Suspensi Blkg Altis, Soluna, Vios setara Starlet 1987-97 ?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
Suspensi Blkg Altis, Soluna, Vios setara Starlet 1987-97 ?
Seperti yang kita ketahui suspensi belakang Torsion Beam dipake starlet waktu tahun 1987 - 1997.
nah kalo yang di Altis, soluna, vios typenya ETA Beam.
Setau saya....CMIIW..... Kalo suspensi Torsion Beam Roda belakang kiri dan kanan saling berhubungan....jadi kalo roda kiri belakang miring sebesar x derajad, maka roda kanan juga bakal miring sebesar x derajad (tapi roda kanan tetap menginjak permukaaan tanah)....CMIIW
Maaf ya kalo pengamatan saya salah.....
Jadi kalo misalnya roda kiri belakang mobil kalo diganjal pake batu/balok setinggi 10-15cm, otomatis daya pijak roda kanan belakang jadi berkurang. Karena roda kanan belakang juga ikutan miring sebesar berapa derajad. ya memang sih roda kanan belakang masih menginjak tanah. Tapi kan berabe juga kalo daya pijak(luas pijakan) berkurang.
Kalo lagi berhenti sih gak masalah, Paling mobilnya jadi agak miring kelihatannya sebagai akibat dari reaksi rioda kiri dan kanan. (padahal yang diganjal cuma sebelah kiri). Nah kalo lagi jalan??? Yang jelas berpengaruh dgn kenyamanan penumpang yang duduk di belakang.
Nah saya terus terang tidak tahu pasti apakah teknologi suspensi ETA Beam = Torsion Beam. Kalo dilihat dari Fisik belakang mobil sekilas suspensi Altis, soluna, vios sama dgn starlet. Karena ada semacam 1 batang besi yang melintang menghubungkan roda kiri dan kanan belakang. Bahkan pada saat lagi jalan pun kelihatan (kalo kita lagi nyetir dan kita berada di belakang mobil altis, soluna, vios, dan starlet).
Apakah ini cuma permainan istilah dari Toyota supaya tidak dibilang teknologi uzur tapi dipasangin ke mobil zaman sekarang untuk menekan harga mobil.....toh gak ada yang tahu kan.....
Karena disaat orang berlomba udah menerapkan suspensi double wishbone, multi link, 5 link...dll ( tergantung istilah pabrikan, yang jelas prinsipnya gak beda jauh dari double wishbone)... eh altis, soluna, vios malah mundur kebelakang teknologinya.....
Dimana pada teknologi double wishbone dan macPherson strut, roda kiri dan kanan tidak saling mempengaruhi, karena suspensi masing2 roda berdiri sendiri. jadi kalo roda kiri belakang diganjal setinggi 10-15 cm pun roda kanan belakang nyaris tetap seperti semula menginjak permukaan tanah (luas pijakannya tetap sama).
Jadi ibaratnya walaupun mobil diganjal dgn 10cm pun mobil tidak kelihatan miring. (hebat kan......) mobilnya tetap nyaris sejajar dgn permukan tanah......
Ini cuma pengamatan saya aja... mungkin rekan2 yang ahli lebih tahu bisa mengoreksi kalo ada yang salah.......
Apakah ada segi positifnya buat yang suka modifikasi , atau malah susah untuk di modifikasikan?
Mungkin ada yang bisa kasih pendapat....
thanks
nah kalo yang di Altis, soluna, vios typenya ETA Beam.
Setau saya....CMIIW..... Kalo suspensi Torsion Beam Roda belakang kiri dan kanan saling berhubungan....jadi kalo roda kiri belakang miring sebesar x derajad, maka roda kanan juga bakal miring sebesar x derajad (tapi roda kanan tetap menginjak permukaaan tanah)....CMIIW
Maaf ya kalo pengamatan saya salah.....
Jadi kalo misalnya roda kiri belakang mobil kalo diganjal pake batu/balok setinggi 10-15cm, otomatis daya pijak roda kanan belakang jadi berkurang. Karena roda kanan belakang juga ikutan miring sebesar berapa derajad. ya memang sih roda kanan belakang masih menginjak tanah. Tapi kan berabe juga kalo daya pijak(luas pijakan) berkurang.
Kalo lagi berhenti sih gak masalah, Paling mobilnya jadi agak miring kelihatannya sebagai akibat dari reaksi rioda kiri dan kanan. (padahal yang diganjal cuma sebelah kiri). Nah kalo lagi jalan??? Yang jelas berpengaruh dgn kenyamanan penumpang yang duduk di belakang.
