APV..help...
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 141
- Joined: Fri Dec 07, 2007 8:17
APV..help...
oms, saya baru beli apv seken, tahun 2004 tipe L... mau tanya ya..
1. Untuk penggunaan 4 - 5 orang, supaya nyaman modifikasi apa ya untuk suspensinya?
2. bengkel non resmi utk daerah jaktim / jakpus, yang recomended utk APV dimana ya? mau tune up dan ganti timing belt. krn, di sun motor matraman, 900 ribuan euy... lebih mahal dari blazer nih..
thanks ya....
1. Untuk penggunaan 4 - 5 orang, supaya nyaman modifikasi apa ya untuk suspensinya?
2. bengkel non resmi utk daerah jaktim / jakpus, yang recomended utk APV dimana ya? mau tune up dan ganti timing belt. krn, di sun motor matraman, 900 ribuan euy... lebih mahal dari blazer nih..
thanks ya....
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Wed Jan 02, 2008 11:27
Re: APV..help...
coba kasih saran neh...
kayaknya kalo mo lebih nyaman hrs keluar doku agak tebel neh bos...
gimana kalo niru model kaki2 APV Arena aja tuh, semua udah pake per keong, menurut iklannya seh jauh lebih nyaman dari APV sebelumnya, coba aja bos...
kayaknya kalo mo lebih nyaman hrs keluar doku agak tebel neh bos...

gimana kalo niru model kaki2 APV Arena aja tuh, semua udah pake per keong, menurut iklannya seh jauh lebih nyaman dari APV sebelumnya, coba aja bos...

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: APV..help...
nanya duonk oom........apv saya tipe x keluaran 2005, nah belakangan ada problem yg g ngerti ney.....klo lg jalan (cukup pelan) ngelewatin polisi tidur or jalanan rusak, icon handbrake di dasbor nyala berkedip sesuai goyangan bodi
kira2 kenapa ya? thx b4

kira2 kenapa ya? thx b4

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: APV..help...
hehehe....dah ktemu penyakitnya, ternyata minyak rem udah mulai berkurang.....parah2 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: APV..help...
^^^
ketauan kalo tipe orang yg engga "care" tuh....

ketauan kalo tipe orang yg engga "care" tuh....

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: APV..help...
hehehehe.....no excuse......emang teledor





-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: APV..help...
bro, kalo minyak rem berkurang tanpa ada kebocoran, itu salah satu indikator kalo kampas rem-nya (mulai atau sudah) tipis loh...doq wrote:hehehe....dah ktemu penyakitnya, ternyata minyak rem udah mulai berkurang.....parah2

hati2, dicek tuh....jangan sampe kejadian nge-rem sekarang tapi berhentinya besok....

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: APV..help...
setelah penelusuran singkat be2rapa hari yll.....emank g ada indikasi kebocoran minyak rem sey, yg ada cm ketinggian minyak rem tepat berada sedikit d bawah batas minimum.
menurut hemat sy, hal ini agaknya termasuk wajar mengingat kerja minyak rem yg berat, sehingga kemungkinan terjadi penguapan bs terjadi.........tp masukannya bole jg ney oom, nanti d cek lbh lanjut deh......thx oom!!
postingan cakep ney hehehehehe......the devil's advokat : 666
menurut hemat sy, hal ini agaknya termasuk wajar mengingat kerja minyak rem yg berat, sehingga kemungkinan terjadi penguapan bs terjadi.........tp masukannya bole jg ney oom, nanti d cek lbh lanjut deh......thx oom!!

postingan cakep ney hehehehehe......the devil's advokat : 666
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: APV..help...
Coba diperhatikan, laen kali kaga boleh terulang lagi yah.............bisa berbahaya........ jadi kaga boleh teledor lagi...........(kok ane jadi ceramah ya)........hehehe..........doq wrote:hehehehe.....no excuse......emang teledor![]()
![]()
![]()


