Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
bro, tolong kasih kemungkinan kemungkinan yang ada dong, kenapa yah shogun gw mogok tiap baru dihidupin (kira2 setelah 2 jam abis dimatiin), mirip gejala telat bensin gitu kalo dipake jalan dari awal dihidupin, kira kira pas dapet 500m tuh motor langsung mati ga mau di gas... terus ngidupinnya susah banget lagi kayak pespa lagi ngadat (sori ya bro yang punya vespa ) pas udah bisa idup gw geber geber sampe ke limit, baru deh bisa stasioner lagi... any suggestion?? soalnya kalo berangkat kerja agak ngerepotin nih
mungkin bagian bensin yang paling bawahnya masih perta plus kali, sekarang back to pertamax ajah.. emang ngaruh bro? apa karena abis gw bawa ketukang cuci? tapi kalo kemasukan air kok cuma bentar doang efeknya? kalo emang karena oktan, solusinya gimana bro?
Oktan bensin lebih tinggi membutuhkan AFR yang lebih lean (air-fuel ratio lebih kaya udara dibanding bensin), artinya setelan air-screw harus lebih dibuka. Nah karena ganti ke oktan bensin yang lebih rendah (dari pertamax plus ke pertamax), maka AFR-nya juga berubah. Ratio bensin harus lebih banyak dibanding saat masih pakai Perta+.
Coba aja dulu air-screw pada karbu diputar searah jarum jam sebanyak setengah putaran. Tapi kalau masih susah idle, idle-screw-nya juga diputar searah jarum jam tapi sedikit aja.
Cuaca yang lagi musim penghujan spt sekarang juga bisa pengaruh terhadap setelan air-screw dan idle-screw loh.
TUFF Stough wrote:Cuaca yang lagi musim penghujan spt sekarang juga bisa pengaruh terhadap setelan air-screw dan idle-screw loh.
ehmm... pantesan... kayaknya emang gejala ini pas lagi ujan terus sih mulainya... thanks bro.. nanti kalo masih ngadat di awal ngidupin reviewnya gw tulis lagi kesini
setuju tuh ama TUFF..
faktor cuaca kyanya..sy sbg sesama pemakai Shogun 125 kyanya ngalamin apa yg di alami sma bung sando..
biasanya ada air yg menyelinap masuk melalui kabel [cencored]..
skdr saran..pas sy ngalamin kejadian kya bgtu..
kuras semua bensin yg ada di dlm mangkok karbu..buang melalui slang pembuangan dgn mengendorkan baut + yg ada dibawahnya..
stlh itu buka busi..selah2 sdkt..businya bersihkan dgn lap kain..trus..pasang lg..
kabel [cencored] gw ada di dalem batok bro kayaknya ga mungkin kebasahan, gara-gara dah mulai macet susah ditarik jadi blm gw pasang lagi gw dah coba kuras karbu lewat selang buangan, pas sekrup gw buka kaga ada yang netes sama sekali.. sampe gw copot malah sekrupnya... sementara gw pingin stel afr-nya dulu, kalo masih problem baru bongkar busi.. anyway thanks bro..
Dari faktor cuaca, lebih disebabkan karena perbedaan tekanan udara antara musim hujan dan musim kemarau. Waktu hujan tekanan udara lebih tinggi sehingga debit udara yang masuk ke karbu juga lebih banyak. Kondisi ini mirip dengan kondisi bila kita menyetel air-screw-nya kegedean sehingga udara terlalu banyak dan campuran air-fuel menjadi tidak seimbang.
Ciri2nya, gas menjadi enteng, namun untuk akselerasi terasa lambat.
sandosicora wrote:kabel [cencored] gw ada di dalem batok bro kayaknya ga mungkin kebasahan, gara-gara dah mulai macet susah ditarik jadi blm gw pasang lagi gw dah coba kuras karbu lewat selang buangan, pas sekrup gw buka kaga ada yang netes sama sekali.. sampe gw copot malah sekrupnya... sementara gw pingin stel afr-nya dulu, kalo masih problem baru bongkar busi.. anyway thanks bro..
masuknya air bukan dr atas [cencored] tp yg pas ditempatnya [cencored] di karbu itu..biasanya air menyelinap dr situ.
klo sy udh sy tutup pake autoseal dan hasilnya ga ada air lg yg masuk ke karbu.
halah, apaan sih bro bawa bawa nyokap lagi masak motor gw ga ada masalah dibusi, waktu gw bongkar apinya masih bagus, malah sempet kesetrum pas lagi gw selah engkolnya... kemarenan sempet bongkar karbu, kayaknya sih ada yang mampet aja di karbu, pas karbu di bersihin dah 4 hari ini motor ga ada problem mungkin juga penyebabnya pas nerabas genangan air sih... soalnya sebelumnya ga ada masalah