YAMAHA SCORPION sharing pengalamannya dong?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 411
- Joined: Tue Mar 04, 2003 3:29
- Location: Jakarta
yang saya pernah baca persentase pengereman 60% depan 40% belakang, dan diawali rem depan terlebih dahulu, tapi prakteknya saya jadi lebih sering pake belakang duluan kayaknya hehe, mungkin kaki kan lebih kuat dari pada tangan
oo iya saya mau tanya, kalo buka gas (ninja) mending diurut pelan2 barengin suara mesin atau tiba2 buka gas mendadak? terus kalo ganti gigi mesti turunin gas ngga?(untuk ngetrack lho), apa lebih baik agak diselip koplingnya sewaktu ganti gigi, atau lepas penuh?
thx guys
oo iya saya mau tanya, kalo buka gas (ninja) mending diurut pelan2 barengin suara mesin atau tiba2 buka gas mendadak? terus kalo ganti gigi mesti turunin gas ngga?(untuk ngetrack lho), apa lebih baik agak diselip koplingnya sewaktu ganti gigi, atau lepas penuh?
thx guys
"Wait for my coming, first light at the fifth day.. at dawn, look to the East"
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
- Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
heh kalo kopling disleip itu dengan tujuan agar bisa ngangkat sehingga laju motor tetep kenceng n ada hentakan mau ngga mau laju motor bisa lebih cepet itu lah enaknya 2 tak slip koplingnya lebih halus n laju motor lebih cepat dari 4 take121ck wrote:yang saya pernah baca persentase pengereman 60% depan 40% belakang, dan diawali rem depan terlebih dahulu, tapi prakteknya saya jadi lebih sering pake belakang duluan kayaknya hehe, mungkin kaki kan lebih kuat dari pada tangan
oo iya saya mau tanya, kalo buka gas (ninja) mending diurut pelan2 barengin suara mesin atau tiba2 buka gas mendadak? terus kalo ganti gigi mesti turunin gas ngga?(untuk ngetrack lho), apa lebih baik agak diselip koplingnya sewaktu ganti gigi, atau lepas penuh?
thx guys
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 411
- Joined: Tue Mar 04, 2003 3:29
- Location: Jakarta
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
- Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
heheh kalo satnding motor cowo mah paling gampang tuh tinggal tahan kopling trus masukin gigi n buka gas lebar2 n lepas kopling secara langsung mirip sistim kedete121ck wrote:ada yang pernah coba standing? hehehehe keren juga tuh kayak motogp
kalo tikungan baiknya ngerem pake gigi (turun gigi n selip kopling) atau pake rem (depan belakang)?
wah enak jugha tuh me pernah coba cara itu cuman masih pakai motor bebek soalnya motor bebk paling enak kalo buat nikung
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 411
- Joined: Tue Mar 04, 2003 3:29
- Location: Jakarta
standingnya bisa lama ngga? hehehe, saya dulu pernah belajar motor pertama kali pake vespa, wahh standingnya bener2 gila lho hehehe
yang keren tuh standing bukan tadi diem tapi pas lagi kenceng terus diangkat dikit standing d wahh keren bener dahhh hehehe asal jangan udahannya kedubrak aja tuh
saya pernah baca katanya kalo bisa tikungan atau mau ngerem jangan pake mesin tapi bener2 pake rem, kalo uda cape mencet rem baru pake mesin sedikit (tips buat balap kalo ngga salah)
yang keren tuh standing bukan tadi diem tapi pas lagi kenceng terus diangkat dikit standing d wahh keren bener dahhh hehehe asal jangan udahannya kedubrak aja tuh
saya pernah baca katanya kalo bisa tikungan atau mau ngerem jangan pake mesin tapi bener2 pake rem, kalo uda cape mencet rem baru pake mesin sedikit (tips buat balap kalo ngga salah)
"Wait for my coming, first light at the fifth day.. at dawn, look to the East"
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
hari pertama kekantor pake scorpion....waw...........menurut buku selama masa inreyen gak boleh lebih dari 4500 rpm...tapi mana tahan justru tenaganya keluar pas 5000 rpm ...tadi pagi lewat jalur cililitan kalibata lewat jembatan layang yg baru waaw.... gampang banget nyampe 100km jam trus masuk duren tiga akhirnya kuningan....lumayaan lebih cepat 10 menit dari biasanya......... assyiiik....huehehehehe
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 205
- Joined: Tue Feb 18, 2003 6:02
- Location: On Road
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 411
- Joined: Tue Mar 04, 2003 3:29
- Location: Jakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
- Location: Anywhere in front of you
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 411
- Joined: Tue Mar 04, 2003 3:29
- Location: Jakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
wah kayaknya motor baru belum ada kit kompetisinya deh...tapi apa motor ini kurang kencang buat sehari2??tapi saya juga penasaran kecepatan maksimumnya ,karena masih inreyen saya gak berani lebih dari 100km jam jadi belum tahu..kalo bisa 140 km jam sih saya gak bakal modifikasi apapun,paling2 ganti pelk yg lebih ringan dan ban yg lebih lebar....hery_jul wrote:Saya baru beli scorpio, cuman udah "gatel" mau bikin agak kenceng, kira-kira apa yang perlu diganti, maksudnya ada nggak parts kompetisinya.
Thanks buat replynya.
Hery
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 411
- Joined: Tue Mar 04, 2003 3:29
- Location: Jakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 411
- Joined: Tue Mar 04, 2003 3:29
- Location: Jakarta
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
- Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
heheh kalo cuman 140 km/jem hehe beda dikit dunk ama new shogun gw heheh yg bisa lari 130 Km/jemYongis_CD wrote:wah kayaknya motor baru belum ada kit kompetisinya deh...tapi apa motor ini kurang kencang buat sehari2??tapi saya juga penasaran kecepatan maksimumnya ,karena masih inreyen saya gak berani lebih dari 100km jam jadi belum tahu..kalo bisa 140 km jam sih saya gak bakal modifikasi apapun,paling2 ganti pelk yg lebih ringan dan ban yg lebih lebar....hery_jul wrote:Saya baru beli scorpio, cuman udah "gatel" mau bikin agak kenceng, kira-kira apa yang perlu diganti, maksudnya ada nggak parts kompetisinya.
Thanks buat replynya.
Hery

1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
- Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
mmmh kalo menurut me kalo buat akselerasai scorpio menang degh me dagh pernah liat tuh waktu dilampu merah lawan tiger hehe sama gw jugha cuman gw ketingga;lane121ck wrote:ooooooo wahhhh sering ketemu selebritis dunk hehehe jangan2 bung yongis celeb juga nih
ngomong2 gimana scorpionya? monoshocknya OK ngga? n apa beda banget sama tiger?


1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
- Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
waduh baru baca lagi nih....menurut bung merdeka di halaman 1 motor ini bisa lari 150 km jam! wow asyiik gak perlu dikorek lagi donk..bung merdeka juga udah coba semuanya baik tiger dan thunder,katanya sih motor ini unggul segalanya kecuali masalah disain body....jadi?...hehehehe gara2 baca diskusi ini saya gak salah pilih motor...masalah saringan bensin yg bocor rupanya saya alami juga tapi gakpapa deh...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
- Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
- Location: Anywhere in front of you
Lumayan sih, pagi ini saya test bisa masuk 130, cuman abis itu musti rem ada yang ngalangin, cuman kalo diliat akelerasinya dan jarak buat nyampe 130 itu lumayan bagus,vandekar wrote:heheh kalo cuman 140 km/jem hehe beda dikit dunk ama new shogun gw heheh yg bisa lari 130 Km/jemYongis_CD wrote:wah kayaknya motor baru belum ada kit kompetisinya deh...tapi apa motor ini kurang kencang buat sehari2??tapi saya juga penasaran kecepatan maksimumnya ,karena masih inreyen saya gak berani lebih dari 100km jam jadi belum tahu..kalo bisa 140 km jam sih saya gak bakal modifikasi apapun,paling2 ganti pelk yg lebih ringan dan ban yg lebih lebar....hery_jul wrote:Saya baru beli scorpio, cuman udah "gatel" mau bikin agak kenceng, kira-kira apa yang perlu diganti, maksudnya ada nggak parts kompetisinya.
Thanks buat replynya.
Hery![]()
btw kalo cari pelek dimana, and bannya maksimal bisa masuk berapa (std depan 90/100, blk 100/90)
Thank buat infonya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 411
- Joined: Tue Mar 04, 2003 3:29
- Location: Jakarta
koq baru2 uda bocor mas yongis???
bung hery, saya rasa scorpio pake 120/80 masih masuk d, tapi ngga tau nyerempet rante atau ngga, 110/80 sih pasti bisa kayaknya
untuk depan cukup lah 90/90, atau 90/80 kalo kegedean lagi ngga enak
bung hery, saya rasa scorpio pake 120/80 masih masuk d, tapi ngga tau nyerempet rante atau ngga, 110/80 sih pasti bisa kayaknya
untuk depan cukup lah 90/90, atau 90/80 kalo kegedean lagi ngga enak
"Wait for my coming, first light at the fifth day.. at dawn, look to the East"
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
- Location: Anywhere in front of you
Thanks buat infonya, kayaknya saya pake yang 110/80, karena kalo saya ukur 120-nya nggak masuk.e121ck wrote:koq baru2 uda bocor mas yongis???
bung hery, saya rasa scorpio pake 120/80 masih masuk d, tapi ngga tau nyerempet rante atau ngga, 110/80 sih pasti bisa kayaknya
untuk depan cukup lah 90/90, atau 90/80 kalo kegedean lagi ngga enak
Kemaren saya coba beli busi racing buat scorpio, susah banget nyarinya and hasilnya nggak ketemu (saya cari di otista tapi nggak semua toko) ada usul.
Thanks