C180 matic 1995 lemot ??
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Sun Aug 17, 2008 12:01
C180 matic 1995 lemot ??
Hi.. salam kenal semuanya.. Mohon minta penjelasan dr kawan2 neh.. Bbrp hr lalu baru nebus CIBO 95 matic, byk yg comment gambling gantiin Jazz dgn mobil eropa yg cukup berumur. Sebagai manusia yg awam otomotif, ada saran gak untuk bikin cibo ku ini bisa lebih responsif ? Test drive Bandung - Cirebon PP cukup merefleksikan GELAP dan TERANGNYA mobil eropa, tapi sekaligus bikin sy paham mengapa banyak manusia di dunia ini cinta mati dengan Mercedes Benz.. Tolong ya bro & sist.. Wassalam..
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Sun Aug 17, 2008 12:01
Re: C180 matic 1995 lemot ??
Oh iya.. mudah2an gak "salah kamar" di topik sedan, buat sang CIBO untuk nambah akselerasi terutama di putaran bawah pake apa ya ? komponen apa aja yg diganti dan ditambahi plus budgetnya ? maunya sih biar borosnya kebayar ama kenyamanan dan tenaga, syukur lbh irit.. Domisiliku di Bandung, mungkin ada yg rekomen bengkel yg "bersahabat".. Thanks.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 989
- Joined: Sat Jan 13, 2007 12:46
- Location: lumpia city
Re: C180 matic 1995 lemot ??
Karakteristik mesin CIBO 95 emang rada lemot di putaran bawah,yah kan kapasitas mesinnya kan kecil n daya kudanya ga sebanding ama berat nih mobil.cuma masih kebayar ama kestabilan dan kenyamanan mobilnya.
kalo boros ga juga kok bos. nih mobil fuel managementnya bagus kok,lebih irit dari kijang kapsul dengan kapasitas mesin yang sama.cuma kalo untuk versi matik memang rada sedikit boros dari yang manual
kalo mo tune-up harus rada hati-hati ama mesinnya,kalo yang saya lakukan sih cuma pake octane booster saja,lumayanlah nambah dikit-dikit akselerasinya. kalo masalah main di ECU,wah saya belum tahu kalo ada piggyback unit buat CIBO,kalo ada enak juga tuh.
kalo boros ga juga kok bos. nih mobil fuel managementnya bagus kok,lebih irit dari kijang kapsul dengan kapasitas mesin yang sama.cuma kalo untuk versi matik memang rada sedikit boros dari yang manual
kalo mo tune-up harus rada hati-hati ama mesinnya,kalo yang saya lakukan sih cuma pake octane booster saja,lumayanlah nambah dikit-dikit akselerasinya. kalo masalah main di ECU,wah saya belum tahu kalo ada piggyback unit buat CIBO,kalo ada enak juga tuh.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 694
- Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35
Re: C180 matic 1995 lemot ??
Cibo emg lemot bos,.cuma masih mending masih 122 Hp coba 318i E 46 awal atau E 36 cuma 115 Hp,.
supaya akselerasi enteng susah karena final gear Cibo kecil,.Coba pake piggyback,.Ke sigma aj,.atau piggyback khusus mobil eropa,.Kurangi barang2 ga perlu di kendaraan,.Maklum body dah berat jgn diperberat lagi,.Ganti header 4-2-1 di Budi knalpot,.
supaya akselerasi enteng susah karena final gear Cibo kecil,.Coba pake piggyback,.Ke sigma aj,.atau piggyback khusus mobil eropa,.Kurangi barang2 ga perlu di kendaraan,.Maklum body dah berat jgn diperberat lagi,.Ganti header 4-2-1 di Budi knalpot,.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Sun Aug 17, 2008 12:01
Re: C180 matic 1995 lemot ??
Thanks saran2nya.. utk ngoprekin mesin blm terlalu serius.. baru ganti busi yg udah mati suri doang.. sisanya baru mau akan, nunggu info dr forum ini dan kebeneran kepotong liburan 17 Agustusan. Kayaknya yg pake sebelom2nya kurang apik, hari pertama ganti knalpot yg udah dying ke standar lg, trus bersihin radiator. Busyet dah.. stlh dibongkar, 25% space radiator ketutup kotoran alias mampet total !! Agak khawatir juga ama mesinnya
.. Besoknya testdrive Bandung-Cirebon PP (mumpung ada budget bensin dr client), diitung2 konsumsi bensin 1:7 an..
Wajar gak ya buat ukuran luar kota ?? BTW better lah dibanding pernah punya Feroza dengan konsumsi yg sama, atau Jazz walau jauh lebih irit.. Anak Istri bisa terlelap selama perjalanan..
Ane sih demen modif yg soft alias yg standar2 aje.. Klo ikutin saran2 dr berbagai sumber yg berhubungan ama kemauan sih disaranin standar modifnya :
1> XCS ver 2.0
2> PROXIMA Turbojet Accelerator ** menarik
3> Ring Bensin (Electric, Kompressor dan Option)
4> Filter Udara JFC atau HURRICANE
5> Kabel Busi Racing HURRICANE atau POWER BLAST
6> Busi Racing DENSO Iridium Power
7> Coil Racing MSD
8> Strut Bar
Klo semuanya sih mungkin perlu waktu krn ngikutin masa panen tiba.. Mohon disorry atas ke "rookie" an ane, mungkin ada saran opsi apa aja yg perlu dan gak perlu pasca bersihin injector dr 8 poit di atas ? atau ada tambahan ? yg penting sih mkn ada perbaikan di keborosannya, gak lemot lagi, tapi gak ganggu mesin. Hehe.. bawel ya.. Makasih Banyak..


Ane sih demen modif yg soft alias yg standar2 aje.. Klo ikutin saran2 dr berbagai sumber yg berhubungan ama kemauan sih disaranin standar modifnya :
1> XCS ver 2.0
2> PROXIMA Turbojet Accelerator ** menarik

3> Ring Bensin (Electric, Kompressor dan Option)
4> Filter Udara JFC atau HURRICANE
5> Kabel Busi Racing HURRICANE atau POWER BLAST
6> Busi Racing DENSO Iridium Power
7> Coil Racing MSD
8> Strut Bar
Klo semuanya sih mungkin perlu waktu krn ngikutin masa panen tiba.. Mohon disorry atas ke "rookie" an ane, mungkin ada saran opsi apa aja yg perlu dan gak perlu pasca bersihin injector dr 8 poit di atas ? atau ada tambahan ? yg penting sih mkn ada perbaikan di keborosannya, gak lemot lagi, tapi gak ganggu mesin. Hehe.. bawel ya.. Makasih Banyak..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 989
- Joined: Sat Jan 13, 2007 12:46
- Location: lumpia city
Re: C180 matic 1995 lemot ??
1:7 lumayan iritlah bos,kan matic..BTW velg masih standar kan,kalo udah ganti ring besar,kalo ya coba diturunin lagi ukuran velgnya,bisa bantu tambah irit
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Sat Aug 23, 2008 15:17
Re: C180 matic 1995 lemot ??
Halo teman-teman,
Mo nanya nih, sorry masih newbie banget.
1. XCS ver 2.0 itu apa ya ? Fungsinya apa ...
2. Proxima - emang efek ya, soalnya di forum2 kaya Ka*ku* kok ada beberapa yang mau lepas ya.
3. Ring Bensin - dulu sih pakai magnet yang ditempel di selang bensin, waktu gue masih naik Hyundai Getz. Memang tambah irit sedikit. Kalau Ring Bensin ada yang sudah pernah pakai belum ? Efek gak ya ?
4. Strut Bar - itu yang besi baja menghubungkan shock depan kiri dan kanan bukan ya ? Gunanya buat apa ya ? Terus ada juga besi yang menghubungkan shock belakang itu namanya apa ya ? Kalau di Ford Laser (taksi) sudah ada sejak barunya, kalau C180 sudah ada belum ya ?
Sugeng
Mo nanya nih, sorry masih newbie banget.
1. XCS ver 2.0 itu apa ya ? Fungsinya apa ...
2. Proxima - emang efek ya, soalnya di forum2 kaya Ka*ku* kok ada beberapa yang mau lepas ya.
3. Ring Bensin - dulu sih pakai magnet yang ditempel di selang bensin, waktu gue masih naik Hyundai Getz. Memang tambah irit sedikit. Kalau Ring Bensin ada yang sudah pernah pakai belum ? Efek gak ya ?
4. Strut Bar - itu yang besi baja menghubungkan shock depan kiri dan kanan bukan ya ? Gunanya buat apa ya ? Terus ada juga besi yang menghubungkan shock belakang itu namanya apa ya ? Kalau di Ford Laser (taksi) sudah ada sejak barunya, kalau C180 sudah ada belum ya ?
