Pengalaman servis di bengkel resmi.
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
mau nanya neh, ang pernah ganti oli diberes non honda.
kl ganti oli setelah 2x ganti wajib engine flush ga yah ? soale gw di honda setelah 2x ganti oli selalu diengine flush melulu padahal oli yang dipake selalu sama..
kl ganti oli setelah 2x ganti wajib engine flush ga yah ? soale gw di honda setelah 2x ganti oli selalu diengine flush melulu padahal oli yang dipake selalu sama..
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Sun May 23, 2004 2:17
- Location: Indonesia
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
sekedar info, td baru abis servis 1000km di honda kalimalang dan katanya boleh bawa oli sendiri. 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
Biasa bro buat nambah omset.remedusakti wrote:mau nanya neh, ang pernah ganti oli diberes non honda.
kl ganti oli setelah 2x ganti wajib engine flush ga yah ? soale gw di honda setelah 2x ganti oli selalu diengine flush melulu padahal oli yang dipake selalu sama..

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 215
- Joined: Wed Jan 31, 2007 3:51
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
kalo 1000km sih ngapain bw oli sendiri??nextgen wrote:sekedar info, td baru abis servis 1000km di honda kalimalang dan katanya boleh bawa oli sendiri.
biar oli mineral yg bawaan pabrik yg kerja
mesin baru awalnya perlu oli mineral, jgn di ganti dulu
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Sun May 23, 2004 2:17
- Location: Indonesia
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
gak ganti oli, brodnz wrote:kalo 1000km sih ngapain bw oli sendiri??nextgen wrote:sekedar info, td baru abis servis 1000km di honda kalimalang dan katanya boleh bawa oli sendiri.
biar oli mineral yg bawaan pabrik yg kerja
mesin baru awalnya perlu oli mineral, jgn di ganti dulu
kan jadwal ganti oli pas km 10rb

itu iseng2 aja nanya, hahaha..
btw, pas dianter tuh mobil, kata salesnya diisiin oli top1 dr dealer, gimana tuh?

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
kaga apa2 bro, asal gantinye teratur oli apapun ngak masalah.ok
oli top 1 khan dah termasuk oli senior di negri kita ini dah gitu juga dah diterapkan di mobil honda sudah lama, jadi klo kaga bagus mana mungkiiinnn honda mengaplikasikan ke boil2 produknya.
Wlp dibilang oli artis, tapi top 1 kaga masalah tuh. So nt kaga usah khawatir.ok



oli top 1 khan dah termasuk oli senior di negri kita ini dah gitu juga dah diterapkan di mobil honda sudah lama, jadi klo kaga bagus mana mungkiiinnn honda mengaplikasikan ke boil2 produknya.
Wlp dibilang oli artis, tapi top 1 kaga masalah tuh. So nt kaga usah khawatir.ok


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
yah kalau bro nextgen ndak suka, nanti di servis 5000, waktu ganti oli beri engine flush supaya oli2 yg sebelumnya turun semua dan ganti filter olinya jg.. boiar nadk bercampur dgn oli yg lama..nextgen wrote:gak ganti oli, brodnz wrote:kalo 1000km sih ngapain bw oli sendiri??nextgen wrote:sekedar info, td baru abis servis 1000km di honda kalimalang dan katanya boleh bawa oli sendiri.
biar oli mineral yg bawaan pabrik yg kerja
mesin baru awalnya perlu oli mineral, jgn di ganti dulu
kan jadwal ganti oli pas km 10rb![]()
itu iseng2 aja nanya, hahaha..
btw, pas dianter tuh mobil, kata salesnya diisiin oli top1 dr dealer, gimana tuh?
Permisii
............................. 


