Car Detailing Lounge - Part 03
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Wed Aug 06, 2008 3:44
Re: Car Detailing Lounge - Part 03
Siip. ditunggu ya asbos (asisten Bos).
Failure is just another stepping stone to success.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Car Detailing Lounge - Part 03
wkekekek.. asisten2an koq.. 

Permisii
............................. 


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 342
- Joined: Mon Sep 15, 2008 4:34
Re: Car Detailing Lounge - Part 03
jangan gathering buat gossip/arisan ya bro............ demo moles dongnescafe wrote:@gio: ok pak gio, nanti saya coba arrange untuk gatheringnya..

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 39
- Joined: Mon Apr 30, 2007 7:59
Re: Car Detailing Lounge - Part 03
Permisi dan salam kenal utk dewa2 poles sekalian..
Mau numpang tanya, kl utk cat single stage metalik, sebaiknya produk apa yg dipakai ? pakai compound apa ya?, lalu utk polishnya?
Dengan mesin rotary, sebaiknya apa pakai pad apa aja, lalu rpm berapa ya sebaiknya speednya ?Atau masih bisa pake mesin model lain kayak orbital?...
Kondisi cat, masih lumayan, cuma ada goresan halus laba2 yg terlihat di bawah matahari
Sama panel di bagasi sudah kusam sampai ada beberapa bagian yg spt cat doff gitu deh..
Oh iya warna mobilnya hitam metalik....
Sama satu lagi, cara ngilangin getah pohon yg sudah mengeras bagaimana ya caranya?
Maaf kl baru kenalan sudah banyak tanya nih......
salam..
Mau numpang tanya, kl utk cat single stage metalik, sebaiknya produk apa yg dipakai ? pakai compound apa ya?, lalu utk polishnya?
Dengan mesin rotary, sebaiknya apa pakai pad apa aja, lalu rpm berapa ya sebaiknya speednya ?Atau masih bisa pake mesin model lain kayak orbital?...
Kondisi cat, masih lumayan, cuma ada goresan halus laba2 yg terlihat di bawah matahari
Sama panel di bagasi sudah kusam sampai ada beberapa bagian yg spt cat doff gitu deh..
Oh iya warna mobilnya hitam metalik....
Sama satu lagi, cara ngilangin getah pohon yg sudah mengeras bagaimana ya caranya?
Maaf kl baru kenalan sudah banyak tanya nih......
salam..

