Gini ya om..kalo mau jujur. kenapa aku lepas koil CBR400...ada sebabnya....JESKONENG wrote:Mengenai pengapian nih bro... disamping menunggu hasil tes komparasi CDI/Koil, aku juga kepikiran kata2nya bro Aru "Koil CBR400 karakternya mau main keras aja...".. kayaknya dia bener sih.. api di busi jadi gede.. warna busi agak terang coklat muda di tengah/atas, tapi agak coklat tua di pinggiran lingkaran luarnya... apalagi pake busi Nology... Koil CBR400 jadi makin terasa kerasnya hehehehe.... apakah mungkin lebih baik pake busi std Champion aja ya... supaya karakter pengapian jadi agak "halus lembut"...??
Koil CBR400 itu sebetulnya gak bakal pernah cocok di mesin kita.sebabnya simple..impedansi BRT ama koil CBR400 itu gak cocok. makanya waktu aku pake ya....RPM naik cepet...tapi tenaga yang keluar gak sebesar yang tertera di RPMnya. sebab itu mesin cepet ngejerit...tapi pas bagian atas udah terlalu maksa. koil CBR400 itu kan untuk mesin cc besar..gak kaya kita.makanya dipake ama kita ini jadi malah aneh. saya kan lage nunggu koil yamaha Yz125 saya dateng nikh...jadi sementara ini saya pake andrion dulu buat gantiin.dan amazing. biasanya di RPM 11rb saya dapet speed 93 di gigi 4....sekarang hanya dengan RPM 9000 pun saya sudah bisa capai speed 93 an di gigi 4.itu tanda koilnya impedansinya cocok.dan di RPM tinggi..mesin tidak menjerit dan bergetar seperti waktu saya pakai koil CBR400.
Biasanya orang yang masi awam ama pengapian kan mudah tergiur asal liat koil besar.padahal kalo impedansinya gak cocok..kita malah gak dapet hasil maksimal..malah ngedrop.kasian BRTnya om.sama seperti Speaker ketemu Ampli yang impedansinya gak cocok....salah satu komponen pasti bakal cepat jebol...dan hasil gak maksimal.
hal pengapian ini saya peroleh dari hasil chat ama beberapa orang.dari yang bikin koil andrion..sampe yang jual koil protec...dan penjual blue thunder.semua pada bilang kalo impedansi cbr400 itu gak cocok di pulsar.makanya RPM cepet naik...padahal speednya gak seberapa seperti RPM nya.Busi udah angus duluan..padahal kekuatan torsi yang di peroleh gak sesuai.
sejak saya lepas CBR400nya dan pakai Andrion lage...motor saya lebih tenang...bahkan tenaga jauh lebih ada daripada waktu pakai CBR400. nyesel saya waktu dulu dengerin racun waktu di Mj " hare gene..masi pake andrion..."...padahal...Andrion itu yang terbaik untuk motor saya.kadang orang nebar racun tanpa tau mengerti apa yang di tebarnya...asal tebar saja.sekarang sementara ini balik k andrion dulu, sebelum koil yamaha Yz125 saya atau Andion yang 5 Ampere ..keluar.
Menurut creator koil2 bagus itu..kaya andrion...thunder,dll....mau pakai koil merk apapun kaya thunder..protec..andrion..rata2 kemampuannya sama semua,beda karakter aja...jadi suka yang mana silahkan pilih.impedansi mereka cocok ama pulsar kita.kebetulan saya suka Andrion..RPM atasnya alus,jadi saya pakai.tapi kalo mau coba protec..thunder...bisa juga.sama aja kemampuannya..beda karakter aja...mungkin ada yang RPM bawahnya lebih berotot ( bukan nahan lho ya...dia rpm atas masi bagus )...ada yang RPM atasnya alus,bawahnya sedikit aja kurang otot...ada juga yang RPM tengahnya lebih bertenaga. tapi yang satu koil semuanya bagus di RPM atas bawah itu jarang....hampir gak ada...jadi..pilih karakter yang disuka aja.
Kemampuan Motor kan kan banyak faktornya..dari cdi..busi...bahan bakar...setelan gas..setelan kopling...setting cdi ( biar cdi sama beda setting kan beda hasil )...besar ban juga pengaruh ama speed...tekanan angin ban...perawatan mesin....sampe bahkan produk2 kaya Turbo lube..xado...JFC..itu semua mempengaruhi kemampuan motor kita.
Jadi inceran Goal saya simple..cari motor yang speednya sudah memuaskan saya..namun mobilitasnya pun nyaman. saya gak akan ngorbanin kenyamanan mobilitas hanya untuk speed.untuk apa motor kencang kalo dipake baru sejam..tangan dan pantat udah kesemutan semua gara2 mesin terlalu bergetar. jadi..kita cari yang balancenya saja....semuanya dapet..walau gak usah paling terbaik.jarang motor2 yang cepat banget tapi getaran sedikit....namun.. jarang juga motor yang gak bergetar tapi cepat...jadi..cari kompromi terbaiknya ajah.
itu sharing saya soal CBR400 om...kalau mau eksperimen..boleh dicoba.saya udah buktiin sendiri om....^_^...
Sejak kasus koil..saya gak mau update2 lage tanpa saya tau apakah untuk motor kita cocok atau tidak...dan apakah update annya itu mengurangi kenyamanan atau tidak. jadi kita cari tau dulu..^_^