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: APV..help...
iya mbaaah



-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: APV..help...
oke...kalo baru turun dikit dari maksimum sih gapapa....doq wrote:setelah penelusuran singkat be2rapa hari yll.....emank g ada indikasi kebocoran minyak rem sey, yg ada cm ketinggian minyak rem tepat berada sedikit d bawah batas minimum.
menurut hemat sy, hal ini agaknya termasuk wajar mengingat kerja minyak rem yg berat, sehingga kemungkinan terjadi penguapan bs terjadi.........tp masukannya bole jg ney oom, nanti d cek lbh lanjut deh......thx oom!!
postingan cakep ney hehehehehe......the devil's advokat : 666
biasanya punya saya, tak kasih sendiri 2 garis tambahan antara minimum ke maksimum, jadi intinya ada indikasi garis minyak rem minimu, trus 1/3, kemudian 2/3 baru maksimum.
kalo minyak rem sudah sentuh garis 2/3, saya tinggal tuang minyak rem tambahan (biasanya merk dan DOT yg sama). Trus jika untuk kedua kalinya turun lagi ke level 2/3, tapi ga ada indikasi bocor...nah terpaksa deh ambil dongkrak dan kunci roda.... buka tuh roda dan periksa kondisi kampas rem, seal, dll...kalo ga mau repot, ya minta tolong bengkel hehehe

post 666? wuihh cpet jg naiknya nih sore ini, sebentar aja sudah nambah 6 post wakakaka...
pk.17.32 --> 666 post
pk.18.57 -->672 postdoq wrote:setelah penelusuran singkat be2rapa hari yll.....emank g ada indikasi kebocoran minyak rem sey, yg ada cm ketinggian minyak rem tepat berada sedikit d bawah batas minimum.
menurut hemat sy, hal ini agaknya termasuk wajar mengingat kerja minyak rem yg berat, sehingga kemungkinan terjadi penguapan bs terjadi.........tp masukannya bole jg ney oom, nanti d cek lbh lanjut deh......thx oom!!
postingan cakep ney hehehehehe......the devil's advokat : 666
doq wrote:iya mbaaah![]()
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: APV..help...
very2 good idea
btw....mumpung ada ahlinya ney........kondisi booster rem yg msh ok secara fisik tu gmana ya oom? skalian bwat bahan ngecek klo ntar mo liat kondisi rem

btw....mumpung ada ahlinya ney........kondisi booster rem yg msh ok secara fisik tu gmana ya oom? skalian bwat bahan ngecek klo ntar mo liat kondisi rem

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: APV..help...
Tinggal liat aja posisi minyak rem, klo dah berkurang ampe di bawah garis minimum trus ditambahkan minyak rem n dlm jangka wkt yg tidak lama berkurang lagi yah sebaiknya diperiksa mungkin aja ada yg bocor.
Dlm kondisi yg prima baik booster, master rem atas n bawah, itu minyak rem HARUS diganti paling tidak setiap 20,000 ( dua puluh ribu) km. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar rem bisa berfungsi dg baik n bila ada kerusakan dini bisa secepatnya diketahui trus dibetulin deh.......
Dlm kondisi yg prima baik booster, master rem atas n bawah, itu minyak rem HARUS diganti paling tidak setiap 20,000 ( dua puluh ribu) km. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar rem bisa berfungsi dg baik n bila ada kerusakan dini bisa secepatnya diketahui trus dibetulin deh.......
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: APV..help...
btw, siapa nih yg dimaksud ahlinya?....doq wrote:very2 good idea![]()
btw....mumpung ada ahlinya ney........kondisi booster rem yg msh ok secara fisik tu gmana ya oom? skalian bwat bahan ngecek klo ntar mo liat kondisi rem



well, tar sy tanyakan ke mekanik kantor dulu yah? biasanya doi yg sering kasih input+knowledge ke saya...

kl sy ga gitu "ahli"

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: APV..help...
yak toelll kata om sjam...nah ini baru ahlinye.....sjamsul wrote:Tinggal liat aja posisi minyak rem, klo dah berkurang ampe di bawah garis minimum trus ditambahkan minyak rem n dlm jangka wkt yg tidak lama berkurang lagi yah sebaiknya diperiksa mungkin aja ada yg bocor.
Dlm kondisi yg prima baik booster, master rem atas n bawah, itu minyak rem HARUS diganti paling tidak setiap 20,000 ( dua puluh ribu) km. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar rem bisa berfungsi dg baik n bila ada kerusakan dini bisa secepatnya diketahui trus dibetulin deh.......


minyak rem wajib dikuras/diganti total setiap 20.000 km no matter what,... atau saat kita ganti kampas rem baru...
begitu juga cairan radiator...sebaiknya dikuras/ganti total dalam jangka waktu tertentu....halah...........malah ngelantur dari perkara rem ke radiator......

btw om sjam, lihat kesini dong: http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 9&start=25
siapa tahu bisa kasih sharing
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: APV..help...
lha.....d bilang ahli malah mabur ney? hehehehehehe.......walopun blom "terlalu" ahli, tp yg jelas khan lebih ahli dr sy oom



-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: APV..help...
wah, bisa aja om imsus, ane bukan ahlinya bro, kebetulan hal itu ane terapkan sejak ane pernah ngalamin rusak rem aja.
Dulu ane taunye itu cuma tambah minyak rem aja, jadi minyak rem kaga pernah diganti. Suatu saat itu rem pada macet n jadi panas. Pas lagi dibongkar itu minyak rem dah kayak bubur alias kental, jadi hal ini yg membuat rem jadi macet. Sejak itu ane disarankan ama mekaniknya klo minyak rem harus diganti secara teratur, spy lebih aman.
Mudah2an bisa berguna buat yg lain.