Sugeng
gogreen wrote:Thanks saran2nya.. utk ngoprekin mesin blm terlalu serius.. baru ganti busi yg udah mati suri doang.. sisanya baru mau akan, nunggu info dr forum ini dan kebeneran kepotong liburan 17 Agustusan. Kayaknya yg pake sebelom2nya kurang apik, hari pertama ganti knalpot yg udah dying ke standar lg, trus bersihin radiator. Busyet dah.. stlh dibongkar, 25% space radiator ketutup kotoran alias mampet total !! Agak khawatir juga ama mesinnya.. Besoknya testdrive Bandung-Cirebon PP (mumpung ada budget bensin dr client), diitung2 konsumsi bensin 1:7 an..
Wajar gak ya buat ukuran luar kota ?? BTW better lah dibanding pernah punya Feroza dengan konsumsi yg sama, atau Jazz walau jauh lebih irit.. Anak Istri bisa terlelap selama perjalanan..
Ane sih demen modif yg soft alias yg standar2 aje.. Klo ikutin saran2 dr berbagai sumber yg berhubungan ama kemauan sih disaranin standar modifnya :
1> XCS ver 2.0
2> PROXIMA Turbojet Accelerator ** menarik![]()
3> Ring Bensin (Electric, Kompressor dan Option)
4> Filter Udara JFC atau HURRICANE
5> Kabel Busi Racing HURRICANE atau POWER BLAST
6> Busi Racing DENSO Iridium Power
7> Coil Racing MSD
8> Strut Bar
Klo semuanya sih mungkin perlu waktu krn ngikutin masa panen tiba.. Mohon disorry atas ke "rookie" an ane, mungkin ada saran opsi apa aja yg perlu dan gak perlu pasca bersihin injector dr 8 poit di atas ? atau ada tambahan ? yg penting sih mkn ada perbaikan di keborosannya, gak lemot lagi, tapi gak ganggu mesin. Hehe.. bawel ya.. Makasih Banyak..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
Re: C180 matic 1995 lemot ??
cibo emang ancur bgt tarikannya (W202)
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Sat Aug 23, 2008 15:17
Re: C180 matic 1995 lemot ??
Boleh minta tolong alamat Sigma dan Budi Knalpot nya nggak Paddock ? Terima kasih ya !
Sugeng
Sugeng
paddock wrote:Cibo emg lemot bos,.cuma masih mending masih 122 Hp coba 318i E 46 awal atau E 36 cuma 115 Hp,.
supaya akselerasi enteng susah karena final gear Cibo kecil,.Coba pake piggyback,.Ke sigma aj,.atau piggyback khusus mobil eropa,.Kurangi barang2 ga perlu di kendaraan,.Maklum body dah berat jgn diperberat lagi,.Ganti header 4-2-1 di Budi knalpot,.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
Re: C180 matic 1995 lemot ??
jgn sembarangan modif bro kalo mobil eropa
lebi sensitif. mending konsultasikan ama yg ngerti mercy
lebi sensitif. mending konsultasikan ama yg ngerti mercy
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 694
- Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35
Re: C180 matic 1995 lemot ??
Betul,.klo ga salah mercy bisa diremap sendiri di bengkel khususnya ga perlu dastek,.
mercy klo C200 sudah close loop jadi agak sulit kasih dastek,.
REV Engineering
Arteri Kedoya 72 Jakarta
mercy klo C200 sudah close loop jadi agak sulit kasih dastek,.
REV Engineering
Arteri Kedoya 72 Jakarta
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Sat Aug 23, 2008 15:17
Re: C180 matic 1995 lemot ??
Bro Satyr dan Paddock,
Tanya lagi dong, CIBO saya kan Esprit 1995, sebaiknya ganti Knalpot jadi 4-2-1 gak ya ?
Terus knob ac nya rusak, dan lubang ac nya yang center gak keluar angin sama sekali. Ada referensi untuk servis AC gak ya.
Rev Enginerring spesialis Mercy juga ya Bro Paddock ? Spesialisasinya ngerjain apa nih ?
Thank you ya !
Sugeng
Tanya lagi dong, CIBO saya kan Esprit 1995, sebaiknya ganti Knalpot jadi 4-2-1 gak ya ?
Terus knob ac nya rusak, dan lubang ac nya yang center gak keluar angin sama sekali. Ada referensi untuk servis AC gak ya.
Rev Enginerring spesialis Mercy juga ya Bro Paddock ? Spesialisasinya ngerjain apa nih ?
Thank you ya !
Sugeng
paddock wrote:Betul,.klo ga salah mercy bisa diremap sendiri di bengkel khususnya ga perlu dastek,.
mercy klo C200 sudah close loop jadi agak sulit kasih dastek,.
REV Engineering
Arteri Kedoya 72 Jakarta
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Sat Sep 29, 2007 15:38
Re: C180 matic 1995 lemot ??
C180 tuh mobil mercy yah??