-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Sun May 23, 2004 2:17
- Location: Indonesia
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
emang top1 ada buat oli mineral ya?sjamsul wrote:kaga apa2 bro, asal gantinye teratur oli apapun ngak masalah.ok![]()
![]()
oli top 1 khan dah termasuk oli senior di negri kita ini dah gitu juga dah diterapkan di mobil honda sudah lama, jadi klo kaga bagus mana mungkiiinnn honda mengaplikasikan ke boil2 produknya.
Wlp dibilang oli artis, tapi top 1 kaga masalah tuh. So nt kaga usah khawatir.ok![]()
kan utk inreyen katanya harus oli mineral

@nescafe:
engine flush itu juga tersedia di bengkel resmi gak ya?
ntar ganti pas 10rb aja deh, lumayan ngirit

balik ke topik:
pas servis kmrn kan ngeluh ada bunyi2an dikit di pintu kanan depan klo lewat paving block, ternyata bunyi2annya msh ada

selain itu pas mobil dah selesai diservis, masa gak dipanggil pdhl dah ada tv yg fungsinya utk informasi mobil yg dah beres tp gak guna, jd mesti cek sendiri dah selesai ato blom..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
kebanyakan juga oli mineral, klo yg beneran full sintetis harga per liternye dah mencapai harga diatas 200 rb.
Klo boil sekarang nampaknye dah ngak pake indreyen dah, beda ama boil jaman dulu nyang mesti pake indreyen segala.

Klo boil sekarang nampaknye dah ngak pake indreyen dah, beda ama boil jaman dulu nyang mesti pake indreyen segala.


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 660
- Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
- Location: Yogyakarta
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
Yupz, mobil sekarang mah langsung jalan aja ga masalah, tapi kalo emang diri anda ga tenang ya tinggal ganti oli di KM1000 ato KM5000, tapi sebenernya ga diganti juga ga masalah, orang rata-rata rekomendasi dari dealer ganti oli pertama di KM10000.
Tapi aneh juga, saya servis Swift saya di KM1000 dapet ganti oli gratis pake Shell Helix Plus. Rata-rata skarang oli-oli yang range harganya 45ribu sampe70ribu per liter tu jenisnya semi-sintetik. Kayak Castrol Magnatec yang saya pake, ato dulu saya pernah pake Total Quartz7000 untuk Chevy Aveo saya, tu juga semi-sintetik API SM, brarti dah lebih dari cukup untuk mobil rata-rata yang ada di pasaran Indonesia (bukan jenis supercar ato mobil performa tinggi dengan turbo/supercharger/dll.). Kalo dipaksa pake yang full sintetik gila aja, kantong jebol! Mahal bos! Kalo mobil kita bukan supercar ato mobil premium ngapain dikasi full sintetik? Kecuali kalo anda parno abis dengan mobil anda sampe-sampe dikasih oli yang satu liternya 200rb, bayangin 4 liter udah 800ribu, belum kalo harus ganti filternya. Wekekek!
Saya mending bayar 55ribu per liter pake Castrol Magnatec, 220ribu plus filter 65ribu, ga sampe 300ribu dah beres, mesin segar kembali.
Kalo oli mineral rata-rata skarang udah API SL, untuk mobil skarang ga masalah. Intinya jangan ngirit-ngirit banget deh untuk oli, kalo emang dah waktunya ganti jangan ditunda-tunda.
Tapi aneh juga, saya servis Swift saya di KM1000 dapet ganti oli gratis pake Shell Helix Plus. Rata-rata skarang oli-oli yang range harganya 45ribu sampe70ribu per liter tu jenisnya semi-sintetik. Kayak Castrol Magnatec yang saya pake, ato dulu saya pernah pake Total Quartz7000 untuk Chevy Aveo saya, tu juga semi-sintetik API SM, brarti dah lebih dari cukup untuk mobil rata-rata yang ada di pasaran Indonesia (bukan jenis supercar ato mobil performa tinggi dengan turbo/supercharger/dll.). Kalo dipaksa pake yang full sintetik gila aja, kantong jebol! Mahal bos! Kalo mobil kita bukan supercar ato mobil premium ngapain dikasi full sintetik? Kecuali kalo anda parno abis dengan mobil anda sampe-sampe dikasih oli yang satu liternya 200rb, bayangin 4 liter udah 800ribu, belum kalo harus ganti filternya. Wekekek!
Saya mending bayar 55ribu per liter pake Castrol Magnatec, 220ribu plus filter 65ribu, ga sampe 300ribu dah beres, mesin segar kembali.
Kalo oli mineral rata-rata skarang udah API SL, untuk mobil skarang ga masalah. Intinya jangan ngirit-ngirit banget deh untuk oli, kalo emang dah waktunya ganti jangan ditunda-tunda.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
sepengalaman gw, bengkel resmi menyediakan engine flush bro..nextgen wrote:@nescafe:
engine flush itu juga tersedia di bengkel resmi gak ya?
ntar ganti pas 10rb aja deh, lumayan ngirit![]()
yup, bisa jg bro per 10 rb..