Dulu ane taunye itu cuma tambah minyak rem aja, jadi minyak rem kaga pernah diganti. Suatu saat itu rem pada macet n jadi panas. Pas lagi dibongkar itu minyak rem dah kayak bubur alias kental, jadi hal ini yg membuat rem jadi macet. Sejak itu ane disarankan ama mekaniknya klo minyak rem harus diganti secara teratur, spy lebih aman.
Mudah2an bisa berguna buat yg lain.


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: APV..help...
imsus2c wrote: wuihh cpet jg naiknya nih sore ini, sebentar aja sudah nambah 6 post wakakaka...
aduh......cuma postingan oot oom


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: APV..help...
@imsus:
apa yg mau ditanya bro?. Masalah busi yah..

apa yg mau ditanya bro?. Masalah busi yah..


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: APV..help...
^^^
ya iyalah....siapa tahu bisa sharing2 disana getoh om...
kan om sjam ni luas sekali pengalamannya....
jadi maksud saya, tidak perlu menjawab pertanyaan apapun di topic tsb, sekedar sharing jika punya pengalaman dengan busi dkk....
konon salah satu indikator sehat enggaknya pembakaran kita kan dilihat dari kondisi busi
ya iyalah....siapa tahu bisa sharing2 disana getoh om...
kan om sjam ni luas sekali pengalamannya....

jadi maksud saya, tidak perlu menjawab pertanyaan apapun di topic tsb, sekedar sharing jika punya pengalaman dengan busi dkk....
konon salah satu indikator sehat enggaknya pembakaran kita kan dilihat dari kondisi busi
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: APV..help...
Oke bro, ntar ane mampir kesana n coba2 kaseh masukan dikit. 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: APV..help...
bro, sdh ta interogasi tersangka-nya...eh malah dijawab, bawa sini aja deh...tar sy cek apakah master rem-nya masih waras ato sudah sekarat......imsus2c wrote:btw, siapa nih yg dimaksud ahlinya?....doq wrote:very2 good idea![]()
btw....mumpung ada ahlinya ney........kondisi booster rem yg msh ok secara fisik tu gmana ya oom? skalian bwat bahan ngecek klo ntar mo liat kondisi remada2 aja...
jadi segan buat nge-reply.....
![]()
well, tar sy tanyakan ke mekanik kantor dulu yah? biasanya doi yg sering kasih input+knowledge ke saya...![]()
kl sy ga gitu "ahli", jadi malah takut jawabannya tar menyesatkan... bsk kl sdh dpt jawaban dari beliau sy post disini deh....

tapi sih, gejalanya bisa dirasakan, kalo saat menekan pedal rem (saat mesin jalan) pelan/halus, rem-nya tetep nyeplos.... kalo blower-nya yg kena, pijakannya keras.
kalo dilihat fisik saat master rem masih utuh, susah tahu kalo ni brg sudah sakit. mau ga mau harus dibuka tutupnya, biasanya indikator utama kalo master ini rusak, lihat seal-ringnya, kalo sdh oval berarti sudah hampir rusak, segera ganti sealnya.
kalo seal mmg sdh rusak, lihat piston-nya, kalo sdh baret...dengan berat hati terpaksa ganti master rem.
sorry yah....sy ga bisa jelaskan lebih dari itu....
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: APV..help...
ooo ic......yah gpp oom.......segitu jg uda cukuplah bwat sy, yg penting g buta2 amat
klo dr feel-nya seh, waktu injek rem msh pakem2 aja



klo dr feel-nya seh, waktu injek rem msh pakem2 aja
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: APV..help...
report aaahhh......tadi siang abis ganti bearing kiri depan, bushing2 stabilizer, ganti oli skalian cek rem......
ternyata emank bener kata oom imsus, kampas rem uda waktunya ganti ney........tar ah nodong dulu
ternyata emank bener kata oom imsus, kampas rem uda waktunya ganti ney........tar ah nodong dulu

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: APV..help...
enak nih....
masih ada yg bisa ditodong....
masih ada yg bisa ditodong....
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking