Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
hi guys, just wanna share..
neo baleno gw baru service 5000 (2 minggu yng lalu), seminggu kemudian ada keluhan yang menurut gw agak parah yaitu lari cuma bisa mentok di 60km/h dan kecepatan sering drop ke 20 km/h terutama di jalanan yang agak nanjak.
senin kemarin gw bawa ke beres suzuki dan setelah pengecekan itu-ini baru diketahui hari kamisnya bahwa catalytic converter neo gw jebol/rusak. kata mekaniknya penyebabnya adalah dari bensin yang kotor.. (belum jelas kotornya seperti apa).
setelah gw baca2 referensi, ternyata catalytic converter itu berfungsi untuk mengurangi racun pada gas dalam proses pembuangan. Yang menjadi masalah adalah jika bensin yang kita isi bertimbal (bukan unleadedl), maka timbal tersebut akan menyumbat catalytic converter dan dapat mengakibatkan kerusakan.
selama ini gw selalu isi premium (yang katanya di jakarta sudah bebas timbal semua)... cuman mungkin kesalahan gw adalah sering mengisi di pom bensin yang sepi/kecil.. dengan alasan antrian lebih dikit dan otomatis pelayanan lebih cepet.. hasilnya.. ya ga nyangka banget bakalan kaya gini...
meskipun masih garansi dan gw ga keluar duit sama sekali.. gw khawatir hal ini bakal terulang lagi.. kerena mobil gw baru berusia 2 bulan setengah.. namun masalahnya dah segede ini
lesson learnt: usahakan isi bensi dipombensin yang tersertifikasi dan terpercaya... meskipun hal ini belum tentu menjamin bensin yang kita isi adalah murni (tanpa timbal).. tapi setidaknya bwat mengurangi resiko terjadinya kerusakan seperti yang saya alami... sekian dulu deh..
Ati2 bos... CC jebol sih parah lho bro... Kalo isi bensin bertimbal ya ga bisa bos, kan jaman sekarang mobil itu bensin non timbal bisanya.. Kalo pke timbal, ya jebol bos...
naldo wrote:Ati2 bos... CC jebol sih parah lho bro... Kalo isi bensin bertimbal ya ga bisa bos, kan jaman sekarang mobil itu bensin non timbal bisanya.. Kalo pke timbal, ya jebol bos...
ya.. itu dia.. masalahnya gw ga tau kalo banyak premium oplosan beredar di jkt ini..
betul kata paddock... dan sebetulnya mau sejelek apapun bensinnya.. CC GAK BOLEH JEBOL scepet itu.. geloooo cuman 5000km? gw bilang mah itu CC yang cacat produksi... ato memang kualitas CC neobal cuman segitu? padahal ini mobil yang "dibolehkan" minum premium ama ATPM kan?
========== I'm flying with my Siti Powered by L15Z1 N/A
Memang bisa minum premium. Tapi menurut bapak yang kena bensin oplosan, alias bensin campur minyak tanah n ada timbalnya, itu bikin CC cepet jebol... Kalo mobil eropa yang kena, bisa lebih parah...
Belom, orang jepangnya belom dateng untuk setting lagi... Sabar aja, tapi sejauh ini ga mati2 lagi koq, asal minum pertamax plus terus... hehehe... Mumpung murah, suntekkin terus aja.. Ga akan mati mobilnya...
selama 6 bulan si Leno gue kasih minum premium, pas pertamax turun gue ganti pertamax and si Leno langsung ngacir jalannya......sekarang dah sebulan gue kasi SHELL
SX4 sedan sabtu ganti program lagi, bahkan ganti ECU baru(F-Con IS), karena kemaren pke programming Swift. Dengan ganti program for SX4, saya harapin agak ga stall lagi or mati2... Sekalian tambah boost sampe optimal tanpa perlu ganti injector bensin, karena kalo ga, mesti keluar duit lagi buat injector Swift Sport. Hari ini ECU dah ganti, tapi programnya masih tidak maximum alias masih basic. Nanti sabtu baru yang maximum n ganti bemper depan n untuk belakang, hanya add on. Minggu di test wartawan, semoga masuk majalah lagi... heehehhe