Permisii
............................. 


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
gw secara pribadi dah kaga mo lagi pake engine flush, krn klo keseringan bisa merusak seal2 oli. Tapi klo terpaksa yah pake juga sih engine flush, setelah di flush khan oli dibuang. Biasanye stl itu langsung diisi oli baru sekalian ganti oil filter.
Sebaiknya pada saat selesai pake ngine flush, jangan langsung diisi oli bagus, tapi diisi dulu dg oli murah, katakanlah mesran sae 10w. Lalu boil diidupin lagi sekitar 5 menit, untuk membuang sisa engine flush. Setelah itu baru deh diisi oli bagus n sekalian diganti oli filternye.

Sebaiknya pada saat selesai pake ngine flush, jangan langsung diisi oli bagus, tapi diisi dulu dg oli murah, katakanlah mesran sae 10w. Lalu boil diidupin lagi sekitar 5 menit, untuk membuang sisa engine flush. Setelah itu baru deh diisi oli bagus n sekalian diganti oli filternye.



-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 660
- Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
- Location: Yogyakarta
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
Lah, trus apa gunanya pake engine flush? Kalo trus dimasukin oli murah, sisa-sisa tu oli murah bakal kecampur ma oli bagus yang bakal kita pake nantinya dunk...sjamsul wrote:gw secara pribadi dah kaga mo lagi pake engine flush, krn klo keseringan bisa merusak seal2 oli. Tapi klo terpaksa yah pake juga sih engine flush, setelah di flush khan oli dibuang. Biasanye stl itu langsung diisi oli baru sekalian ganti oil filter.
Sebaiknya pada saat selesai pake ngine flush, jangan langsung diisi oli bagus, tapi diisi dulu dg oli murah, katakanlah mesran sae 10w. Lalu boil diidupin lagi sekitar 5 menit, untuk membuang sisa engine flush. Setelah itu baru deh diisi oli bagus n sekalian diganti oli filternye.![]()
![]()

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
gunanye engine flush adalah tuk membersihkan mesin, nah klo langsung dibuang trus masih ada sisa ngine flush, menurut gw sih kurang bagus, so kebiasaan gw klo pake ngine flush yah spt itu, spy tidak ada sisa ngine flush lagi. Klo sisa oli murah seh kaga apa2, khan cuma sedikit aja, drpd sisa ngine flush tercampur dg oli bagus, mendingan oli bagus tercampur oli murah.



