Hi all,
Lagi bingung milih antara dua mobil ini dan perlu saran dari bmw user.
Hemat BBM mana yang lebih hemat?
Kenyamanan?
Thanks all
BMW 318i 2004 & 520i 2003
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: BMW 318i 2004 & 520i 2003
Hemat: mungkin lebih hemat 318i, tapi semua tergantung cara nyetir mobilnya.tbahari wrote:Hi all,
Lagi bingung milih antara dua mobil ini dan perlu saran dari bmw user.
Hemat BBM mana yang lebih hemat?
Kenyamanan?
Thanks all
318i: 4 silinder 2000cc
520i: 6 silinder 2200cc
Kenyamanan: : enak seri 5, lebih gede dan lebih empuk walaupun suspensi tetep tergolong keras.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
Re: BMW 318i 2004 & 520i 2003
bmw terkenal boros bos
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: BMW 318i 2004 & 520i 2003
Secara power to wieight ratio, seri 3 lebih hemat dari seri 5. Tapi kenyamanan sdh jelas seri 5. Seri 5 kenapa nggak 530, dalkot 1 liter 6 km pertamax.
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Sat Oct 18, 2008 15:49
Re: BMW 318i 2004 & 520i 2003
Info donk memang seri 318i & 520i dalam kota berapa banding berapa? 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 694
- Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35
Re: BMW 318i 2004 & 520i 2003
Sipp dah gtu rewelan,.satyr wrote:bmw terkenal boros bos
Yang 1800 cc aja boros dan boyo larinya,.Karena cuma 115 dk tapi bobot bodi berat+gerak belakang
Tapi 318i terakhir (2004 april) yang kode mesin N43 punya power 143 Hp (cuma rancu karna ada yang bilang 2000 cc 4 silinder atau 1800 cc 4 silinder juga)
Klo 520i lari boyo,model konvensional tapi bual cruise jarak jauh enak,.
Klo 318i dalkot surabaya pertamax bisa 1:8
klo 520i paling2 6km/l pertamax,.
mending 325i,.Kenceng tuh,.6 km/L juga,.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: BMW 318i 2004 & 520i 2003
318i E46 semenjak 2002 tengah (facelift) sampe akhir masa hidupnya (2005an) udah pake mesin N42 2000cc 4 silinder DOHC Valvetronic 140an HP. Tampaknya model ini yg dicari oleh TS.
Kalo 520i thn 2003, pake mesin lama M54 (mesin era baru BMW dimulai dgn kode N/Valvetronik) 2200cc 6 silinder DOHC 170 hp Belum Valvetronik, tapi udah Double Vanos.
Kalo pemakaian normal dgn gaya nyetir yg sama, lebih irit 318i karena mesin lebih kecil dan bodi lebih enteng.
mustinya sih bisa sekitar 1:7-8 rute kombinasi BBM at least Pertamax.
Kalo yg seri 5 mungkin bisa lebih boros 1km/l dari yg 318i.
Kalo 520i thn 2003, pake mesin lama M54 (mesin era baru BMW dimulai dgn kode N/Valvetronik) 2200cc 6 silinder DOHC 170 hp Belum Valvetronik, tapi udah Double Vanos.
Kalo pemakaian normal dgn gaya nyetir yg sama, lebih irit 318i karena mesin lebih kecil dan bodi lebih enteng.
mustinya sih bisa sekitar 1:7-8 rute kombinasi BBM at least Pertamax.
Kalo yg seri 5 mungkin bisa lebih boros 1km/l dari yg 318i.
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Mon Oct 20, 2008 4:03
Re: BMW 318i 2004 & 520i 2003
gw coba bantu yah.. dirumah gw pernah ada 528i 99 ama skarang gw pake 323i 97 dua2nya matic
menurut gw, bmw itu termasuk hemat di kelasnya kl dirawat dengan baik, slama ini gw pake 323i 2500cc isi shell atau petronas yang oktan 92, fc nya dapet 8-9km/l , kecuali kl emang bawanya ditarik2 bisa 6km/l tp kl pake pertamax, konsumsi dalam kotanya cuman 7-8km/l.. tp kl emg kondisi mobilnya ga beres atau udh deket2 waktu tuneup, konsumsi bensinya bisa boros bgt...
dulu waktu pake 528i pake pertamax konsumsinya 7km/l
kl ditanya kenyamanan, seri 5 jauh lebih nyaman dibandingkan dengan seri 3, teknologinya juga jauh... kl masalah onderdil ama perawatan sih gw bilang bmw itu termasuk cukup murah, asalkan bisa dapet bengkel yang bagus tp bukan bengkel resmi yah... slama ini gw pake ga pernah ada masalah berat, malah menurut gw tergolong bandel mesinya.. yg penting cukup dirawat rutin aja ama kl ada parts yang harus diganti, langsung diganti, jangan ditunda2... sebagai perbandingan, sebelum gw pake 323i,gw pake lancer sei 99, harga onderdil lancer yg gw pake rata2 masih diatas bmw 323i.. gw juga kaget pas tau ternyata ngerawat bmw itu murah... tp kl dah masuk bengkel resmi, siap2 aja digetok harganya.
kl masalah mobilnya rewel atau ga, itu tergantung pemilik sebelumnya..
itu aja pengalaman gw, smoga membantu
menurut gw, bmw itu termasuk hemat di kelasnya kl dirawat dengan baik, slama ini gw pake 323i 2500cc isi shell atau petronas yang oktan 92, fc nya dapet 8-9km/l , kecuali kl emang bawanya ditarik2 bisa 6km/l tp kl pake pertamax, konsumsi dalam kotanya cuman 7-8km/l.. tp kl emg kondisi mobilnya ga beres atau udh deket2 waktu tuneup, konsumsi bensinya bisa boros bgt...
dulu waktu pake 528i pake pertamax konsumsinya 7km/l
kl ditanya kenyamanan, seri 5 jauh lebih nyaman dibandingkan dengan seri 3, teknologinya juga jauh... kl masalah onderdil ama perawatan sih gw bilang bmw itu termasuk cukup murah, asalkan bisa dapet bengkel yang bagus tp bukan bengkel resmi yah... slama ini gw pake ga pernah ada masalah berat, malah menurut gw tergolong bandel mesinya.. yg penting cukup dirawat rutin aja ama kl ada parts yang harus diganti, langsung diganti, jangan ditunda2... sebagai perbandingan, sebelum gw pake 323i,gw pake lancer sei 99, harga onderdil lancer yg gw pake rata2 masih diatas bmw 323i.. gw juga kaget pas tau ternyata ngerawat bmw itu murah... tp kl dah masuk bengkel resmi, siap2 aja digetok harganya.
kl masalah mobilnya rewel atau ga, itu tergantung pemilik sebelumnya..
itu aja pengalaman gw, smoga membantu