KENAPA mocin "MURAH"?
Mocin/motaiwan biasanya cut haga di beberapa komponen, jadinya harga murah. Asal harga masih wajar dan BUKAN murahan(ngga masuk akal), pasti ada komponen yang BUKAN VITAL "dipotong" kawalitasnya, wajar saja karena mereka berpikir toh bisa direplace dengan mudah dan tidak terlalu membutuhkan perlakuan khusus/merepotkan di negara penerima nanti, karena produk mereka biasanya kompatible dengan merek2 jepang yang sudah pasti ada di negara tujuan penjualan mereka. Biasanya komponen yang jelek/murah cukup sepele. Dari pengalaman, pake sanex skuter dan "moge 250" saya menemui barang2 abal sbb:
1. busi (merek kurang jelas, ganti aja dengan busi ND atau merek lain)
2. koil (oem bawaan umurnya pendek, karena memang asa nyala saja, diganti sangat murah dan mudah)
3. selang-selang dan seal2 karet (ini juga gampang diganti)
4. accu (ini juga gampang dicari)
5. ban (ini juga mnejangkiti motor india, bajaj pulsar dapet ban juga licin sekalee)
6. kampas2 (sanex 250 saya hampir ngga bisa ngerem, kampas tromol belakang alus dari barunya

)
7. bohlam (mudah dan murah untuk diganti)
8. komponen kelistrikan lain, misal socket juga kadang mutu rendah jadi kurang "menggigit" antar sambungan kabel (ini cukup diperiksa dan dikencangkan, atau diganti juga bisa, di toko2 spesial baut menyediakan hampir segala macam socket yang bahan kuningannya bermutu baik)
9. krom agak tipis/kurang weatherproof (ini musti diperhatikan benar2, jangan biarkan air hujan nginep di krom motor anda lewat 24jam, kalo masih males bersihkan, paling tidak semprot dengan air bersih, jika sempet gosok 2 hari sekali dengan bensin, supaya kilapnya terjaga.)
10. cover jok dan kosmetik lain (gampang diganti atau dihilangkan/dicopot saja jika kosmetiknya ngga kepake)
sekedar share pengalaman saja, bukan menggurui, tapi juga supaya calon2 pembeli ngga khawatir soal perawatan dan mutu, hanya karena harga motor taiwan/cina bisa murah.. (kalo Ruby sih ngga murah.. buktinya saya belum beli. HEHEHEHHEe...)
Ada yang mau menambahkan?