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Sat Aug 23, 2008 15:17
Re: C180 matic 1995 lemot ??
Iya Pak, Mercedes Benz yang mulai muncul tahun 1994 sebelum kembalinya seri E.
Bapak pakai Mercy tipe apa Pak ?
Sugeng
Bapak pakai Mercy tipe apa Pak ?
Sugeng
kevin w wrote:C180 tuh mobil mercy yah??
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 235
- Joined: Tue Nov 27, 2007 4:29
Re: C180 matic 1995 lemot ??

Jeleknya seri yg pk Komp. suara mesin rada berisik klo sprchargernya lagi on.
Gw ga nyaranin buat oprek2in CIBO krn drn sononya udah lemot banget. Sayang tuh duit loe kebuang percuma tapi hasilnya tetep ga bagus.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
Re: C180 matic 1995 lemot ??
ada benernya jg kata bro koolrider
jual .. tambahin budget modif buat cari C 230 K
masi kurang jg cari C 36 AMG. wekekke
jual .. tambahin budget modif buat cari C 230 K
masi kurang jg cari C 36 AMG. wekekke
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Sat Aug 23, 2008 15:17
Re: C180 matic 1995 lemot ??
Ooo gitu ya Pak Koolrider. Pak mau tanya sekalian dong, apakah benar C200 itu jauh lebih boros dibandingkan C180 ya ? Konsumsinya berapa ya Pak ? Terima kasih !
Sugeng
Sugeng
koolrider wrote:mending duit bakal modif dipake buat nambahin TT C180 sama min C200 deh ato klo mau yg rada mantep C230K aja.
Jeleknya seri yg pk Komp. suara mesin rada berisik klo sprchargernya lagi on.
Gw ga nyaranin buat oprek2in CIBO krn drn sononya udah lemot banget. Sayang tuh duit loe kebuang percuma tapi hasilnya tetep ga bagus.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 235
- Joined: Tue Nov 27, 2007 4:29
Re: C180 matic 1995 lemot ??
Pengalaman gw pk C200 sm C230K , FC 2-2nya ga beda jauh krn 2-2nya sdh lumayan powernya jadi ga perlu injek gas dalem2.codcomol wrote:Ooo gitu ya Pak Koolrider. Pak mau tanya sekalian dong, apakah benar C200 itu jauh lebih boros dibandingkan C180 ya ? Konsumsinya berapa ya Pak ? Terima kasih !
Sugeng
koolrider wrote:mending duit bakal modif dipake buat nambahin TT C180 sama min C200 deh ato klo mau yg rada mantep C230K aja.
Jeleknya seri yg pk Komp. suara mesin rada berisik klo sprchargernya lagi on.
Gw ga nyaranin buat oprek2in CIBO krn drn sononya udah lemot banget. Sayang tuh duit loe kebuang percuma tapi hasilnya tetep ga bagus.
Klo ga sala inget ( wkt gw pk thn 96-97an dah lama) FC dalkot 1-8/9
Gw rs C180 sm C200 jg ga bakal bd jauh krn base enginenya sm.
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Sun Aug 17, 2008 12:01
Re: C180 matic 1995 lemot ??
Kayaknya emang sulit dioprek boss.. Belum ada yang berani, jadi cuma rapiin interior n ekterior dulu. Check ke bengkel resmi pake alat ini itu, engine gak ada masalah, tapi sekedar catatan, konsumsi BBM C180 ane sementara ini dalkot 1:4,5 trus Luar kota 1:7 (malah sekarang ke 1:6). Penasaran mo ikutin saran boss hansen utk bersihin injektornya, tp nunggu montir kenalan punya waktu.. klo pake aksesori spt proxima dkk masih mikir2 euy.. Klo lemot emang kayaknya udah suratan takdir. Klo swap engine rekomen gak ya ? sayang krn body, kaki2 dll yg non mesin masih sangat prima. Mungkin para boss tahu budget swap engine misal ke mesinnya C230K, atau ada saran ? kira2 dimana ya dapetinnya ? Tararengkyu..koolrider wrote:codcomol wrote:Ooo gitu ya Pak Koolrider. Pak mau tanya sekalian dong, apakah benar C200 itu jauh lebih boros dibandingkan C180 ya ? Konsumsinya berapa ya Pak ? Terima kasih !
Sugeng
koolrider wrote:mending duit bakal modif dipake buat nambahin TT C180 sama min C200 deh ato klo mau yg rada mantep C230K aja.
Jeleknya seri yg pk Komp. suara mesin rada berisik klo sprchargernya lagi on.
