(Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 01
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
suwun bro andra, santiku semua belt dah ganti dan kaki2 jg sudah ganti semua
blm ketemu aja knpa ? 2 hr ini bolak balik bandung enak aja lancar dan gak msalah
tapi yaaa gitu kadang2 aja muncul
kmarin pas mau masuk tol, tiba 2 gak ada tenaganya, pdhal dah dipanasin mesinnya
ntar de klo ada waktu mau cek ke bengkel
blm ketemu aja knpa ? 2 hr ini bolak balik bandung enak aja lancar dan gak msalah
tapi yaaa gitu kadang2 aja muncul
kmarin pas mau masuk tol, tiba 2 gak ada tenaganya, pdhal dah dipanasin mesinnya
ntar de klo ada waktu mau cek ke bengkel
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 60
- Joined: Fri May 23, 2008 14:18
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Bro Andra, Menurut saya salah satu kelemahan Santi di belalai gajah, punya saya juga udah robek, sementara sy lack band dulu sih... sampai saat ini tenaganya sih masih oke, klo ndut2an memang tipikal mobil cc besar/mobil kenceng, ga bisa diajak pelan, maunya tancap terus.. sy dulu punya Lancer, juga gitu klo pelan ndut2an melulu, ngebut baru enak..andra wrote:Bro Inoz, apa santinya udah ganti Tbelt? kalo blm jangan2 Tbelnya harus udah diganti, mungkin juga sensor si Tbeltnya. Atau mungkin juga belalai gajahnya ada yg bocor alias ada yg sobek, pengalaman saya waktu itu belalai gajahnya sudah ada yg sobek dikit, kata meaniknya sudah getas / aus & ama mekaniknya di lem dibagian yg sobek. Harga belalai gajahnya kl gak salah 700 ribuan (yg selang besar warna hitam dekat mesin)inoz wrote:betul emang ada beberapa jenis asesoris santi spt diatas
wah sdh balik lagi neh bro imsus dg pencerahannya
nanya lagi neh skarang agak sering tuh mobil sdg langsam tapi tiba2 jadi ndut2 an dan bodi mobil pd bergetar dan klo dijalanin abis gak ada tenaga
kenapa yaaa ? apa saringan bensin kotor gitu ? tp pernah dibongkar dan dibersihin ? tp distart dimatiin distart beberap kali baru nrOmal lagi
apa betul elektrik yg dibagian kanan bawah mesin gitu tapi ada 3 buah ndak bisa dibuka sendri, apa mesti ke bengkel ?
emang blum ada waktu aja ke bengkel tuk cek itu ? ngeselin juga tuh sebab terjadi beberapa kali ?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Kl belalai gajahnya sobek pengaruhnya yg jelas waktu mesin iddle maka rpm nya akan turun naik alias gak stabil rpm nya,sedangkan kl utk pengaruh yg lainnya saya kurang tau neh.Karjo wrote:Bro Andra, Menurut saya salah satu kelemahan Santi di belalai gajah, punya saya juga udah robek, sementara sy lack band dulu sih... sampai saat ini tenaganya sih masih oke, klo ndut2an memang tipikal mobil cc besar/mobil kenceng, ga bisa diajak pelan, maunya tancap terus.. sy dulu punya Lancer, juga gitu klo pelan ndut2an melulu, ngebut baru enak..andra wrote:Bro Inoz, apa santinya udah ganti Tbelt? kalo blm jangan2 Tbelnya harus udah diganti, mungkin juga sensor si Tbeltnya. Atau mungkin juga belalai gajahnya ada yg bocor alias ada yg sobek, pengalaman saya waktu itu belalai gajahnya sudah ada yg sobek dikit, kata meaniknya sudah getas / aus & ama mekaniknya di lem dibagian yg sobek. Harga belalai gajahnya kl gak salah 700 ribuan (yg selang besar warna hitam dekat mesin)inoz wrote:betul emang ada beberapa jenis asesoris santi spt diatas
wah sdh balik lagi neh bro imsus dg pencerahannya
nanya lagi neh skarang agak sering tuh mobil sdg langsam tapi tiba2 jadi ndut2 an dan bodi mobil pd bergetar dan klo dijalanin abis gak ada tenaga
kenapa yaaa ? apa saringan bensin kotor gitu ? tp pernah dibongkar dan dibersihin ? tp distart dimatiin distart beberap kali baru nrOmal lagi
apa betul elektrik yg dibagian kanan bawah mesin gitu tapi ada 3 buah ndak bisa dibuka sendri, apa mesti ke bengkel ?
emang blum ada waktu aja ke bengkel tuk cek itu ? ngeselin juga tuh sebab terjadi beberapa kali ?