-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Sat Nov 22, 2008 4:46
- Location: tangsel
- Daily Vehicle: vx80 starlet ep70
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
gw mo servis 20000km utk Serena, dtg ke beres NISSAN trus minta perkiraan rincian sbb:
1. servc interval 20K km 312k
penggantian spareparts
1. filter oil 28k
2. spark plug 96k
bhn pendukung/material
1. break service 120k
2. eng. conditioner 60k
3. pro-care engine flush 70k
4. bearing 6203 45k
5. nissan mtr oil 4lt 220
refer ke buku perawatan yg mesti dganti , oli, filter oli, dan busi...yg laennya priksa..
iseng gw tanya ke sevc advisornya : break servc itu maksudnya apa ?, dia bilang untk chemicalnya...trus gw bilang : bukannya brake servc sdh termasuk di point paket srvc interval 20k? : apa yg diganti ? oli? knp kalo mesti ada penggantian gk dicantumkan dlm manual book dr pabrik ? kalo stlh dibuka brake pads dll masi bagus apa gw mesti byr 120k ? walaupun gk ganti apapun ? service advisor (SA) bilang : YA.... bla...bla...
kemudian gw tanya ke bearing 6203 , bearing apaan : dan knp mesti dgnti : ; SA : bwt bearing pulley, ntar kalo 30k km kering dan bunyi, ngrusak fam belt katanya....( gw bungung knp dimanual book gk di rekomend GANTI aja ?)
trus gw tanya lagi..kalo gw gk mau eng. flush gmn.....jwbnya SA : gpp, ini sdh PAKET...jd Bpk ambil per item aja mis: tune-up dan ganti oli ...
nah lo , makin binun deh.....orang gw maunya ikutin rekomendasi std dr manual book : service 20km ee...malah disuruh ambil service per item aja
krn logika gw blon trima ...gw cek ke beres nissan puri jkt:
ringkasnya penjelasan SA sbb: eng cont, eng flush ( optional) , bearing ( nanti 40k km), brake service ( gk ada item ini )
pertanyaan gw : kenapa tiap beres "JUALANNYA" beda ?
terkesan ada upanya "pengelabuan" kpd customer utk up-selling atas item2/part yg gk perlu ....Jika BENAR sdh berapa konsumen yg dikerjaiin ?
dengan penaglaman spt gw jadi ragu sama berea, jgn2 check list yg mesti dipriksa cuma di centang in aja...tanpa dikerjakan sesuai prosedur semestinya
....gmn ngecek nya...?
barangkali ada orang beres Nissan yg bisa bantu jelasin apa yg sebenernya terjadi....?
rgds
otong
1. servc interval 20K km 312k
penggantian spareparts
1. filter oil 28k
2. spark plug 96k
bhn pendukung/material
1. break service 120k
2. eng. conditioner 60k
3. pro-care engine flush 70k
4. bearing 6203 45k
5. nissan mtr oil 4lt 220
refer ke buku perawatan yg mesti dganti , oli, filter oli, dan busi...yg laennya priksa..
iseng gw tanya ke sevc advisornya : break servc itu maksudnya apa ?, dia bilang untk chemicalnya...trus gw bilang : bukannya brake servc sdh termasuk di point paket srvc interval 20k? : apa yg diganti ? oli? knp kalo mesti ada penggantian gk dicantumkan dlm manual book dr pabrik ? kalo stlh dibuka brake pads dll masi bagus apa gw mesti byr 120k ? walaupun gk ganti apapun ? service advisor (SA) bilang : YA.... bla...bla...

kemudian gw tanya ke bearing 6203 , bearing apaan : dan knp mesti dgnti : ; SA : bwt bearing pulley, ntar kalo 30k km kering dan bunyi, ngrusak fam belt katanya....( gw bungung knp dimanual book gk di rekomend GANTI aja ?)
trus gw tanya lagi..kalo gw gk mau eng. flush gmn.....jwbnya SA : gpp, ini sdh PAKET...jd Bpk ambil per item aja mis: tune-up dan ganti oli ...
nah lo , makin binun deh.....orang gw maunya ikutin rekomendasi std dr manual book : service 20km ee...malah disuruh ambil service per item aja
krn logika gw blon trima ...gw cek ke beres nissan puri jkt:
ringkasnya penjelasan SA sbb: eng cont, eng flush ( optional) , bearing ( nanti 40k km), brake service ( gk ada item ini )
pertanyaan gw : kenapa tiap beres "JUALANNYA" beda ?
terkesan ada upanya "pengelabuan" kpd customer utk up-selling atas item2/part yg gk perlu ....Jika BENAR sdh berapa konsumen yg dikerjaiin ?
dengan penaglaman spt gw jadi ragu sama berea, jgn2 check list yg mesti dipriksa cuma di centang in aja...tanpa dikerjakan sesuai prosedur semestinya

