
Kejadian diatas berarti tabrakan terjadi pada kecepatan lebih dari 60 kmh soalnya truk tsb masih jalan, ga heran kalo hancur, soalnya crash test aja kalo nggak salah cuman 60kmh.plasmaboss wrote: Soal strong ladder frame alias chasis apa bisa melindungi anda jika terjadi kecelakaan/tabrakan(amit2 d)? Innova yg lebih ringan dr fortuner aja ringsek pada saat tabrakan dgn kecepatan 60km/jam dgn kontainer 40 feet yg masi jalan juga lo.... Muka innovanya aja ilang,mesin turun dan pecah bloknya,chasis bengkok,kap mesin kyg kerupuk ngelipetnya,dashboard rada masuk,pd copot2..... Bayangin aja kalo lebi cepet lagi dan mobilnya lebih berat,jadi apa tu mobil...... Ini kejadiannya ama temen deket saya sendiri.... bayangin aja chasis bisa bengkok ampe mesin pecah en turun.... Hanya 60km/jam dgn kontainer yg masi jalan,bukan benda diam.....
Btw, soal head on collision dengan truk besar (tractor trailler) yang bobot kosongnya sekitar 5ton, plus muatan bisa lebih dari 20ton, safety feature seperti crumple zone, dl jg tdk berguna, apalagi bila truk tsb dilengkapi bumper / bull bar 6-8mm.
Karena tabrakan terjadi maka frame mobil tsb akan masuk ke kolong truk dan bumper baja truk plus bobotnya akan menghantam langsung grill (bukan bumper lagi), kap mesin dan mendorong mesin ke belakang, bahkan mungkin akan langsung menghantam kaca depan (bila dgn sedan).
Sekitar tahun 97, saya pernah ikut truk Fuso tronton muatan 20ton, berarti bobotnya sekitar 25ton, di daerah pamanukan ditabrak dari belakang sama BMW seri 3 taun baru, gak tau taun berapa. Pas ditabrak nggak kerasa sama sekali, cuman heran kok ada bunyi ngiiiik (si BMW injak rem), baru tau setelah dikejer ama ojek n dikasi tau.
Si BMW ringsek total, karena frame n bumper BMW langsung masuk kolong belakang truk, yg dihantam langsung bagian atas kap mesin pliar A dan kaca depan, untung driver n passengernya gapapa, padahal truk Fuso jalan kr2 50kmh, seandainya BMW nabrak dgn kecepatan 80kmh, berarti waktu impact terjadi pada kecepatan 30kmh. Kalo head on?? Hancur tuh BMW.
Dalam kasus head on collision, yang terpenting adalah, tinggi frame , kekuatan frame (baik ladder frame, monocoque ataupun unibody) dan bobot kendaraan tsb. Gw pernah baca somewhere on the internet, tapi lupa, n malas cari linknya. Dan akan lebih menolong jika dipasang bull bar kyk ARB, dll ataupun bumper baja custom min 3-4mm (bull bar bener bukan dari plastik ato polyurethane), baru setelah itu air bag.
Trus, kr2 taun 99, gw bawa Daihatsu Rocky, ditinggiin, ban 31, bumper depan belakang custom model ARB dgn plat kombinasi 4-5mm. di daerah kedoya gw lagi lari kira2 60kmh, di lajur paling kanan, di lajur tengah ada truk besar flat dek. Waktu gw mau lewatin (mungkin gw lagi ngelamun), tiba2 truk itu belok kanan mau mutar di U-turn, gw injak rem gak keburu n nabrak bag samping truk tsb mungkin dgn kec 40kmh, soalnya tuh truk berhenti??? sampe truknya kegeser (soalnya dia kosong).
Hasilnya? truk gapapa... jelas, wong dia kena flat deknya. Rocky gw, bull barnya mundur sedikit n menhantam kap mesin (penyok dikit dah) n grill bag depan pecah, bull bar, bengkok dikit, baut dudukan bull bar oblak. Tdk ada kerusakan berarti, padahal yg terkena bag atas (kira2 setinggi head light Rocky), kalo yg terkena bumper gw rasa akan lebih gak ada kerusakan... Coba kalo pake innova waktu itu...

Dalam tabrakan vs Truk besar ataupun bus, sepanjang kecepatan waktu impact tidak terlalu tinggi, sebuah SUV atau pickup truk berat n tinggi dengan sasis ladder frame plus bull bar pada umumnya akan jauh lebih menolong, karena frame yg tinggi akan menghantam frame truk tsb, bukan masuk ke kolong truk, dan bull bar tersebut akan mencegah / menahan / mengurangi impact bumper truk terhadap bagian depan mobil.
Selama ini crash test selalu dilakukan dengan tembok atau benda diam, sehingga frame mobil yg dicoba akan menghantam dulu dan bekerja maksimal. crash test belon pernah menguji kekuatan mobil bila yg terhantam langsung grill atau kap mesin atau kaca depan.
Sorry, bos kayaknya plat bodi tebal tidak akan terlalu berarti dalam tabrakan (bukan serempetan), kecuali kalo plat bodinya 3mm ato 4mm....

Tapi kalo pake SUV ato Pickup truck ladder frame tinggi n berat, harganya mahal bensinnya boros...