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 660
- Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
- Location: Yogyakarta
Re: Car Detailing Lounge - Part 03
Guys, sori mungkin saya ketinggalan posting2 sebelumnya, cuma mau tanya, dah ada yang nyoba Maguiar's scratch removal belum yang kemasannya warna item bentuknya kayak kemasan pembersih muka/odol gitu?
Saya lagi nyari scratch remover yang ampuh, kmaren kucing tetangga manjat mobil saya trus bodinya kecakar-cakar gitu, miris rasanya, mau nangis.
Dipoles pake bahan carnuba wax biasa emang sekitarnya jadi kinclong, tapi baret halusnya tetep keliatan. Apa harus dikompon ya? Duh, ga tega ngompon, sejak beli ni mobil belum pernah saya kasi kompon. Tadi dicoba pake KIT kaleng kuning, berkurang dikit sih, tapi belum bisa sempurna.
Saya lagi nyari scratch remover yang ampuh, kmaren kucing tetangga manjat mobil saya trus bodinya kecakar-cakar gitu, miris rasanya, mau nangis.
Dipoles pake bahan carnuba wax biasa emang sekitarnya jadi kinclong, tapi baret halusnya tetep keliatan. Apa harus dikompon ya? Duh, ga tega ngompon, sejak beli ni mobil belum pernah saya kasi kompon. Tadi dicoba pake KIT kaleng kuning, berkurang dikit sih, tapi belum bisa sempurna.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Wed Aug 06, 2008 3:44
Re: Car Detailing Lounge - Part 03
Biasa kalau nanya ke Dewa, harus bawa upeti dulu tuh. hahahasopir keraton wrote:Permisi dan salam kenal utk dewa2 poles sekalian..
Mau numpang tanya, kl utk cat single stage metalik, sebaiknya produk apa yg dipakai ? pakai compound apa ya?, lalu utk polishnya?
Dengan mesin rotary, sebaiknya apa pakai pad apa aja, lalu rpm berapa ya sebaiknya speednya ?Atau masih bisa pake mesin model lain kayak orbital?...
Kondisi cat, masih lumayan, cuma ada goresan halus laba2 yg terlihat di bawah matahari
Sama panel di bagasi sudah kusam sampai ada beberapa bagian yg spt cat doff gitu deh..
Oh iya warna mobilnya hitam metalik....
Sama satu lagi, cara ngilangin getah pohon yg sudah mengeras bagaimana ya caranya?
Maaf kl baru kenalan sudah banyak tanya nih......
salam..
Nanti biar Dewa Nes jawabin
.ddaru wrote:Guys, sori mungkin saya ketinggalan posting2 sebelumnya, cuma mau tanya, dah ada yang nyoba Maguiar's scratch removal belum yang kemasannya warna item bentuknya kayak kemasan pembersih muka/odol gitu?
Saya lagi nyari scratch remover yang ampuh, kmaren kucing tetangga manjat mobil saya trus bodinya kecakar-cakar gitu, miris rasanya, mau nangis.
Dipoles pake bahan carnuba wax biasa emang sekitarnya jadi kinclong, tapi baret halusnya tetep keliatan. Apa harus dikompon ya? Duh, ga tega ngompon, sejak beli ni mobil belum pernah saya kasi kompon. Tadi dicoba pake KIT kaleng kuning, berkurang dikit sih, tapi belum bisa sempurna.
Uda pada make kok Bro. sebaiknya beli buat amunisi d rmh.
Failure is just another stepping stone to success.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Car Detailing Lounge - Part 03
Meg Scratch-X? bagus tuh , kudu di beli..ddaru wrote:Guys, sori mungkin saya ketinggalan posting2 sebelumnya, cuma mau tanya, dah ada yang nyoba Maguiar's scratch removal belum yang kemasannya warna item bentuknya kayak kemasan pembersih muka/odol gitu?
Saya lagi nyari scratch remover yang ampuh, kmaren kucing tetangga manjat mobil saya trus bodinya kecakar-cakar gitu, miris rasanya, mau nangis.
Dipoles pake bahan carnuba wax biasa emang sekitarnya jadi kinclong, tapi baret halusnya tetep keliatan. Apa harus dikompon ya? Duh, ga tega ngompon, sejak beli ni mobil belum pernah saya kasi kompon. Tadi dicoba pake KIT kaleng kuning, berkurang dikit sih, tapi belum bisa sempurna.
kalo mau yg lebih maknyus lagi, chemical guys Diamond cut 1500..
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Car Detailing Lounge - Part 03
cari kompon putih bro, tp jgn terlalu ditekan, baru apply scratch remover, gw udah pakai scratchX udah 4 botol malah.. wkwkwk.. and udah gw coba di apply satu body.. bagus koq..ddaru wrote:Guys, sori mungkin saya ketinggalan posting2 sebelumnya, cuma mau tanya, dah ada yang nyoba Maguiar's scratch removal belum yang kemasannya warna item bentuknya kayak kemasan pembersih muka/odol gitu?
Saya lagi nyari scratch remover yang ampuh, kmaren kucing tetangga manjat mobil saya trus bodinya kecakar-cakar gitu, miris rasanya, mau nangis.
Dipoles pake bahan carnuba wax biasa emang sekitarnya jadi kinclong, tapi baret halusnya tetep keliatan. Apa harus dikompon ya? Duh, ga tega ngompon, sejak beli ni mobil belum pernah saya kasi kompon. Tadi dicoba pake KIT kaleng kuning, berkurang dikit sih, tapi belum bisa sempurna.


Permisii
............................. 