barangkali ada orang beres Nissan yg bisa bantu jelasin apa yg sebenernya terjadi....?
rgds
otong
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
tiap beres juga beda2 sih om, auto2000 pun beda, dulu gw selalu ke auto2000 sahardjo, abisnya ngga terlalu banyak, sesuai kebutuhan aja, begitu gw coba auto2000 lain yg lbh deket rumah, biayanya jadi bengkak padahal yg dikerjain itu ga perlu dan ga gw minta. service avanza 30rb km yg harusnya 500ribuan masa jadi 1,2jt karena ada chamber cleaning & spooring balancing padahal di item service ga ada & gw ga minta. gw herannya itu auto2000 termasuk yg rame banget.
service 40rb & seterusnya gw balik lagi ke sahardjo, service 50rb km aja ga abis 400rb. walaupun di buku service ada item spooring balancing tp ga langsung dikerjain, mobil dicoba dulu oleh SA-nya, kalo dari hasil nyoba itu SA bilang ngga perlu spooring dan kita ga minta, item spooring ngga dikerjain dan kita ga kena biaya
skr ganti mobil mitsu beli 2nd, gw nerusin aja previous owner ke MTB sahardjo, selama ini blm ada cerita ga enak, service dan harganya cocok lah sama gw.
trus ada mobil mitsu 1 lagi, mesinnya berantakan karena putus timing belt di tol, nyoba overhaul di beres tapi ternyata estimasi harganya sama aja beli mobil type itu dalam keadaan sehat. akhirnya overhaul di bengkel swasta, tp di beres udah kena ongkos bongkar dan ongkos derek
setelah selesai overhaul di bengkel swasta, gw coba ke beres lagi 2 minggu lalu, ceritanya mau check & stel mesin. sebelum masuk itu mobil baik2 aja, setelah service mereka bilang koil udah kena dan bener aja mesin jadi pincang, busi 1&4 ga nyala, jd ada pikiran negatif jangan2 koilnya dituker karena sebelum masuk bengkel baik2 aja. tp karena ga ada bukti gw positif thinking aja deh, mobil udah umur 17 tahun mungkin emang udah waktunya koilnya ko'it. tp gw masih pengen nyoba check n stel lagi di beres mobil yg satu ini..
service 40rb & seterusnya gw balik lagi ke sahardjo, service 50rb km aja ga abis 400rb. walaupun di buku service ada item spooring balancing tp ga langsung dikerjain, mobil dicoba dulu oleh SA-nya, kalo dari hasil nyoba itu SA bilang ngga perlu spooring dan kita ga minta, item spooring ngga dikerjain dan kita ga kena biaya
skr ganti mobil mitsu beli 2nd, gw nerusin aja previous owner ke MTB sahardjo, selama ini blm ada cerita ga enak, service dan harganya cocok lah sama gw.
trus ada mobil mitsu 1 lagi, mesinnya berantakan karena putus timing belt di tol, nyoba overhaul di beres tapi ternyata estimasi harganya sama aja beli mobil type itu dalam keadaan sehat. akhirnya overhaul di bengkel swasta, tp di beres udah kena ongkos bongkar dan ongkos derek


