nah.. ini gw coba compile, bagi yg ingin menambahkan silahkan ditambahkan
nescafe wrote:o'ya compound turtle wax dengan scratch X beda lho, scratchX digunakan untuk menghilangkan baret2 halus serta membantu menimalisir swirl yg ada. jd kalau lecet, ga akan ada efeknya kalau pakai scratchX.. lebih baik tetap pakai rubbing compound, setelah itu di wax..
bro, coba jg cleaner wax, bsa membantu untuk mengangkat oksidasi pada cat, bsa zymol, meguiars,tp klo turtle wax gw lupa ada apa enggak. tp klo soal harga, zymol cleaner wax masih terjangkau, ga beda jauh dengan TW platinum..
Abu2 wrote:compound = untuk yg sifatnya abrasif/ngikis clearcoat nya banyak, aku gak ada pakai, sejauh ini pake DC1-DC2, cukup ampuh buat ngilangi baret2 dan nutupin baret yg agak dalam bisa sebagai sealent jg khan)?
pernah pake Sealent TW F21, fungsi sealent nya cukup baik, tp untuk wet look nya kurang, imho, masih lebih baik DC2
Untuk pengganti chamois, cobain deh Micropak WW ato Meg Water magnet...mnrt gw itu produk harusnya tidak mahal.
tar & bug cleaner, memang bagus buat preparation sebelum moles..
kemarin nyobain produk Tarminator (tar & bug removal) , gw semprotin ke 1 mobil secara bertahap (kecuali atap), cukup ampuh, untuk membersihkan partikel2 dan kotoran2 seperti aspal, serangga dll..dan gw lanjutkan dgn DC1-dc2-Nxt 2.0- UQD, hasilnya mantap..luar biasaaa.. *(pengerjaan pake tangan)
QD nya turtle wax = Ultimate Gloss Detailer= dah pernah pake , mnrt gw, masih jauh lebih bagus Ultimate Quick detailer nya Megs (UQD)
dan ingat, produk Megs ada QD dan UQD
mending beli yg UQD karena dia dedicated buat maintain lapisan wax..
kalo Megs QD, jg bisa, tp karena juga bisa digunakan untuk clay kit, jadinya, itu bukan dedicated product
Abu2 wrote:karena semua produk perawatan mobil berkerja di atas clear coat, miungkin harusnya statementnya mengikis clear coat, bukan cat.
Di semua produk yg ada di rumah , selalu tertulis di kemasannya "safe for clear coat".
mungkin bang AAndy, maksud orang itu mengatakan mengikis cat , adalah mengikis clear coat...dgn pemahaman clear coat adalah cat yg bening...

buatandi wrote:yang bikin tipis polish tapi kalo memakai compound,karena setiap produk punya kekerasan sndiri bro..coba lu pake dc 1 tapi poles pake tangan sampe 100000 kali pun gak akan botak beda kalo pake compound dengan woll pad cuma itungan detik bro
kalo wax fungsiny cuma protection aj
ddoctor wrote:DC1 itu cuma cleaner. Chemical polish. Jadi ya gak ngikis clear coat. Cuma dia ngangkat semua wax atau sealant yang kita apply sebelumnya. Makanya dia jadi step 1.
Step 2 baru polish pakek micro abrasive.
Abu2 wrote:dusting cuma buat debu2 halus bos, kalo udah gumpalan, ya gw hajar pake air dong...he.h.e.h.
lgpula, buat dusting, belum nemu benda yg seampuh Shaq towel, kemoceng amway yg katanya halus banget itu, dan sampe gw beli juga, dan agak2 segan pake ke body...tetap dusting pake shaq towel
bbrp hari lalu sempat coba tarminator sebelum cuci mobil..lumayan juga buat bersihkan permukaan cat cara cepat tp mgkn , untuk lebih sempurnanya, claying tetap harus dilakukan kali yaa..
nescafe wrote:3 step itu buat clean, polish, n wax..
sebetulnya klo buat gw 3 step itu jg ga harus DC 1-3,
step 1 bsa dengan clay or bsa jg dicombine dengan bug and tar remover (buat gw ini termasuk paint preparation)
step 2 baru pakai DC2
step 3 klo menurut gw bsa pakai NXT/gold class/ TW platinum, dll..
ddoctor wrote:Nunggu 12 jam tadi hanya kalo qta mau layering wax, atau apply wax diatas sealant. Ibaratnya tunggu sealant atau waxnya bener2 kering. Baru dilapis lagi atasnya.
Kalo kayak bro nes yang cuma pakek 1 sealant, nxt itu syntetic wax, ya gak papa. Cuma nxt gak bsa dilayer. Karena ada cleaner.
Tw platinum tuh yg bsa
ddoctor wrote:Optiseal itu produk optimum bro.
Karena bro dah ada dc2, gw saranin itu. Abis dc2, pakek optiseal. Mau diwax lagi boleh (tunggu 12 jam), pakek itu juga boleh.
Kalo gw incer poli seal, bedanya dia ada cleaning ma polishing agent, jadi sekaligus. Tapi daya tahan ya kalah dari optiseal yg pure sealant. Tapi gpp, pasti gw layer pakek wax..
nescafe wrote:cleaner wax itu merupakan wax dengan fungsi ganda, jd selain dengan fungsi protectant, cleaner wax jg mampu mengangkat hasil oksidasi pada cat, klo gw pakai untuk 3 step.
1. aplikasikan paint cleaner
2. lanjutkan dengan clay
3. lalu dilanjutkan dengan cleaner wax.
jd klo menurut gw bener2 untuk pembersihan cat..

ddoctor wrote:Untuk durability, sealant kebanyakan lebih lama dibanding wax (kecuali collinite). Makanya sealant duluan baru wax. Tapi kalo ada cleaner ya gak bsa.
Fungsi cleaner wax sama kayak dc1,cuma digabung di wax. Minusnya, cleanernya gak sekuat pure cleaner, n gak bsa dilayer.
Untuk sealant diatas wax yang gak tahan lama. Gw dapet dari forum luar. Mereka sering ngetest wax n sealant. Satu mobil bsa dipakein berapa macam wax n sealant, buat perbandingan looks ma durability
nescafe wrote:klo gw selama ini buat pengerjaan santai (ala gw) cm pakai clay + wax (bsa cleaner wax maupun wax untuk finishing seperti NXT or TW platinum)
tp gw lihat dulu, klo cm buat iseng gw pakai clay yg std, nah kalau udah mulai agak parah, gw pakai clay yg pro.. hehehe..
kalau clay gw pakai megs beserta quick detailer or gw pakai final inspection..
tp, menurut gw preparation tergantung seberapa sering mobil di-wax..
lets say, klo 2 minggu sekali di wax, buat apa di clay segala, toh mobil jg masih bersih..
menurut gw, persiapan dengan clay ini yg paling maksimal hasilnya..
tp, back to mas abu2 request (yg ringan and maksimal) pakailah paint cleaner..