[ASK] BMW 318 A/T th 2000 ke atas

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

restoe
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Wed Oct 08, 2008 6:29

[ASK] BMW 318 A/T th 2000 ke atas

Post by restoe »

Dear all,

newbie nich.
gw pernah punya peugeot 405 sti le mans th 96.
sekarang gw mo ganti ke BMW 318i th 2000 ke atas.
kalo dibandingkan dgn peugeot nya gmn??
kalo mo beli BMW apa aja yg mesti diperhatiin ??
speknya gmn ??
type2 nya ada apa aja??
konsumsi bahan bakarnya ???
harus pakai pertamax ya ???

gitu dulu pertanyaannya.
kalo jawabnya lebih banyak dibandingkan pertanyaannya monggo2 aja.
thanks
ID-VR4
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Tue Nov 01, 2005 13:35

Re: [ASK] BMW 318 A/T th 2000 ke atas

Post by ID-VR4 »

1. Kalau dibandingkan dengan Peugeot 405, suspensi BMW agak sedikit lebih keras, tapi handling dan kestabilan di kecepatan tinggi lebih bagus.

2.Kalau mau beli BMW,kudu diperhatiin kaki2-nya(ball joint, swing arm, shock,dll). Dites aja dulu di jalan rusak,kalau ada bunyi2an aneh,patut dicurigai.Kalo mau ganti total kaki2 seri 3, bisa abis sekitar 8 jutaan untuk yg depan.Juga perhatiin
power windownya, kawat regulatornya sering copot. Buat amannya sih, kalau bisa mobil yang mau dibeli dibawa ke BMW Sunter, dan di sana bisa digeneral check-up dengan biaya sekitar Rp 500.000,-. Nanti ada reportnya apa-apa aja yang musti diganti.

3.Spek-nya termasuk biasa aja, tenaga standar(118 hp), atau 150 HP untuk tahun 2003 keatas.Fitur juga sedang2 aja, interior
memang sporti, tapi kalah solid sedikit dibanding Mercy C Class atau Audi A4.

4. Tipe ada 318i M43 , tahun 2000-2003(mesin 1800cc)
318i N42 , tahun 2003 ke atas.(mesin 2000cc)

5. Konsumsi bahan bakar dalam kota sekitar 7-8km/liter, luar kota bisa 11km-13/liter.Dalam kondisi mobil sehat.

6. Pengalaman gua diisi premium sih bisa aja untuk 318i, tapi kalo bisa, cari SPBU yang bonafid, milik Pertamina, setidaknya mengurangi resiko dicampur minyak tanah.Konsekuansinya, tenaga agak menurun dikit.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: [ASK] BMW 318 A/T th 2000 ke atas

Post by GTR »

skrg pombensin bukan dicampur minyak tanah kali ya krn bukannya hrg jual minyak tanah udah mahal bro...
sylar
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Sun Oct 12, 2008 14:37

Re: [ASK] BMW 318 A/T th 2000 ke atas

Post by sylar »

Kebetulan gue sendiri bawa 2003 318i. Kesimpulan gue untuk mobil ini sih... gue kurang puas yah.

Suspensi agak keras, kurang cocok sama karakter jalanan di Jakarta yang benjol2. Kasian kaki2nya jadi sering rusak. Padahal tujuannya suspensi keras gini kan biar handling jadi enak, khas BMW. Tapi hasilnya, mobil jadi kurang nyaman, walaupun bantingannya ga sekeras Honda Jazz. Kalo beli baru, bener kata bos ID-VR4, kaki2 harus diperhatikan bener2. Temen gue ada yang ganti total semua kaki2 mobilnya, kena Rp. 30 juta. Gue juga ga tau dia diboongin ama bengkelnya atau gimana, tapi 30 juta untuk benerin kaki2 itu menyakitkan untuk tipe mobil apa pun yah.