setelah selesai overhaul di bengkel swasta, gw coba ke beres lagi 2 minggu lalu, ceritanya mau check & stel mesin. sebelum masuk itu mobil baik2 aja, setelah service mereka bilang koil udah kena dan bener aja mesin jadi pincang, busi 1&4 ga nyala, jd ada pikiran negatif jangan2 koilnya dituker karena sebelum masuk bengkel baik2 aja. tp karena ga ada bukti gw positif thinking aja deh, mobil udah umur 17 tahun mungkin emang udah waktunya koilnya ko'it. tp gw masih pengen nyoba check n stel lagi di beres mobil yg satu ini..
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Wed Sep 24, 2008 14:01
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
Kl untuk beres nissan yg mana yg recomended yah? terus nissan ngga bole bawa oli sendiri yah? katanya kalo kita bawa oli sendiri garansi mesin bisa hangus.... 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
Dugaan ane neh, kenapa kaga boleh bawa oli ndiri:iwan1206 wrote:Kl untuk beres nissan yg mana yg recomended yah? terus nissan ngga bole bawa oli sendiri yah? katanya kalo kita bawa oli sendiri garansi mesin bisa hangus....
Klo oli beli di luaran n ternyata nt dapet yg palsu gimana?. Trus klo mesin ampe rusak krn oli palsu siapa yg mo disalahkan?. Makanya mungkin krn hal ini garansi mesin bisa hangus.
Kecuali klo tuh dealer dah tau klo nt (misalkan) itu pedagang ato penjual oli, n cukup dikenal ama tuh beresnya, dah pasti kaga apa2 deh (menurut ane yah).

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
positif thinking ajah kita, mungkin bener alasan beres ga boleh bawa oli dr luar coz msh menggaransi mesinnya tkt2 oli yang dibawa palsu selain juga alasan nambah untung ke mereka..sjamsul wrote:Dugaan ane neh, kenapa kaga boleh bawa oli ndiri:iwan1206 wrote:Kl untuk beres nissan yg mana yg recomended yah? terus nissan ngga bole bawa oli sendiri yah? katanya kalo kita bawa oli sendiri garansi mesin bisa hangus....
Klo oli beli di luaran n ternyata nt dapet yg palsu gimana?. Trus klo mesin ampe rusak krn oli palsu siapa yg mo disalahkan?. Makanya mungkin krn hal ini garansi mesin bisa hangus.
Kecuali klo tuh dealer dah tau klo nt (misalkan) itu pedagang ato penjual oli, n cukup dikenal ama tuh beresnya, dah pasti kaga apa2 deh (menurut ane yah).
btw, oli bawaan nissan keluaran idemitsu SAE 10W30 kayanya dah lumayan lah, spek udh semisintetis trus api SL.. gw pake buat x trail diganti per 10RB KM olinya msh oke2 aja, kl dipegang tangan pelumasnya juga msh lumayan. selain itu harganya juga ekonomis lah 220rb per 4 litr..

