Pengalaman servis di bengkel resmi.
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 660
- Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
- Location: Yogyakarta
Pengalaman servis di bengkel resmi.
Saya pengen tau pengalaman temen-temen menserviskan mobil di bengkel resmi, baik dari segi harga, pelayanan, kualitas pengerjaan, dll.
Saya pengen sedikit berbagi ni. Saya pake Toyota Yaris E m/t, domisili di Jogja, biasa servis di Nasmoco Janti. Saya selama ini puas dengan pelayanannya, sampe saya terakhir servis 20000km kmaren.
Saya memang sejak beli Yaris saya rajin ke bengkel resmi:
- 1000km check up di beres -- bebas biaya.
- 5000km ganti oli & servis di beres -- karena saya bawa oli sendiri Toyota Genuine Motor Oil (TGMO), kena biaya servis 113ribu.
- 10000km ganti oli, filter oli, balans roda, & servis di beres -- bayar oli TGMO 186ribu, filter oli65 ribu, air aki 3ribu, bebas biaya servis.
- 15000km, saya ganti oli ga di beres, tapi di Shop&Drive, saya ganti oli pake Castrol Magnatec, skalian ganti filter oli.
- Nah, saya yang rada kecewa waktu servis 20000km di beres, karena saya bawa oli sendiri (Castrol Magnatec), beres ga mau ngasih servis gratis kaya di 10000km, karena ternyata servis gratis tu harus pake oli TGMO. Padahal kalo ga gratis biaya servis 20000km bisa sampe 450ribu, gila aja! Trus saya putar otak buat ngakalin nih, saya jadinya pilih beli oli TGMO biar bisa servis gratis, karena mending bayar 200ribu untuk oli (skarang harga TGMO naik) plus 65ribu buat filter oli, daripada harus bayar 450ribu belum termasuk filter ma balans roda. Saya langsung ke mekaniknya, saya suruh ngeganti oli pake Castrolnya biar TGMOnya saya bawa pulang. Mekaniknya rada2 takut gitu waktu saya suruh ngisi Castrol, karena bakal jadi masalah kalo ketauan front desk bengkelnya, karena tercatatnya saya ganti oli pake TGMO. Duh, yang bikin saya rada kecewa aja mau pake oli sendiri aja harus main kucing-kucingan. Tapi kalo ga kayak gitu saya bakal kena 450ribu tuh. Wah, untuk servis 30000km besok harus siap kucing-kucingan kayak gitu lagi.
Anehnya, saya pernah nyervisin Innova di beres Auto2000 di Malang, itu dikasi pilihan, mau pake Castrol Magnatec ato TGMO, servisnya gratis (10000km/20000km/30000km), cuma beda di harga oli aja. Kok di Nasmoco ga ngasih pilihan ya? Trus kalo pake oli selain TGMO disuru bayar biaya servis. Duh, payah.
Jadi skarang di rumah saya ada oli TGMO nganggur. Trus yang saya heran, kok Yaris dikasih dari Nasmoco kok TGMO 15W-50 API SL ya? Padahal rekomendasinya di buku manual khan pake paling ngga 10W-40. Aneh. Makanya saya lebih percaya pake Castrol, 10W-40 API SM.
Ada pengalaman yang lain?
Saya pengen sedikit berbagi ni. Saya pake Toyota Yaris E m/t, domisili di Jogja, biasa servis di Nasmoco Janti. Saya selama ini puas dengan pelayanannya, sampe saya terakhir servis 20000km kmaren.
Saya memang sejak beli Yaris saya rajin ke bengkel resmi:
- 1000km check up di beres -- bebas biaya.
- 5000km ganti oli & servis di beres -- karena saya bawa oli sendiri Toyota Genuine Motor Oil (TGMO), kena biaya servis 113ribu.
- 10000km ganti oli, filter oli, balans roda, & servis di beres -- bayar oli TGMO 186ribu, filter oli65 ribu, air aki 3ribu, bebas biaya servis.
- 15000km, saya ganti oli ga di beres, tapi di Shop&Drive, saya ganti oli pake Castrol Magnatec, skalian ganti filter oli.
- Nah, saya yang rada kecewa waktu servis 20000km di beres, karena saya bawa oli sendiri (Castrol Magnatec), beres ga mau ngasih servis gratis kaya di 10000km, karena ternyata servis gratis tu harus pake oli TGMO. Padahal kalo ga gratis biaya servis 20000km bisa sampe 450ribu, gila aja! Trus saya putar otak buat ngakalin nih, saya jadinya pilih beli oli TGMO biar bisa servis gratis, karena mending bayar 200ribu untuk oli (skarang harga TGMO naik) plus 65ribu buat filter oli, daripada harus bayar 450ribu belum termasuk filter ma balans roda. Saya langsung ke mekaniknya, saya suruh ngeganti oli pake Castrolnya biar TGMOnya saya bawa pulang. Mekaniknya rada2 takut gitu waktu saya suruh ngisi Castrol, karena bakal jadi masalah kalo ketauan front desk bengkelnya, karena tercatatnya saya ganti oli pake TGMO. Duh, yang bikin saya rada kecewa aja mau pake oli sendiri aja harus main kucing-kucingan. Tapi kalo ga kayak gitu saya bakal kena 450ribu tuh. Wah, untuk servis 30000km besok harus siap kucing-kucingan kayak gitu lagi.
Anehnya, saya pernah nyervisin Innova di beres Auto2000 di Malang, itu dikasi pilihan, mau pake Castrol Magnatec ato TGMO, servisnya gratis (10000km/20000km/30000km), cuma beda di harga oli aja. Kok di Nasmoco ga ngasih pilihan ya? Trus kalo pake oli selain TGMO disuru bayar biaya servis. Duh, payah.
Jadi skarang di rumah saya ada oli TGMO nganggur. Trus yang saya heran, kok Yaris dikasih dari Nasmoco kok TGMO 15W-50 API SL ya? Padahal rekomendasinya di buku manual khan pake paling ngga 10W-40. Aneh. Makanya saya lebih percaya pake Castrol, 10W-40 API SM.
Ada pengalaman yang lain?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
Klo masalah oli itu sebenarnya kaga ada masalah, mo pake nyang 10w-40 ato 15w-50, apakah nt bisa ngebedain pada saat dipake klo diisi salah satunye?.
Yg menjadi masalah adalah bengkel tsb sdh ditargetkan, klo dalam 1 bulan itu harus menjual sekian banyak oli dari merk tertentu, tergantung dari kerjasama antara bengkel dan pihak supplier.
Perhatikan saja, kalau jaman dulu, di bengkel resmi tertentu ada kerjasama dgn merk seiken(u/ minyak rem), tapi sekarang saya ragu apakah merk ini masih bekerja sama dg salah satu bengkel resmi.
Jadi saya tidak heran, klo di tiap bengkel resmi kadang2 kebijaksanaannya tuh kadang berbeda. ok
Yg menjadi masalah adalah bengkel tsb sdh ditargetkan, klo dalam 1 bulan itu harus menjual sekian banyak oli dari merk tertentu, tergantung dari kerjasama antara bengkel dan pihak supplier.
Perhatikan saja, kalau jaman dulu, di bengkel resmi tertentu ada kerjasama dgn merk seiken(u/ minyak rem), tapi sekarang saya ragu apakah merk ini masih bekerja sama dg salah satu bengkel resmi.
Jadi saya tidak heran, klo di tiap bengkel resmi kadang2 kebijaksanaannya tuh kadang berbeda. ok
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 660
- Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
- Location: Yogyakarta
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
Masalahnya kadang bengkel resmi juga ga konsisten mengenai olinya. Awal saya ganti oli di km5000 waktu bawa oli sendiri tu dikasi TGMO 10W-30 mineral, trus waktu km10000 saya dapet di Nasmoco sama TGMO 10W-30 mineral, tapi kenapa terakhir waktu km20000 saya dikasihnya TGMO 15W-50 sintetik? Di kartu servis cuma ditulis TGMO gitu aja, ga ada keterangan apa-apa. Rasanya bedanya bakal tipis banget si, bahkan ga kerasa kalo pake 10W-30 mineral sama 15W-50 sintetik, tapi kalo gonta-ganti gitu apa ga ngerusak mesin tu? Kalo uda cocok sama satu oli, bukannya mendingan ga usa ganti-ganti?
Akhirnya sih tetep aja saya ngisi pake Castrol, TGMO 15W-50nya masi saya simpen tu. Saya ngerasa lebih cocok pake Castrol sejak km15000, tapi di front desk bengkelnya tetep tercatat saya pake TGMO di km20000, mreka ga tau kalo saya bilang ke mekaniknya suruh ngisi pake Castrol, kucing-kucingan itu tadi...
Akhirnya sih tetep aja saya ngisi pake Castrol, TGMO 15W-50nya masi saya simpen tu. Saya ngerasa lebih cocok pake Castrol sejak km15000, tapi di front desk bengkelnya tetep tercatat saya pake TGMO di km20000, mreka ga tau kalo saya bilang ke mekaniknya suruh ngisi pake Castrol, kucing-kucingan itu tadi...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
Dah kaga masalah, tapi yg mesti diingat adalah klo mo ganti merk, sebaiknya pada saat ganti oli filter, spy sisa oli dari merk lain tdk tercampur dg merk ato sae yg berbeda.
Lagipula khan merk toyota selalu memberikan servis yg menurut saya sangat baik di luar komplain nt mengenai oli. tul ngak?.
Lagipula khan merk toyota selalu memberikan servis yg menurut saya sangat baik di luar komplain nt mengenai oli. tul ngak?.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
Sedikit tambahan lagi nih bro, Klo pendapat nt berbeda mengenai oli yg akan dipakai dg front man, nt langsung aja menghadap ke kepala bengkelnye. Trus ceritain nyang nt mau, pasti deh kepala bengkelnye dengerin nyang punya boil, selama oli nyang dipake itu oli asli / bukan oli palsu ato masakan. Jadi kaga usah pake kucing2an, khan nt bisa jadi stress. iya khan.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 302
- Joined: Mon Jun 25, 2007 15:03
- Location: SURABAIA
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
pengalaman saya selama ini di surabaya bengkel resmi..
1. nissan basuki rahmat. orang2nya ramah2 bisa membantu dan puas dech disana..
2. toyota hr muhammad. kaga begitu puas terpaksa aja service disana karena dalam masa garansi. masalahnya: 1. karet list pintu samping kan rusak padahal mobil innova baru gw jalan 2000k. masa ga boleh klaim garansi. 2. harga service mahal.
ini yg mengagetkan saya....
3. isuzu hr muhammad. gile orang2nya pada ramah pol. servicenya di perhatikan benar. biaya ga gitu mahal. pada waktu selesai service mereka (org bengkel) sendiri yg tlp apa masih ada masalah ga..mau cerita masalah and solusinya.
gw awal2 agak skeptical ama isuzu karena org kali kaga ada yg service disana.. tp dgn caranya yg ramah dan mau membantu carikan solusi ini yg membuat saya terkesan..
saya sich sebenarnya suka banget pake oli mobil 1... tapi mereka (toyota) charge dgn biaya tinggi. jadi ga jadi dech bawa oli sendiri. pake castrol sich skg.
1. nissan basuki rahmat. orang2nya ramah2 bisa membantu dan puas dech disana..
2. toyota hr muhammad. kaga begitu puas terpaksa aja service disana karena dalam masa garansi. masalahnya: 1. karet list pintu samping kan rusak padahal mobil innova baru gw jalan 2000k. masa ga boleh klaim garansi. 2. harga service mahal.
ini yg mengagetkan saya....
3. isuzu hr muhammad. gile orang2nya pada ramah pol. servicenya di perhatikan benar. biaya ga gitu mahal. pada waktu selesai service mereka (org bengkel) sendiri yg tlp apa masih ada masalah ga..mau cerita masalah and solusinya.
gw awal2 agak skeptical ama isuzu karena org kali kaga ada yg service disana.. tp dgn caranya yg ramah dan mau membantu carikan solusi ini yg membuat saya terkesan..

saya sich sebenarnya suka banget pake oli mobil 1... tapi mereka (toyota) charge dgn biaya tinggi. jadi ga jadi dech bawa oli sendiri. pake castrol sich skg.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 342
- Joined: Mon Sep 15, 2008 4:34
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
Betul, selama SAE nya sesuai dengan buku manual, harusnya Beres mau terima dan tidak berpengaruh ke garansi, cuman ya itu tadi, mungkin kena charge ongkos servis lebih tinggi.sjamsul wrote:Sedikit tambahan lagi nih bro, Klo pendapat nt berbeda mengenai oli yg akan dipakai dg front man, nt langsung aja menghadap ke kepala bengkelnye. Trus ceritain nyang nt mau, pasti deh kepala bengkelnye dengerin nyang punya boil, selama oli nyang dipake itu oli asli / bukan oli palsu ato masakan. Jadi kaga usah pake kucing2an, khan nt bisa jadi stress. iya khan.
masak kita bawa beras ama telor ke warung nasi goreng terus minta dibikinin nasgor gratis, heheheheheheh.................
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
@cvsmb:
masa seh karet pintu kaga boleh diklaim, apalagi tuh mbl baru jalan 2000km.
Toyota nyang nt maksud itu auto 2000 ato bukan. Biasanya klo di auto 2000 servisnya itu bagus deh klo di jakarta & gw juga yakin klo di auto 2000 manapun servisnya biasanya bagus.
Klo nt kaga boleh klaim tuh karet pintunya, langsung aja menghadap ke kepala bengkelnya, pasti deh diganti, selama pemakaian tuh boil normal2 aja (kaga di rubah2).
Pengalaman ane, klo boil toyota kaga enak dipake (ada keluhan), selama ini mereka melayani dg baik, bahkan pernah ane ampe komplain masalah gardan & tanpa banyak komentar diganti tuh, apalagi cuma sepotong karet pintu aja, rasanya gak mungkin klo kaga diganti. ok
masa seh karet pintu kaga boleh diklaim, apalagi tuh mbl baru jalan 2000km.
Toyota nyang nt maksud itu auto 2000 ato bukan. Biasanya klo di auto 2000 servisnya itu bagus deh klo di jakarta & gw juga yakin klo di auto 2000 manapun servisnya biasanya bagus.
Klo nt kaga boleh klaim tuh karet pintunya, langsung aja menghadap ke kepala bengkelnya, pasti deh diganti, selama pemakaian tuh boil normal2 aja (kaga di rubah2).
Pengalaman ane, klo boil toyota kaga enak dipake (ada keluhan), selama ini mereka melayani dg baik, bahkan pernah ane ampe komplain masalah gardan & tanpa banyak komentar diganti tuh, apalagi cuma sepotong karet pintu aja, rasanya gak mungkin klo kaga diganti. ok
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
Yg pernah ane alamin, selama masa garansi klo ganti oli itu kaga bakalan kena ongkos.Stalin1901 wrote:Betul, selama SAE nya sesuai dengan buku manual, harusnya Beres mau terima dan tidak berpengaruh ke garansi, cuman ya itu tadi, mungkin kena charge ongkos servis lebih tinggi.sjamsul wrote:Sedikit tambahan lagi nih bro, Klo pendapat nt berbeda mengenai oli yg akan dipakai dg front man, nt langsung aja menghadap ke kepala bengkelnye. Trus ceritain nyang nt mau, pasti deh kepala bengkelnye dengerin nyang punya boil, selama oli nyang dipake itu oli asli / bukan oli palsu ato masakan. Jadi kaga usah pake kucing2an, khan nt bisa jadi stress. iya khan.
masak kita bawa beras ama telor ke warung nasi goreng terus minta dibikinin nasgor gratis, heheheheheheh.................
tapi ane kaga tau klo peraturan sekarang dah dirubah.
Kebetulan sdr gw toko oli, jadi gw terus terang ajah klo olinya gw beli di luaran krn lebih murah termasuk oli filter dan air filter. Selama oli itu dianggap baik oleh beres & gw, dah pasti kaga ada masalah, krn masalah olie adalah pilihan kita sendiri. Daripada diganti dg merk nyang kite kaga suka, khan nyetirnye jadi kaga tenang. tul ngak?.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
tul, sam... 

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
kalau gw memang biasa ganti oli di luar bengkel resmi (kadang2 saja ganti oli di bengkel resmi) tapi untuk servis berkala tetap datang ke bengkel resmi..
back to topic, sepengalaman gw menservis mobil, yg menurut gw termasuk memuaskan, yaitu bengkel nissan yg di halim..
back to topic, sepengalaman gw menservis mobil, yg menurut gw termasuk memuaskan, yaitu bengkel nissan yg di halim..

Permisii
............................. 


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
Sebetulnye nes, setiap beres tuh dah diajarin klo melayani customer itu harus baik, tapi namanye juga manusia, klo lagi pade stress (front man nye), kadang2 suka menyebalkan. tul ngak?.nescafe wrote:kalau gw memang biasa ganti oli di luar bengkel resmi (kadang2 saja ganti oli di bengkel resmi) tapi untuk servis berkala tetap datang ke bengkel resmi..
back to topic, sepengalaman gw menservis mobil, yg menurut gw termasuk memuaskan, yaitu bengkel nissan yg di halim..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 302
- Joined: Mon Jun 25, 2007 15:03
- Location: SURABAIA
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
kali ditempat lain ga apa ya tp saya belum coba...katanya karet list pintu ga termasuk garansi.. padahal kalo di pake lepas terus.. trus kejempit ama pintu lama2 ya molor n rusak.. saya uda klaim 2x masih ga ditanggapin.. kali emang betul ya hadap ke kepala bengkel..sjamsul wrote:@cvsmb:
masa seh karet pintu kaga boleh diklaim, apalagi tuh mbl baru jalan 2000km.
Toyota nyang nt maksud itu auto 2000 ato bukan. Biasanya klo di auto 2000 servisnya itu bagus deh klo di jakarta & gw juga yakin klo di auto 2000 manapun servisnya biasanya bagus.
Klo nt kaga boleh klaim tuh karet pintunya, langsung aja menghadap ke kepala bengkelnya, pasti deh diganti, selama pemakaian tuh boil normal2 aja (kaga di rubah2).
Pengalaman ane, klo boil toyota kaga enak dipake (ada keluhan), selama ini mereka melayani dg baik, bahkan pernah ane ampe komplain masalah gardan & tanpa banyak komentar diganti tuh, apalagi cuma sepotong karet pintu aja, rasanya gak mungkin klo kaga diganti. ok
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
ya kalau bgt langsung ke kepala bengkelnya...cvsmb wrote:kali ditempat lain ga apa ya tp saya belum coba...katanya karet list pintu ga termasuk garansi.. padahal kalo di pake lepas terus.. trus kejempit ama pintu lama2 ya molor n rusak.. saya uda klaim 2x masih ga ditanggapin.. kali emang betul ya hadap ke kepala bengkel..sjamsul wrote:@cvsmb:
masa seh karet pintu kaga boleh diklaim, apalagi tuh mbl baru jalan 2000km.
Toyota nyang nt maksud itu auto 2000 ato bukan. Biasanya klo di auto 2000 servisnya itu bagus deh klo di jakarta & gw juga yakin klo di auto 2000 manapun servisnya biasanya bagus.
Klo nt kaga boleh klaim tuh karet pintunya, langsung aja menghadap ke kepala bengkelnya, pasti deh diganti, selama pemakaian tuh boil normal2 aja (kaga di rubah2).
Pengalaman ane, klo boil toyota kaga enak dipake (ada keluhan), selama ini mereka melayani dg baik, bahkan pernah ane ampe komplain masalah gardan & tanpa banyak komentar diganti tuh, apalagi cuma sepotong karet pintu aja, rasanya gak mungkin klo kaga diganti. ok
nanti kalau coba di tempat lain, ya langsung saja ke kepala bengkelnya..

Permisii
............................. 


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
sbetulnya ga cuman itu aja.. etos kerja seseorang pun juga perlu dilihat.. apakah ntu orang punya dedikasi penuh terhadap pekerjaannya.. kalau udah dilatih tp human resourcesnya ga punya komitmen and dedikasi thd diri sendiri gmna?sjamsul wrote:Sebetulnye nes, setiap beres tuh dah diajarin klo melayani customer itu harus baik, tapi namanye juga manusia, klo lagi pade stress (front man nye), kadang2 suka menyebalkan. tul ngak?.nescafe wrote:kalau gw memang biasa ganti oli di luar bengkel resmi (kadang2 saja ganti oli di bengkel resmi) tapi untuk servis berkala tetap datang ke bengkel resmi..
back to topic, sepengalaman gw menservis mobil, yg menurut gw termasuk memuaskan, yaitu bengkel nissan yg di halim..

Permisii
............................. 


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
Gampang aja kok nes, kaseh peringatan dulu. Klo kaga bisa juga ya terpaksa di phk, masalah selesai. iya ngak?. (klo gw nyang jadi kepala bengkelnye).
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
iya, tp kasian customer yg kebagian orang2 spt itu..
Permisii
............................. 