Fly Like a Bird
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Kl belalai gajahnya sobek pengaruhnya yg jelas waktu mesin iddle maka rpm nya akan turun naik alias gak stabil rpm nya,sedangkan kl utk pengaruh yg lainnya saya kurang tau neh.Karjo wrote:Bro Andra, Menurut saya salah satu kelemahan Santi di belalai gajah, punya saya juga udah robek, sementara sy lack band dulu sih... sampai saat ini tenaganya sih masih oke, klo ndut2an memang tipikal mobil cc besar/mobil kenceng, ga bisa diajak pelan, maunya tancap terus.. sy dulu punya Lancer, juga gitu klo pelan ndut2an melulu, ngebut baru enak..andra wrote:Bro Inoz, apa santinya udah ganti Tbelt? kalo blm jangan2 Tbelnya harus udah diganti, mungkin juga sensor si Tbeltnya. Atau mungkin juga belalai gajahnya ada yg bocor alias ada yg sobek, pengalaman saya waktu itu belalai gajahnya sudah ada yg sobek dikit, kata meaniknya sudah getas / aus & ama mekaniknya di lem dibagian yg sobek. Harga belalai gajahnya kl gak salah 700 ribuan (yg selang besar warna hitam dekat mesin)inoz wrote:betul emang ada beberapa jenis asesoris santi spt diatas
wah sdh balik lagi neh bro imsus dg pencerahannya
nanya lagi neh skarang agak sering tuh mobil sdg langsam tapi tiba2 jadi ndut2 an dan bodi mobil pd bergetar dan klo dijalanin abis gak ada tenaga
kenapa yaaa ? apa saringan bensin kotor gitu ? tp pernah dibongkar dan dibersihin ? tp distart dimatiin distart beberap kali baru nrOmal lagi
apa betul elektrik yg dibagian kanan bawah mesin gitu tapi ada 3 buah ndak bisa dibuka sendri, apa mesti ke bengkel ?
emang blum ada waktu aja ke bengkel tuk cek itu ? ngeselin juga tuh sebab terjadi beberapa kali ?

Fly Like a Bird
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
betul belalai gajah santiku juga sudah brubah warna agak coklat, tapi rasanya masih uth gitu dan masih berfungsi normal kayaknya
ohhh pernah juga tidak pas langsam alias lagi jalan tiba2 aja tuh mesin gak ada tenaga klo persneling N maka baru krasa ndut2 an gitu
emang klo CC besar suka gitu tergantung stelan idle nya kalik yaaa,

ohhh pernah juga tidak pas langsam alias lagi jalan tiba2 aja tuh mesin gak ada tenaga klo persneling N maka baru krasa ndut2 an gitu
emang klo CC besar suka gitu tergantung stelan idle nya kalik yaaa,

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
pak inoz, gejala seperti itu mirip gejala "kurang bensin", alias rpm tiba2 melorot dan akhirnya kehilangan tenaga.
Beberapa "kemungkinan" penyebabnya (mengingat "penyakit" diatas bisa disebabkan beberapa kemungkinan hehehe...):
1. Kelistrikan coil pengapian busi bermasalah. Jadi saat jalan, tiba-tiba arus listrik yg menuju busi untuk memantik api di busi terputus. Akhirnya busi engga menyala,...ya akibatnya mesin mbrebet/pincang dan tak ada tenaga. Gejala ndut-ndutan itu akibat tidak semua silinder bekerja. Salah satu gejala busi mati ya dari mesin yg mbrebet tadi, cuma kalo memang busi ada yg tewas, mbrebetnya ya permanen sampai akhirnya ganti busi. Jadi silinder di mana busi ngga bekerja, malah membebani silinder lainnya yg bekerja. Punya saya juga pernah gitu, tiba2 mesin mbrebet kehilangan tenaga, ternyata kabel busi yg ke coil bermasalah/bocor. Coba lihat di dekat coil (Santi menganut sistem 1 coil untuk 2 busi, artinya ada 2 coil jika mesinnya standard I-4/G4JS), apakah ada tanda kehitaman pertanda ada kabel busi bocor. Jika perlu periksa busi+coilnya juga.
2. Pipa udara alias "belalai gajah" bermasalah, demikian juga dengan filter udaranya, perlu diperiksa juga loh. Atau jika pipa udara/filter normal, periksa sambungannya, kalau ada yg kendor, waktu dia "terbuka", terasa mesin mberebet dan ngempos.
3. Periksa tekanan pompa bahan bakar/bensin dan filternya. Takutnya kinerja pompanya sudah loyo sehingga mengakibatkan "telat bensin". Sayang saya lupa berapa tekanan pompa bensin yg normal.
4. Sensor MAF-nya bermasalah seperti punya saya hehehe.... Tapi efek yg terasa dari errornya MAF ini hanya di konsumsi bbm yg memburuk serta rpm naik turun. Kalo kehilangan tenaga sih engga...
5. Crankshaft sensornya bermasalah atau biasanya kendor. Seperti pak inoz tulis, sensor ini posisinya (kalau kita menghadap mesin) ada di kanan bawah. Karena menempel di mesin, sensor ini rawan kendor akibat getaran mesin. Punya saya dulu juga bermasalah (wah....sepertinya santi saya ini banyak masalahnya ya...? hehehe...), sama pak mekanik diakali dengan dibuatkan dudukan trus dikasih "sealer". Dulu waktu bermasalah, ya gitu...tiba tiba tenaga mesin + rpm mesin ngedrop habis....distart ulang pun susah setengah mati.
6. Sensor atau setting AFR (Air Fuel Ratio)-nya kurang bener... Jika semua komponen lain normal dan hanya sensor AFR yg bermasalah, gejalanya RPM mesin naik turun tapi tidak permanen. Jika terus menerus RPM-nya naik turun, berarti "iddle-speed controller"-nya yg tewas. Salah satu indikator lain dari buruknya kinerja MAF+AFR bisa diteliti dari lubang knalpot yg berjelaga dan jika mesin hidup, gas buangnya terasa pedih di hidung+mata. Posisi AFR ada di (jika kita menghadap mesin) kanan atas dekat engsel kap mesin. Pokoknya kabel yg dari MAF, satunya mengarah ke TB satunya ke AFR itu. Di AFR, ada bulatan kecil dengan strip untuk tempat masuk obeng minus (-). Ada kode L (lean) dan R (rich), jadi bukan L=left atau R=right hehee..... Jujur aja, setting di AFR butuh "feeling" karena dilakukan manual, tidak ada parameter baku-nya. Jadi bisa lama settingnya. Hasil setting AFR yg baik, ya iddle-RPM nya bagus (santi di angka 800-1000 rpm) saat mesin mencapai temperatur kerja...plus emisi harus baik juga.
Beberapa "kemungkinan" penyebabnya (mengingat "penyakit" diatas bisa disebabkan beberapa kemungkinan hehehe...):
1. Kelistrikan coil pengapian busi bermasalah. Jadi saat jalan, tiba-tiba arus listrik yg menuju busi untuk memantik api di busi terputus. Akhirnya busi engga menyala,...ya akibatnya mesin mbrebet/pincang dan tak ada tenaga. Gejala ndut-ndutan itu akibat tidak semua silinder bekerja. Salah satu gejala busi mati ya dari mesin yg mbrebet tadi, cuma kalo memang busi ada yg tewas, mbrebetnya ya permanen sampai akhirnya ganti busi. Jadi silinder di mana busi ngga bekerja, malah membebani silinder lainnya yg bekerja. Punya saya juga pernah gitu, tiba2 mesin mbrebet kehilangan tenaga, ternyata kabel busi yg ke coil bermasalah/bocor. Coba lihat di dekat coil (Santi menganut sistem 1 coil untuk 2 busi, artinya ada 2 coil jika mesinnya standard I-4/G4JS), apakah ada tanda kehitaman pertanda ada kabel busi bocor. Jika perlu periksa busi+coilnya juga.
2. Pipa udara alias "belalai gajah" bermasalah, demikian juga dengan filter udaranya, perlu diperiksa juga loh. Atau jika pipa udara/filter normal, periksa sambungannya, kalau ada yg kendor, waktu dia "terbuka", terasa mesin mberebet dan ngempos.
3. Periksa tekanan pompa bahan bakar/bensin dan filternya. Takutnya kinerja pompanya sudah loyo sehingga mengakibatkan "telat bensin". Sayang saya lupa berapa tekanan pompa bensin yg normal.
4. Sensor MAF-nya bermasalah seperti punya saya hehehe.... Tapi efek yg terasa dari errornya MAF ini hanya di konsumsi bbm yg memburuk serta rpm naik turun. Kalo kehilangan tenaga sih engga...
5. Crankshaft sensornya bermasalah atau biasanya kendor. Seperti pak inoz tulis, sensor ini posisinya (kalau kita menghadap mesin) ada di kanan bawah. Karena menempel di mesin, sensor ini rawan kendor akibat getaran mesin. Punya saya dulu juga bermasalah (wah....sepertinya santi saya ini banyak masalahnya ya...? hehehe...), sama pak mekanik diakali dengan dibuatkan dudukan trus dikasih "sealer". Dulu waktu bermasalah, ya gitu...tiba tiba tenaga mesin + rpm mesin ngedrop habis....distart ulang pun susah setengah mati.
6. Sensor atau setting AFR (Air Fuel Ratio)-nya kurang bener... Jika semua komponen lain normal dan hanya sensor AFR yg bermasalah, gejalanya RPM mesin naik turun tapi tidak permanen. Jika terus menerus RPM-nya naik turun, berarti "iddle-speed controller"-nya yg tewas. Salah satu indikator lain dari buruknya kinerja MAF+AFR bisa diteliti dari lubang knalpot yg berjelaga dan jika mesin hidup, gas buangnya terasa pedih di hidung+mata. Posisi AFR ada di (jika kita menghadap mesin) kanan atas dekat engsel kap mesin. Pokoknya kabel yg dari MAF, satunya mengarah ke TB satunya ke AFR itu. Di AFR, ada bulatan kecil dengan strip untuk tempat masuk obeng minus (-). Ada kode L (lean) dan R (rich), jadi bukan L=left atau R=right hehee..... Jujur aja, setting di AFR butuh "feeling" karena dilakukan manual, tidak ada parameter baku-nya. Jadi bisa lama settingnya. Hasil setting AFR yg baik, ya iddle-RPM nya bagus (santi di angka 800-1000 rpm) saat mesin mencapai temperatur kerja...plus emisi harus baik juga.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Mesin ndut-ndutan di kecepatan atau tepatnya di gigi rendah, lebih disebabkan rasio gigi yg besar/kasar ditambah torsi mesin yg besar pula di putaran bawah. Jadi ada benarnya juga kapasitas mesin besar (cc besar) identik dengan ndut2an tapi juga tidak selalu kok...
Apalagi untuk mobil dengan sistem penggerak 4x2FWD, pasti terasa sekali...karena dapat dikatakan tidak ada torsi/tenaga yg terbuang percuma seperti di 4x2RWD.
Di santi saya setelah PNP, gejala ndut2an ini masih terasa sampai di gigi 2... Kadang saya coba, jika mesin sudah panas, dan jika di tempat/jalan yg datar, pada gigi 1 atau R (mundur), kopling saya lepas sedikit tanpa injak gas, mobil masih mau menggelinding. Iddle speed saya set di 1000. Efeknya, jika kita injak gas dikit, boil langsung menyentak dan jika kita lepas gas, yaa langsung terasa ndut2an-nya. Ini akibat dari porting+polish yg menaikkan torsi+tenaga+kompresi original Santi, plus saya geser torsi puncaknya agak "kebawah". Spek ori santi, torsi puncak di rpm 4000, saya geser di kisaran 3000-3750an.
Di mobil avanza/xenia generasi awal, gejala ini kata bebrapa pemakainya juga terasa bahkan mengganggu... Untuk generasi berikutnya sudah diperbaiki, cuma saya ga tau gimana tepatnya pabrikannya memperbaiki. Kemungkinan dengan mengoreksi rasio gigi awal tapi efek negatifnya bakal berat saat angkat beban atau tanjakan. Atau dengan mengubah setting ECU supaya menggeser torsi/tenaga di putaran mesin yg lebih tinggi.
Apalagi untuk mobil dengan sistem penggerak 4x2FWD, pasti terasa sekali...karena dapat dikatakan tidak ada torsi/tenaga yg terbuang percuma seperti di 4x2RWD.