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1327
- Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
Bangkitkan trit lama.
Tiba2 baca berita seperti ini.
Mohon saran dan sharing teman2 semua soal servis di bengkel resmi ini agar kita lebih waspada dan bagaimana cara2 menangkal agar kita tidak di curangi. terima kasih.
Tiba2 baca berita seperti ini.
Saya termasuk orang yang bengkel resmi minded. Dua mobil peliharaan saya semuanya bermerek Toyota dan selalu servis di nasmoco dan selama ini belum pernah ada kejadian aneh2. Part yang di ganti selalu di serahkan.Musim Servis, Waspada Oknum Nakal Bengkel Resmi!
Jakarta, Otomania – Sudah jadi rahasia umum, mekanik atau ”oknum orang dalam” di bengkel resmi berbagai merek mobil atau sepeda motor di Indonesia, ”suka” ambil keuntungan ganda. Banyak konsumen tanpa disadari tertipu. Niat mendapat kenyamanan, yang didapat sebaliknya.
Kurangnya pengawasan terhadap perilaku mekanik menjadi celah dalam hal ini. Sumber Otomania, mantan mekanik bengkel resmi sebuah merek, mengakui bahwa banyak sekali kecurangan yang dilakukan mekanik dan pegawai bengkel untuk mendapat keuntungan ekstra.
”Sudah biasa. Banyak modus untuk mengelabuhi konsumen. Paling sering dilakukan istilahnya korupsi komponen dan pelumas,” ungkap sumber kepada Otomania, belum lama ini.
Dari hasil mengelabuhi konsumen, mekanik tak jarang mendapat banyak barang untuk dijual kembali secara pribadi. Misalnya, sisa pelumas yang tak diisi sepenuhnya untuk jatah mesin. Atau, komponen baru yang sudah diambil di gudang komponen, namun tetap dipasang barang lama ke mobil konsumen.
Menurut sumber, para oknum ini semakin leluasa karena pengawasan minim. Konsumen di bengkel resmi cuma bisa pasrah menunggu di ruang tunggu tanpa detail mengawasi. Ada CCTV, atau bisa dilihat dari kaca, namun konsumen tak bisa detail mengetahui apa saja yang dilakukan mekanik.
”Biasanya kan orang yang servis duduk di ruang AC, nyaman, ada makanan dan minuman. Beda dengan bengkel biasa, konsumen bisa bicara dengan mekanik, konsultasi bebas, dan melihat suku cadang yang diganti,” kata sumber.
Di musim servis jelang Lebaran seperti ini, perputaran komponen bekas dan baru semakin banyak. Inilah yang menurut sumber Otomania sebagai kesempatan emas untuk meraup keuntungan semakin banyak. Konsumen pun harus waspada.
"Hampir semua merek sama. Saya setelah buka bengkel sendiri, masih sangat sering ditawari banyak komponen copotan dan oli kemasan yang baru. Semua hasil dari mengelabuhi konsumen," ucap sumber.
Otomania akan menjabarkan berbagai modus para oknum orang dalam bengkel resmi ini dalam artikel lain.
Sumber " http://www.otomania.com/read/2016/06/01 ... aign=Kknwp
Mohon saran dan sharing teman2 semua soal servis di bengkel resmi ini agar kita lebih waspada dan bagaimana cara2 menangkal agar kita tidak di curangi. terima kasih.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
mobil saudara gue susi ertiga udah 53000 KM , gue bawa servis rutin sesuai buku manual servis , dicek rem depan kampasnya tinggal dikit disuruh ganti , gue telpon yg punya mobil gimana , OK katanya ganti aja udah beres di servis tiba tiba bohlam lampu mati semua yg belakang lampu rem gue disuruh tambah biaya ganti lampu . abis 2 hari dipake ada gejala masuk angin remnya . terpaksa dibawa ke bengkel umum . rupanya ada angin palsu kayaknya pas ganti rem gak buang angin STRESS juga nih bengkel yg didaerah slipi mobil masih 3 tahun dan odo dibawah 55 ribu kena BONUS sabotase
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Sun Apr 03, 2016 13:05
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
Ane selalu servis di beres toyota karena pas beli avanza dapet voucher servis dari 1000 km sampai 50.000. Pelayanan puas, sampai sekarang odo sudah 76.000 km.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 274
- Joined: Sat Jan 09, 2016 8:03
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
Kalau ane sih biasa servis ke bengkel resmi cuma pas 1000km sama 10000km , terus udah selanjutnya di bengkel biasa. Kalau ke beres kadang biaya jasanya itu mahal euy 

-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Thu May 26, 2016 5:45
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
Besehubung masih garansi, masih setia sama Beres biar garansi enggak hangus. Lumayan berguna juga, di tahun kelima ini, ada komponen AC yang brekele, masih di cover sama garansi. Kalau beli kena 1.6jt.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 244
- Joined: Thu Sep 25, 2014 8:51
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
Masih garansi jadi masih service di beres.
Udah 2x claim yg nominal nya lumayan di atas 20jt. Mumpung masih garansi
Udah 2x claim yg nominal nya lumayan di atas 20jt. Mumpung masih garansi