bagus nya kalo setting karbu buat bebek dmn ya? yg daerah Ps Minggu gituh bengkelnya.
*sori OOT dikit

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Coba setting sendiri Bro. Pakenya premium khan? Kalo masih terlalu boyo, ada kemungkinan air screw-nya terlalu dibuka tuh. Coba ditutup seperempat putaran (searah jarum jam). Soalnya premium gak bisa pake setelan lean (kurus). Kalo lagi idle mesin gak mati khan?alim ulama wrote:barusan Supra Fit ane ganti oli dari 20W-50 ke 10W-40 Full Synthetic sekalian tune up di bengkel resmi Honda Ps Minggu, tapi kayak nya gk ngaruh tuh ya? masih boyo aje motor ane bawa beban +/- 80kg.
bagus nya kalo setting karbu buat bebek dmn ya? yg daerah Ps Minggu gituh bengkelnya.
*sori OOT dikit
TUFF Stough wrote:Coba setting sendiri Bro. Pakenya premium khan? Kalo masih terlalu boyo, ada kemungkinan air screw-nya terlalu dibuka tuh. Coba ditutup seperempat putaran (searah jarum jam). Soalnya premium gak bisa pake setelan lean (kurus). Kalo lagi idle mesin gak mati khan?alim ulama wrote:barusan Supra Fit ane ganti oli dari 20W-50 ke 10W-40 Full Synthetic sekalian tune up di bengkel resmi Honda Ps Minggu, tapi kayak nya gk ngaruh tuh ya? masih boyo aje motor ane bawa beban +/- 80kg.
bagus nya kalo setting karbu buat bebek dmn ya? yg daerah Ps Minggu gituh bengkelnya.
*sori OOT dikit
hmm..gt yah bro..soalnya kemaren gua nanya ke beres BSD..mekaniknya sendiri bilang klo oli SGO kurang bagus kualitasnya..tarikan jadi berat..malah disaranin mekaniknya pas servis pertama pake oli merek laen aja..bingung gua..r1210g wrote:sebenarnya prinsip dasarnya gini bro..
Oli mineral dipake pas inreyen biar murah (apalagi harusnya gratis dari pabrikan)..
karena pada dasarnya oli mineral harganya lebih murah..
sedangkan pas pertama2 tuh gram2 masih agak banyak, kalo dah pake oli selain mineral jadinya sayang..
kalo inreyenkan harus ganti oli lebih sering..
sayang uangnya..
harusnya oli SGO ga segitu jeleknya koq bro..
mungkin karena motor baru jadinya setingannya masih ga bagus..
servis dulu aja deh, nanti pasti terasa perubahannya..
emang tadinya pake oli merek apa bro?..Tners wrote:uekkk.......
tadi baru ganti oli.
padahal baru 55km.
udah kotor en penuh gram2 besi, di magnet tutup oli pun tebel gramnya.
untung cepet di cek.![]()
langsung ganti pake enduro 4t.
semoga pas servis pertama gram2nya udah ga sebanyak skarang.
hmm..gt yah bro..soalnya kemaren gua nanya ke beres BSD..mekaniknya sendiri bilang klo oli SGO kurang bagus kualitasnya..tarikan jadi berat..malah disaranin mekaniknya pas servis pertama pake oli merek laen aja..bingung gua..Tony wrote:r1210g wrote:sebenarnya prinsip dasarnya gini bro..
Oli mineral dipake pas inreyen biar murah (apalagi harusnya gratis dari pabrikan)..
karena pada dasarnya oli mineral harganya lebih murah..
sedangkan pas pertama2 tuh gram2 masih agak banyak, kalo dah pake oli selain mineral jadinya sayang..
kalo inreyenkan harus ganti oli lebih sering..
sayang uangnya..
harusnya oli SGO ga segitu jeleknya koq bro..
mungkin karena motor baru jadinya setingannya masih ga bagus..
servis dulu aja deh, nanti pasti terasa perubahannya..
sebelumnya dari pabrikan sih ga tau apaan.Tony wrote:emang tadinya pake oli merek apa bro?..Tners wrote:uekkk.......
tadi baru ganti oli.
padahal baru 55km.
udah kotor en penuh gram2 besi, di magnet tutup oli pun tebel gramnya.
untung cepet di cek.![]()
langsung ganti pake enduro 4t.
semoga pas servis pertama gram2nya udah ga sebanyak skarang.
kog belom servis pertama?..motor baru ya?..
Ok2 gini2..Tony wrote:hmm..gt yah bro..soalnya kemaren gua nanya ke beres BSD..mekaniknya sendiri bilang klo oli SGO kurang bagus kualitasnya..tarikan jadi berat..malah disaranin mekaniknya pas servis pertama pake oli merek laen aja..bingung gua..r1210g wrote:sebenarnya prinsip dasarnya gini bro..
Oli mineral dipake pas inreyen biar murah (apalagi harusnya gratis dari pabrikan)..
karena pada dasarnya oli mineral harganya lebih murah..
sedangkan pas pertama2 tuh gram2 masih agak banyak, kalo dah pake oli selain mineral jadinya sayang..
kalo inreyenkan harus ganti oli lebih sering..
sayang uangnya..
harusnya oli SGO ga segitu jeleknya koq bro..
mungkin karena motor baru jadinya setingannya masih ga bagus..
servis dulu aja deh, nanti pasti terasa perubahannya..
btw interval ganti oli biarpun masih inreyen juga tiap 2000km kan bro?..maksudnya lebih sering gimana yah?..
r1210g wrote:Ok2 gini2..Tony wrote:hmm..gt yah bro..soalnya kemaren gua nanya ke beres BSD..mekaniknya sendiri bilang klo oli SGO kurang bagus kualitasnya..tarikan jadi berat..malah disaranin mekaniknya pas servis pertama pake oli merek laen aja..bingung gua..r1210g wrote:sebenarnya prinsip dasarnya gini bro..
Oli mineral dipake pas inreyen biar murah (apalagi harusnya gratis dari pabrikan)..
karena pada dasarnya oli mineral harganya lebih murah..
sedangkan pas pertama2 tuh gram2 masih agak banyak, kalo dah pake oli selain mineral jadinya sayang..
kalo inreyenkan harus ganti oli lebih sering..
sayang uangnya..
harusnya oli SGO ga segitu jeleknya koq bro..
mungkin karena motor baru jadinya setingannya masih ga bagus..
servis dulu aja deh, nanti pasti terasa perubahannya..
btw interval ganti oli biarpun masih inreyen juga tiap 2000km kan bro?..maksudnya lebih sering gimana yah?..
Jadi kmarin ini motor saya KEMASUKAN oli SGO pas lagi servis di BeRes (***ARRRGGHHH!!!)
gara2 pendaftaran servisnya salah ngerti, kirain saya mau ganti oli mesin, padahal mau minta ganti oli gear (gardan)..![]()
bukannya mau menjelekan SGO, tapi masalahnya motor saya Suzuki SPIN (matic) yang udah saya masukin emang oli khusus motor matic,dengan JASO MB dan API 10W40 + beli di dealer itu
MUAHAL! (gaya Ruben Onsu) kena 30 rb..![]()
Ya. dari situ saya ambil sisi baiknya aja deh..
"mau cobain tuh oli, sekalian kasih report + bukti ke bro Tony"
Pertama saya emang rada kesel dengan alasan2 diatas..
tapi setelah saya coba.. Memang saya rasakan sedikit lebih berat (ato mungkin hanya sugesti) karena berpindah dari 10W40 ke 20W50..
Tetapi beratnya itu terkalahkan dengan entengnya abis servis..
Kalo saya simpulkan untuk awal2 ini oli SGO ga "sejelek" yang dibayangkan..
Saya cukup terima menggunakan oli ini (sekali lagi bukan menjelekan, tapi karena alasan diatas yang membuatnya begini)...
Kalo ga salah pernah ga sengaja liat dimana gitu, Oli SGO tuh adalah oli dari suatu merk yang cukup ternama (tapi saya lupa namanya) dan di label ulang ama suzuki..
Kesimpulan yang kedua, saya menganggap sebenarnya semua oli itu baik..
Cuma bedanya di daya tahan dan pemalsuannya (ini yang bahaya, kayak oli artis yang satu itu)
Ya memang, setelah 1000 Km saya pasti akan balik ke oli yang khusus matic lagi (karena memang diperuntukan untuk matic yang secara sitem berbeda dengan bebek biasa)..
Maksudnya ganti oli disini lebih sering adalah saat servis pertama yang saya tau olinya dapet gratis dari BeRes.. sekitar 500Km..
Sekali lagi ini pilihan dari bro...
Kalo saya sih lebih pilih untuk mengikuti dulu dari pabrikan karena memang worth it (gratis) kecuali kalo bayar..
Dan memang ga merusak koq, karena prinsipnya smua oli itu baik..
oiya 2000 KM itu dah termasuk sering loh bro..
yang saya tau sih standardnya itu sekitar 3000-5000 Km, tergantung kondisi sampai oli tersebut mencapai titik yang seharusnya diganti..
Disini saya membahasnya tidak secara teknis saja, tapi juga nilai ekonomis..
gitu..
Kalau yang itu mah udah kasta yang paling tinggi busyet mahal amat.Tners wrote:mobil 1 yg super bagus ga?
10w-40
api SJ
jaso MA
weks.brampi wrote:Kalau yang itu mah udah kasta yang paling tinggi busyet mahal amat.Tners wrote:mobil 1 yg super bagus ga?
10w-40
api SJ
jaso MA
warung oli alamatnya dimana ya bro?..di sana olinya pasti asli ya?..susah deh banyak oli palsu sekarang..Tners wrote:brampi wrote:Kalau yang itu mah udah kasta yang paling tinggi busyet mahal amat.Tners wrote:mobil 1 yg super bagus ga?
10w-40
api SJ
jaso MAweks.
gw beli ga mahal.
cman 29rb.
di warung oli.
itu kan sentra otomotif bro..tadi kan lu bilang warung oli, dimana tuh alamatnya??..Tners wrote:di deket grogol gitu.
arah ke jembatan 3.
di samping tol dalam kota.
sebelum pom bensin.
ada di sebelah kiri.
warung oli di Otista, Jak-Tim bukan ya? kalo gak salah pernah lwt Otista ngeliat plang 'warung oli'Tony wrote:itu kan sentra otomotif bro..tadi kan lu bilang warung oli, dimana tuh alamatnya??..Tners wrote:di deket grogol gitu.
arah ke jembatan 3.
di samping tol dalam kota.
sebelum pom bensin.
ada di sebelah kiri.
btw barusan gua ke sentra otomotif nyari motul 3100 yang seliter tp katanya gak jual tuh..sial..cari dimana ya baru ada??..ada info gak bro?..