Gw ga nyaranin buat oprek2in CIBO krn drn sononya udah lemot banget. Sayang tuh duit loe kebuang percuma tapi hasilnya tetep ga bagus.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 694
- Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35
Re: C180 matic 1995 lemot ??
jangan pake proxima,.itu alat kaga jelas,.
Jelas ganti header sampe muffler,pengapian,sama piggyback,.
Jelas ganti header sampe muffler,pengapian,sama piggyback,.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: C180 matic 1995 lemot ??
Repot banget bos musti swap engine segala. udah biaya mahal (mesin c230K bekas yg masih prima gak gampang dicari, ada juga yg udah bekas kena/nabrak atau memang mesinnya juga udah jelek makanya di salvage gitu), belum tentu enak.gogreen wrote:Kayaknya emang sulit dioprek boss.. Belum ada yang berani, jadi cuma rapiin interior n ekterior dulu. Check ke bengkel resmi pake alat ini itu, engine gak ada masalah, tapi sekedar catatan, konsumsi BBM C180 ane sementara ini dalkot 1:4,5 trus Luar kota 1:7 (malah sekarang ke 1:6). Penasaran mo ikutin saran boss hansen utk bersihin injektornya, tp nunggu montir kenalan punya waktu.. klo pake aksesori spt proxima dkk masih mikir2 euy.. Klo lemot emang kayaknya udah suratan takdir. Klo swap engine rekomen gak ya ? sayang krn body, kaki2 dll yg non mesin masih sangat prima. Mungkin para boss tahu budget swap engine misal ke mesinnya C230K, atau ada saran ? kira2 dimana ya dapetinnya ? Tararengkyu..
Jualnya juga susah banget (STNK/bodi C180, mesin 2300cc Kompressor).
Mending jual aja ganti 323i. Rasa sama2 eropa. nyaman hampir sama, tenaga gede, bensin diatas 1:6, dan juga mungkin gak usah nambah duit (tuker guling jg dapet kayanya).
Memang C180 diciptakan tujuan utamanya bukan untuk kenceng bos. Kalo gw bilang sih naek mercy ya santai aja jadi anggun juga di jalanan.
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Sun Aug 17, 2008 12:01
Re: C180 matic 1995 lemot ??
Siap boss..paddock wrote:jangan pake proxima,.itu alat kaga jelas,.
Jelas ganti header sampe muffler,pengapian,sama piggyback,.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 694
- Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35
Re: C180 matic 1995 lemot ??
Tanya Satyr aja deh dia kan orang bandung,.Kulo mboten ngertos kan kulo dateng suroboyo,.hehehe..
Cuma ati2 bro bengkel2 dibandung banyak yang ga beres kerjaanya,.List bengkel2 nakal di forum sebelah kebanyakan berasal dari bandung,.
Cuma ati2 bro bengkel2 dibandung banyak yang ga beres kerjaanya,.List bengkel2 nakal di forum sebelah kebanyakan berasal dari bandung,.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 235
- Joined: Tue Nov 27, 2007 4:29
Re: C180 matic 1995 lemot ??
Kayaknya emang sulit dioprek boss.. Belum ada yang berani, jadi cuma rapiin interior n ekterior dulu. Check ke bengkel resmi pake alat ini itu, engine gak ada masalah, tapi sekedar catatan, konsumsi BBM C180 ane sementara ini dalkot 1:4,5 trus Luar kota 1:7 (malah sekarang ke 1:6). Penasaran mo ikutin saran boss hansen utk bersihin injektornya, tp nunggu montir kenalan punya waktu.. klo pake aksesori spt proxima dkk masih mikir2 euy.. Klo lemot emang kayaknya udah suratan takdir. Klo swap engine rekomen gak ya ? sayang krn body, kaki2 dll yg non mesin masih sangat prima. Mungkin para boss tahu budget swap engine misal ke mesinnya C230K, atau ada saran ? kira2 dimana ya dapetinnya ? Tararengkyu..[/quote]
mesin c180 sm c200 masih satu family (M111) , bedanya klo ga sala cuma dr bore ato strokenya aja ( gw lupa yg mana) , jadi klo apgrade ke c200 rasanya sih ga terlalu mahal. Coba konsul. sm bengkel2 mercy aja dulu buat ngecek parts2nya yg hrs diganti.
mesin c180 sm c200 masih satu family (M111) , bedanya klo ga sala cuma dr bore ato strokenya aja ( gw lupa yg mana) , jadi klo apgrade ke c200 rasanya sih ga terlalu mahal. Coba konsul. sm bengkel2 mercy aja dulu buat ngecek parts2nya yg hrs diganti.