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Car Detailing Lounge - Part 03
gw coba jawab yah, tp ga semua bro, maklum, msh nubie jg..sopir keraton wrote:Permisi dan salam kenal utk dewa2 poles sekalian..
Mau numpang tanya, kl utk cat single stage metalik, sebaiknya produk apa yg dipakai ? pakai compound apa ya?, lalu utk polishnya?
Dengan mesin rotary, sebaiknya apa pakai pad apa aja, lalu rpm berapa ya sebaiknya speednya ?Atau masih bisa pake mesin model lain kayak orbital?...
Kondisi cat, masih lumayan, cuma ada goresan halus laba2 yg terlihat di bawah matahari
Sama panel di bagasi sudah kusam sampai ada beberapa bagian yg spt cat doff gitu deh..
Oh iya warna mobilnya hitam metalik....
Sama satu lagi, cara ngilangin getah pohon yg sudah mengeras bagaimana ya caranya?
Maaf kl baru kenalan sudah banyak tanya nih......
salam..

1. untuk polish bsa pakai meguiars deep crystal system step2, autoglym super resin polish, mothers power polish
2. untuk wax bsa macam2, dr meguiars, turtle wax, collinite, dll
3 untuk pad bisa pakai meguiars w8006 polishing pad, w9006 finishing pad, CCS polishing pad, CCS finishing pad, dll
4. untuk goresan halus laba2 (swirl) untuk menghilangkannya pakai rotary, tp saya ndak bgitu ngerti, coba tanya pak gioprivatemove
5. untuk menghilangkan getah pohon, bisa pakai bug and tar remover, seperti astonish, tarminator, dll..
sekian dulu bro, sisanya bisa tanya rekan2 yg lainnya..
semoga membantu..

o'ya, welcome to SM

Permisii
............................. 


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Wed Aug 06, 2008 3:44
Re: Car Detailing Lounge - Part 03
koreksi sedikit nes,
itu polish bukan pake DC2, tp DC1. DC2 itu glaze...
Untuk ngilangin Swirl dgn rotary, bisa coba SRP + Green CCS Pad speed 1000 aja. 2-3 kali pass.
itu polish bukan pake DC2, tp DC1. DC2 itu glaze...
Untuk ngilangin Swirl dgn rotary, bisa coba SRP + Green CCS Pad speed 1000 aja. 2-3 kali pass.
Failure is just another stepping stone to success.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Car Detailing Lounge - Part 03
hihihhihi... bos-nya dewa dateng...
thx pak gio,
o'ya CCS yg green pad itu untuk polishingkah? bukannya yg outih yah?

thx pak gio,

o'ya CCS yg green pad itu untuk polishingkah? bukannya yg outih yah?

Permisii
............................. 


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Wed Aug 06, 2008 3:44
Re: Car Detailing Lounge - Part 03
bukan dewa, hanya manusia biasa.
Sama-2 nes
yg green itu buat high polishing, memang kombinasi dgn AIO (mild cleaner).

Sama-2 nes

yg green itu buat high polishing, memang kombinasi dgn AIO (mild cleaner).
Failure is just another stepping stone to success.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Car Detailing Lounge - Part 03
apalgi gw, msh anak2 pak..
hmm, jd pad yg hijau itu cutting powernya lebih besar drpada yg putih?
nah, kalau yg putih, kombinasi dgn apa pak?

hmm, jd pad yg hijau itu cutting powernya lebih besar drpada yg putih?
nah, kalau yg putih, kombinasi dgn apa pak?

Permisii
............................. 


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Wed Aug 06, 2008 3:44
Re: Car Detailing Lounge - Part 03
iya, yg ijo lbh advance.
putih ya seperti biasa, 80, 83, 82, etc...etc...
anak dewa?

putih ya seperti biasa, 80, 83, 82, etc...etc...
anak dewa?

Failure is just another stepping stone to success.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Car Detailing Lounge - Part 03
pak gio, bpk dewa?
hmm.. i see.. lebih advance untuk polish ya... maksudnya untuk kelas2 SRP gitu..
thx pak gio..

hmm.. i see.. lebih advance untuk polish ya... maksudnya untuk kelas2 SRP gitu..
thx pak gio..