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
Bener juga sih, nyang kaga tau ato terima nasib jadi kasian.nescafe wrote:iya, tp kasian customer yg kebagian orang2 spt itu..
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 126
- Joined: Thu Nov 15, 2007 0:50
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
Share untuk bengkel Mitsubishi; Ada 2 bengkel yg selalu gw kunjungi yaitu Metro tiga berlian di Cempaka Putih & tempat mobil dibeli di Sunter (Grandis). Untuk bengkel metro cukup memuaskan baik dari pelayanan dan kemudahan konsultasi, dan masalah oli mesin bebas bawa sendiri, selain itu bengkel body repairnya juga cukup baik, terbukti kemarin mobil lecet pengerjaannya baik tidak ada belang sedikitpun (warna mobil silver metalik).
Untuk bengkel di Sunter juga baik pelayanannya, terbukti sewaktu klaim A/C mobil ga dingin dalam sehari klaim selesai dengan memuaskan., sayang tempatnya kecil.

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 215
- Joined: Wed Jan 31, 2007 3:51
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
coba cari BeRes toyota yg laen, biasa beres toyota ga gitu rese soal bawa oli sendiri
klo honda... hmmm
klo honda... hmmm

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 996
- Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
honda jakarta center (Pangeran jayakarta) ga boleh bawa oli sendiri.mst ganti di dia.dia dagang TOP 1 10W-40 nya 1 liter 80 ribu..MOBIL 1 10W-40 80 ribu juga se liter..gila banget..da jlas ketauan saya pilih yg mana.
Kalo Toyota Pangeran Jayakarta masih normal.dulu Castrol magnatec 10W-40 masih 55 ribu seliter..ttp mahal sih..
Kalo Toyota Pangeran Jayakarta masih normal.dulu Castrol magnatec 10W-40 masih 55 ribu seliter..ttp mahal sih..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
isunya sih better yg IKM di P.jayakarta, seberangnya honda jkt center.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 215
- Joined: Wed Jan 31, 2007 3:51
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
ya semua honda grupnya ikm biasa gak boleh bw oli sendiri
fatmawati,pondokindah,daan mogot,p.jayakarta,dkk
yg bole bw sendiri wkt itu jauh2.. cikarang, kalimalang T.T
tp trakir yg di tendean boleh bawa sendiri
fatmawati,pondokindah,daan mogot,p.jayakarta,dkk
yg bole bw sendiri wkt itu jauh2.. cikarang, kalimalang T.T
tp trakir yg di tendean boleh bawa sendiri
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
kalimalang bole bwa sendiri nih? ntar ane coba ah,, thx bro! 

Permisii
............................. 


-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Thu Aug 14, 2008 11:54
Re: Pengalaman servis di bengkel resmi.
Baru kemarin dari beres isuzu pramuka.ddaru wrote:Saya pengen tau pengalaman temen-temen menserviskan mobil di bengkel resmi, baik dari segi harga, pelayanan, kualitas pengerjaan, dll.
Jadi skarang di rumah saya ada oli TGMO nganggur. Trus yang saya heran, kok Yaris dikasih dari Nasmoco kok TGMO 15W-50 API SL ya? Padahal rekomendasinya di buku manual khan pake paling ngga 10W-40. Aneh. Makanya saya lebih percaya pake Castrol, 10W-40 API SM.
Ada pengalaman yang lain?
Sengaja gue ke beres, karena lagi ga ada teman buat bantuin
nguras minyak rem. Biasanya gue ganti dan ngecek berdua dengan
tetangga.
Ampun deh, masuk dari jam 8:10,


servisnya sih gue cuman suruh kuras minyak rem dan kopling
serta ganti bila ada yang diperlukan.
Gue sendiri datengnya jam

dapet nomor 1. Mobil masuk bengkelnya jam 8:10 setelah administrasi.
Yang gue liatin mobil belum diotak-atik ampe jam 10:30, mekanik cuma
mondar-mandir aja ngelewatin.
jam 11:15 dikasi tau yang mau diganti, OK gue deal ganti seal dan kit rem
serta hal lainnya. DIsini gue pikir bakalan cepet.
Teryata masih dianggurin lagi.
11:30 mereka pada istirahat. dan jam 13.30 baru mulai dikerjain lagi.
kelar-kelar jam 15:05 baru di test jalan oleh mekaniknya.
Gue aja dengan temen bongkar rem dan pasang lagi satu jam kelar.
Lah mereka yang mekanik pro, bisa 3 jam lebih.
SEbenarnya yang paling jadi masalah kenapa gue dateng nomor satu
tapi mobil gue dianggurin 3 jam lebih.
Jadi buat apa gue booking dan dateng pagi.
Bahkan yang dateng cuma buat ganti oli aja 4 jam
