malah yang saya ragukan tuh kalo ML, karena terkadang ML tuh kendala sama Air matic DCnya yang membuat bisa di bengkel berbulan2.
Ya saya saranin, cari RR Vouge or LR Disco 3 yang masih mulus pakenya, tapi juga sering di bawa jalan mobilnya, karena semakin sering di bawa jalan, mobilnya malah sehat terus, kalo ga di pake, cuma di elus2 di garasi, ya di jamin, Air sus n electronic lainnya, akan bermasalah n terutama menghabiskan cost yang banyak.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
Mesin V8 4.4i nya punya Jaguar bro, bukan BMW.naldo wrote:Gini bos mdid, Range rover saya ga tau berapa tahun garansi, ada kemungkinan kaya mercy, cuma 3 tahun, tidak kaya BMW.
Kalo LR Disco 3, menurut review yang saya baca di top gear inggris, mereka memilih mesin diesel, karena untuk offroad, torsinya sudah cukup untuk mengangkat mobil seberat 2.6ton. Tapi kekurangannya, dieselnya lemot banget kalo di jalan biasa, 0-100 cuma 12.5 detik. Untuk di indonesia, udah di rubah mesinnya, supaya bisa minum solar busuk indonesia, n itu dijamin aman sama Java Motors indonesia. Tapi efeknya, sering2 ke Java Motor, supaya di bersiin tangki bensinnya n injectornya.
Kalo bensin, ini versi lebih kenceng. bisa 0-100 cuma 9 detik. Tapi bensinnya boros, sama seperti RR mesinnya, 4.4L punya BMW, konsumsi BB dalam kota cuma 1:4-1:5. Luar kota seirit2nya 1:7-1:8. Untuk offroad memang ga kalah, tapi versi ini tidak di tanggung Java Motor kalo minum bensin busuk. Susahnya disitu.
Untuk urusan Air suspension, sebisa mungkin cari RR or LR disco 3 yang sering di pke, at least orangnya pke 2 hari sekali. Karena punya om saya, RR Vouge 2004, baru jalan sekitar 16ribu-18ribu kilo, cuma di pke 2 hari sekali ke kantor, sampai hari ini tidak ada keluhan bearti. Cuma ke Java Motor untuk ganti oli saja, untuk electronic, ga ada masalah sama sekali. Air sus kuat2 aja, masih baik. Air sus RR family emang yang paling badak, udah 20 tahun lebih main Air Sus n dia the father of Air Sus, jadi ga perlu diragukan dengan Air sus RR. Malah yang saya ragukan tuh kalo ML, karena terkadang ML tuh kendala sama Air matic DCnya yang membuat bisa di bengkel berbulan2.
Ya saya saranin, cari RR Vouge or LR Disco 3 yang masih mulus pakenya, tapi juga sering di bawa jalan mobilnya, karena semakin sering di bawa jalan, mobilnya malah sehat terus, kalo ga di pake, cuma di elus2 di garasi, ya di jamin, Air sus n electronic lainnya, akan bermasalah n terutama menghabiskan cost yang banyak.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 112
- Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
- Location: jakarta
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
Hi @cruise , sorry kata2nya kemarin kalo kasarcruizer wrote:@mdid
Share ok aje, gout mah kaga ngerasa LC dijelek2in, santai ajeh. Malah setelah ente bilang ada getaran, gout justru nyari2 geteran kayak ape, ternyata diboil gout kaga ade tuh, betot2an ye. Kondisi jalan berbeda dan ada boil berbagai type dan merk serta kecanggihan yg berbeda, itu gout jg tau. Gout ga bilang bagus utk segala kondisi dah.
Soal temen ente doyan disupirin, itu masalah preference, mungkin emang die jg lebih suka disupirin. kyaknya naik mobil ape klo disupirin emang jauh lebih enak. Tiap org beda. Cth aje nih, menurut gout, alphard lebih pas disupirin, soalnye klo nyetir sendiri kerasa aneh. Pdhal gout tau tuh alphard enak bawanye.
LC vx100 2002, nah rush a/t pake teknologi thn berape? lebih baruan bukan? Terus kaki2, gout mah bukan montir nih, pastinye keadaan kaki begitu udeh di cocokin sedemikian rupa ama karakter lc. Coba bayangin kaki model crv dipasang ke lc, belum tentu pas.
Suspensi setau gout, bukan empuk yg kayak gimana, tapi damper nya cukup meredam. Bisa kebayang klo body setinggi, segede, dan seberat itu dipakein suspensi yg keras..mau mental kayak ape tuh boil..bisa limbung sejadi2nye. Rem nukik? itu pengaruh dr beban belakang ke depan..jamak aje, lagian kalo terlalu keras, bisa2 beban berat yg pindah mendadak ga bisa di absorb secara baik dgn suspensi depan.
Pajero overtake lc mudah? kan ente yg bilang sendiri bobot pajero nya lebih ringan hp beda tipis...biase aje kali, penasaran jdnye sekenceng apa ye pajero 3.2 diesel...boljug neh cari cari...susah jarang ketemu pajero soalnye...
ente ngomongin gaya org bw boil atau karakter mesin? soalnye yg gout tangkep, tuh ipeh bensin tiba2 narik pas ente mo overtake trus adrenaline ente naik..gitu kan? klo ente emang udah ngarti karakter diesel, mestinya ga usah kaget, apalagi katanye sering keluar kota. Wah gimane ye..gout mah kaga malu soal gitu, malah gout buntutin tuh boil, palingan die pusing sendiri sampe salah, baru gout lewatin. kaga cuma ngandelin mesin aje, kudu butuh waktu pas ama nyali juga..
die ipeh bobot <2ton ringan bensin, nah ente di boil berat >2ton yg kaku dan DIESEL, coba deh tanya ama org2 lain disini, gesit mane? masa gara2 gitu aje trus malu dan kesel..gampang amat patah semangatnye. klo misalnye tuh ipeh ketemu crv2.0 kira2 gimane keadaanye? tuh baru sebanding...
Pajero diesel ente sering dipermalukan gitu kali ye?
nah klo ente emang udah sreg bgt ama pajero nye, bingung jg klo masih naksir x5 ama ml350..apa krn kurang kenceng pajero nye...

Pajero juga saya akui tidak cepat amat ,untuk on road kalah cepat sama sedan atau small SUV kayak CRV, XTRAIL sedangkan off road extreme juga kalah sama LC, Patrol, Defender. Tapi untuk mobil kayak innova, panther, bus, truk , patrol, LC tetap Pajero lebih cepat dan stabil. Alasan saya masih tetap Pajero dari generasi 2 dan gen 3 karena tahu Pajero memang diset khusus untuk di medan light-medium seperti tanah, gravel, lumpur sedang, dan aspal, yang mana cocok dengan kebutuhan saya.Tapi kalau X5, lebih dashyat lagi ,terutama dijalan rata. Kayaknya senang sekali bawa SUV tinggi tapi bisa manuver layaknya mobil sedan, jadi 2 in 1 yang lebih bagus daripada pajero, cuma kalo ada lobang harus ngerem dan jalan pelan pelan.
Last edited by mdid on Tue Nov 25, 2008 5:09, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 112
- Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
- Location: jakarta
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 112
- Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
- Location: jakarta
Re: BMW X5 (3.0)VS MERC ML 350 VS MITSUBISHI PAJERO 3.0
Kalo dijalan rata dimana posisi mobil yang derek dan diderek sama tinggi memang tidak masalah. Kalo posisi mobil yg narik terpaksa ditempat lebih tinggi seperti di jalan offroad itu yang bisa membuat bumper mobil yang ditarik bisa rusak dan copot karena kena gesekan tali winch, gitu.,roadtrain99 wrote:utk diderek, gw pernah pakai seri 7 thn 97 jg, pas di derek ke mobil gendong dengan winch, hook nya lumayan kuat, krn memang ada besi plat dibalik bumper yg udah didesign utk itu. Jadi semestinya bumper x5 jg kuat, jikalau ditarik dlm kondisi yg sesuai. ga perlu parno utk robek...