Spek termasuk culun, terutama tarikan awalnya. Bisa kalah ama Honda Jazz. Transmisi matiknya bener2 lelet responsnya, apalagi kalo diteken pol, dengan tujuan mau narik. Kalo pentingin performa juga, ambil aja E46 325i dengan tahun yang sama. Cuma beda dikit aja harganya. Silinder ada 6 (bukan 4 kayak 318i), tenaga lebih mantep. Kalo mau lebih ekstrem lagi, ambil aja E46 330i. Harga emang agak lebih tinggi, tapi tenaga bener2 mantep banget. Kenceng banget, dan interior lebih bagus. Headlight juga udah standard xenon. Tapi kalo menurut gue, mendingan ambil E39 5-series aja. Harga bekasnya juga jebol banget, dan lebih gede daripada seri 3. 525i dan 530i juga udah bukan barang langka, ga seperti 330i. Lebih kenceng deh. Lebih puas pastinya.

BMW itu termasuk salah satu mobil yang suku cadangnya paling mahal di Indonesia. Denger2 malah suku cadang BMW lebih mahal daripada Mercy. Jadi kalo beli BMW bekas, harus bener2 hati2. Jangan sampe sakit hati karena biaya perbaikannya.

Konsumsi bahan bakar, ga bisa dibilang hemat2 amat. Untuk kombinasi tol dan dalam kota, 1 tangki penuh, kira2 bisa jalan 500 km. Kapasitas tangki mungkin bisa 60 liter, tapi gue ga terlalu yakin 100% lho yah. Untuk jalan tol, kalo jalan konstan sih cukup hemat lah. Gue pernah bolak-balik Jakarta-Bandung-Jakarta, ga perlu isi bensin. Untuk jenis bensin yang disarankan sih emang Pertamax, tapi kalo nekad yah isi premium aja. Kalo premium itu sebenarnya octanenya ga cukup karena cuma 88. Untuk BMW kan seharusnya octanenya 91 ke atas. Dan premium di Indonesia, walaupun kabarnya udah unleaded semua untuk daerah Jakarta, tapi gue rasa masih leaded juga ah. Gue sih ga mau resiko ngerusak mobil, apalagi biaya perbaikannya tinggi banget, dan gue juga masih sayang ama mobil ini walaupun tenaga ga ada dan disetir udah kurang enak hehehe.
ID-VR4
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Tue Nov 01, 2005 13:35

Re: [ASK] BMW 318 A/T th 2000 ke atas

Post by ID-VR4 »

Bener banget tuh kata Bos Sylar...mendingan ambil BMW E 39 yang 530i, tenaga besar, handling oke, dan nyaman banget. CUma kudu hati2, biaya perawatan untuk kaki kaki jauh lebih mahal dibandingkan seri 3, karena konstruksinya jauh lebih rumit,he3.
Tapi kalau dapet barang simpanan yang sehat, dan rute pemakaian banyak di aspal yang mulus, boleh lah dipertimbangkan ambikl
530i.
hulabalo
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Mon Oct 20, 2008 4:03

Re: [ASK] BMW 318 A/T th 2000 ke atas

Post by hulabalo »

sylar wrote: Temen gue ada yang ganti total semua kaki2 mobilnya, kena Rp. 30 juta. Gue juga ga tau dia diboongin ama bengkelnya atau gimana, tapi 30 juta untuk benerin kaki2 itu menyakitkan untuk tipe mobil apa pun yah.
gile 30 jt mah di kerjain ama bengkel itu namanya, gw aja ganti shockbreaker 2 jt (depan-blakang, pake merek boge), link stabil 125 rb sepasang, tierod 200 rb ama 750 rb... perkiraangw kl emg kaki2 ancur ganti smua jg cuman 6 jt... dengan asumsi bener2 ganti smua yah, ga cuman 1-2 parts..
sylar
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Sun Oct 12, 2008 14:37

Re: [ASK] BMW 318 A/T th 2000 ke atas

Post by sylar »

Kaki2 bukan cuma suspension doang, tapi lebih dari itu. Setidaknya itu yang dibilang temen gue... Katanya sampe ganti wishbone segala. Gue kurang ngerti. Kalo feeling gue, kalo sampe 30 juta, kemungkinan subframenya dia retak. Subframe retak itu emang salah satu masalah besar di E46. Ga banyak yang kena, tapi ga dikit juga yang kena.
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: [ASK] BMW 318 A/T th 2000 ke atas

Post by y_anjasrana »

Widiii... dapet sedan jepang taun 90 awal tuh...
Accurate V5 Accounting System Consultant