otomotifnet.com wrote:Minerva Sachs X-Road 125
Besutan yang diklaim asal Jerman dan berkolaborasi dengan PT Minerva Motor Indonesia (MMI); Minerva Sachs X-Road 125 ini agak beda. Meski sama-sama supermoto, besutan ini punya beberapa keunggulan yang tak dimiliki Husqvarna SM 125.
Digital dengan layar agak kecil
Di antaranya dapur pacu satu silinder berbasis 4 langkah yang diusungnya, dilengkapi double starter untuk mempermudah rider dalam menghidupkan mesin. Sementara SM 125 hanya mengandalkan engkol alias kick starter.
Rodanya pakai ban gede; 110/70-17 (depan) dan belakang 150/60-17. Sedang tangki BBM-nya futuristik. Lebih sip, harga on the road (OTR-nya) murah. “Pastinya belum keluar. Tapi
sekitar Rp 20 jutaan!†urai Eddy Susanto, marketing manager PT MMI.
Fiturnya juga not bad. Misal spidometer sudah full digital, termasuk indikator bensin. Lalu desain knalpot ala undertail, memberi kesan sangar. Walau konsekuensinya mesti banyak lekukan hingga ke muara pembuangan, saluran gas buang ini tetap lancar menyalurkan gas hasil pembakaran. Juga sesuai standar Euro II.

Pelek racing gambot
Belum lagi jumlah transmisinya sampai 6-speed, meski kapasitas mesin hanya 125 cc. Dipadu sistem suspensi belakang sudah monosok. Sementara depannya upside down bo..! Ditambah sistem pengereman depan-belakang sudah disc brake.
Data Spesifikasi Minerva Sachs X-Road 125
Jumlah silinder : 1 (satu)
Penggerak : 4 langkah
Pendingin : Udara dan pendingin oli
Gigi transmisi : 6 kecepatan
Displacement : 124 cc
Tenaga maksimum : 9,8 Kw (13,33 dk)
Sistem sarter : elektrik dan kick starter
Cakram depan : Ø 320 mm
Cakram belakang : Ø 215 mm
Berat : 121,5 kg
Isi Tangki : 11 liter
Max speed : 104 km/jam
P x L x T : 2.005 mm X 820 mm X 1.085 mm
Ban depan : 110/70-17M/C 54H TL
Ban Belakang : 150/60-17M/C 69H TL
Penulis : Popo/Banar
Foto : Reza (Tabloid OTOMOTIF)