Permisii
............................. 


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2541
- Joined: Tue Aug 05, 2008 1:11
Re: Car Detailing Lounge - Part 03
SRP aio nes jadi pake yang ijo
ehhehe
ehhehe

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Wed Aug 06, 2008 3:44
Re: Car Detailing Lounge - Part 03
Siip Nes.... semoga bisa terserap semua, jadi pas gathering, Nes jadi PR juga. 

Failure is just another stepping stone to success.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Car Detailing Lounge - Part 03
haha.. siap bos!
blajar lg ah..

blajar lg ah..

Permisii
............................. 


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Car Detailing Lounge - Part 03
Jangan lupa dicatat yah nes, biar kaga lupa..........nescafe wrote:haha.. siap bos!![]()
blajar lg ah..


-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 39
- Joined: Mon Apr 30, 2007 7:59
Re: Car Detailing Lounge - Part 03
1. Gak mempan master, DC step2 (step1 mungkin ya), AG SRP, Mothers Power polish gak kuat nembus single stage metalik, bahkan gw coba ilangin pake 3M Fine Cut 1200 grit + mesin rotary masih kebal aja tuh swirlnya. Jadi saya hrs pake apa nih master untuk kompon dan (machine) polishnya?nescafe wrote:gw coba jawab yah, tp ga semua bro, maklum, msh nubie jg..sopir keraton wrote:Permisi dan salam kenal utk dewa2 poles sekalian..
Mau numpang tanya, kl utk cat single stage metalik, sebaiknya produk apa yg dipakai ? pakai compound apa ya?, lalu utk polishnya?
Dengan mesin rotary, sebaiknya apa pakai pad apa aja, lalu rpm berapa ya sebaiknya speednya ?Atau masih bisa pake mesin model lain kayak orbital?...
Kondisi cat, masih lumayan, cuma ada goresan halus laba2 yg terlihat di bawah matahari
Sama panel di bagasi sudah kusam sampai ada beberapa bagian yg spt cat doff gitu deh..
Oh iya warna mobilnya hitam metalik....
Sama satu lagi, cara ngilangin getah pohon yg sudah mengeras bagaimana ya caranya?
Maaf kl baru kenalan sudah banyak tanya nih......
salam..![]()
1. untuk polish bsa pakai meguiars deep crystal system step2, autoglym super resin polish, mothers power polish
2. untuk wax bsa macam2, dr meguiars, turtle wax, collinite, dll
3 untuk pad bisa pakai meguiars w8006 polishing pad, w9006 finishing pad, CCS polishing pad, CCS finishing pad, dll
4. untuk goresan halus laba2 (swirl) untuk menghilangkannya pakai rotary, tp saya ndak bgitu ngerti, coba tanya pak gioprivatemove
5. untuk menghilangkan getah pohon, bisa pakai bug and tar remover, seperti astonish, tarminator, dll..
sekian dulu bro, sisanya bisa tanya rekan2 yg lainnya..
semoga membantu..
o'ya, welcome to SM
2. Wax? iya waxnya udah ada, yg jadi problem lbh ke correction jadi butuh kompon sama polishing stepnya ...
3. Ada rekomendasi lagi gak master utk pad yg cuttingnya lbh besar?, pad yg disebut diatas sptnya cutnya masih kurang, utk polishing bisa, tp utk compound/correcting sptnya kurang kuat..
4. Iya ini memang pake mesin rotary, Master Gio bisa bantu?..
5. Udah dicoba gak mempan tuh master getah pohonnya, ini modelnya kaya titik tp keras bener, gak mau larut sama bug & tar remover. Ada saran lagi master?..
Terima kasih sebelumnya dan mohon maaf kl merepotkan ya master2 sekalian....

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Thu Jul 24, 2008 16:28
Re: Car Detailing Lounge - Part 03
bos.. klo Aplikasi SRP buat ngebuff nya nunggu kering dulu, setengah kering or jgn sampe kering?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Wed Aug 06, 2008 3:44
Re: Car Detailing Lounge - Part 03
gw coba jawab yah, tp ga semua bro, maklum, msh nubie jg..sopir keraton wrote:
salam..

1. Gak mempan master, DC step2 (step1 mungkin ya), AG SRP, Mothers Power polish gak kuat nembus single stage metalik, bahkan gw coba ilangin pake 3M Fine Cut 1200 grit + mesin rotary masih kebal aja tuh swirlnya. Jadi saya hrs pake apa nih master untuk kompon dan (machine) polishnya?
2. Wax? iya waxnya udah ada, yg jadi problem lbh ke correction jadi butuh kompon sama polishing stepnya ...
3. Ada rekomendasi lagi gak master utk pad yg cuttingnya lbh besar?, pad yg disebut diatas sptnya cutnya masih kurang, utk polishing bisa, tp utk compound/correcting sptnya kurang kuat..
4. Iya ini memang pake mesin rotary, Master Gio bisa bantu?..
5. Udah dicoba gak mempan tuh master getah pohonnya, ini modelnya kaya titik tp keras bener, gak mau larut sama bug & tar remover. Ada saran lagi master?..
Terima kasih sebelumnya dan mohon maaf kl merepotkan ya master2 sekalian....

hmm... ini cat yakin single stage? masih orisinil kah?
Mobil apa? rotary apa? uda coba wool pad?
Untuk obat harus masuk 3M extra cut rubbing compound, atau chemical guys diamond cut 1200 atau meguiars No 105. pake wool pad speed 1800. tapi ati-2 ya. mendekati titik panas cukup cepat nih.
Spot test dulu ya. jgn langsung hajar 1 panel. cari kombinasi obat terbaik.
cara pake rotary uda bener?
kalau uda compund, masuk ke polish, bisa pake Optimum Polish/Meguiar's no 80/Chemical guys Pro Polish.
Kalau ada hologram, masuk Menzerna Final Finish/3M ultrafina/Meg's 82/9 atau AIO.
coba deh bro terangin caranya sejelas-jelasnya cara pake mesinnya. sayang bro di DIY ya, kalo di jkt harus ketemuan nih. seru.......

Getah pohon kalau uda etching dilihat dulu bro kondisinya. kalau mau ya di test wetsand aja.
tunggu kering bro. buff nya sambil disemprot qd MF nya.dodee wrote:bos.. klo Aplikasi SRP buat ngebuff nya nunggu kering dulu, setengah kering or jgn sampe kering?
Failure is just another stepping stone to success.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 39
- Joined: Mon Apr 30, 2007 7:59
Re: Car Detailing Lounge - Part 03
Salam kenal master Gio..gioprivatemove wrote:gw coba jawab yah, tp ga semua bro, maklum, msh nubie jg..![]()
hmm... ini cat yakin single stage? masih orisinil kah?
Mobil apa? rotary apa? uda coba wool pad?
Untuk obat harus masuk 3M extra cut rubbing compound, atau chemical guys diamond cut 1200 atau meguiars No 105. pake wool pad speed 1800. tapi ati-2 ya. mendekati titik panas cukup cepat nih.
Spot test dulu ya. jgn langsung hajar 1 panel. cari kombinasi obat terbaik.
cara pake rotary uda bener?
kalau uda compund, masuk ke polish, bisa pake Optimum Polish/Meguiar's no 80/Chemical guys Pro Polish.
Kalau ada hologram, masuk Menzerna Final Finish/3M ultrafina/Meg's 82/9 atau AIO.
coba deh bro terangin caranya sejelas-jelasnya cara pake mesinnya. sayang bro di DIY ya, kalo di jkt harus ketemuan nih. seru.......![]()
Getah pohon kalau uda etching dilihat dulu bro kondisinya. kalau mau ya di test wetsand aja.
Iya masih orisinil, generasi metalik pertama belum clearcoat masih single stage. Mobilnya Peugeot GTi 85/86 master.
Woolpad dah dipake, mesin Rotarynya pake 9227C sama Metabo PE 12-175 Master Gio. Apa mesinnya yg jelek ya?, ada rekomendasi yg bagus?
3m extra cut ya? ya nanti dicoba deh. Kl CG 1200cut sama Megs 105 dibanding 3m fine cut 1200 atau Wurth medium cut, atau autoglym 03B lbh kuat ya master?
Untuk polish sementara masih pakai 3M Machine polish, Wurth polish, sama Autoglym 02B. Sedang berkutat dengan compoundnya dulu, nanti kl pas polishing ternyata polish2 ini gak memuaskan boleh juga coba rekomendasi dari master..
Iya spot tes dah dilakukan, wajib hukumnya buat gw master..
Cara make rotarynya kl gw ada dua cara, pertama kasih dipanel (bead), lalu rotarynya dinyalakan baru ditempel ke panel (pad dlm kondisi sedikit lembab),atau gw tempel lalu pad agak diangkat baru ngebuff. Untuk ngeratainnya pake speed 1, baru mulai speed 2 dan speed buffing di speed 3,kadang (tp jarang) 4. kl udah balik lagi ke 1. Gerakannya biasanya horizontal, lalu vertikal, terakhir kl gak diagonal ya angka 8. Kabel mesin disampirkan di pundak..
Speed tangan kira2 ya antara 20-30 cm /detik kl pas lagi compounding master..
Utk panas, krn belum punya thermometer infrared maka selalu saya usahkan dipantau terus, kl utk panel horizontal kadang2 pas buffing saya lepas tangan yg di depan untuk ngetes panas panelnya..
Kl masih gak mempan swirlnya biasanya saya semprot (mist) pakai air..
itu aja master, dah coba dijelaskan step2 yg biasa saya pakai sejelas yg saya bisa, kalo ada yg salah dan tambahan mohon dikoreksi master..
Utk getahnya sebaiknya pake grit berapa master lalu step2nya gimana?
Makasih banyak ya atas perhatiannya, salut buat master2 sini yg rela en gak pelit bagi2 ilmu

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1375
- Joined: Wed Aug 06, 2008 3:44
Re: Car Detailing Lounge - Part 03
wah bro ini mah bukan newbie, uda master juga.
wekekekek. kalau gitu silahkan bereksperimen sendiri dah ya.
Perhatian! Perhatian! bro sopirkeraton ini master tingkat tinggi nih...... jam terbang juga uda gak keitung kayaknya. Punya bengkel, Master?
Penjelasannya uda jelas sekali.
Menurut gw sih cara bro uda bener. nah cuma karakter obat yang bro punya gw belum tau hasilnya seperti apa. gw kan masih newbie. jadi belum tau hasil semua produk. Tapi harusnya sih kalau compound yg tadi kita uda sebutin untuk grit 1200 harusny cuttingnya sama, cuma hasil abis pake compound itu yg beda-2. ada yg bisa langsung finishing ada yg harus masuk polish lagi.
Bro biasa dari wool pad terus pake pad apa?
uda pernah coba tilt pad nya Master saat polishing?