Nah saya terus terang tidak tahu pasti apakah teknologi suspensi ETA Beam = Torsion Beam. Kalo dilihat dari Fisik belakang mobil sekilas suspensi Altis, soluna, vios sama dgn starlet. Karena ada semacam 1 batang besi yang melintang menghubungkan roda kiri dan kanan belakang. Bahkan pada saat lagi jalan pun kelihatan (kalo kita lagi nyetir dan kita berada di belakang mobil altis, soluna, vios, dan starlet).
Apakah ini cuma permainan istilah dari Toyota supaya tidak dibilang teknologi uzur tapi dipasangin ke mobil zaman sekarang untuk menekan harga mobil.....toh gak ada yang tahu kan.....
Karena disaat orang berlomba udah menerapkan suspensi double wishbone, multi link, 5 link...dll ( tergantung istilah pabrikan, yang jelas prinsipnya gak beda jauh dari double wishbone)... eh altis, soluna, vios malah mundur kebelakang teknologinya.....
Dimana pada teknologi double wishbone dan macPherson strut, roda kiri dan kanan tidak saling mempengaruhi, karena suspensi masing2 roda berdiri sendiri. jadi kalo roda kiri belakang diganjal setinggi 10-15 cm pun roda kanan belakang nyaris tetap seperti semula menginjak permukaan tanah (luas pijakannya tetap sama).
Jadi ibaratnya walaupun mobil diganjal dgn 10cm pun mobil tidak kelihatan miring. (hebat kan......) mobilnya tetap nyaris sejajar dgn permukan tanah......
Ini cuma pengamatan saya aja... mungkin rekan2 yang ahli lebih tahu bisa mengoreksi kalo ada yang salah.......
Apakah ada segi positifnya buat yang suka modifikasi , atau malah susah untuk di modifikasikan?
Mungkin ada yang bisa kasih pendapat....
thanks
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 421
- Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
- Location: Jakarta
Kayaknya sih sama.
INi dari toyota.com.my:
INi dari toyota.com.my:
Lalu, dari wikipedia mengenai Torsion Beam Suspension:ETA Beams
The lightweight and space saving "H" (ETA) Beam offers the best features from both "Rigid Type Suspension" and "Independent Trailing Arm Type Suspension". This system is highly rigid yet flexible. The independent left and right trailing arms move to compensate road conditions and provide better stability.
One end of a long metal bar is attached firmly to the vehicle chassis; the opposite end has a lever, perpendicular to the bar, that is attached to the axle of a wheel
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
Kalo diliat secara kasat mata memang mirip sekali.
Mitsubishi dulu pernah menerapkan teknologi ini di Lancer DanGan 1988-1992, dan Eterna 1988 -1993, tapi sekarang udah gak pake teknologi suspensi ini lagi.....karena sudah uzur.
Kalo Daihatsu pernah pake setau saya yang terakhir di Charade XG th 1986 kebawah...CMIIW
Mitsubishi dulu pernah menerapkan teknologi ini di Lancer DanGan 1988-1992, dan Eterna 1988 -1993, tapi sekarang udah gak pake teknologi suspensi ini lagi.....karena sudah uzur.
Kalo Daihatsu pernah pake setau saya yang terakhir di Charade XG th 1986 kebawah...CMIIW
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
Mana nih orangnya, kagak keliatan.....DigitALL wrote:Pastinya ya harus tanya ke sang ahli, biasanya bung Takumi jagonya.
Mungkin juga udah disempurnakan, atau mungkin aja cuma diganti istilah.
Atau memang biaya pembuatannya memang murah, jadi bisa ditekan habis. Lagian udah kudu terkenal namanya.....jadi ya tetap aja laku.....
Kalo yang bener dirasakan konsumen diperbaharui, tapi kalo yang kasat mata gak keliatan bisa di akal2 in dikit lah.....heee....he..he.....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
Emang bmw type iti pake suspensi apa ya?
Kalo memang masih trend sih wajar lah kalo bmw pake suspensi yang sama pada keluaran mobil yang baru.
Rata2 sih berkutat di McPherson Strut, dan Double Wishbone (kalo double wihbone banyak istilahnya , tergantung dari pabrikan yang kasih istilah).
Kalo torsion beam sih udah kelewat lama teknologinya...he...he....he....
Kalo memang masih trend sih wajar lah kalo bmw pake suspensi yang sama pada keluaran mobil yang baru.