Di santi saya setelah PNP, gejala ndut2an ini masih terasa sampai di gigi 2... Kadang saya coba, jika mesin sudah panas, dan jika di tempat/jalan yg datar, pada gigi 1 atau R (mundur), kopling saya lepas sedikit tanpa injak gas, mobil masih mau menggelinding. Iddle speed saya set di 1000. Efeknya, jika kita injak gas dikit, boil langsung menyentak dan jika kita lepas gas, yaa langsung terasa ndut2an-nya. Ini akibat dari porting+polish yg menaikkan torsi+tenaga+kompresi original Santi, plus saya geser torsi puncaknya agak "kebawah". Spek ori santi, torsi puncak di rpm 4000, saya geser di kisaran 3000-3750an.
Di mobil avanza/xenia generasi awal, gejala ini kata bebrapa pemakainya juga terasa bahkan mengganggu... Untuk generasi berikutnya sudah diperbaiki, cuma saya ga tau gimana tepatnya pabrikannya memperbaiki. Kemungkinan dengan mengoreksi rasio gigi awal tapi efek negatifnya bakal berat saat angkat beban atau tanjakan. Atau dengan mengubah setting ECU supaya menggeser torsi/tenaga di putaran mesin yg lebih tinggi.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
yup...harga pipa udara ori sekitar 700-800ribuan. Dan menurut pengamatan saya (personal opinion) plus masukan dari pak mekanik, pipa udara santi ori ni kurang OK... Bahannya terutama pembungkus luarnya cukup getas/lemah. Disarankan, kalo emang mo ganti, mendingan modif sendiri dari pipa stainless-steel. Biaya agak mahal, kemungkinan bisa lipat 2. Efek negatif, ya pertama harganya cukup mahal sedangkan yg kedua, karena pipa ini dari logam, ya, tidak punya sifat isolator. Maksudnya, jika kondisi jalan, akibat panas mesin/radiator, pipa ini jadi ikutan panas, akibatnya udara yg lewat mau masuk ke pembakaran pun ketularan hangat/panas. Padahal, semakin dingin suhu udara yg masuk ke pembakaran artinya semakin baik/efisien juga pembakaran. Itu kenapa kalo kita nyetir malam, "kerasa" mobil lebih bertenaga hehehe....alias tambah gatal buat ngebut.andra wrote:Kl belalai gajahnya sobek pengaruhnya yg jelas waktu mesin iddle maka rpm nya akan turun naik alias gak stabil rpm nya,sedangkan kl utk pengaruh yg lainnya saya kurang tau neh.Karjo wrote:Bro Andra, Menurut saya salah satu kelemahan Santi di belalai gajah, punya saya juga udah robek, sementara sy lack band dulu sih... sampai saat ini tenaganya sih masih oke, klo ndut2an memang tipikal mobil cc besar/mobil kenceng, ga bisa diajak pelan, maunya tancap terus.. sy dulu punya Lancer, juga gitu klo pelan ndut2an melulu, ngebut baru enak..andra wrote:
Bro Inoz, apa santinya udah ganti Tbelt? kalo blm jangan2 Tbelnya harus udah diganti, mungkin juga sensor si Tbeltnya. Atau mungkin juga belalai gajahnya ada yg bocor alias ada yg sobek, pengalaman saya waktu itu belalai gajahnya sudah ada yg sobek dikit, kata meaniknya sudah getas / aus & ama mekaniknya di lem dibagian yg sobek. Harga belalai gajahnya kl gak salah 700 ribuan (yg selang besar warna hitam dekat mesin)
Efek positifnya, ya....dapat dikatakan pipa ini jadi "lifetime" dan resiko kebocoran/rusak jadi berkurang.
saya lihat sedan2 mitsu, rata2 yg utk performance, pipa udaranya diganti dari stainless ginian.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 60
- Joined: Fri May 23, 2008 14:18
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Saya lagi nyari2 fleksibel hose yg hi temp resist ato exhaust bellow di tempat kerja nehh.. buat belalai gajah, nanti klo dapet banyak n cocok size nya tak bagi2 yo...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
^^^
saya tunggu pak....kemarin dulu waktu overhaul dan mo ganti pipa ini, dicari-carikan substitusi-nya eks mitsu ternyata ga ada yg cocok... akhirnya ya harus beli ori....
saya tunggu pak....kemarin dulu waktu overhaul dan mo ganti pipa ini, dicari-carikan substitusi-nya eks mitsu ternyata ga ada yg cocok... akhirnya ya harus beli ori....
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
bro imsus suwun banget pencerahannya
kmrin pas dibongkar pompa bensin dan saringan bensin, dimana pompa dah banyak kotoran dan dah dibersihkan, lalu kata mekaniknya kloo masih begitu berarti pompanya bensinya mesti diganti pak, sebab soket elektrik deb kanan mesin sdh dibersihkan dan AFR juga sdh distela lagi dan CO juga sdh di stel kembali
yaaa belum sempet aja ke bengkel tuk lihat apa sebenarnya penyakitnya


kmrin pas dibongkar pompa bensin dan saringan bensin, dimana pompa dah banyak kotoran dan dah dibersihkan, lalu kata mekaniknya kloo masih begitu berarti pompanya bensinya mesti diganti pak, sebab soket elektrik deb kanan mesin sdh dibersihkan dan AFR juga sdh distela lagi dan CO juga sdh di stel kembali
yaaa belum sempet aja ke bengkel tuk lihat apa sebenarnya penyakitnya

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
yup...harga pipa udara ori sekitar 700-800ribuan. Dan menurut pengamatan saya (personal opinion) plus masukan dari pak mekanik, pipa udara santi ori ni kurang OK... Bahannya terutama pembungkus luarnya cukup getas/lemah. Disarankan, kalo emang mo ganti, mendingan modif sendiri dari pipa stainless-steel. Biaya agak mahal, kemungkinan bisa lipat 2. Efek negatif, ya pertama harganya cukup mahal sedangkan yg kedua, karena pipa ini dari logam, ya, tidak punya sifat isolator. Maksudnya, jika kondisi jalan, akibat panas mesin/radiator, pipa ini jadi ikutan panas, akibatnya udara yg lewat mau masuk ke pembakaran pun ketularan hangat/panas. Padahal, semakin dingin suhu udara yg masuk ke pembakaran artinya semakin baik/efisien juga pembakaran. Itu kenapa kalo kita nyetir malam, "kerasa" mobil lebih bertenaga hehehe....alias tambah gatal buat ngebut.
Efek positifnya, ya....dapat dikatakan pipa ini jadi "lifetime" dan resiko kebocoran/rusak jadi berkurang.
saya lihat sedan2 mitsu, rata2 yg utk performance, pipa udaranya diganti dari stainless ginian.[/quote]
Bro imsus2cmenurut info yg aku dengar belalai gajah yg ori udah gak ada yg diperjual belikan, katanya sih ilegal.
Sekedar ilustrasi aku upload image posisi belalai gajah di mesin santa fe (terletak di kiri bawah aki) & contoh belalai gajah ori yg ilegal.
Efek positifnya, ya....dapat dikatakan pipa ini jadi "lifetime" dan resiko kebocoran/rusak jadi berkurang.
saya lihat sedan2 mitsu, rata2 yg utk performance, pipa udaranya diganti dari stainless ginian.[/quote]
Bro imsus2cmenurut info yg aku dengar belalai gajah yg ori udah gak ada yg diperjual belikan, katanya sih ilegal.
Sekedar ilustrasi aku upload image posisi belalai gajah di mesin santa fe (terletak di kiri bawah aki) & contoh belalai gajah ori yg ilegal.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

Fly Like a Bird
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
^^^
wah...baru tahu tuh kalo itu ternyata barang illegal. tapi anehnya, saya kemarin dolo belinya malah di authorized hyundai parts dealer di surabaya...nah lho....gimana tuh? dan kenapa ilegal yah?
wah...baru tahu tuh kalo itu ternyata barang illegal. tapi anehnya, saya kemarin dolo belinya malah di authorized hyundai parts dealer di surabaya...nah lho....gimana tuh? dan kenapa ilegal yah?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Pantesan Bro imsus2c ketipu ama bengkelnya, beli belalai gajahnya gak perhatiin secara detail seh, main terima aja, coba bandingkan antara belalai gajahnya Bro imsus2c dengan belalai gajah yg aku upload sama persis gak ( supaya keliatan detilnya klik dulu gambarnya & perhatiin detailnya terutama belalai gajah dalam lingkaran kuning )imsus2c wrote:^^^
wah...baru tahu tuh kalo itu ternyata barang illegal. tapi anehnya, saya kemarin dolo belinya malah di authorized hyundai parts dealer di surabaya...nah lho....gimana tuh? dan kenapa ilegal yah?

Fly Like a Bird
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
wah...wah bro imsus ketipu neh ama guyonan bro andra
yaaaa jelas ilegal dong wong belalai gajah beneran yaaaa gak dijual di BERES hyundai, tapi di hutan kalimantan kali yaaaa haaaa......
emang cerdik juga bro andra


yaaaa jelas ilegal dong wong belalai gajah beneran yaaaa gak dijual di BERES hyundai, tapi di hutan kalimantan kali yaaaa haaaa......

emang cerdik juga bro andra

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
wah betul khan duguaan ane
pasti bro andra ketawa ngakaaaaaaaakkkkkkk
kapan bisa copi darat lagi neh
lagi pada sibuk yaaaaa liburan hari ini

pasti bro andra ketawa ngakaaaaaaaakkkkkkk

kapan bisa copi darat lagi neh
lagi pada sibuk yaaaaa liburan hari ini

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
wkwkwkw....
iya neh, saya kejeblos hehehe...maklum pas online dan reply kmaren, separuh otaknya masih kecantol di kerjaan
...makanya bawaanya serius mlulu....
nah skrg boro-boro libur, saking banyaknya gawean, hari inipun (30/7/08) kantor masih masuk kerja seperti biasa....ckckck....
iya neh, saya kejeblos hehehe...maklum pas online dan reply kmaren, separuh otaknya masih kecantol di kerjaan




nah skrg boro-boro libur, saking banyaknya gawean, hari inipun (30/7/08) kantor masih masuk kerja seperti biasa....ckckck....

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
makanya kerja jangan terlalu serius, dibawa enjoy aja.
Kl serius amat ntar tambah stres.
Kl serius amat ntar tambah stres.

Fly Like a Bird
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
resep mataaaab bro andra
kerja mah SERSAN AJA serius tapi santai dan kerjaan kelar haaaa....haaaa...
rasanya bro imsus lembur terus euy, wahhhh bagi2 dong uang lemburnya, tinggal liburannya aja nanti atau penuhi janji mau rawat santi lagi hiiiikkkk....
kerja mah SERSAN AJA serius tapi santai dan kerjaan kelar haaaa....haaaa...
rasanya bro imsus lembur terus euy, wahhhh bagi2 dong uang lemburnya, tinggal liburannya aja nanti atau penuhi janji mau rawat santi lagi hiiiikkkk....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Bro Inoz kapan Santiman kopdar lagi neh?, kl bisa kopdarnya di jakarta, kan bisa tuh hari sabtu siang abis dari bekasi kita kopdarnya, ajak aja anggota yg lainnya.
Bro Imsus2c gimana? kan abis lembur terus neh, mbok ya cuti dulu main ke jakarta.
Bro Imsus2c gimana? kan abis lembur terus neh, mbok ya cuti dulu main ke jakarta.

Fly Like a Bird
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
boro-boro pak, ini lemburnya belum habis...tapi masih jalan trusss.....
paling tar liburnya pas mo lebaran ajah hhehe....
Lagian kalo ada libur panjang sih rencananya malah mo anterin istri mudik ke Bukittinggi, rencananya kalo kesampean mudiknya mo skalian touring pake santi, tapi...ckckck....ga kebayang deh capeknya hehehe....
paling tar liburnya pas mo lebaran ajah hhehe....
Lagian kalo ada libur panjang sih rencananya malah mo anterin istri mudik ke Bukittinggi, rencananya kalo kesampean mudiknya mo skalian touring pake santi, tapi...ckckck....ga kebayang deh capeknya hehehe....
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
Walah, istrinya Bro imsus2c org Bukit tinggi toh, & lebaran nanti mo mudik ke sana?
Hiks
dar 2 thn yg lalu rencanain bahwa thn ini mo mudik ke Padang, eh ternyata istri hamil & perkiraan minggu depan melahirkan, secara gak mungkin mudik bawa bayi, padahal kebayang serunya 2 Santa Fe konvoi di jalan pasti org2 pada ngeliatin.
Hiks


Fly Like a Bird
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
wah bagus juga tuh tawaran kopdar bro andra di jkt
ntar yaaa ane masih agak sibuk urusin anak kuliah dan sma di bdg, mereka pada baru masuk
ntar dikontak lagi
wah bisa aja tuh diatur mudiknya ama bro imsus, khan masih 3 bulan lagi, si baby bro andra jg sdh agak besaran, bs dibawa mudik
siapa nih smers yg mau gabung kopdar, kapan enaknya ? ditunggu britanya
bro imsus met lembur lagi, dan nabung tuk mudik touring ama santi nya haaaaa....haaaaa
jgn lupa jg kesehatan yaaa

ntar yaaa ane masih agak sibuk urusin anak kuliah dan sma di bdg, mereka pada baru masuk
ntar dikontak lagi
wah bisa aja tuh diatur mudiknya ama bro imsus, khan masih 3 bulan lagi, si baby bro andra jg sdh agak besaran, bs dibawa mudik
siapa nih smers yg mau gabung kopdar, kapan enaknya ? ditunggu britanya
bro imsus met lembur lagi, dan nabung tuk mudik touring ama santi nya haaaaa....haaaaa
jgn lupa jg kesehatan yaaa

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 966
- Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
- Location: Purwakarta
Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE
bro andra minggu ini jdi "SUAMI SIAGA YAA" spt dalam iklan TV hiiiiiii.....hiiikkkkk
smoga lancar dan sehat semuanya amien 3x baik ibu dan babynya
smoga lancar dan sehat semuanya amien 3x baik ibu dan babynya