wekekekek. kalau gitu silahkan bereksperimen sendiri dah ya.
Perhatian! Perhatian! bro sopirkeraton ini master tingkat tinggi nih...... jam terbang juga uda gak keitung kayaknya. Punya bengkel, Master?
Penjelasannya uda jelas sekali.
Menurut gw sih cara bro uda bener. nah cuma karakter obat yang bro punya gw belum tau hasilnya seperti apa. gw kan masih newbie. jadi belum tau hasil semua produk. Tapi harusnya sih kalau compound yg tadi kita uda sebutin untuk grit 1200 harusny cuttingnya sama, cuma hasil abis pake compound itu yg beda-2. ada yg bisa langsung finishing ada yg harus masuk polish lagi.
Bro biasa dari wool pad terus pake pad apa?
uda pernah coba tilt pad nya Master saat polishing?
Failure is just another stepping stone to success.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Fri Oct 10, 2008 16:17
Re: Car Detailing Lounge - Part 03
permisi, masih newbie ni. coba share pengalaman aja, kalo salah di betulin ya
Setau gue kalo cat masi ori apalagi single stage biasanya lebih empuk daripada yang pake vernish.
Kalo saya si mikirnya pake least aggresive method, sebisa mungkin sesedikit mungkin motong catnya.
Sebelum mulai prosesnya biasanya saya ukur dulu ketebalan catnya pake paint thickness gauge (ptg) dari situ kita dapat gambaran mengenai ketebalan catnya (kalo catnya clear coat system, berarti merupakan total tebal dari primer, color coat dan clear coatnya). Nah kalo ternyata catnya masih tebal dan kita asumsikan safe baru masuk kepolishing. Kalo obat saya biasanya pake 3m dan meguiars. Unutk 3m saya pake extra cut rubbing compound 1200 grit 06060 dan untuk polishingnya pake ultrafina se 06068. kalo megs lumayan lha setelah saya ngumpulin satu persatu ada 105,84,83,80,82,9. Pertama masuk ke polishing step pake polish kalo ngak mempan ya pake compound.
Nah biasanya abis poles kadang bisa hologram nah ini yang musti didetect bener2 apakah swirlnya merupakan swirl lama atau malah swirl baru (bisa karena pad kotor, atua bisa juga merupakan hologram) biasanya supaya untuk menjamin hasil yang baik saya peednya pake 600 rpm untuk spread, work on product kira2 1400-1700 rpm, kalo cpompounding dengan woolpad sampe 1800-2000rpm, abis itu untuk burnishing biasa maen 600-1000rpm.
Tapi kadang tergantung catnya juga, kadang ada cat yang rada2 ndablek juga, mao diapain juga susah hehehe.
Kalo ada getah ya sama pake least aggresif kalo ngak mempan juga baru masuk ke wetsanding, nah disini PTG berguna banget karena ngak lucu defect ilang ternyata cat jadi tipis banget. Ada saatnya ya pasrah aja deh, daripada di kerjain resikonya malah makin gede, kalo ada masukkan mohon diberi tau, masih belajar juga neh soalnya
Setau gue kalo cat masi ori apalagi single stage biasanya lebih empuk daripada yang pake vernish.
Kalo saya si mikirnya pake least aggresive method, sebisa mungkin sesedikit mungkin motong catnya.
Sebelum mulai prosesnya biasanya saya ukur dulu ketebalan catnya pake paint thickness gauge (ptg) dari situ kita dapat gambaran mengenai ketebalan catnya (kalo catnya clear coat system, berarti merupakan total tebal dari primer, color coat dan clear coatnya). Nah kalo ternyata catnya masih tebal dan kita asumsikan safe baru masuk kepolishing. Kalo obat saya biasanya pake 3m dan meguiars. Unutk 3m saya pake extra cut rubbing compound 1200 grit 06060 dan untuk polishingnya pake ultrafina se 06068. kalo megs lumayan lha setelah saya ngumpulin satu persatu ada 105,84,83,80,82,9. Pertama masuk ke polishing step pake polish kalo ngak mempan ya pake compound.
Nah biasanya abis poles kadang bisa hologram nah ini yang musti didetect bener2 apakah swirlnya merupakan swirl lama atau malah swirl baru (bisa karena pad kotor, atua bisa juga merupakan hologram) biasanya supaya untuk menjamin hasil yang baik saya peednya pake 600 rpm untuk spread, work on product kira2 1400-1700 rpm, kalo cpompounding dengan woolpad sampe 1800-2000rpm, abis itu untuk burnishing biasa maen 600-1000rpm.
Tapi kadang tergantung catnya juga, kadang ada cat yang rada2 ndablek juga, mao diapain juga susah hehehe.
Kalo ada getah ya sama pake least aggresif kalo ngak mempan juga baru masuk ke wetsanding, nah disini PTG berguna banget karena ngak lucu defect ilang ternyata cat jadi tipis banget. Ada saatnya ya pasrah aja deh, daripada di kerjain resikonya malah makin gede, kalo ada masukkan mohon diberi tau, masih belajar juga neh soalnya