Rata2 sih berkutat di McPherson Strut, dan Double Wishbone (kalo double wihbone banyak istilahnya , tergantung dari pabrikan yang kasih istilah).
Kalo torsion beam sih udah kelewat lama teknologinya...he...he....he....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
kalo seri 5 e39 pake
Front
Independent, MacPherson struts, coil springs, angled castor-locating rod, lower alloy I-arm, alloy frame and ball joint mounted anti-roll bar
Rear
Independent, strut-type integrated coil spring/damper units, twin upper lateral links, lower arms and ball joint mounted anti-roll bar
kalo seri7 e66
Front
Lightweight Double-Joint Spring Strut Front Axle with AluminiumTrack Control Arms and Anti-Roll bars
Rear
Lightweight Chassis with Aluminium Integral Rear Axle and Anti-Roll Bars
kalo seri 3 ngak nemu hehehe tapi rasa nya seri 3 ini agak beda makanya mereka bisa dapatkan best handling terus hehehe
Front
Independent, MacPherson struts, coil springs, angled castor-locating rod, lower alloy I-arm, alloy frame and ball joint mounted anti-roll bar
Rear
Independent, strut-type integrated coil spring/damper units, twin upper lateral links, lower arms and ball joint mounted anti-roll bar
kalo seri7 e66
Front
Lightweight Double-Joint Spring Strut Front Axle with AluminiumTrack Control Arms and Anti-Roll bars
Rear
Lightweight Chassis with Aluminium Integral Rear Axle and Anti-Roll Bars
kalo seri 3 ngak nemu hehehe tapi rasa nya seri 3 ini agak beda makanya mereka bisa dapatkan best handling terus hehehe
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
Nah kalo ini kan masih umum dipake........mpoezz wrote:kalo seri 5 e39 pake
Front
Independent, MacPherson struts, coil springs, bla...bla.....
Rear
Independent, strut-type integrated coil spring/damper units, ...blllaa.blaaa...bla....
mpoezz wrote:kalo seri7 e66
Front
Lightweight Double-Joint Spring Strut Front Axle with AluminiumTrack Control Arms and Anti-Roll bars
Rear
Lightweight Chassis with Aluminium Integral Rear Axle and Anti-Roll Bars
Wah kalo ini udah mumet banget bacanya... mungkin paling gak mirip dgn double wishbone prinsip kerjanya....CMIIW
Ya paling gak BMW saya yakin gak terapin teknologi lama di mobil yang lagi trend. Kan BMW prinsipal yang kuat, dan harga mobilnya juga gak murah.
Ada yang saya salut dari BMW, dgn handling yang hebat, karena mobil yang mereka buat mempunyai berat yang hampir sama antara badan depan dan badan belakang ( identik distribusi berat yang hampir sama pada ke 4 roda) . Susah kan bikin mobil kayak gitu... Alhasil handling nya hebat.....Bagaimana dgn mobil jepang???? (info itu pernah saya baca sudah lama sekali)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
Namanya 4WS (Four Whell Steering), teknologi ini pernah dipake di honda Maestro , peugeot 306 ......CMIIW.
saya lupa pelopor nya siapa......
TApi teknologi 4WS bukan teknologi suspensi. itu untuk mekanis roda. Yang terbaru yang saya dengar dari BMW seri 5 , semacam pengembangan dari 4WS. Saya lupa namanya apa teknologinya. Jadi untuk kecepatan tinggi dan rendah rotasi perputaran kemudi bisa lain. Kalo lagi parkir kita cukup memutar dari jam 10 ke jam 2 atau sebaliknya. Gila kan sedikit sekali.Jadi gak perlu capek2.
Tapi kalo lagi kecepatan tinggi bisa lain. Kita perlu memutar lebih jauh lagi setirnya.
saya lupa pelopor nya siapa......
TApi teknologi 4WS bukan teknologi suspensi. itu untuk mekanis roda. Yang terbaru yang saya dengar dari BMW seri 5 , semacam pengembangan dari 4WS. Saya lupa namanya apa teknologinya. Jadi untuk kecepatan tinggi dan rendah rotasi perputaran kemudi bisa lain. Kalo lagi parkir kita cukup memutar dari jam 10 ke jam 2 atau sebaliknya. Gila kan sedikit sekali.Jadi gak perlu capek2.
Tapi kalo lagi kecepatan tinggi bisa lain. Kita perlu memutar lebih jauh lagi setirnya.
Last edited by handling on Mon Oct 11, 2004 4:46, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 338
- Joined: Sun Jan 11, 2004 9:54
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven